-->

Persyaratan Pengajuan Menjadi Agen Lion Parcel Terbaru




Jasa pengiriman Lion Parcel memperbarui persyaratan kemitraan bagi masyarakat yang akan mengajukan permohonan menjadi agen. Sebenarnya secara umum tidak ada perubahan mendasar syarat untuk menjadi mitra Lion Parcel dari sebelumnya, namun tetap ada perbedaan di beberapa poin penting. Diantaranya menyangkut besaran komisi dan biaya kemitraan Lion Parcel.

Dewasa ini pamor Lion Parcel sebagai salah satu jasa pengiriman terkemuka di Indonesia memang tengah naik. Jika sebelumnya banyak masyarakat yang kurang mengenal nama Lion Parcel, namun seiring berjalannya waktu, layanan Lion Parcel kian diminati.

Dengan memiliki armada pesawat sendiri, sehingga mampu menawarkan tarif yang lebih murah dari kompetitor, pengiriman Lion Parcel pun kian dilirik.

Imbasnya, kinerja Lion Parcel pun meningkat. Sepanjang 2021, rata-rata volume pengantaran produk yang dilakukan oleh Lion Parcel mencapai 4 juta paket per bulan.

Di sisi lain, permintaan menjadi agen Lion Parcel pun terus meningkat. Selama pandemi jumlah calon mitra yang mendaftar sebagai agen Lion Parcel setiap bulan bertambah sekitar 200 agen.

Di tengah pencapaian yang positif ini, Lion Parcel pun tengah bersiap melantai di bursa saham Indonesia dalam 1-2 tahun ke depan. Bahkan untuk makin mempopulerkan keberadaan layanan Lion Parcel, aktor laga terkemuka Joe Taslim pun didapuk sebagai brand ambassador Lion Parcel.

Nah, bagi calon mitra POS (Point Of Service), istilah bagi agen Lion Parcel, tentunya perlu mengetahui seperti apa persyaratan pengajuan menjadi agen Lion Parcel terbaru. Berikut informasinya.

SYARAT ADMINISTRASI AGEN LION PARCEL TERBARU

Calon mitra Lion Parcel bisa berasal dari perorangan maupun perusahaan. Masing-masing memiliki kelengkapan persyaratan berbeda. Namun semua wajib memiliki NPWP.

Perorangan

Untuk pengajuan berbentuk perorangan, melampirkan :

a. Fotokopi KTP

b. Fotokopi NPWP

c. Fotokopi KK

d. Melampirkan titik koordinat/foto lokasi

e. Foto halaman depan buku tabungan

Perusahaan

Sedangkan calon mitra yang berasal dari perusahaan, persyaratannya :

1. Minimal berbentuk Badan Usaha CV.

2. Mengajukan pendaftaran dengan mengisi form aplikasi P.O.S. Lion Parcel.

3. Pengajuan berbentuk Badan Usaha melampirkan :

a. Fotokopi Akte Pendirian/Perubahan Perusahaan

b. Fotokopi SIUP (Surat Izin Usaha Pendirian Perusahaan)

c. Fotokopi TDP (Tanda Daftar Perusahaan) atau Surat Keterangan Domisi

d. Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) Perusahaan/Surat Pengukuhan KTP/Surat Keterangan Terdaftar Dirjen Pajak

e. Fotokopi KTP Pemilik/Direktur

f. Memiliki tempat usaha sesuai dengan form pendaftaran, paling tidak minimum 2 (dua) tahun untuk tempat usaha yang masih sewa

g. Melampirkan titik koordinat/foto lokasi

h. Fotokopi halaman pertama buku rekening

SYARAT OPERASIONAL AGEN LION PARCEL

Calon mitra wajib menyiapkan peralatan pendukung operasional sebagai POS Lion Parcel, yang meliputi :

1. Menyediakan Peralatan pendukung, seperti :

a. Timbangan minimal 60 Kg

b. Menyediakan minimal 1 PC desktop (komputer) atau laptop

c. Menyediakan printer (diutamakan printer Thermal)

d. Menyediakan koneksi internet yang baik

e. Memiliki fasilitas komunikasi telepon

f. Alat ukur atau meteran

g. Menyediakan CCTV di area penerimaan barang (opsional)

2. Memiliki sumber daya manusia untuk mendukung kinerja POS, seperti :

a. Menyediakan staff admin dengan menyerahkan fotokopi KTP

b. Memiliki minimum 1 (Satu) armada motor atau mobil untuk keperluan operasional POS Active dengan menyerahkan fotokopi KTP dan SIM serta nomer Handphone masing-masing staff

c. Melampirkan fotokopi STNK masing-masing kendaraan bermotor.

