-->

Buka Gerai Minimarket Indomaret, Begini Persyaratan Dan Modalnya


Cara buka gerai minimarket Indomaret
Peluang bisnis minimarket Indomaret


Waralaba Indomaret - Siapa orang Indonesia yang tak kenal Indomaret? Mungkin hanya orang yang tinggal tengah hutan atau dipucuk gunung yang tak pernah ke kota. 

Indomaret adalah jaringan minimarket atau toko swalayan yang tersebar di seluruh Indonesia. Keberadaannya mudah ditemui di setiap kota besar maupun kecil. Dengan warna interior yang khas, garis merah biru kuning, dikejauhan pun orang sudah bisa melihat keberadaannya.

Cikal bakal toko jaringan Indomaret berawal pada tahun 1988, ketika itu Grup Salim yang merupakan konglomerat Indonesia, berniat menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari bagi para karyawannya.

Dari pengalaman mengelola toko tersebut, pihak perusahaan melihat peluang bahwa masyarakat Indonesia ternyata senang belanja di toko ritel modern yang bersih, nyaman dan memiliki persediaan barang yang lengkap.

Dari sini kemudian usaha toko berkonsep swalayan tersebut dikembangkan di kawasan perumahan dengan luas toko sekitar 200 M persegi.

Selanjutnya usaha minimarket ini dikembangkan ke berbagai daerah dan melengkapi produk yang dijual di setiap toko hingga 5000 item produk. 




Sejak tahun 1977 Indomaret mulai dikembangkan melalui pola kemitraan dengan membuka peluang bagi masyarakat luas untuk memiliki dan mengelola sendiri gerai Indomaret dengan skema waralaba.

Dikelola di bawah PT Indomarco Prismatama, saat ini gerai Indomaret sudah mencapai 15 ribu toko yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kepemilikannya pun terbagi atas 40 persen dimiliki pihak lain melalui skema waralaba, dan sisanya dikuasai perusahaan.

Bagi Anda yang ingin membuka gerai minimarket Indomaret melalui mekanisme waralaba, berikut informasi syarat dan modal yang dibutuhkan.

Waralaba Indomaret


Bagi Anda yang tertarik membuka usaha minimarket, waralaba Indomaret bisa jadi pilihan mengingat prospek bisnis yang menjanjikan.  

Sebelum memutuskan untuk menjalin kerjasama bisnis dengan Indomaret, ada sejumlah persyaratan dan tahapan yang perlu diketahui, yaitu :

Syarat bagi peminat waralaba Indomaret :

- Warga negara Indonesia 
- Menyediakan lokasi toko di area komersial dengan luas ideal 120 sampai 200 meter persegi 
- Memiliki kelengkapan izin usaha minimarket yang meliputi IMB/IPB ruko, UUG/HO, SIUP, TDP, IUTM/IUTS, STPW, NPWP, PKP dan lainnya.
- Menyediakan dana investasi dengan nilai estimasi Rp 394 juta 
- Memiliki jiwa entrepreneur dan fokus pada sistem waralaba Indomaret.

Berdasarkan hal tersebut, syarat terpenting untuk menjalin kemitraan dengan minimarket Indomaret, investor harus menyiapkan lokasi toko dengan luas antara 120 sampai 200 M persegi dan modal minimal sekitar Rp 400 jutaan.

Dari modal sebesar itu nantinya akan digunakan untuk :
- Peralatan elektronik dan nonelektronik.
- Promosi persiapan pembukaan toko.
- Franchise fee untuk 5 tahun 
- Renovasi bangunan dan tambahan biaya listrik.




cara membuka gerai Indomaret
Proses kerjasama waralaba Indomaret (via Indomaret.co.id)

Modal tersebut belum termasuk investasi untuk ruang toko. Jika investor sudah memiliki lokasi toko milik sendiri, tentu saja lebih menguntungkan karena tidak direpotkan dengan masalah perpanjangan sewa tempat, yang bisa saja nilainya melonjak cukup tinggi. 

Jika lokasi toko menyewa ruko, untuk mencapai luas minimal 120 M persegi  dibutuhkan 2 ruang ruko yang nantinya disatukan. 

Untuk kota kecil sampai sedang, sewa ruko ukuran 6 x 10 M sekitar Rp 50-75 juta, sehingga untuk sewa 2 ruko, dibutuhkan modal Rp 100-150 juta. 

Setidaknya investor akan menyewa untuk masa 2 tahun, sehingga dibutuhkan Rp 200-300 juta untuk sewa ruko.

Dari perhitungan tadi, untuk membuka gerai Indomaret, seorang investor setidaknya harus menyiapkan dana sekitar Rp 600 – 700 juta. 





Tahapan Kerjasama Waralaba Indomaret


Setelah investor memenuhi persyaratan tadi, maka bisa menghubungi pihak Indomaret untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci.

Pemohon bisa menghubungi Indomaret melalui Call Center : 1500-280. Atau SMS 0811 1500 280.

