-->

Cara Kirim Hampers Lebaran Agar Aman Dan Tepat Waktu


Cara Kirim Hampers Lebaran Agar Aman Dan Tepat Waktu
Deretan hampers siap kirim (via Cnbcindonesia)


Selama bulan Ramadan dan Lebaran menjadi momentum bagi masyarakat kita untuk mempererat tali silaturahmi antar keluarga, orang-orang terkasih, bahkan dengan kolega bisnis. Salah satunya dengan cara mengirimkan bingkisan khusus disertai kartu ucapan yang dikenal dengan istilah hampers.

Meskipun mengirim hampers bukanlah suatu kewajiban, namun langkah ini bisa jadi penyambung tali silaturahmi, terutama bagi orang-orang yang sudah lama tidak bersua, atau kerabat yang tempat tinggalnya berada di luar kota. Hadirnya hamper bisa dimaknai sebagai “perwakilan diri” kepada handai taulan.

Banyak pilihan hampers hari raya. Mulai dari aneka makanan atau minuman, peralatan masak, perlengkapan ibadah, alat makan, hingga perawatan tubuh.

Secara umum, hampers yang berisi makanan atau minuman yang dikemas dalam packaging yang menarik, menjadi bingkisan hari raya yang paling diminati dan cocok diberikan kepada keluarga, teman, maupun rekan bisnis.

Peralatan sholat yang berupa Alquran, mukena, sajadah, peci, atau sarung bisa diberikan untuk anak atau seorang sahabat. Tujuannya agar yang menerimanya makin semangat beribadah. Pilihan warna yang senada akan membuat tampilan hampers peralatan ibadah lebih apik.

Perlengkapan makan menjadi ide yang bagus untuk seorang sahabat yang baru pindah rumah atau menikah.

Hampers lebaran yang berisi perawatan tubuh seperti pelembap, body wash, body lotion, sampai wewangian merupakan ide unik yang diperuntukan antar teman wanita.

Semua bisa menjadi pilihan yang disesuaikan kepada siapa hampers tersebut dipersembahkan.

Tips Cara Aman Kirim Hampers Melalui Jasa Pengiriman


Meskipun kita bisa mengantarkan sendiri hampers ke rumah tujuan, tapi jika jumlahnya cukup banyak atau lokasinya di luar kota, lebih tepat jika pengirimannya diserahkan pada pihak jasa pengiriman atau ekspedisi.

Mengingat pengiriman hampers membutuhkan perlakuan khusus yang berbeda dengan paket biasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengirim hampers.

Packing Aman Untuk Hampers 


Pastikan hampers Lebaran yang mau dikirim dikemas ekstra hati-hati dan kuat. 

Gunakan kemasan atau box yang kuat yang ukurannya sesuai dengan isi hampers, agar tidak meninggalkan ruang kosong. 

Tambahkan ekstra bubble wrap dan bahan sejenis sebagai bantalan isi hampers agar tidak mudah pecah atau berantakan selama pengiriman.  

Untuk hampers berisi barang pecah belah tidak bisa tidak wajib menggunakan tambahan packing kayu.

Hampers berupa kue kering pilih kue yang tidak mudah hancur, gunakan toples atau wadah yang kokoh, dan jangan sisakan ruang kosong didalam toples, tak lupa selotip dengan kuat tutup toples.

Bahkan jika kamu memesan hampers secara online, kamu wajib memastikan lebih dulu kepada si penjual, bagaimana hampers tersebut dikemas untuk menjamin keamanan isinya.


Waktu Mengirim Hampers


Pengiriman paket menjelang hari raya Lebaran bisa dipastikan meningkat drastis, dan selalu terjadi penumpukan di gudang ekspedisi. 

Hampers akan lebih berkesan jika diterima sebelum Lebaran. Karena itu jangan pernah mengirim paket, apalagi hampers, mendekati hari raya. 

Idealnya hampers Lebaran sudah dikirim setidaknya H-15, atau minimal H-10, tergantung kota tujuan. 

Hal ini selain menghindari keterlambatan sampai tujuan, juga mengurangi risiko hampers mengalami kerusakan.

Pilihan layanan yang sesuai untuk kirim hampers


Paket hampers jangan dikirim menggunakan layanan ekonomis. Dengan tarif yang murah, ketentuan yang berlaku untuk layanan ini memang kurang prioritas dan kurang safety.

Minimal pilih layanan Reguler untuk kirim hampers bahkan untuk lebih safety,  gunakan layanan ekspres seperti one day atau bahkan same day untuk hampers yang urgen.  

Dua layanan terakhir ini biasanya memiliki garansi ketepatan waktu. Salah satunya jaminan uang kembali jika paket mengalami keterlambatan atau kerusakan.

Namun layanan one day atau same day memang hanya bisa melayani dari dan ke kota tujuan tertentu saja.

Pilih Ekspedisi yang sesuai untuk kiriman hampers


Secara umum hampers tidak tepat dikirim dengan jasa pengiriman “biasa”. Karena hampers membutuhkan perlakukan khusus, seperti tidak boleh dilempar, ruang lebih longgar dan tidak ditumpuk dengan paket lain secara acak. 

Sedangkan paket umum akan dicampur, ditumpuk bahkan dijejalkan dalam karung yang padat dalam proses pengirimannya. Antara karung satu dan lain pun akan ditumpuk. 

Jika diperlakukan seperti itu kemungkinan besar isi hampers akan berantakan kalau tidak malah hancur. 

Karena itu untuk pengiriman hampers sebaiknya menggunakan jasa pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan. 


