-->

Apa Itu YouTube Handle Alias Nama Sebutan Channel YouTube



YouTube Handle atau nama sebutan channel


Creator YouTube perlu tahu fitur terbaru Youtube yang dilaunching November 2022, yaitu YouTube Handle. Belum lama ini saya mendapat email dari YouTube tentang YouTube Handle. Meskipun saya bukan YouTuber yang aktif ngevlog video, namun tetap mendapat informasi tersebut. Ini berarti semua pengguna yang terdaftar di YouTube mendapatkan pemberitahuan perihal YouTube Handle.

Apa itu YouTube Handle?


Dalam email tersebut dijelaskan bahwa dalam beberapa waktu ke depan (mungkin saat Anda membaca artikel ini, sudah berjalan) YouTube akan memperkenalkan YouTube handle untuk memudahkan anggota komunitas menemukan dan terhubung satu sama lain. 

YouTube Handle atau nama sebutan channel YouTube adalah cara baru bagi orang untuk menemukan dan terhubung dengan Anda. Nama sebutan channel merupakan personalisasi nama channel YouTube Anda sehingga menjadi unik.


Tidak seperti nama channel, nama sebutan channel bersifat unik untuk setiap kreator, sehingga memudahkan Anda untuk membangun keberadaan yang khas di YouTube.

Di YouTube nama channel yang sama bisa saja digunakan lebih dari satu orang, sedangkan nama sebutan channel adalah ID yang unik, spesifik dan tidak bisa sama. 

Siapa yang pertama kali menggunakan, dia yang berhak dan tidak bisa atau mungkin ada lebih dari 1 handle channel yang sama persis. 

 

Sebagai ilustrasinya, katakan ada 3 orang menggunakan nama channel yang sama di YouTube. Misalnya Kreator YouTube.

Tapi untuk nama sebutan channel nantinya akan berbeda, tidak akan bisa sama. Hanya ada satu yang bisa menggunakan @kreatoryoutube sebagai nama sebutan channel, misalnya. 

Dua lainnya yang sama-sama memakai nama channel Kreator YouTube, harus memilih handle yang berbeda. 

Jika keduanya sama-sama ngotot ingin ada kata “kreator YouTube” dalam nama sebutan channelnya, maka bisa menambahkan angka, titik, atau garis bawah, sehingga berbeda dengan yang sudah ada.

Penting diketahui, Youtube juga tidak mewajibkan pengguna menggunakan nama channel sebagai nama sebutan channel. Jadi pemilik channel Kreator YouTube bisa saja memilih nama sebutan yang berbeda untuk channelnya.

Semisal channel Kreator YouTube memilih nama sebutan @tukangkreator untuk channelnya. Bisa saja, yang penting tidak boleh dan tidak bisa memilih nama sebutan channel yang sudah digunakan pengguna lain.

Jadi Nama sebutan channel akan menjadi ID channel yang unik dan khusus untuk channel Anda, dan akan muncul di berbagai tempat di YouTube. Seperti halaman beranda channel, hasil penelusuran dan feed #shorts.

Nama sebutan channel juga akan digunakan orang lain untuk menyebut (mention) Anda di komentar, postingan komunitas, dan lain-lain. Termasuk mempromosikan channel diluar YouTube juga bakal lebih mudah.

YouTube Handle Bersifat Otomatis Bagi Semua Channel


Nantinya pemilik channel yang belum memilih handle atau nama sebutan channel, YouTube akan otomatis menetapkan handle untuk channel Anda. 

Namun, Anda tetap punya kesempatan untuk mengubahnya jika handle channel otomatis yang diberikan YouTube tidak sesuai yang Anda inginkan. Anda dapat mengubah handle tersebut nantinya di YouTube Studio.


Nama sebutan channel baru Anda akan menjadi bagian dari URL channel YouTube Anda.

URL atau Uniform Resource Locator adalah alamat web Anda di internet, dalam hal ini URL channel YouTube.

Artinya jika nama sebutan channel YouTube Anda @tukangkreator (contoh saja ya), maka ini akan menjadi URL channel YouTube Anda, yaitu https://youtube.com/ @tukangkreator.

Anda dapat menggunakan nama sebutan channel untuk mengarahkan orang ke channel Anda dari luar YouTube.

Baca Juga:


Sedangkan bagi Youtuber yang sudah mempersonalisasi atau melakukan custom URL channelnya, maka URL Anda yang dipersonalisasi akan menjadi nama sebutan channel Anda. 

Itulah penjelasan tentang Youtube handle atau nama sebutan channel Youtube. Pada dasarnya kebijakan YouTube Handle adalah kesempatan bagi setiap pemilik channel untuk mendapatkan nama sebutan channel yang khas dan unik, sekaligus mempersonalisasi alamat (URL) channelnya menjadi alamat channel YouTube yang lebih simple, praktis, mudah diingat, dan cantik.

Untuk informasi lebih lengkap tentang apa itu Youtube Handle beserta penjelasannya dapat dilihat di video berikut.



Labels: Bisnis Online, YouTube

Thanks for reading Apa Itu YouTube Handle Alias Nama Sebutan Channel YouTube. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Apa Itu YouTube Handle Alias Nama Sebutan Channel YouTube"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.