-->

Cara Klaim Paket Lion Parcel Yang Rusak Atau Hilang


Cara Klaim Paket Lion Parcel Yang Rusak Atau Hilang


Klaim paket Lion Parcel - Seperti halnya jasa pengiriman lain, ketika terjadi masalah dalam proses pengiriman, paket yang diterima mengalami kerusakan atau bahkan hilang, maka pihak pengirim akan melakukan klaim atas paket yang bermasalah tersebut. 

Jika kondisi ini terjadi pada paket yang dikirim lewat Lion Parcel maka pengirim juga berhak melakukan klaim untuk meminta pergantian atas kerugian yang dialami.

Untuk paket yang dikirim oleh Lion Parcel, ada 3 jenis klaim yang bisa diajukan, yaitu paket yang hilang, paket yang rusak dan paket yang pengirimannya melewati batas waktu untuk layanan One Pack.

Lalu bagaimana cara dan proses klaim paket Lion Parcel, berikut penjelasannya.

Cara Klaim Paket Lion Parcel


Untuk melakukan klaim paket yang dikirim lewat pengiriman Lion Parcel caranya cukup mudah. Cara klaim paket Lion Parcel memang berbeda dibandingkan jasa pengiriman lain. 

Kamu bahkan tidak perlu menghubungi pihak agen. Lalu cara klaimnya bagaimana dong? Tenang, klaim paket Lion Parcel cukup dari rumah saja. Karena untuk melakukan klaim Lion Parcel prosedurnya secara online.

Jika paket yang kamu kirim melalui Lion Parcel bermasalah, maka kamu bisa melakukan claim dengan membuka website Lion Parcel, www.lionparcel.com.

Kamu bisa mengakses web tersebut melalui smartphone maupun desktop/laptop, namun disarankan lewat HP saja, karena lebih praktis dan mudah.

Setelah kamu membuka web Lion Parcel, selanjutnya cari menu Klaim Paket. Jika menu tersebut tidak ditemukan, kamu bisa mengaksesnya lewat laman www.lionparcel.com/claim.


Menu Klaim Paket di web Lion Parcel.

Pilih / klik Ajukan Klaim Baru, maka akan tampil formulir yang harus kamu isi seperti berikut :

Formulir klaim paket Lion Parcel.


Untuk mengajukan klaim paket Lion Parcel secara online, berikut data-data yang harus kamu isi :

1. ID Pengiriman
Disini kamu harus menginput nomor resi/STT Lion Parcel yang bermasalah atau yang ingin kamu klaim secara benar.

2. Klaimer 
Disini kamu harus tentukan yang melakukan klaim siapa : Pengirim atau Penerima paket. Jadi untuk Lion Parcel baik pengirim maupun penerima bisa melakukan klaim. Di perusahaan lain, biasanya yang berhak melakukan klaim adalah pengirim.

Namun meskipun pengirim dan penerima paket bisa melakukan klaim, sebaiknya klaim dilakukan oleh pengirim, karena yang mengerti proses pengiriman di agen. Bisa jadi dalam proses klaim nanti, pihak Lion Parcel membutuhkan informasi dari pengirim.

3. No. Handphone
Masukkan nomor HP yang melakukan klaim. Sebaiknya nomor HP yang dimasukkan sesuai nomor yang tercetak di resi, baik yang melakukan klaim si pengirim maupun penerima. 

4. Nama Lengkap
Masukkan nama lengkap yang melakukan klaim (pengirim/penerima)

5. Email
Masukkan email kamu yang aktif. 




6. Akun Bank
Disini si klaimer (pengirim/penerima) diminta mengupload file/foto halaman awal buku rekening yang dimiliki, yang menunjukkan nomor rekening si pemilik. 

Gunanya, jika nanti klaim disetujui/diterima, maka uang klaimnya akan distransfer langsung ke rekening tersebut. Paham ya?

7. KTP
Disini si klaimer diminta mengupload foto KTP.

8. Tipe Klaim
Ada 3 macam tipe klaim paket Lion Parcel, yaitu : 
- MBG (Money Back Guarantee atau jaminan uang kembali), untuk paket yang terlambat datang sesuai estimasi, khusus bagi pelanggan yang menggunakan layanan Onepack Lion Parcel.
- Kerusakan (Damaged), untuk paket yang mengalami kerusakan.
- Kehilangan (Missing), untuk paket yang hilang

Sesuaikan dengan tujuan klaim kamu.

Setelah semua data yang diperlukan selesai diinput, maka tinggal tekan tombol Kirim untuk menyelesaikan proses klaim.

Setelah proses klaim berhasil dilakukan, maka akan muncul nomor ID Klaim kamu. Catat nomor tersebut untuk digunakan dalam proses penelusuran klaim.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan SMS perihal klaim yang kamu lakukan berikut penjelasanya. 


