-->

Apa Itu Google Adwords : Pengertian, Manfaat, Dan Cara Menggunakannya


Pengertian, manfaat dan cara menggunakan Google Adwords


Para pemilik bisnis atau entrepreneur pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah digital marketing. Dalam dunia digital, mempromosikan bisnis melalui online menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan brand awareness dan memperluas jangkauan pasar. Dalam hal ini, Google Adwords menjadi salah satu fitur yang sangat bermanfaat bagi para pemilik bisnis. 

Dalam artikel ini, akan menjelaskan apa itu Google Adwords, manfaat yang bisa didapatkan dari fitur ini, dan bagaimana cara menggunakannya dengan benar. 

Siap untuk menemukan bagaimana Anda bisa meningkatkan visibilitas bisnis Anda dengan bantuan Google Adwords?


APA ITU GOOGLE ADWORDS


Google Adwords merupakan fitur dari Google yang bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis melalui iklan berbayar yang ditampilkan pada halaman pencarian Google. 

Fitur ini berguna untuk mempromosikan bisnis secara online agar lebih banyak orang dapat menemukan produk yang ditawarkan. Iklan ini akan ditampilkan berdasarkan kata kunci yang sesuai dengan bisnis tersebut. 

Banyak pebisnis online yang menggunakan Google Ads sebagai solusi pemasaran mereka karena sangat efektif dan mudah digunakan. 

Sebelumnya, fitur ini dikenal dengan nama Google Adwords, namun pada tanggal 24 Juli 2018, Google secara resmi mengubah nama menjadi Google Ads. Meskipun namanya berubah, cara penggunaannya tetap sama dan tidak mengalami perubahan apapun. 

Jadi Google Adwords dan Google Ads memiliki pengertian yang sama, namun karena sudah lebih dulu dikenal, maka banyak orang yang masih menyebutnya Google Adwords daripada Google Ads.

Logo baru Google Adwords setelah berubah menjadi Google Ads



MANFAAT MENGGUNAKAN GOOGLE ADWORDS


Ketika Anda memutuskan untuk memanfaatkan fitur Google Ads untuk mempromosikan merek atau produk Anda, maka kesempatan untuk membangun bisnis dapat Anda dapatkan dengan mudah. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa saat ini sebagian besar pebisnis sudah mulai beralih ke bisnis online.

Dengan memulai menggunakan fitur Google Ads, berarti Anda sudah berani melangkah ke masa depan bisnis dalam era digital. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan keuntungan yang akan Anda rasakan dalam menggunakan Google Adwords:

1. Google Mengendalikan Pasar Online

Google adalah platform yang dapat menjawab setiap pertanyaan pengguna, mulai dari membeli barang hingga mencari informasi yang tidak penting. Google bisa menjawab semuanya.

Berdasarkan laman resmi Statcounter, perusahaan Google sudah berhasil menguasai pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia dengan tingkat persentase 92,07%. Statcounter juga menjelaskan bahwa Google juga sudah berhasil menguasai pangsa mesin pencari di Indonesia dengan tingkat persentase sebanyak 97,44%.

Sebenarnya ada juga mesin pencari lain seperti Yahoo, namun mereka hanya memperoleh pangsa pasar sebesar 0,93%, dan Bing hanya memiliki pangsa pasar sebesar 0,36%.

Dengan melihat peluang besar yang diberikan oleh Google, tentu Anda akan memperoleh manfaat besar saat menggunakan fitur Google Ads untuk mempromosikan bisnis.

2. Target Pasar Lebih Spesifik


Saat menggunakan Google Ads, Anda dapat menentukan sendiri target pasar yang Anda butuhkan. Target pasar ini bisa Anda luaskan dari Sabang sampai Merauke, atau bahkan bisa Anda sempitkan hanya pada tingkat kota atau daerah.

Selain bisa mengatur target pasar, Anda juga bisa menyesuaikan iklan agar hanya tampil pada perangkat tertentu. Banyak orang membuka Google melalui PC, Laptop, Tablet, dan smartphone.

Anda bisa menyesuaikan iklan Anda agar tampil pada perangkat tersebut atau memilih salah satu di antaranya saja.

Dengan Google Ads, Anda tidak hanya bisa menentukan lokasi dan perangkat target, tetapi juga dapat mengatur sendiri jadwal tayang iklan. Misalnya, Anda dapat memutuskan kapan iklan Anda akan ditampilkan, mulai dari pukul berapa hingga pukul berapa.

