-->

Prospek Dan Cara Menjalankan Bisnis Kuliner Secara Online Bagi Pemula


prospek dan cara menjalankan bisnis kuliner online


Bisnis Kuliner Online - Salah bisnis yang berkembang pesat di jaman serba digital ini adalah bisnis kuliner. Kalau dulu untuk membuka usaha makanan, orang harus memiliki lokasi fisik di tempat strategis. Sekarang pemikiran seperti itu sudah kurang relevan, karena menjual makanan bisa dilakukan di rumah. Tidak perlu membuka warung atau rumah makan, karena bisa dijual secara online.

Dan menariknya lagi, untuk produk makanan kering seperti snack, bahkan orang tidak perlu memasak atau membuatnya sendiri. Saat ini cukup banyak produsen makanan ringan/snack dalam kemasan siap saji yang menawarkan peluang usaha secara reseller.

Secara umum, bisnis makanan memang menjanjikan karena terkait dengan kebutuhan semua orang. Makanan bukan hanya dibutuhkan untuk bertahan hidup, tapi orang juga menginginkan jenis makanan yang bervariasi setiap harinya. Orang cenderung bosan jika mengonsumsi makanan yang itu-itu saja. Itulah sebabnya bisnis kuliner ibaratnya gak ade matinye.

Bertebarnya kafe dan restoran di kota besar maupun kecil saat ini menunjukkan betapa bisnis kuliner memang sudah menjadi tren gaya hidup modern. 

Prospek Bisnis Kuliner Online


Bisnis kuliner secara online memang layak dijalankan oleh siapa saja, oleh seorang pemula sekali pun. Banyak keuntungannya menjadi pebisnis online dibandingkan membuka usaha kuliner secara offline. 

Pertama-tama, tentu saja, kamu tidak perlu menyewa atau membeli tempat untuk menjalankannya, karena bisa dilakukan dari rumah sendiri. Ini tentu saja sebuah penghematan investasi yang sangat besar.

Berbeda dengan bisnis kuliner offline yang hanya dapat menjangkau wilayah di sekitar lokasi usaha, bisnis makanan online mampu menjangkau wilayah pemasaran yang lebih luas.

Dengan modal usaha terbatas pun memungkinkan siapa saja merintis bisnis makanan secara online. Investasi pun lebih fleksibel dengan tidak memerlukan perlengkapan meja-kursi secara khusus, bahkan peralatan memasak bisa memanfaatkan alat yang sudah tersedia di rumah.

Meskipun fakir modal, bukan berarti usaha makanan secara online mudah dijalankan atau boleh dilakukan sekedar mengikuti tren. Bagaimanapun menjalankan suatu bisnis harus melalui persiapan yang matang. Termasuk menjalankan bisnis kuliner ini, kamu harus memiliki cara bagaimana agar para pelanggan atau konsumen dapat mengenal, tertarik dan bahkan menyukai makanan yang kamu tawarkan.

Memilih Jenis Makanan Yang Dijual Secara Online


Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih jenis makanan yang akan dijual ke pelanggan. Mengingat makanan tersebut akan dijajakan melalui media online, itu berarti makanan tersebut akan dikirim, bukan dimakan di tempat penjual, sehingga disarankan untuk memilih jenis makanan kering. 

Tentu saja kamu juga bisa memilih makanan basah, namun tentunya hanya bisa didelivery untuk wilayah tujuan tertentu yang tidak memakan waktu terlalu lama. Hal ini dikarenakan makanan basah cepat basi dibandingkan dengan makanan kering, kecuali bila dikemas dalam keadaan beku (frozen food).

Selain itu perlu dipikirkan juga wadah yang tepat agar makanan tidak tumpah atau basi saat tiba di tempat pelanggan.   

Dalam hal pengiriman makanan basah, ojek online tentu menjadi pilihan yang tepat, mengingat hanya sedikit jasa pengiriman yang melayani jasa pengiriman makanan basah. 

