-->

Program Motis 2023 Angkutan Gratis Sepeda Motor Via KAI, Cek Cara Dan Syarat Pendaftarannya


Program Motis 2023 - Mendukung Angkutan Lebaran 2023, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) yang berada di bawah Kementerian Perhubungan kembali menggelar program Motis (Motor Gratis). Sebagai program rutin tahunan DJKA, Motis 2023 ditargetkan dapat melayani lebih dari 40 ribu penumpang. 

Melansir laman Djka.dephub.go.id, menurut Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Djarot Tri Wardhono, tahun 2023 ini DJKA akan menyiapkan sebanyak 10.440 slot motor secara gratis yang dikirimkan ke lokasi tujuan mudik penumpang pada Lebaran mendatang. 

Kapasitas angkutan Motis ini lebih banyak daripada tahun lalu karena kondisi Covid-19 saat ini sudah jauh lebih kondusif.

Ditambah lagi respons dan animo masyarakat terhadap program Motis setiap tahunnya menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. 

Sejak awal diluncurkan pada 2013, minat masyarakat terhadap penyelenggaraan Motis oleh pemerintah cukup tinggi. Pada tahun 2019, tercatat sebanyak 19 ribu lebih unit sepeda motor telah difasilitasi pengirimannya secara gratis oleh DJKA.

Program Motis 2023


Program Motis 2023 kini hadir dengan peningkatan kapasitas untuk melayani kebutuhan mudik masyarakat. DJKA menargetkan 46.720 penumpang akan berangkat dengan program ini, yang tersedia dalam tiga lintas pelayanan yang meliputi :

1. Lintas Utara dengan rute Cilegon - Jakarta Gudang - Semarang Tawang; 

2. Lintas Tengah dengan rute Jakarta Gudang - Purwosari, dan 

3. Lintas Selatan dengan rute Kiraracondong - Purwosari. 

Dalam upaya mengoptimalkan keselamatan dan kenyamanan penumpang, DJKA akan mengintegrasikan angkutan motis dengan pelayanan KA PSO (Public Service Obligation) dengan tarif yang sangat terjangkau. 

KA PSO sendiri adalah Kereta Api Public Service Obligation atau Kewajiban Pelayanan Publik yang merupakan bagian tidak terpisahkan dengan subsidi. PSO merupakan pelayanan angkutan kereta api kelas ekonomi baik antarkota maupun perkotaan kepada masyarakat dengan tarif yang terjangkau dan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum yang telah ditetapkan. 

Cukup dengan membayar tarif mulai 10 ribu hingga 20 ribu rupiah saja  peserta motis dapat bermudik ke kampung halamannya bersama kendaraan motornya. Tarif tersebut akan menyesuaikan dengan jarak tempuh atau rute yang dipilih.

Djarot menjelaskan bahwa program ini tidak hanya bertujuan untuk memfasilitasi mudik masyarakat dengan aman dan nyaman, tetapi juga untuk meminimalisir tingkat kecelakaan kendaraan roda dua selama periode mudik.

Pendaftaran Motis 2023

Untuk mengikuti program Motis 2023 dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para peminat.

Masa Angkutan Motis


Untuk mengikuti program angkutan motor gratis alias Motis dari DJKA, peminat harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Jadi tidak bisa go show alias langsung datang ke stasiun pada hari H-nya.

Pendaftaran Motis 2023 akan dimulai pada tanggal 1 Maret - 3 Mei 2023. 

Untuk pelaksanaan angkutan mudik motis akan diselenggarakan pada tanggal 11 - 20 April atau selama 10 hari.

Sedangkan angkutan balik motis dilaksanakan pada tanggal 25 April - 4 Mei 2023 (10 hari). 

Jadi untuk waktu keberangkatan maupun kepulangan motis 2023, peserta bisa memilih diantara waktu yang tersedia tersebut.