Hal ini sangat bermanfaat bagi bisnis yang memiliki jam operasional terbatas. Contohnya, jika bisnis Anda buka dari pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore, maka Anda dapat mengatur sendiri jadwal tayang iklan untuk memastikan bahwa iklan Anda hanya ditampilkan pada jam operasional.

Jadi dengan membuat iklan di Google Adwords atau Google Ads ini, pebisnis online bisa mengatur 3 hal sekaligus, yaitu lokasi target pasar yang dibidik, perangkat iklan ditampilkan, dan waktu tayang iklan. Luar biasa!

3. Menjalankan iklan di Google Ads Hemat Biaya


Beberapa orang mungkin berpikir bahwa memasang iklan di Google Ads membutuhkan biaya yang sangat besar. Namun, memasang iklan di Google Adwords sebenarnya sangat terjangkau, Anda bahkan bisa memulainya dengan hanya 50 ribu rupiah.

Bahkan, biayanya bisa lebih sedikit lagi jika Anda menggunakan strategi Pay Per Click (PPC). Dalam sistem ini, Anda hanya akan dikenakan biaya jika target Anda melakukan klik pada iklan Anda.

4. Hasilnya Bisa Dilihat Segera


Menggunakan Google Adwords memang memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah hasil yang dapat diterima bisa dilihat dengan cepat. 

Saat Anda menggunakan fitur Google Adwords, Anda akan melihat hasil dari iklan yang Anda pasang. Contohnya seperti jumlah klik iklan, jumlah tampilan iklan, dan jumlah konversi.

Nah, dengan melihat hal-hal tersebut, Anda bisa membuat keputusan apakah iklan yang Anda pasang sudah berjalan dengan baik atau belum. Jika belum, Anda bisa mengubah strategi atau mencari tahu kenapa belum berjalan dengan baik.

Ini sangat penting karena hasil yang diterima bisa memberikan masukan bagi Anda agar bisa mengoptimalkan iklan yang Anda pasang. Tentunya ini akan membantu Anda dalam memperoleh hasil yang lebih baik.

Nah, dengan memperoleh hasil yang baik, bisnis Anda akan semakin berkembang dan populer di mata masyarakat. Tentunya hal ini akan membantu Anda dalam memperoleh kesuksesan yang lebih baik dalam berbisnis online.

CARA MENGGUNAKAN GOOGLE ADWORDS


Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk menggunakan layanan Google Adwords Indonesia.


BUAT AKUN GOOGLE

Jika sudah memiliki akun Gmail, langkah yang satu ini tidak perlu dilakukan. Namun, jika tidak ingin menerima email dari layanan yang satu ini, tidak ada salahnya untuk membuat akun Google yang baru khusus untuk keperluan Adwords Google ini.

LOGIN KE SITUS GOOGLE ADWORDS

Buka situs Google adwords di browser untuk registrasi, yaitu https://ads.google.com

Jangan lupa sign in dengan akun Gmail anda yang digunakan sebagai akun Google Adwords.

BUAT KAMPANYE IKLAN

Setelah login, maka akan muncul halaman "Kampanye baru" dimana Anda bisa mulai membuat iklan, dengan mengisi isian pada form yang tersedia secara lengkap.

Tampilan menunya di halaman Google Adwords mungkin bisa berbeda atau berubah setiap waktu, namun intinya Anda tinggal mengisi informasi sesuai yang diminta.

-  “Mari Kita Mulai! Apa nama bisnis Anda?”

Disini Anda diminta mengisi apa nama bisnis Anda. Anda bisa mengisi dengan merek/nama produk yang akan Anda iklankan.

- “Kemana orang akan diarahkan setelah mengklik iklan anda?”

Setelah itu Anda diminta mengisi URL situs atau halaman situs yang lebih spesifik yang akan menjadi tujuan atau sasaran iklan ketika orang mengklik iklan Anda. 

- TUJUAN IKLAN

Disini Anda menentukan apa tujuan iklan. Ada 4 pilihan, yaitu :

- Dapatkan lebih banyak panggilan.

- Dapatkan lebih banyak panggilan.

- Dapatkan lebih banyak kunjungan ke lokasi fisik bisnis Anda.

- Dapatkan lebih banyak penayangan dan engagement di YouTube.

