-->

15 Ide Bisnis Rumahan Modal Ringan yang Menjanjikan


15 Ide Bisnis Rumahan Modal Ringan yang Menjanjikan


Di masa pandemi seperti sekarang ini, kita memang wajib memutar otak agar perekonomian tetap berjalan dan dapur tetap ngebul. Karena itulah, banyak orang yang mencari Ide bisnis rumahan modal ringan guna mencoba peruntungan dengan berbagai usaha yang dijalani. 

Namanya saja usaha modal ringan, tentunya bisa dilakukan paruh waktu. Sehingga kamu bisa menjalani pekerjaan utama dan berbagi waktu dengan keluarga. Meski begitu, jika ditekuni dengan serius, hasilnya justru bisa lebih besar. 

Pada kesempatan kali ini, admin Bisniskurir.com akan bahas mengenai Ide bisnis rumahan modal ringan. Kamu bisa menjajal beberapa usaha yang kiranya cocok dengan skill dan bakat yang kamu miliki. Jika belum menemukan skill yang dikuasai, kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu. 

Berikut ide bisnis rumahan yang bisa kamu coba dengan modal yang relatif kecil. Bisnis kuliner online bisa jadi rujukan yang menarik. 




15 Ide Bisnis Rumahan Modal Ringan 


Perlu diketahui, beberapa usaha yang kami sajikan ini mungkin ada yang cocok dan ada yang kurang cocok diterapkan di daerahmu. Jadi, pastikan untuk menerapkannya wajib disesuaikan dengan kondisi lingkunganmu ya. 

1. Minuman kopi kekinian
Ide usaha rumahan di desa maupun di kota bisa memanfaatkan minuman kopi kekinian. Pasalnya, usaha ini lumayan diminati oleh masyarakat karena memiliki cita rasa enak dan tampilan menarik. 

Kamu dapat menjajal usaha ini di tempat tinggalmu. Jika memiliki modal lebih, maka bisa sewa ruko atau tempat usaha. Pastikan untuk menjual sesuatu juga ya, seperti mendoan, mie, dan lain-lain agar bisa lebih menarik. 

2. Catering sehat
Catering sehat sering masuk daftar 5 usaha rumahan dengan modal ringan. Usaha ini menyuguhkan makanan-makanan sehat seperti olahan sayur, buah, dan daging rendah lemak. 

Catering sehat bisa dijajal ke teman-teman dan tetanggamu. Kemudian kembangkan lagi promosi melalui grup Facebook dan Whatsapp di desamu. Selalu memanfaatkan media sosial sebagai ladang untuk promosi. 


3. Snack ringan 
Bisnis snack ringan memang tidak akan ada matinya. Meski saat ini masih dalam situasi pandemi, tetapi usaha yang satu ini tetap eksis. Snack ringan tergolong bisnis rumahan online yang mudah. Karena kita bisa memasarkan produk melalui akun media sosial. 

Karena saat ini banyak orang yang telah beralih ke media sosial. Jadi jualan snack ringan bisa jadi ide bisnis yang menarik. 




4. Menjahit
Jika kamu memiliki keahlian menjahit, kamu  bisa mencoba membuka usaha jasa menjahit. Usaha ini bisa dilakukan oleh siapapun dan cukup menjanjikan. Mengingat pandemi saat ini, banyak masyarakat yang enggan membeli barang baru.

Mereka lebih memilih untuk memperbaiki jika rusak. Kamu bisa memulai dari lingkungan tempat tinggalmu, kemudian beralih ke tetangga desa, lalu mencoba dari desa satu ke desa lainnya. 

5. Jasa potong rambut
Kamu mungkin sudah tak asing dengan potong rambut. Kamu bisa mencoba membuka jasa potong rambut nih. Semua orang tentunya akan memotong rambut mereka jika sudah panjang. Jadi peluang usaha ini bisa kamu manfaatkan jika di lingkungan tempat tinggalmu belum ada jasa potong rambut.

Usaha ini tidaklah ribet, karena hanya memerlukan keahlian memotong rambut. Sementara alat yang digunakan, kamu bisa mengeluarkan modal tidak lebih dari 100 ribu. 

6. Jasa ketik makalah dan print makalah
Jasa ketik dan print merupakan salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Memang jasa ini tidak banyak pesaingnya, tetapi untuk menemukan pasarnya sedikit sulit. Karena mengandalkan orang-orang kantor dan anak sekolah serta kuliah. 

Meski begitu, tidak ada salahnya mencoba menawarkan kepada anak-anak atau orang yang berada di tempat tinggalmu. Mulailah dari lingkungan teman dan saudara, jangan malu untuk bertanya kepada mereka. 


