-->

Indah Cargo Group Serius Melayani Kiriman Paket 1 Kg, Tarifnya Worth It Nggak Ya?


Indah cargo, 1 kg siap kirim


Selama ini Indah Logistik Cargo atau biasa disebut Indah Cargo lebih dikenal sebagai ekspedisi paket berukuran besar. Sehingga masyarakat luas pun mengenal Indah Cargo sebagai ekspedisi cargo. Namun ke depan image tersebut akan pudar. Karena sejak awal 2022 manajemen Indah group bertekad serius melayani paket berukuran kecil. Jargon yang diusung adalah "1 kg Siap Kirim !".

Indah cargo siap dan serius melayani paket kecil mulai 1kg. Sebetulnya sejak lama Indah Logistik juga bisa menerima kiriman paket berukuran kecil atau biasa dikenal sebagai paket retail. Yaitu paket dengan berat 1 sampai beberapa KG. Namun saat itu tarif yang dipatok memang kurang ramah kantong. Hal ini sesuai dengan target marketnya yang menyasar para pedagang partai. 

Admin Bisnis Kurir juga sempat berbincang dengan salah seorang pimpinan cabang Indah Logistik di daerah mengenai paket kecil. Intinya, bukan menolak paket kecil. Namun pertimbangan untuk tidak fokus melayani paket kecil karena kuatir paket tersebut terselip diantara paket-paket lain yang rata-rata ukurannya besar. 

Bukan hanya terselip atau tertinggal di gudang, namun juga bisa rusak karena terjepit paket besar atau bahkan hilang. Dengan pertimbangan itu selama ini paket 1 kg kurang diakomodir oleh agen dan cabang Indah Cargo yang tiap harinya bergelut dengan paket ukuran koli.

Namun seiring dengan tuntutan dalam era bisnis online, banyak pelaku olshop yang berjualan produk ritel, ekspedisi Indah group akhirnya merespon kebutuhan pasar dengan meluncurkan layanan "1 kg siap kirim".


Indah group sendiri merupakan holding company yang membawahi beberapa brand ekspedisi, seperti Indah Logistik Cargo, ILI Express, Yatama dan Indah Express. 

Artinya ekspedisi Indah group siap melayani pelanggan olshop yang umumnya mengirimkan paket ukuran kecil mulai 1 kg.

Sebetulnya layanan paket 1 kg ini sudah dirintis Indah Logistik sejak 2020 lalu. Pandemi menjadi salah satu alasan kuat. 

Saat itu bisnis logistik B2B Indah group sempat turun sampai 30%, hingga tercetus ide untuk masuk pasar logistik B2C dengan menggarap kiriman barang online shop bekerjasama dengan platform e-commerce untuk paket kecil mulai 1 kg. (sumber)

Lalu bagaimana dengan tarif Indah untuk kiriman paket 1 kg? Apakah tarifnya bersaing, mengingat Indah sebelumnya sudah terlanjur dengan image sebagai pengiriman kargo. 

Kira-kira worth it gak ya tarif kiriman paket 1 kg Indah cargo ? Yuk kita cek.


Tarif Paket Kecil Mulai 1 KG Indah Logistik Group


Pertanyaannya, di pasar logistik B2C atau bussiness to customer alias kiriman paket retail tarif yang dipatok Indah group mampu bersaing dengan kompetitornya? Mengingat persaingan tarif di pasar retail cukup sengit tingkat persaingannya.

Kita akan lihat berapa tarif dari Indah group untuk kiriman ritel mulai 1 Kg sesuai dengan cek tarif di website resminya www.indahonline.com.

Pengecekan tarif kiriman Indah Logistik ini dilakukan pada akhir Agustus 2022, dan ada kemungkinan terjadi perubahan di waktu-waktu mendatang, dan hasilnya adalah seperti terlihat di tabel berikut.