Tampilan setelah proses klaim dilakukan, muncul ID Klaim. Harap dicatat ya!


Berapa lama proses klaim tidak bisa ditentukan dengan pasti waktunya. Meskipun pihak Lion Parcel menjanjikan klaim Anda akan diproses dalam 1x24 jam. Namun ini bukan jaminan pasti selesai dalam 1 hari. Ini hanya menunjukkan bahwa pihak Lion Parcel akan berusaha segera menangani klaim kamu dalam waktu secepat mungkin.

Setelah kamu melakukan klaim tersebut, pihak Lion Parcel akan segera melakukan investigasi duduk perkara paket kamu. Biasanya agen tempat paket dikirim maupun agen/cabang di kota tujuan paket akan dimintai cross check perihal paket tersebut. 

Pihak Lion Parcel akan memastikan paket yang diklaim tersebut sudah sesuai SOP dan berhak mendapat ganti rugi atau tidak. 

Misalnya jika kamu melakukan klaim atas paket yang rusak, maka Lion Parcel akan menanyakan agen dimana paket dikirim, bagaimana hal-ihwal kondisi paket dan packingnya. 

Dari hasil investasi tersebut nantinya akan diputuskan apakah klaim yang kamu ajukan bisa diterima atau ditolak.

Sambil menunggu proses penyelidikan oleh kantor pusat Lion Parcel, kamu /klaimer bisa melacak perkembangan klaim kamu di website www.lionparcel.com. 

Di menu Klaim Paket masukkan nomor ID Klaim yang kamu terima. Lalu klik Lacak Klaim paket, maka akan muncul penjelasan sudah sampai dimana proses klaim kamu.

Sambil menunggu keputusan Lion Parcel, kamu bisa cek status
 klaim sampai dimana. 


Faktor Yang Menentukan Klaim Diterima Atau Ditolak Lion Parcel


Apakah klaim kamu pasti diterima ? Tentu saja belum tentu. Bisa ya bisa tidak, tergantung hasil penyelidikan Lion Parcel. 

Ada beberapa kondisi dimana klaim kerusakan/kehilangan paket ditolak, diantaranya :



Baca Juga:


Jika hasil investasi Lion Parcel menunjukkan penyebab paket rusak adalah kelalaian pengirim atau tidak sesuai SOP Lion Parcel, maka sudah pasti klaim ditolak. 

Sebagai contoh, paket berisi barang yang rawan pecah, namun pengirim tidak menginformasikan isinya secara benar (di resi tercantum jenis barang yang berbeda), atau paket tidak dipacking dengan kayu sebagaimana seharusnya. Jika paket rusak, bisa dipastikan klaim akan ditolak.

Barang yang termasuk dilarang dalam pengiriman, dangerous good, obat-obatan terlarang juga tidak bisa diklaim. Contoh : Cairan, frozen food, barang berharga (emas, batu mulia, uang), barang elektronik yang mengandung dinamo, dll.

Begitu juga barang yang rusak akibat force majeur, seperti bencana alam, kerusuhan, perang, pembajakan, kerusakan pesawat, dll juga tidak bisa diklaim. Sebagai contoh, saat pandemi diberlakukan pembatasan penerbangan, sehingga barang makanan bisa rusak/busuk. Kondisi ini diluar kemampuan kontrol perusahaan pengiriman, sehingga tidak bisa dilakukan klaim.

Apabila  packing (fisik) luar kiriman tidak mengalami kerusakan maka Klaim kerusakan tidak dapat diproses.

Apabila kerusakan atau kehilangan kiriman hanya sebagian maka penggantian perhitungan 10 kali biaya pengiriman.

Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan ketika melakukan klaim paket Lion Parcel :

- Memiliki/menyimpan Resi asli pengiriman paket yang diklaim. 
- Untuk paket yang rusak, wajib didokumentasikan (foto/video) kondisi paket saat diterima oleh pengirim. Hal ini diperlukan sebagai bahan bukti/pertimbangan. 
- Sebaiknya lakukan klaim sesegera mungkin, karena ada batas waktu proses klaim.
- Siapkan foto buku rekening bank dan foto KTP.
- Klaim hanya dapat diproses untuk 1 kategori klaim per STT .
- Proses klaim asuransi wajib melampirkan invoice atau nota pembelian sebagai dasar penggantian klaim.

Berapa Nilai Penggantian Klaim Paket Lion Parcel?





Nilai penggantian paket yang hilang atau rusak, tergantung apakah paket tersebut diasuransikan atau tidak.