7. Laundry kiloan
Usaha apa yang cepat berhasil? Mungkin jawabannya adalah laundry. Bagaimana tidak, setiap hari pasti ada saja pakaian kotor yang menumpuk. Sedangkan kesibukan orang zaman sekarang membuatnya sedikit sulit untuk mencuci pakaian. 


Kamu bisa menawarkan jasa laundry kepada tetangga, teman, dan juga bisa promosi melalui media sosial. Manfaatkan grup whatsapp, Facebook, di desamu untuk promosi agar usaha makin cepat berhasil. 

8. Jualan pulsa dan paket internet
Usaha apa yang bagus untuk pemula? Umumnya jualan paket data internet dan pulsa menjadi pilihan untuk pemula memulai bisnis. 

Usaha ini memang sangat lancar dan laris karena setiap orang memakai internet untuk menjalankan smartphone mereka. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut dan mulai promosi kepada teman dan orang-orang di dekatmu. 

9. Dropshiper Usaha Untuk Rumahan
Usaha apa yang cocok untuk rumahan? Dropshiper menjadi usaha yang sangat cocok untuk rumahan. Karena kita hanya perlu stok barang kemudian menjualnya melakukan offline maupun online. 

Kamu bisa memulai usaha ini di rumah sembari membangun toko online di marketplace. Karena dengan memiliki toko sendiri, market yang terbentuk akan lebih luas dan kamu akan mendapatkan cuan yang lebih banyak. 




10. Budidaya ikan hias
Ide bisnis rumahan modal ringan bisa dengan cara budidaya ikan hias. Saat ini trend ikan hias memang sedang naik daun. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk meraih pendapatan. 

Tapi harus ingat untuk mempelajari market dan ikan yang potensial untuk menghasilkan uang. Karena jika asal, bukan tak mungkin kamu malah rugi sendiri. 

11. Budidaya tanaman hias
Budidaya tanaman hias menjadi Ide bisnis rumahan modal ringan. Sejak pandemi, banyak masyarakat yang kini mencoba budidaya tanaman hias. Mereka bahkan mencari tanamanan hias dari kebun, hutan, hingga gunung. 


Baca Juga:


Budidaya tanaman hias memang cukup menjanjikan. Mengingat saat ini, masyarakat yang di rumah saja memerlukan penyegaran berupa melihat tanaman yang cantik. 

12. Penulis Website Menjadi Usaha rumahan modal 50 ribu
Jika kamu bakat dalam menulis artikel, tidak ada salahnya kok mencoba menjadi penulis freelance. Kamu juga bisa menjajal menjadi penulis di website. 

Untuk menjadi penulis, kamu hanya memerlukan modal 50 ribu untuk beli kuota internet. Karena tanpa internet kamu tidak akan bisa mengakses berbagai informasi yang ada. 




13. Desain grafis
Menjadi desain grafis mungkin salah satu Ide bisnis rumahan modal ringan. Kamu hanya mengandalkan skill yang dimiliki untuk dapat mengerjakan berbagai proyek yang datang kepadamu. 

Kamu bisa berlatih dari dasar terlebih dahulu, bila perlu ikuti kursus desain grafis secara oneline. Setelah mahir kamu bisa menjajal menawarkan desainmu kepada orang lain. Pemasarannya bisa melalui media sosial ataupun website penyedia jasa.

14. Fotografer
Ide bisnis rumahan modal ringan yang berikutnya adalah fotografer. Santai dulu, jika memang belum memiliki kamera profesional, kamu bisa kok memakai kamera hp. Karena kamera hp jaman sekarang juga sudah canggih-canggih.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah belajar teknik dasarnya terlebih dahulu. Kemudian komposisi dalam foto, cahaya, dan lain sebagainya. 

15. Videographer
Menjadi seorang videographer juga bisa dimulai dari kamera hp kok. Saat ini banyak sekali jasa-jasa videographer yang menggunakan kamera smartphone. Hasilnya juga tak kalah keren dari kamera profesional. 

Jika kamu memiliki bakal videografi, mungkin usaha ini akan sangat cocok dan pantas digeluti. Karena sudah memiliki basik skill yang dibutuhkan. Kamu hanya perlu mengembangkannya saja. 

Demikianlah pemaparan kami mengenai 15 ide bisnis rumahan modal ringan yang dapat kamu coba. Perlu diingat juga ya, rata-rata usaha di atas memerlukan skill agar dapat berjalan dengan baik. Ketahui potensimu dan pelajari lagi skill yang kamu miliki. Semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat ya. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian. 



Labels: Ide Bisnis

Thanks for reading 15 Ide Bisnis Rumahan Modal Ringan yang Menjanjikan. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "15 Ide Bisnis Rumahan Modal Ringan yang Menjanjikan"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.