Pemohon juga bisa mengunjungi website Indomaret untuk mengunduh formulir pendaftaran. Atau melalui link berikut :


Dikutip dari laman Indomaret, nantinya proses kerjasama pembukaan gerai minimarket Indomaret akan melalui tahapan berikut :

1. Presentasi Pertama 

Bagi Anda yang telah memiliki usulan lokasi tempat usaha sebaiknya membawa fotokopi dokumen pendukung, seperti sertifikat bangunan, IMB, KTP, KK, denah lokasi, SIUP, TDP, IUTM, STPW, NPWP, PKP, dan lainnya. 

Pada presentasi pertama akan dijelaskan dengan detail mekanisme kerja sama,besaran investasi, keuntungan per bulan, dan sistem operasional toko. 

2. Presentasi Kedua 

Pada tahap ini akan dipaparkan hasil survei kelaikan dan Rencana Anggaran Belanka (RAB) yang mengarah pada besarnya nilai investasi. 

3. Pembukaan Toko 

Setelah semua item kesepakatan direalisasikan, maka toko siap dibuka dengan program promosi yang ditetapkan Indomaret. Segera setelah toko buka akan ditandatangani perjanjian waralaba untuk jangka waktu 5 tahun.




Kelayakan Bisnis Waralaba Indomaret


Minimarket adalah bisnis yang prospektif. Hal ini karena di sini menjual berbagai kebutuhan sehari-hari. Jadi dimanapun keberadaannya selalu dibutuhkan.

Selain itu, minimarket memiliki sistem swalayan, dimana konsumen bisa memilih sendiri produk yang dibutuhkan. 

Baca Juga:



Harga produknya pun jelas dicantumkan, sehingga pasti dan bisa jadi pertimbangan konsumen untuk memilih produk dan merek yang disukai serta sesuai kemampuan.

Ditambah lagi, ruangan sebuah minimarket biasanya dilengkapi dengan AC, sehingga membuat pengunjung nyaman dan betah berbelanja.

Dari beberapa poin tadi bisa dikatakan bahwa peluang usaha minimarket memang cukup besar.

Untuk mendirikan gerai minimarket, masyarakat punya dua cara. Pertama, mendirikan gerai secara mandiri, mengurus segala sesuatunya sendiri, mulai dari menyiapkan ruang toko, rak, menyiapkan dan mendisplai barang yang akan dijual agar menarik, serta sistem stok barang dan pembukuannya.

Kedua, membeli hak waralaba dari merek yang sudah populer dan terbukti keberhasilannya. Salah satunya adalah Indomaret.

Mendirikan gerai minimarket secara mandiri secara modal memang lebih kecil, namun hal ini mungkin tidak sebanding dengan permasalahan yang akan dihadapi dalam operasional minimarket sehari-hari. Dimana semua hal harus dihadapi dan diselesaikan sendiri.

Berbeda dengan waralaba seperti Indomaret, yang sudah reputasi teruji, memiliki sistem operasional sehari-hari yang mapan, perencanaan produk, sistem kontrol terhadap kinerja toko, manajemen SDM dan pemasaran yang baik, dan sebagainya yang semua dihandle pihak perusahaan. 

Ibaratnya, investor tinggal monitor saja usaha dan menerima laporan secara berkala dari pihak Indomaret.

Secara brand, masyarakat sudah pasti lebih suka dan percaya berbelanja pada minimarket yang sudah populer, seperti Indomaret. 




Berbeda dengan supermarket mandiri yang menggunakan brand sendiri, butuh waktu yang cukup lama untuk dikenal dan mendapat kepercayaan dari masyarakat.

Menurut sumber internal, kerjasama waralaba Indomaret bisa mencapai balik modal (break event point) antara 30 bulan dan maksimal 43 bulan, seperti dikutip dari Kumparan. 

Sementara kerjasama franchise Indomaret adalah 60 bulan (5 tahun), dan setelahnya akan dikenakan franchise fee lagi. Sehingga setidaknya investor akan mengunduh keuntungan mulai bulan ke 44 sampai 60. 

Tentu saja pencapaian BEP waralaba Indomaret ini bisa berbeda antara gerai satu dan lain, kota satu dan kota lain. Salah satunya tergantung potensi lokasi toko dan wilayah setempat.

Semoga informasi tentang persyaratan, proses pengajuan dan modal yang dibutuhkan untuk membuka Indomaret, bisa memberikan gambaran prospek bisnisnya bagi Anda yang tertarik. Dengan demikian Anda bisa membuat penilaian untung-ruginya memiliki bisnis minimarket Indomaret dengan konsep waralaba.

Loading...

Labels: Ide Bisnis

Thanks for reading Buka Gerai Minimarket Indomaret, Begini Persyaratan Dan Modalnya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Buka Gerai Minimarket Indomaret, Begini Persyaratan Dan Modalnya"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.