-->

Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok Sebagai Sumber Penghasilan


cara mendapatkan penghasilan dari TikTok


Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok Sebagai Sumber Penghasilan - Tak bisa dipungkiri, Tiktok kini menjadi salah satu media sosial terpopuler dan memiliki banyak pengguna. Di tiktok, pengguna dapat memposting video yang menarik dan informatif, disertai dengan gambar, grafik, teks, dan bahkan suara. 


Sama seperti media sosial lainnya, Tiktok juga bisa digunakan untuk mencari uang. Tak heran, banyak orang yang penasaran dan mencari cara mendapatkan uang dari tiktok. 


Di era digital saat ini, mendapatkan penghasilan dari bermain media sosial sudah menjadi hal yang lumrah. Namun dibandingkan dengan media sejenis,  TikTok memiliki sejumlah kelebihan dan potensi bisnis yang luar biasa besarnya. 


Berikut fakta-fakta tentang TikTok.


Fakta pertama, TikTok sudah menjadi budaya popular di Indonesia, bahkan di seluruh belahan dunia, karena ia disukai dan diikuti oleh banyak orang di semua usia maupun strata sosial. TikTok sudah menjadi trend baru dalam kehidupan sehari-hari masyarakat kita.

 

Pengguna aktif TikTok terus bertambah dari waktu ke waktu. Sampai akhir 2021 lalu, jumlah pengguna aktif bulanan TikTok di seluruh dunia mencapai lebih dari angka 1 Miliar orang (sumber). Dan Indonesia tercatat sebagai pengguna kedua terbanyak setelah AS.(sumber)

 

Secara bisnis, nilai belanja pengguna TikTok juga menggiurkan. Sesuai laporan perusahaan riset pasar Sensor Tower, pengguna TikTok menghabiskan sekitar USD 2,3 miliar atau sekitar Rp 32,9 Triliun untuk belanja pada 2021. Angka ini naik dari USD 382,4 juta pada kuartal 4 2020. (sumber)

 

Kalau awalnya kita mengenal YouTube sebagai platform video terbesar, saat ini posisi tersebut sudah direbut TikTok. Dibandingkan YouTube, pengguna TikTok juga memiliki jumlah rata-rata waktu menonton lebih tinggi (sumber).

 

Yang lebih fenomenal, sejak 2021 lalu TikTok berhasil menggeser Google menjadi situs internet nomor 1 di dunia. Padahal tahun sebelumnya masih diposisi no 7/8. (sumber) TikTok menjadi web terpopuler di dunia sekaligus aplikasi terbanyak di unduh, tentu saja ini sebuah pencapaian yang sangat fantastis.


Pendeknya, TikTok adalah situs terpopuler di dunia sekaligus aplikasi paling banyak diunduh.


Dengan posisi seperti itu, siapapun para pelaku bisnis online, sangat sulit mengesampingkan TikTok untuk memperoleh berbagai manfaat sebagai media pemasaran, berjualan, hiburan, maupun melakukan edukasi.


Lalu bagaimana kita sebagai pengguna dapat memanfaatkan TikTok sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan? 

Selain sebagai konten kreator TikTok, Berikut cara-cara yang bisa yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari Tiktok Sebagai Sumber Penghasilan. Setidaknya ada 8 cara yang bisa dilakukan untuk meraih pundi-pundi dari TikTok yang bisa disesuaikan dengan minat dan kemampuan setiap orang. 


8 Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok Sebagai Sumber Penghasilan


Melakukan Misi Tiktok


Misi Tiktok ini adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan uang dari tiktok. Tiktok saat ini memberikan banyak misi agar bisa menarik banyak penonton. Beberapa misi yang diberikan adalah mengajak teman dan menonton video. Dengan menyelesaikan misi, Anda akan mendapatkan koin. Koin-koin ini nantinya bisa dicairkan menjadi rupiah. 


Seperti yang sudah dibagikan oleh akun youtube Iwan Aulanudin, kalian bisa klik ikon koin di sebelah kiri atas nama akun untuk masuk ke misi yang diberikan oleh Tiktok. Misal, misi mengajak teman bisa menghasilkan hingga Rp. 25000. Setiap orang yang berhasil diundang bisa mendapatkan Rp. 25.000 jika misi berhasil. Dengan menggunakan kode undangan Tiktok yang kamu bagikan, teman-teman kamu juga bisa mendapatkan uang hanya dengan bergabung di Tiktok lho. 


Setelah misi berhasil, Anda dapat mengikuti cara menarik uang dari Tiktok. Cukup klik "tarik begitu banyak uang dengan begitu banyak poin" lalu pilih jumlah uang yang ingin Anda tarik. Salah satu dompet yang didukung oleh Tiktok adalah dana. Jangan khawatir, selain melakukan misi, ada banyak cara lain untuk mendapatkan uang dari Tiktok tanpa mengundang teman. Lihat metode lain di bawah ini.


Konten Bersponsor/Branded Content


Sebelumnya, untuk dapat menggunakan fitur ini, pengguna harus menggunakan tiktok business terlebih dahulu. Konten bermerek adalah konten promosi di mana pihak ketiga dapat membayar atau memberikan sesuatu sebagai pendapatan bagi pembuat konten. Promosi ini bisa dalam bentuk endorsement, partnership, brand ambassador, atau lainnya. 

Agensi akan memantau tiktoker dengan jumlah pengikut, suka, dan tampilan video. dengan begitu mereka dapat melihat apakah tiktoker ini dapat membantu merek mereka mendapatkan lebih banyak eksposur. Supaya kamu diperhatikan oleh agensi, buatlah akun tiktok dengan followers yang banyak dan engagement rate yang tinggi. 