SYARAT LOKASI AGEN LION PARCEL

- Lokasi P.O.S tidak boleh digabung dengan usaha jasa pengiriman sejenis.

- Lokasi pengajuan P.O.S disarankan berada pada jalan utama atau jalan protokol.

- Radius/jarak satu P.O.S dengan yang lainnya adalah 500 (lima ratus) meter. Disesuaikan dengan kondisi market, untuk gedung / pusat perbelanjaan (ITC atau sejenisnya), maka hanya diperbolehkan untuk 1 P.O.S Active di dalam 1 gedung.

Berdasarkan poin-poin tersebut, lokasi agen tidak boleh digabung dengan usaha sejenis (jasa pengiriman), namun boleh digabung dengan usaha lain seperti sejenis konter HP, laundri, toko kelontong, agen tiket dan sebagainya. Sedangkan masalah jarak minimal dengan lokasi agen yang sudah ada, pengaturannya tidak ketat.

Selain itu, agen bersedia membuka P.O.S minimal 6 hari dalam seminggu, dengan jam buka-tutup yang jelas minimal 8 jam sehari.

BIAYA KEMITRAAN LION PARCEL

Jika sebelumnya untuk menjadi agen Lion Parcel tidak dipungut biaya, kecuali melakukan deposit Rp 2,5 juta untuk saldo awal agen yang digunakan untuk melakukan transaksi. Maka pada persyaratan kemitraan Lion Parcel yang terbaru, calon mitra dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 5 juta.

Dari dana Rp 5 juta tersebut digunakan untuk biaya Administrasi keagenan Lion Parcel dan sebagian di alokasikan sebagai saldo Awal sebesar Rp. 2.000.000.

Dari biaya administrasi tersebut, mitra Lion Parcel akan mendapatkan free marketing tools dengan detail sebagai berikut :

1. Jaket Kurir 1 pcs

2. Kaos Polo 2 pcs

3. Tas Kurir 1 pcs

4. Spanduk 1 pcs

5. Stiker Meja 1 pcs

6. Stiker Kaca 1 pcs

7. Standing Banner 1 pcs

8. Helm Lion Parcel 1 pcs

9. Jam Dinding 1 pcs

10. Brochure Product 1 pcs

11. Bundle Poster @4 pcs

12. Sticker Cutting Logo 1 pcs

13. A-Board Banner 1 pcs

Mitra wajib memasang Materi Promosi yang telah disediakan di tempat yang terlihat dari segala sisi, dan bersedia membayar Pajak untuk biaya pemasangan reklame.

KOMISI AGEN LION PARCEL

Berapa sih komisi yang didapatkan sebagai agen Lion Parcel? Ternyata Lion Parcel menerapkan komisi yang berbeda dari tiap transaksi disesuaikan dengan jenis produk atau layanan yang dipilih konsumen.

Untuk diketahui, saat ini Lion Parcel memiliki beberapa layanan /produk, yaitu :

1. Onepack, yaitu layanan paket ekspress Lion Parcel dengan jaminan uang kembali. Hanya berlaku untuk rute tujuan tertentu.

2. Regpack, yaitu layanan regular pengiriman paket dengan jaringan ke seluruh Indonesia.

3. Jagopack, yaitu layanan pengiriman paket dengan harga murah ke seluruh Indonesia.

4. Docupack, yaitu layanan pengiriman khusus dokumen dengan satu harga flat per alamat pengiriman khusus tujuan area kota besar.

5. Interpack, yaitu layanan pengiriman paket ke luar negeri.

6. Bigpack, yaitu layanan pengiriman paket besar.

Berdasarkan jenis service/layanan yang dipilih oleh pelanggan, maka komisi yang diperoleh agen Lion Parcel adalah sebagai berikut :

- Onepack dan Regpack luar kota 30%

- Onepack dan Regpack dalam kota 15%

- Jagopack 20%

Baca Juga:

- Docupack 20%

- Interpack 20%

Dengan begitu agen atau POS Lion Parcel akan mendapatkan komisi antara 15%-30% dari harga pengiriman bedasarkan jenis service yang dipilih oleh pelanggan.

