-->

Cara Jualan Di TikTok Shop Bagi Pemula


Cara Jualan Di TikTok Shop


Cara Jualan Di TikTok Shop Bagi Pemula - Sebagai salah satu media sosial yang sedang naik daun, TikTok sangat familiar dengan konten video pendeknya. Tren ini bahkan mempengaruhi media sosial lain yang juga mempopulerkan konten video pendek sebagai salah satu fitur andalannya. 

Menyusul popularitasnya sebagai aplikasi nomor satu di dunia yang paling banyak diunduh, akhirnya TikTok mengeluarkan fitur anyar yang difokuskan untuk berjualan yang dikenal sebagai TikTok Shop.


Fitur TikTok Shop ini mulai hadir di aplikasi TikTok pada April 2021. Jelas fitur ini merupakan jawaban bagi penggunanya yang memang ingin memanfaatkan besarnya potensi TikTok untuk kepentingan bisnis. Nah, bagi yang tertarik berbisnis di TikTok, berikut Cara Jualan Di Tiktok Shop Bagi Pemula.


Tapi, jika dilihat dari sisi lain, TikTok juga memiliki andil yang besar di dunia bisnis. Sebut saja TikTok Shop, fitur yang baru hadir pada April 2021. Berikut Cara Jualan Di TikTok Shop Bagi Pemula.


Apa itu Toko Tiktok?



Tiktok adalah aplikasi media sosial berbasis video pendek yang populer di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Banyaknya pengguna Tik Tok membuat aplikasi ini berpikir untuk meluncurkan fitur baru yang pasti disukai penggunanya. Fiturnya adalah Toko Tiktok. 


Perusahaan Tiktok menjadikan Tiktok Shop sebagai solusi, fitur, dan alat yang dapat memberikan peluang bisnis bagi siapa saja yang ingin fokus berjualan secara online. 


Anda dapat menemukan fitur ini di bagian profil akun Tiktok Anda, dengan ikon tas belanja. Melalui toko tik tok, masyarakat dapat berbelanja secara online seperti halnya melalui e-commerce pada umumnya. Mereka juga dapat melakukan pembayaran dengan metode transfer atau melalui COD (cash on delivery).


Cara Jualan Di TikTok Shop Bagi Pemula


Optimalkan Katalog Produk Anda Untuk Tiktok


Tab Toko Tiktok di akun Anda sama dengan etalase. Jadi, pastikan tab tersebut dioptimalkan untuk menarik pelanggan. Saat menambahkan gambar produk tersebut, fokuslah pada kualitas dan juga gaya. Foto produk Anda harus mudah dikenali sebagai ciri khas merek Anda di TikTok dan platform pemasaran lainnya. 


Nama produk juga harus sesuai dengan batas karakter, yaitu 34 karakter dan menyertakan informasi dasar tentang produk. Anda dapat menulis deskripsi produk yang lebih panjang di bagian deskripsi dengan sedetail mungkin. Anda tidak perlu menambahkan tautan apa pun di bagian ini karena tautan dalam deskripsi produk di TikTok tidak dapat diklik.


Beri Tahu Audiens Anda Tentang Toko Tiktok Anda


Setelah Anda mendapatkan akses ke Toko TikTok, jangan menunggu sampai audiens Anda menemukan sendiri tab belanja di akun Anda. Buat beberapa konten TikTok khusus yang mengarahkan audiens Anda untuk berbelanja di akun Anda.


Promosikan Produk Anda


Terlepas dari apakah konversi adalah tujuan utama Anda di TikTok, jangan lupa untuk mempromosikan katalog produk setelah Anda memiliki Toko TikTok. Jadi, jangan malu-malu dan sebutkan produk Anda melalui konten di Tiktok Anda sesekali. Juga, jangan takut untuk berkreasi. Audiens Anda tidak akan bosan melihat produk dari katalog Anda jika Anda menambahkan sentuhan humor saat mempromosikan produk.


Undang Influencer Untuk Bekerja Sama


Jika Anda tidak berpengalaman dengan tren, subkultur, dan humor unik di TikTok, sebaiknya serahkan arahan kreatif kepada seseorang yang lebih berpengalaman seperti influencer. Bekerja dengan influencer TikTok adalah cara yang bagus untuk menjangkau audiens baru. Pastikan juga untuk menemukan influencer yang benar-benar memahami dan cocok dengan citra merek Anda.


Fitur Mudah Digunakan


Kelebihan lain dari tiktok ini adalah memiliki fitur yang mudah digunakan. Berbeda dengan aplikasi lain, mungkin tidak semua orang bisa menggunakan aplikasi edit video seperti Adobe Premiere, Wondershare Filmora, atau bahkan Adobe Flash. Namun dengan tiktok ini semua orang bisa menggunakannya, mengambil gambar, mengedit video, menambahkan efek dan lain sebagainya. 


