-->

Tips Kirim Paket Ke Luar Negeri Yang Aman


Tips Kirim Paket Ke Luar Negeri Yang Aman
Ilustrasi.

Dewasa ini pengiriman barang tidak hanya berlangsung antar wilayah suatu negara, namun juga sudah merambah antar negara.

Hal ini tak lepas dari perkembangan teknologi internet yang memungkinkan semua orang dari berbagai belahan dunia saling berinteraksi dan bertransaksi bisnis dengan mudah dan cepat.

Maka tak heran saat ini kegiatan mengirim barang ke luar negeri semakin berkembang, dan perusahaan jasa ekspedisi yang melayani paket ke luar negeri pun bertambah banyak.

Berbeda dengan kirim paket dalam negeri yang memiliki banyak alternatif layanan serta relatif tidak terlalu banyak dibatasi peraturan, pengiriman paket retail ke luar negeri lebih terbatas karena harus melalui udara dan dibatasi banyak peraturan ketat dari imigrasi negara tujuan.

Berikut tips mengirimkan paket ke luar negeri dengan aman.

1. Pahami Regulasi Negara Tujuan

Sebelum mengirim paket ke suatu negara, pastikan dulu regulasi yang berlaku di negara tersebut bahwa barang tersebut tidak dilarang dikirim lewat paket.

Tidak semua jenis barang dapat dikirim ke luar negeri. Setiap negara biasanya memiliki aturan yang melarang pengiriman barang tertentu maupun membatasi jumlahnya.

Sebagai contoh rokok, Hongkong dan beberapa negara lain melarang pengiriman berbagai jenis tembakau masuk ke negaranya. Selain itu setiap ekspedisi juga mempunyai batasan mengenai jenis barang yang bisa atau tidak bisa dilayani.



Secara umum, barang yang boleh dikirim dengan bebas ke luar negeri adalah kategori barang umum, seperti pakaian, sepatu, sandal, dan lain-lain.

Jangan sampai kamu nekad mengirimkan barang yang jelas dilarang memasuki Negara tertentu. Resikonya paket akan ditahan pihak otoritas bandara dan dimusnahkan. Sudah pasti ongkir ikut hangus.

2. Packing Barang yang benar

Packing atau mengemas barang harus menjadi perhatian ekstra dalam pengiriman ke luar negeri. Tidak bisa dilakukan asal-asalan seperti kirim paket dalam negeri.

Pertama, pastikan paket dikemas dengan baik dan menggunakan dos yang kokoh.

Sebaiknya barang dibungkus menggunakan buble wrap dan bila perlu kemas barang dengan kayu sebagai pelindung tambahan, agar lebih tahan terhadap benturan dan goncangan selama perjalanan.

Untuk jenis barang berupa dokumen atau surat-surat penting, maka harus dilapisi dengan plastik.

Jangan lupa mencantumkan alamat penerima secara lengkap dan benar. Pastikan alamat tersebut tertempel kuat pada paket dengan lakban.

Untuk negara tujuan paket yang tidak menggunakan huruf latin, seperti Taiwan, Jepang, Korea, ada pihak ekspedisi yang meminta alamat tujuan ditulis dalam bahasa setempat.

Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan layanan Google translate untuk menterjemahkan alamat tujuan dalam bahasa negara tujuan, lalu dicopy paste dan dicetak dengan printer.

3. Memilih Ekspedisi

Setelah barang dikemas dengan baik dan siap dikirim, maka langkah berikut adalah memilih ekspedisi untuk mengirim paket.

Jasa pengiriman ke luar negeri memang tidak sebanyak pengiriman dalam negeri. Namun kamu bisa mudah mencarinya di internet atau memanfaatkan informasi di grup komunitas lokal di Facebook.

Yang penting kamu harus memilih jasa ekspedisi atau logistik yang memiliki reputasi baik. Jangan hanya tergoda dengan biaya kirim yang lebih murah, tapi kurang menjamin keamanan.

Pilihlah beberapa ekspedisi sekaligus lalu bandingkan dengan kriteria tertentu.

Jika kamu mendapatkan informasi dari media sosial, jangan segan minta review dari orang yang pernah menggunakan jasa ekspedisi tersebut.

Beberapa pertimbangan dalam memilih jasa ekspedisi ke luar negeri :


Baca Juga:

- Mengutamakan pelayanan dan kepuasan pelanggan. Hal ini bisa dilihat dari berbagai penawaran yang mereka berikan untuk pelanggan. Mulai dari promo harga, antar jemput paket, tools untuk mengecek biaya kirim dan lain-lain.

- Memiliki sistem pengiriman cepat dan menjamin keamanan paket. Pihak ekspedisi bisa memberikan estimasi waktu pengiriman yang masuk akal sesuai alamat di negara tujuan dan asuransi perlindungan terhadap resiko kehilangan dan kerusakan atas barang berharga atau penting.

  

- Memiliki tarif yang kompetitif. Sesuaikan berat paket yang dikirim dengan sistem tarif yang berlaku. Ada ekspedisi yang menerapkan tarif flat, yaitu berat paket berapa pun dihitung sama. Namun ada juga yang memberlakukan tarif progresif, yaitu makin berat paket makin murah ongkos kirimnya.



- Memiliki website yang dilengkapi fitur cek resi untuk melakukan tracking paket. Dengan begitu konsumen bisa mengecek paket kiriman secara real time dan tidak cemas memikirkan keberadaan paketnya sudah sampai dimana.

Adanya tracking paket memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen.

- Memiliki sistem cetak resi sendiri. Salah satu bentuk bonafiditas perusahaan ekspedisi luar negeri adalah bisa mencetak sendiri resi paket yang dikirimkan pelanggan.

4. Mengirim Paket

Setelah kamu menentukan jasa ekspedisi untuk pengiriman paket ke luar negeri maka selanjutnya menghubungi kontak kantornya.

Meskipun ekspedisi yang digunakan memiliki layanan jemput paket di alamat pengirim, untuk pengiriman yang pertama kali tidak ada salahnya kamu datang sendiri ke kantornya. Sehingga kamu mengetahui lokasi dan kondisi kantornya.

Setelah menerima resi pengiriman segera teruskan ke penerima agar bisa memantau status pengiriman dan melacak posisi paket.

Itulah beberapa poin yang perlu diperhatikan ketika mengirimkan paket dengan tujuan luar negeri yang aman. Yang paling utama adalah gunakan jasa pengiriman internasional yang bonafid untuk menjamin keamanan paket yang dikirimkan.

Loading...

Labels: Jasa Pengiriman

Thanks for reading Tips Kirim Paket Ke Luar Negeri Yang Aman. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Tips Kirim Paket Ke Luar Negeri Yang Aman"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.