- MENULIS ISI IKLAN

Berikutnya Anda diminta mengisi materi iklan yang akan ditayangkan Google : 

- judul iklan dan deskripsi iklan 

- Isi radius jangkauan konsumen yang ditargetkan
- Tentukan keywords atau kata kunci pencarian produk atau jasa
- Isi lima kolom yang meliputi headline dan deskripsi iklan
- Masukkan nomor ponsel yang akan ditampilkan di iklan Google, sehingga calon konsumen akan menghubungi nomor yang tertera
- Akan ada tiga opsi budget atau paket pembayaran dari Google yang akan anda bayar per bulannya, selain itu anda diberikan kebebasan untuk menentukan budget sendiri
- Selesaikan informasi transaksi pembayaran.


- TARGET LOKASI  

Disini Anda harus memilih target lokasi secara bebas sesuai kebutuhan Anda. Agar tepat sasaran dan memberi hasil positif bagi bisnis Anda, pilihlah target lokasi yang tepat. Anda bisa memilih target di sekitar kota Anda saja atau target di seluruh Indonesia.

Anda bisa memperluas atau mempersempit target lokasi Anda di sini. Ini adalah salah satu keuntungan menggunakan Google Ads.

- PILIH KATEGORI

Dalam memilih kategori bisnis yang sesuaikan dengan produk atau layanan jasa Anda. Misalnya bisnis fashion atau kuliner.

Dengan begitu iklan Anda bisa menyasar pasar secara tepat dan juga sesuai dengan target yang ingin dicapai. Jangan sampai Anda salah dalam memilih kategori bisnis, karena iklan ini akan menyasar target yang tidak sesuai sehingga peluang kesuksesannya menjadi lebih kecil.

- BUAT COPY IKLAN

Ketika menulis copy iklan, pastikan untuk memahami aturan yang ditentukan oleh Google Adwords sehingga iklan Anda bisa diterima dan ditampilkan. Google memiliki batasan karakter untuk judul iklan yang hanya bisa sampai 30 kata, sementara bagian isi iklan bisa mencapai 80 kata.

Untuk mencapai hasil yang optimal, jelaskan bisnis Anda dengan jelas dan tepat. Hal ini akan membuat iklan mudah dipahami oleh target. Hindari menggunakan kata-kata yang merupakan "clickbait".

Usahakan untuk membuat iklan yang menjelaskan bisnis Anda dengan jelas dan tidak membuat penonton penasaran. Target audiens membutuhkan penjelasan produk yang lebih terperinci, bukan hanya yang membuat mereka penasaran.

- TENTUKAN BIAYA IKLAN

Jangan terlalu memikirkan biaya besar saat memasang iklan di Google Adwords. Dalam platform ini, Anda diberikan kebebasan untuk menentukan biaya yang Anda inginkan untuk iklan Anda.

Jika ini adalah kali pertama Anda menggunakan layanan ini, sebaiknya memulai dengan memilih opsi biaya terrendah. Atau, jika Anda memiliki budget yang terbatas, menggunakan strategi PPC (Pay Per Click) bisa menjadi solusi yang tepat.

- PILIHLAH CARA PEMBAYARAN YANG TEPAT

Google Adwords Indonesia memiliki banyak pilihan cara pembayaran untuk para penggunanya, mulai dari kartu kredit hingga transfer bank. Pilihlah cara pembayaran yang paling cocok untuk Anda sehingga transaksi Anda dapat berlangsung dengan lancar.

Kesimpulan 

Sampai disini selesai sudah penjelasan tentang apa itu Google Ads atau Google Adword, manfaat dan berikut cara menggunakannya secara lengkap.

Intinya, Google Adwords adalah bahwa ini adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Google yang bisa digunakan untuk membuat iklan dan membuat bisnis Anda terlihat pada halaman pencarian Google. 

Melalui Google Adwords, Anda dapat memperoleh banyak keuntungan dan membantu memperluas jangkauan bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan Google Adwords sebagai bagian dari strategi digital marketing Anda untuk mencapai perkembangan bisnis yang lebih baik.


Labels: Internet Marketing

Thanks for reading Apa Itu Google Adwords : Pengertian, Manfaat, Dan Cara Menggunakannya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Apa Itu Google Adwords : Pengertian, Manfaat, Dan Cara Menggunakannya"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.