Baca Juga:

Beberapa Jasa Pengiriman Untuk Kirim Hampers 


Layanan GrabExpress Untuk Kirim Hampers


GrabExpress bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengirim paket hampers dalam kota maupun ke luar kota. 

Dilansir dari Tirto.co.id, GrabExpress sebagai penyedia layanan kurir ekspres yang menggunakan GrabBike, saat ini telah menghadirkan fitur kirim paket ke luar kota dengan Ninja Xpress. 

Dalam hal ini memang ada kerjasama antara Grab dengan Ninja Xpress.

Dengan menggunakan GrabExpress dengan kemudahan fitur kirim paket Ninja Xpress, pengguna tidak perlu keluar rumah, sehingga cocok untuk mengirim hampers lebaran.
 
Pengiriman hampers lebaran juga tersedia untuk ke beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang & Yogyakarta.

Prosedurnya barang akan dijemput ke tempat pemesanan di hari yang sama atau terjadwal di hari berikutnya dengan aman dan nyaman. 

Beberapa keunggulan dari penggunaan layanan Ninja Xpress di GrabExpress :

- Jangkauan Lebih Luas. 
- Bisa kirim paket ke mana saja di seluruh Indonesia. 
- Tarif Terjangkau mulai dari *Rp3rb. 
- Pilihan yang tepat untuk pengiriman hemat ke seluruh Indonesia. 
- Pengambilan sekaligus atau bisa mengirim beberapa paket sekaligus. 
- Pengambilan terjadwal atau pengguna bisa memilih waktu yang nyaman untuk pengambilan paket di hari berikutnya.

Layanan Go-Send Untuk Kirim Hampers


Untuk pengiriman hampers dalam kota, Go-Jek bisa menjadi salah satu pilihan.

Selain layanan pengiriman Reguler, Gojek memiliki fitur Go-Send Sameday Delivery untuk memudahkan pengirim hampers kepada orang terkasih.

Go-Send Sameday Delivery adalah layanan pengantaran barang dengan batas waktu satu hari setelah booking dibuat. 

Dalam layanan ini, Mitra atau disebut dengan Kurir Khusus akan menjalankan beberapa trip/perjalanan dalam satu hari, di mana satu trip/perjalanan akan berisi lebih dari satu destinasi pengambilan dan pengantaran. 

Go-Send Sameday Delivery memiliki mekanisme yang berbeda dengan Go-Send reguler dalam proses pengantaran barang. 

Go-Send SameDay menerapkan tarif Rp15.000,- flat, dengan maksimal berat paket 70 kg, lama pengiriman 6-8 jam dan jarak maksimal 40 km.

Kirim Hampers Dengan Paxel


Kamu juga bisa menggunakan jasa Pengiriman Paxel untuk mengirimkan hampers.  

Berbagai layanan pengiriman yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu tersedia di Paxel. Mulai dari hampers yang berukuran besar atau jumlah yang banyak, maupun pengiriman ke dalam atau luar kota.

Banyak seller yang berjualan makanan frozen food yang mengandalkan Paxel untuk urusan pengiriman luar kota.

Oya, Paxel bekerjasama dengan kurir GrabExpress dalam proses penjemputan paketnya. 

Berikut ini beberapa layanan pengiriman Paxel yang bisa digunakan untuk kirim hampers sesuai kebutuhanmu.

1. Paxel Instant Multidrop
Layanan pengiriman Instant Multidrop Paxel pilihan tepat bagi Kamu yang ingin kirim banyak hampers ke banyak penerima (maksimal 5 pengiriman) dalam kota.

Berat maksimal per paket 5 kg untuk layanan ini dan berlaku estimasi tiba ke titik tujuan dalam 3-4 jam. Namun sementara ini layanan multidrop Paxel baru bisa digunakan untuk area Jabodetabek.

2. Pengiriman Instant Paxel
Layanan pengiriman Instant Paxel cocok untuk Kamu yang mau melakukan pengiriman hampers satuan hingga berat 20 kg.

Pengiriman instan Paxel bisa digunakan untuk tujuan dalam kota di kota-kota besar di seluruh area Coverage Paxel dengan estimasi tiba 2-4 jam.

3. Pengiriman Extra-Size PaxelBig
Layanan pengiriman extra-size PaxelBig cocok untuk kirim hampers berukuran besar atau kirim hampers dalam jumlah banyak hingga berat 20 kg dengan maksimal ukuran hampers 80 cm. 

Area jangkauan layanan PaxelBig saat ini meliputi Jabodetabek, Bandung, Tasikmalaya, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Jember, Malang, dan Denpasar.

4. Sameday Delivery Antar kota 
Layanan ini cocok dipilih untuk mengirim hampers frozen dengan tujuan dalam maupun luar kota. Paxel memiliki Jaminan Makanan Aman dan penanganan khusus untuk pengiriman frozen food.
 
Semua layanan pengiriman hampers lewat Paxel tersebut bisa kamu nikmati melalui aplikasi Paxel.

Itulah cara kirim hampers Lebaran agar aman dan tepat waktu menggunakan jasa pengiriman yang sesuai kebutuhan. Apapun ekspedisi yang kamu pilih, pastikan hampers telah dipacking dengan baik, dan sesuaikan dengan jenis layanan pengiriman yang tepat agar hampers terkirim dengan selamat sampai tujuan.

Labels: Jasa Pengiriman, Kurir

Thanks for reading Cara Kirim Hampers Lebaran Agar Aman Dan Tepat Waktu. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Kirim Hampers Lebaran Agar Aman Dan Tepat Waktu"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.