Selain itu, tentukan juga fokus audiens target pasar Anda, sehingga brand yang memiliki audiens yang sesuai akan tertarik untuk berkolaborasi. Untuk lebih jelasnya, lihat tips FIP TikTok ini agar Anda bisa mendapatkan lebih banyak pengikut.


Payout Coins atau Donasi Gift 


Sebagai pembuat konten, pembayaran koin atau donasi hadiah ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang dari Tiktok live. Saat live, penonton bisa memberikan stiker hadiah yang bisa ditukar dengan uang. 


Pemirsa biasanya memberikan stiker ini sebagai dukungan untuk menghargai upaya pembuat konten. Contohnya adalah stiker bunga mawar dan donat. Jadi, hibur pemirsa dengan baik agar lebih banyak memberikan hadiah kepada idolanya. Selain hadiah, Tiktok juga bisa memberikan misi untuk hidup. Jadi jika kamu tidak mendapatkan hadiah, ada koin yang bisa kamu dapatkan.


Creator Marketplace 


Tiktok sebenarnya sudah memiliki tempat di mana para pebisnis atau pemilik merek dapat menemukan influencer yang cocok. Platform ini bernama tiktok creator marketplace atau disingkat TCM. TCM ini membantu merek dan influencer untuk berkolaborasi. 

Pemilik merek diuntungkan karena mereknya dipromosikan oleh influencer, sedangkan influencer juga mendapatkan reward dari kolaborasi ini. Di “Pasar Pembuat Konten”, para pebisnis dapat melihat statistik seperti demo pemirsa, tren pengembangan, video berperforma terbaik, dan sebagainya. Jadi, pemilik merek dapat menemukan pembuat konten yang tepat untuk berkolaborasi.


Sayangnya, beberapa agensi dan influencer memilih untuk tidak menggunakan Tiktok Creator Marketplace. Salah satu alasannya adalah biayanya yang mahal. Di platform ini, biaya harus dibagi antara influencer, pembuat konten, dan komisi untuk tiktok.


Influencer Tiktok


Seperti dijelaskan di atas, biaya penggunaan marketplace TikTok cukup tinggi. ini bisa menjadi peluang bagi Anda dengan memberikan harga yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan marketplace kreator tiktok. Bagi Anda yang memiliki keahlian pemasaran konten dan pemasaran video, peluang ini sangat cocok untuk dijelajahi. 


Di Indonesia, agensi Tiktok masih sangat jarang. Padahal, pengguna Tiktok di Indonesia cukup tinggi. Ini adalah kesempatan yang besar dan menarik. 


Jual Beli Akun Tiktok


Jual beli akun juga bisa menjadi cara untuk mendapatkan keuntungan dari tiktok. Sebenarnya konsepnya sangat sederhana.

Buat akun dengan fokus pada topik tertentu

Kembangkan pengikut dan keterlibatan

Bangun komunitas

Setelah akunnya besar, tawarkan ke merek atau perusahaan.


Kalau tidak percaya bisa cek di marketplace. Bisa dilihat, harga akun Tiktok bisa mencapai ratusan ribu bahkan bisa mencapai jutaan, tergantung jumlah followers dan juga engagement. Banyak perusahaan membeli akun tiktok, karena dengan cara ini mereka dapat menghemat waktu dan tenaga. Apalagi banyak brand yang belum bisa menangani akun dari awal.


Mengarahkan ke Platform Lain 


Jika sebelumnya Anda adalah pembuat konten dari luar TikTok, ada kabar baik untuk Anda. Hanya dengan menautkan tautan ke Instagram atau YouTube, lebih banyak orang akan mengunjungi profil Anda di platform lain. 

Ini juga berlaku untuk situs web dan blog. di Bio Anda dapat menambahkan tautan yang digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke platform. Jadi, misalnya Anda sudah mendapatkan uang dari Youtube, lalu lintas dari tiktok juga dapat meningkatkan tampilan youtube Anda. Hal ini secara tidak langsung juga menambah penghasilan dari Youtube.


Affiliate Link 


Sama seperti di atas, Tiktok dapat digunakan untuk mengarahkan pemirsa ke akun lain. Sebenarnya Tiktok tidak menyediakan tempat untuk membagikan link di dalam video. Namun, Anda masih dapat membagikan tautan di bio. 


Manfaatkan bio di tiktok untuk menautkan tautan afiliasi. Tautan afiliasi adalah model pemasaran, di mana Anda mendapatkan komisi untuk setiap tautan yang Anda bagikan dengan sukses mengarahkan orang untuk membeli di tautan itu. 



Baca Juga:


Semakin banyak penjualan yang Anda hasilkan dari tautan yang Anda bagikan, semakin banyak keuntungan yang Anda dapatkan. Nah, untuk membagikan banyak link sekaligus, gunakan pihak ketiga seperti linktree. 


Agar pemirsa lebih tertarik dengan tautan pembelian yang Anda bagikan, berikan kode yang dapat memberikan diskon. Oh ya, agar penjualannya laris, pastikan produk yang Anda promosikan sesuai dengan niche audiens Anda. Ini adalah salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa resiko besar.


Demikian ulasan tentang, Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok Sebagai Sumber Penghasilan yang bisa Anda lakukan. Sebenarnya masih ada cara lain meraup cuan dari TikTok, seperti berjualan di TikTok Shop, menjual e-book atau e-course, menjadi konsultan TikTok, dan sebagainya.

Labels: Bisnis Online, TikTok

Thanks for reading Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok Sebagai Sumber Penghasilan. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok Sebagai Sumber Penghasilan"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.