Kamu bisa menjual jenis menu tertentu atau beragam menu, tapi sebagai awalan, sebaiknya tawarkan menu makanan atau minuman spesialis. Lebih baik fokus pada satu jenis makanan/minuman tertentu, namun dengan banyak variasi. Misalnya toping yang beragam. Atau rasa yang beraneka untuk jenis minuman. 

Jika kamu memiliki resep favorit keluarga atau kamu memiliki keahlian dalam membuat makanan tertentu, ini bisa dijadikan ide untuk dijual secara online. Kamu juga bisa mengangkat penganan tradisional yang sudah umum dikenal, tapi dengan bahan berbeda atau penyajian kekian. 

Semisal ada penjual makanan online yang menjual onde-onde, namun ia mengolah kulitnya menjadi aneka warna-warni. Mungkin kamu juga dengar orang yang menjual mie dengan bahan sayuran bayam, kangkung bahkan buah naga? Semacam itu. 

Jika kamu belum menemukan ide kuliner yang tepat, beberapa jenis makanan berikut ini bisa kamu pertimbangkan sebagai menu jualanmu.

- Aneka Nasi.
Menu nasi merupakan makanan utama sehari-hari masyarakat Indonesia, karena itu menjual aneka macam nasi secara online masih memiliki peluang besar dan menguntungkan.

Beberapa menu berbahan nasi yang bisa dijual adalah nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning, nasi rames yang penting dikreasikan dengan toping dan penataan yang menggugah selera.

- Olahan ayam disukai siapa saja dan ini dibuktikan dengan tingginya permintaan menu ayam di aplikasi ojek online. Saat ini ayam geprek banyak diminati semua kalangan, selain itu anda juga bisa menjual menu ayam goreng dan ayam bakar kreasi anda sendiri.

- Aneka mie juga laris manis dan banyak dicari pecinta kuliner yang memesan secara daring. Pada malam hari di saat orang merasa lapar namun tidak menginginkan nasi, menu mie menjadi pilihan yang banyak diburu.

- Martabak ternyata merupakan salah satu jenis makanan yang banyak dipesan secara online. 

Sejak munculnya aneka macam inovasi rasa yang dihadirkan oleh para inovator kuliner, pamor martabak menjadi semakin terangkat. Jika dulunya martabak hanya punya beberapa rasa seperti kacang, cokelat dan keju, maka saat ini sudah banyak aneka rasa yang dijual para pedagang martabak.

- Salad buah yang terdiri dari buah-buahan seperti apel, semangka, melon, mangga, anggur plus mayonnaise, susu dan keju termasuk banyak disukai pecinta dessert.

Menentukan Menu Andalan


Selain berbagai jenis menu makanan, sebaiknya kamu juga memiliki menu andalan yang paling istimewa dan memiliki kemungkinan penjualan yang baik. Artinya banyak disukai orang. 

Menu andalan ini bertujuan untuk menarik pelanggan. Buatlah satu menu andalan yang memang berbeda dengan produk yang sudah ada di pasaran. Kamu juga harus membuat dalam porsi yang lebih banyak untuk menu andalan ketika mengadakan promosi.

Membuat Merek Produk


Berikutnya adalah membuat merek produk untuk menentukan identitas dari produk kuliner jualanmu. Buatlah merek produk yang singkat dan unik serta mudah diingat orang. Atau yang memancing rasa ingin tahu orang untuk mencobanya.

Jika kamu bingung menentukan merek yang tepat, kamu bisa menggunakan nama sendiri, nama anak, singkatan atau nama sebutan yang cukup populer sebagai identitas bisnis kuliner onlinemu. Misalnya Burger McDoni, Seblak Mbak Oneng, Asinan Laku (Lala dan Kukuh), dan sebagainya.

Deskripsikan Bumbu Dan Rasa


Deskrisikan bumbu serta rasa dari makanan yang anda buat agar pelanggan bisa membayangkan bagaimana rasa atau sensasi makanan yang anda jual. Anda hanya cukup mendeskripsikan bumbu yang penting-penting saja, tidak perlu secara detail, yang penting pelanggan tahu akan bumbu utama dari makanan yang anda tawarkan. Dengan demikian maka mereka pun dapat membayangkan rasa dari makanan anda.