Tarif Pengiriman Paket 1 KG Indah Logistik Ke Beberapa Kota Tujuan

Dari Tujuan Tarif/Kg Estimasi
Jakarta Banyuwangi 11.110 4-5 Hari
Jakarta Surabaya 9.090 2-3
Jakarta Solo 11.090 1-2
Jakarta Bandung 6.060 1-2
Jakarta Palembang 13.130 2-3
Jakarta Medan 17.170 4-5
Jakarta Makassar 26.260 9-10/Laut
Surabaya Bandung 10.100 2-3
Surabaya Tangerang  15.130 5-6
Surabaya Makassar 22.725 3-4/Laut
Surabaya Makassar 45.450 2-3/Udara
Surabaya Samarinda 22.275 6-7/Laut
Surabaya Banjarmasin 17.675 4-5/Laut
Surabaya Palembang 17.170 4-5


Tarif tersebut berlaku untuk berat paket mulai 1 kg sampai 10 kg, sedangkan paket diatas 10 kg akan berlaku tarif yang lebih rendah.

Dari tabel terlihat, tarif yang ditetapkan Indah Cargo group untuk paket 1 kg ke beberapa kota tujuan bisa dikatakan sangat bersaing bahkan terbilang murah dibandingkan kompetitornya.

Sebagai contoh, tujuan Jakarta ke Banyuwangi, tarif Indah 11.110/kg dengan estimasi waktu pengiriman 4-5 hari. 


Sementara untuk rute tujuan sama, ekspedisi lain rata-rata mematok tarif diatas 20 ribu/kg, kecuali SAP Express yang lebih murah, yaitu 8.500/kg, sesuai hasil cek ongkir dari Berdu.id. 

Begitu juga tujuan Jakarta-Surabaya, tarif Indah 9.090/kg lebih rendah dari ekspedisi lain yang umumnya diatas angka 10.000/kg.

Selain itu untuk tujuan pengiriman luar pulau, dalam hal ini Sulawesi dan Kalimantan, Indah group menyediakan tarif per 1 kg melaui Laut dan Udara, namun tetap dengan rate yang bersaing. 

Sebagai contoh, untuk tujuan Surabaya ke Makassar yang merupakan kota tujuan pengiriman barang yang cukup populer, rate 1kg Indah group adalah 22.725 lewat Laut, dan 45.450 lewat Udara. Tarif ini secara umum juga lebih murah dari kompetitornya.

Dilihat dari tarif tersebut, terlihat keseriusan Indah cargo group menggarap pasar ritel paket kecil mulai 1 kg yang banyak dilakukan pemain online shop.

Bahkan agar fokus pada segmen paket kecil, divisi B2C Indah Logistik dikelola oleh divisi tersendiri yang berbeda dengan divisi B2B.  Mereka menyiapkan tim ecommerce yang menghandle seluruh platform online shop seperti Bukalapak.

Indah group juga aktif mendorong partisipasi masyarakat lebih luas melalui sistem keagenan, agar bisa menjadi pick up point yang melayani konsumen secara langsung.

Baca Juga:


Di bisnis logistik, Indah group melayani jasa kiriman paket darat, laut hingga udara, termasuk untuk kebutuhan pengiriman sepeda motor melalui layanan khusus.

Setelah sukses dan berpengalaman puluhan tahun di bisnis logistik B2B di Indonesia, ekspedisi Indah group kini siap terjun ke bisnis logistik B2C melayani kiriman barang ukuran kecil mulai dari 1KG dan bersaing dengan nama yang sudah mapan seperti JNE, JNT, SiCepat, TIKI, Lion Parcel dan lainnya.

Labels: Indah Cargo, Jasa Pengiriman

Thanks for reading Indah Cargo Group Serius Melayani Kiriman Paket 1 Kg, Tarifnya Worth It Nggak Ya?. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Indah Cargo Group Serius Melayani Kiriman Paket 1 Kg, Tarifnya Worth It Nggak Ya?"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.