Persyaratan Angkutan Motor Gratis Motis 2023

Untuk  mendaftarkan diri di program Motis Lebaran 2023 oleh Kemenhub ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu peserta harus memiliki dan menunjukkan : 

- Kartu Tanda Penduduk (KTP)
- Kartu Keluarga (KK)
- Surat Izin Mengemudi C (SIM C)
- Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
- Besaran motor maksimal 200 cc

Dilansir dari akun Instagram @motis_2023, dijelaskan persyaratan lengkap untuk mengikuti program angkutan motor gratis dengan kereta api dari Dephub sebagai berikut.

(sumber Instagram @motis_2023)


Cara Daftar Angkutan Gratis Motor Motis 2023


Adapun cara untuk mendaftar program Motis Kemenhub untuk mudik gratis Lebaran 2023 dapat dilakukan melalui dua cara :

1. Daftar online
2. Daftar di seluruh stasiun yang melayani program Motis.

Pendaftaran Motis 2023 Secara Online :


Untuk pendaftaran online Motis 2023  melalui webiste resmi Mudik Gratis Dephub dengan alamat

https://mudikgratis.dephub.go.id


Berikut ini langkah-langkahnya:

- Buka website http://mudikgratis.dephub.go.id
- Lakukan pendaftaran dengan melengkapi formulir detail pendaftaran sebagai berikut :
  - Pilih moda transportasi
  - Pilih jumlah penumpang
  - Pilih kota asal dan tujuan;
  - Pilih tanggal keberangkatan dan/atau tanggal kembali
  - Isi verification code
  - Klik "Cari Perjalanan"
 
- Lengkapi formulir tersebut sesuai dengan KTP, KK, SIM C, STNK dan besaran motor.

-Ikuti seluruh proses dan lengkapi seluruh data pendukung hingga selesai.

- Selanjutnya lakukan verifikasi pendaftaran di stasiun yang ditunjuk

Setelah pendaftaran disetujui, motor dapat diserahkan ke stasiun sesuai yang dipilih, maksimal 1 hari sebelum keberangkatan dan diambil di stasiun tujuan maksimal 1 hari setelah tiba dengan membawa bukti pendaftaran dan bukti kirim

Petugas akan mengosongkan tangki BBM motor penumpang pada saat motor akan dinaikkan ke rangkaian kereta api untuk dikirimkan.

Jadi program Motis 2023 ini pada dasarnya pihak Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) memberi kesempatan pada masyarakat untuk pulang mudik naik kereta api bersama motornya.

Masyarakat yang berminat program Motis ini cukup membayar tiket kereta api dengan tarif khusus, yaitu berkisar 10 sampai 20 ribu, tergantung jarak/rute tempuhnya, sedangkan motornya digratiskan.

Namun program Motis ini juga ada kuotanya. Untuk kuota motor, pihak DJKA menyiapkan 10 ribu atau tepatnya 10.440 slot motor untuk dikirim secara gratis.

Karena program Motis 2023 ini mensyaratkan motor dikirim bersama pemiliknya, maka untuk setiap 1 motor difasilitasi 2 tiket dengan harga khusus. Sedangkan jika yang ikut mudik lebih dari 2 orang, maka selebihnya untuk tiket tambahan dikenakan biaya normal.

Dengan program angkutan motor gratis Motis 2023 melalui kereta api yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), masyarakat diharapkan dapat mudik dengan aman, nyaman, dan terjangkau. 

Program ini juga diharapkan dapat membantu meminimalisir tingkat kecelakaan kendaraan roda dua selama periode mudik yang tinggi. Dalam upaya mengoptimalkan keselamatan dan kenyamanan penumpang, DJKA akan mengintegrasikan angkutan motis dengan pelayanan KA PSO dengan tarif yang sangat terjangkau, yakni mulai dari 10 ribu hingga 20 ribu rupiah. 

Semoga program Motis 2023 dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia, terutama dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan mudik.

Labels: Sepeda Motor, Tranportasi

Thanks for reading Program Motis 2023 Angkutan Gratis Sepeda Motor Via KAI, Cek Cara Dan Syarat Pendaftarannya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Program Motis 2023 Angkutan Gratis Sepeda Motor Via KAI, Cek Cara Dan Syarat Pendaftarannya"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.