Setiap orang dapat membuat konten yang menarik berdasarkan kreasi dan inovasi mereka. Kini Tiktok Menjadi Media Pemasaran Terkuat Dengan fitur yang sangat mudah digunakan ini, Anda juga akan dapat membuat konten video yang menarik dan unik.


Alasan Tiktok Jadi Media Pemasaran Paling Ampuh


Memiliki Ratusan Juta Pengguna Aktif


Menarik sekali, pengguna aktif TikTok mencapai ratusan juta, kebanyakan menggunakan aplikasi ini untuk membuat konten. Yang membuat aplikasi ini berbeda dengan aplikasi lainnya adalah membuat pengguna aktif dan kreatif dalam membuat karya konten yang menarik. 

Dengan berbagai fasilitas tersebut, pengguna bebas berekspresi dan mengekspresikan segala ide dan kreativitasnya. Dan yang lebih mengejutkan lagi, diperkirakan aplikasi ini akan terus meningkat drastis penggunanya.


Influencer Menggunakan Tiktok


Banyak influencer juga menggunakan tiktok untuk aktivitas pribadi dan bisnis. Tentunya hal ini juga akan menguntungkan bagi para pelaku bisnis yang akan meng-endorse produk. Ketika sebuah platform telah dimasuki oleh influencer, secara otomatis fanbase artis tersebut akan terpengaruh untuk memainkan TikTok. Apalagi sekarang didukung dengan trend challenge yang kemudian akan diikuti oleh banyak pengguna lainnya. Tentunya sangat bermanfaat untuk membantu membuat produk Anda viral bukan?


40% Lebih Banyak Pengguna Remaja


TikTok memiliki dampak yang sangat besar pada bisnis. Bagikan tempat yang memiliki banyak potensi untuk mempromosikan suatu produk. Khusus untuk anda yang target bisnisnya adalah remaja, aplikasi ini adalah tempat yang paling efektif untuk menjangkau mereka dan sangat tepat sasaran. Jangkauannya lebih luas dan dibalut dengan berbagai fitur pendukung yang membuatnya semakin menarik. 


Lebih dari 40% pengguna aktif TikTok adalah remaja. Nah, seperti yang kita ketahui, salah satu konsumen terbesar dari lifestyle item ini adalah para remaja. Nah, menggunakan TikTok tentunya menjadi tempat yang sangat tepat untuk mempromosikan barang-barang yang menunjang gaya hidup para remaja.


Konten Tiktok Lebih Sering Dibagikan


Ada yang bikin menarik lagi, entah fenomena apa atau apa yang membuat tiktok ini begitu populer. Konten video di tiktok pasti akan sangat mudah untuk dibagikan. Berbeda dengan aplikasi lain tentunya ya. Dengan hal yang sangat mendukung ini tentunya menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi anda yang memiliki bisnis dan ingin mendapatkan momen viral untuk produk tersebut. Jadi untuk membuatnya viral, Anda perlu membuat konten yang menarik, unik, kreatif dan inovatif.


Keuntungan Berjualan di Tiktok Shop


Bagi para pebisnis online dan juga para pemula dalam berbisnis, kemunculan Tiktok Shop tentu menjadi kabar gembira. Fitur ini memiliki keunggulan dibandingkan aplikasi atau marketplace sejenis sekalipun. Keuntungan berjualan di Tiktok Shop adalah sebagai berikut:


Aplikasi Media Sosial Yang Bisa Sambil Belanja


Biasanya ketika kita membuka media sosial dan menemukan produk yang kita sukai, kita akan keluar dari media sosial tersebut dan diarahkan ke sebuah website e-commerce. Setelah platform ini muncul, Anda tidak perlu lagi repot-repot scroll marketplace karena Tiktok menjadikannya satu platform. Selain bermain di media sosial, Anda juga bisa berjualan online dan berbelanja online kapan saja, di mana saja melalui fitur ini.


Basis Pengguna Aktif Besar


Tahukah Anda bahwa aplikasi media sosial berbasis video pendek ini sudah memiliki sekitar 800 juta pengguna aktif. Rata-rata mereka adalah anak muda yang membuka aplikasi ini minimal 8 kali dalam sehari. Tidak heran jika aplikasi media sosial ini memiliki peluang untuk menemukan pelanggan yang menjadi target pasar dari produk atau jasa yang Anda jual di media ini.


Baca Juga:

Memperluas Pasar Bisnis


Bagi Anda yang sudah berpengalaman dalam berjualan online, fitur ini juga bisa menjadi cara baru untuk mengembangkan bisnis Anda. Dengan banyaknya pengguna tik tok, langkah untuk semakin memperluas pasar semakin terbuka lebar. Hal ini tentunya dapat meningkatkan omzet penjualan bisnis Anda.


Demikian ulasan tentang, Cara Jualan Di TikTok Shop Bagi Pemula. Semoga bermanfaat.

Labels: Bisnis Online, TikTok

Thanks for reading Cara Jualan Di TikTok Shop Bagi Pemula. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Jualan Di TikTok Shop Bagi Pemula"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.