Siapkan Kemasan


Anda harus menyiapkan kemasan yang kuat dan menarik, mengapa? Karena makanan anda akan dikirim oleh kurir. Tentunya anda tidak mau pelangan anda merasa kecewa karena makanan yang anda kirim sampai ketangan pelanggan dalam keadaan yang rusak.

Membuat Foto Atau Video Makanan


Buatlah foto atau video makanan anda semenarik mungkin. Karena penjualan online ini, pelanggan atau konsumen hanya bisa melihat makananan dari foto atau video yang anda share. Untuk itu pastikan foto atau video makanan anda dapat menarik perhatian para pelanggan. Tentunya dengan foto yang menarik, para pelanggan akan penasaran dan ingin mencoba makanan produk anda.

Pikirkan Media Pemasaran Yang Tepat


Agar produk makanan anda dikenal calon pembeli, tentu anda harus mempromosikan. Karena produk makanan anda merupakan bisnis kuliner yang dijual secara online, maka anda harus memanfaatkan jaringan internet untuk memasarkannya. 

Banyak usaha atau cara yang bisa anda gunakan untuk memperkenalkan produk makanan anda agar dapat menjangkau konsumen secara tepat.

Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Instagram secara maksimal untuk memperkenalkan usaha kuliner anda. Melalui Facebook anda bisa mulai memperkenalkan produk kuliner di akun pribadi.

Supaya tidak terkesan jualan, anda bisa share dengan kata-kata seperti "Donat hasil karyaku. Bukan maksud memuji diri sendiri, tapi menurut orang2 yang sudah mencicipinya, rata-rata bilang enak." 

Dengan kalimat yang netral ini, biasanya justru membuat orang menanggapi postingan anda. 

Jangan lupa memanfaatkan orang-orang terdekat seperti teman akrab, sanak saudara untuk membantu promosi jualan anda. Mereka pasti mau mensupport bisnis anda. Anda bisa minta review atau testimoni tentang cita rasa makanan yang anda jual.

Kemudian anda juga wajib gabung dengan grup kuliner di kota anda, bukan grup umum atau grup jual-beli umum. Grup kuliner sangat potensial untuk media promosi makanan, karena didalamnya tergabung orang-orang yang memang memiliki hobi alias suka makan. Para anggotanya selalu tertarik dengan tawaran makanan yang baru. 

Anda juga tidak boleh melewatkan Google Bisnisku untuk mendaftarkan nama usaha kuliner Anda, agar lebih mudah dikenal oleh masyarakat ketika mencari barang/jasa tertentu secara online.


Karena makanan yang dijual secara online, maka dibutuhkan jasa pengiriman untuk mengantar makanan tersebut ke alamat pembeli. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan aplikasi Ojol sebagai strategi pemasaran yang ampuh. 

Banyak platform layanan kuliner antar-jemput berbasis aplikasi ojek online yang tersedia di hampir semua wilayah Indonesia, seperti Go-Food, Grab Food maupun Shopee Food. Ini bisa menjadi peluang besar bagi siapapun yang ingin terjun usaha kuliner tanpa harus membuka gerai.

Cara terakhir yang harus anda pikirkan untuk menjalankan bisnis kuliner ini adalah membuat toko online. Buatlah toko online agar pelanggan anda dapat dengan mudah mencari poduk yang anda tawarkan.

Melihat trend masyarakat Indonesia yang gemar mencoba aneka makanan dan makin terbiasa memesan makanan melalui layanan pesan-antar, prospek bisnis kuliner secara online sangat menarik dan menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan jika dijalankan dengan serius. Seorang pemula yang baru belajar bisnis online pun layak mencobanya.

Yang terpenting dalam menjalankan suatu bisnis adalah suatu niat dan tekad yang kuat. Jangan pernah takut gagal karena kegagalan adalah awal dari kesuksesan.   

Labels: Bisnis Online

Thanks for reading Prospek Dan Cara Menjalankan Bisnis Kuliner Secara Online Bagi Pemula. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Prospek Dan Cara Menjalankan Bisnis Kuliner Secara Online Bagi Pemula"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.