TARGET PENJUALAN AGEN LION PARCEL

Dibalik komisi yang diterima, agen juga dibebani target penjualan dengan ketentuan sebagai berikut :

a. Untuk lokasi yang berada di pusat perbelanjaan, minimal omset 30 juta/bulan
b. Untuk lokasi yang berada di jalan utama / perkantoran, minimal omset 15 juta/bulan
c. Untuk lokasi yang berada di perumahan, minimal omset 5 juta/bulan
Review P.O.S akan dilakukan setelah 3 bulan dari aktivasi P.O.S. Namun secara umum target tersebut akan mampu dicapai oleh agen Lion Parcel.

LION PARCEL TIDAK ADA FASILITAS PICK UP KE AGEN

Selain peryaratan yang telah disebutkan tadi, ada hal penting yang harus diperhatikan dan dipahami sebelum mengajukan kemitraan bagi calon. Yaitu Lion Parcel tidak memiliki layanan pick up atau pengambilan paket di lokasi agen.

Dalam hal ini agen atau mitra P.O.S diwajibkan mengantarkan sendiri Paket / Dokumen ke Konsolidator (cabang) atau Sub Konsolidator di kotanya.

Atau untuk beberapa kota besar seperti Surabaya dan Jakarta, paket bisa diserahkan ke mobil Shuttle Commuter / Shutte Transit terdekat sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Bagi calon mitra yang lokasi rumah atau lokasi agennya cukup jauh dari lokasi kantor Konsolidator/Sub Konsolidator harus mempertimbangkan faktor ini dengan matang.

Admin menyarankan jarak maksimal agen dengan kantor cabang Lion Parcel 20-25 KM. Dengan jarak sebesar itu jika agen harus mengantar paket pulang pergi dengan motor, maka setiap hari dikeluarkan biaya untuk bensin sekitar 1 liter. Dengan harga Pertalite per liter 7.650 di Pulau Jawa, maka sebulan pengeluaran agen untuk bensin sekitar Rp 230 ribu jika buka setiap hari.

PENGAJUAN AGEN LION PARCEL

Untuk menjadi agen Lion Parcel, calon bisa mengajukan melalui dua jalur :

1. Melalui Konsolidator atau Sub Konsolidator Lion Parcel di kota setempat.

2. Pengajuan kemitraan secara online melalui web resmi https://lionparcel.com dengan mengisi Form pendaftaran berikut :

- PERORANGAN

- PERUSAHAAN

Dari dua opsi pendaftaran tersebut, calon agen disarankan daftar secara online karena lebih praktis dan nantinya yang memberi kewenangan dan hak akses agen untuk memroses paket dari pelanggan adalah kantor pusat Lion Parcel.

Yang penting siapkan kelengkapan persyaratan yang diperlukan, biaya, dan email (Gmail) dan nomor HP aktif. Dua poin terakhir sangat penting, karena keduanya menjadi media komunikasi antara agen dengan Lion Parcel.

Proses Persetujuan oleh Manajemen Lion Parcel selambat-lambatnya dalam kurun waktu 14 (empat belas) hari. Namun biasanya dalam beberapa hari sudah bisa direspon. Kamu akan mendapatkan nomor registrasi dan tim Lion Parcel akan segera menghubungi kamu untuk proses selanjutnya.

Setelah pengajuan menjadi agen Lion Parcel disetujui dan mitra melengkapi semua persyaratan - termasuk pembayaran biaya kemitraan, mitra akan mendapatkan User ID dan password untuk akses ke sistem booking Lion Parcel. Mitra juga wajib menandatangani perjanjian kerjasama (PKS).

Sebelum mitra siap membuka layanan ke konsumen, mitra wajib mengikuti training yang diselenggarakan oleh management Lion Parcel. Materi training seputar pengetahuan umum tentang Lion Parcel dan cara menjalankan sistem booking. Training secara offline diberikan di tempat konsolidator atau sub konsolidator di kota lokasi agen.

Nah, buat kamu yang tertarik bergabung dengan Lion Parcel, jika sudah memiliki lokasi yang pasti, dan sudah mengerti mengenai persyaratan keagenan Lion Parcel yang terbaru, segera lakukan pendaftaran secara online.

1 2 3 4 5


Loading...

Labels: Lion Parcel, Peluang Usaha

Thanks for reading Persyaratan Pengajuan Menjadi Agen Lion Parcel Terbaru. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Persyaratan Pengajuan Menjadi Agen Lion Parcel Terbaru"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.