Paket yang tidak diasuransikan


Untuk paket yang tidak diasuransikan, maka kompensasi yang diberikan 10 kali biaya pengiriman atau maksimal Rp 2 juta per resi pengiriman, mana yang lebih dulu tercapai. 

Misalnya ongkir paket Rp 25 ribu, sedangkan harga barang Rp 500 ribu, maka kompensasi ganti ruginya sebesar Rp 250 ribu. Sebaliknya ongkos kirim Rp 500 ribu, sedangkan harga Rp 2 juta, maka ganti ruginya adalah Rp 2 juta. 

Jika kamu ingin mendapatkan kompensasi yang maksimal atas resiko kehilangan/kerusakan dalam proses pengiriman, maka untuk barang yang harganya mahal, seharusnya diasuransikan. 

Paket yang diasuransikan


- Jika barang atau dokumen diasuransikan, maka akan dikenakan biaya asuransi sebesar 0,25 % dari harga barang.
Contoh : harga barang Rp 5 juta, maka biaya asuransi sebesar Rp. 12.500.

- Penggantian untuk kerusakan atau kehilangan barang umum non elektronik (seperti: gament, aksesoris, buku, barang otomotif, dsb), akan di cover hingga maksimum Rp. 1 miliar per STT pada saat proses klaim.

- Penggantian untuk kerusakan atau kehilangan alat-alat elektronik akan di cover hingga maksimum Rp. 100 juta per STT pada saat proses klaim.

- Penggantian atas kerusakan atau kehilangan dokumen berharga (seperti: BPKB, STNK, Ijazah, Passport, Sertifikat Rumah, Dokumen Bank, Dokumen Asuransi, Dokumen Tender, Sertifikat, Dokumen kewarganegaraan, dan dokumen berharga lainnya) akan di cover hingga maksimum Rp. 10 juta per STT sesuai dengan harga barang yang diasuransikan pada saat klaim.

UPDATE PER APRIL 2022

Sesuai info yang admin terima, per April 2022 biaya asuransi Lion Parcel adalah 0,30%.

Batas Waktu Klaim Paket Lion Parcel


Jika terjadi masalah dalam pengiriman Lion Parcel, sebaiknya pengirim segera melakukan klaim karena memiliki batas waktu. Klaim dapat dilakukan selama masih dalam batas waktu yang tersedia.

- Untuk paket yang diasuransikan, bisa di klaim maksimal 14 hari kerja dari tanggal BKD, jika klaim dilakukan selepas masa tersebut, maka klaim tidak berlaku.

- Untuk paket tanpa biaya asuransi bisa di klaim maksimal 30 hari kerja dari tanggal booking, jika klaim dilakukan selepas masa tersebut maka klaim tidak berlaku.


Contoh Kasus Klaim Paket Lion Parcel Happy Ending


Berikut contoh kasus proses klaim paket yang dikirim melalui Lion Parcel seperti pernah diceritakan oleh seorang agen dan berakhir happy ending.

Paket tersebut berisi makanan yang mengalami keterlambatan dan diterima dalam keadaan tidak bisa dimakan karena rusak. Kejadiannya pada saat pandemi sedang merebak, sehingga ada kemungkinan keterlambatan tersebut akibat kendala dalam kelancaran transportasi.

Pihak agen berinisiatif membantu pengirim menyiapkan persyaratan yang diperlukan dan mengajukannya by email ke bagian Klaim Lion Parcel.

Proses klaim berjalan lancar dan pengirim mendapat penggantian kerugian yang ditransfer sesuai nilai barang dan ongkir. 

Dan bahkan si pengirim mendapat surprise lain dari Lion Parcel berupa merchandise boneka dan angpao Rp 50 ribu. Barangkali momennya bertepatan pada perayaan Imlek. 

klaim paket Lion Parcel
Agen Lion Parcel membantu proses klaim via email, sengaja diblur yaa.

Pengirim mendapat hadiah merchandise dari Lion Parcel.

Surat pengantar dari Lion Parcel.




Hadiah boneka yang diberikan Lion Parcel. 

Nah, sebagai kesimpulan dari cara klaim paket yang dikirim melalui Lion Parcel mengalami kerusakan atau hilang, prosesnya cukup mudah yaitu dilakukan secara online dalam 3 langkah saja, yaitu :
- Lakukan klaim secara online melalui website resmi Lion Parcel, masukkan data yang diperlukan.
- Lacak status klaim melalui nomor ID klaim yang diperoleh
- Terima keputusan hasil klaim.

Labels: Asuransi, Lion Parcel, Ongkos kirim

Thanks for reading Cara Klaim Paket Lion Parcel Yang Rusak Atau Hilang. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Klaim Paket Lion Parcel Yang Rusak Atau Hilang"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.