-->

Cara Berjualan Di Media Sosial Dengan Link Jual Beli Bukalapak


Manfaat link Jual Beli Bukalapak
Link Jual Beli Bukalapak


Ada banyak cara berjualan secara online. Salah satunya melalui media sosial. Selain untuk interaksi personal, media sosial juga banyak dimanfaatkan untuk menawarkan produk atau jasa. Hal ini karena banyak pengguna media sosial di Indonesia khususnya. Sehingga berlaku prinsip, dimana banyak orang berkumpul, disitu terbuka peluang menjajakan dagangan. 

Masalah terbesar berjualan di media sosial adalah soal pembayaran. Berjualan di media sosial umumnya antara penjual dan pembeli melakukan transaksi secara langsung atas dasar kepercayaan. Pembeli membayar langsung ke - biasanya - rekening penjual, tanpa melalui pihak ketiga.

Jika penjual beritikad baik, memang tidak jadi masalah. Namun dalam transaksi online umumnya antara penjualan dan pembeli tidak saling mengenal, bahkan tidak diketahui secara pasti lokasi kota dan alamat penjual. Dalam situasi ini, posisi pembeli lebih lemah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kasus penipuan dalam jual-beli online. 

Biasanya pembeli hanya mengandalkan rekam jejak si penjual di lini masanya. Jika banyak testimoni dan review positif, maka bisa diartikan si penjual termasuk recommeded seller. 

Namun bagi penjual pemula yang baru mencoba bisnis online tentu belum memiliki kepercayaan netizen. Tidak mudah membuat calon pembeli tertarik membelinya. 

Atau ada orang menawarkan suatu barang di sebuah grup Facebook, Whatsapp atau sebuah olshop personal, biasanya yang menjadi ganjalan adalah faktor kepercayaan 

Maraknya kasus penipuan dalam jual beli online menjadi alasan banyak orang ragu melakukan transaksi secara online tanpa melalui pihak ketiga. Ketika terjadi penipuan, maka pembeli dalam posisi kalah. 

Maka salah satu solusi bagi pebisnis online yang biasa berjualan di media sosial adalah memanfaatkan fitur Link Jual Beli dari Bukalapak. Dengan fitur ini keraguan pembeli bisa teratasi, dan kepercayaan terhadap seller juga meningkat.  

Apa itu Link Jual Beli Bukalapak


Link Jual Beli Bukalapak adalah link tagihan yang bisa kamu bagikan ke pembeli untuk menyelesaikan transaksi di media sosial dan link ini bisa dibuka tanpa perlu download aplikasi.

Dengan menggunakan Link Jual Beli akan mempermudah transaksi jual beli dari media sosial seperti Instagram, WhatsApp, Line, dll. 

Dengan Link Jual Beli ini jualanmu di medsos makin terpercaya dan bagi pembeli proses transaksi jual beli jadi lebih aman, karena pembayaran dilakukan melalui Bukalapak yang berfungsi semacam Rekening Bersama antara penjual dan pembeli.

Fitur Link Jual Beli ini selain mudah digunakan juga menguntungkan pembeli karena tidak perlu memiliki atau mendownload aplikasi Bukalapak

Gambaran penggunaan Link Jual Beli Bukalapak bagi seller di media sosial begini. Misalnya kamu jualan di Instagram, terus ada calon pembeli yang tertarik dengan daganganmu. Ujung-ujungnya nanti khan tanya, soal pembayaran gimana?

Kalau kamu jawab transfer ke rekening saya di bank anu, biasanya pembeli baru akan ragu, bisa dipercaya nggak ya seller ini? Nipu nggak ya?

Biasanya lantas pembeli akan tanya lagi, ada nggak lapak di marketplace? 

Tapi akan berbeda jika kamu jawab, soal pembayaran jangan kuatir sis pasti aman kok. Bayarnya tidak ke rekening saya, tapi ke Bukalapak lewat Link Jual Beli.

Kamu tinggal buatkan link yang berisi produk dan deskripsinya, lantas link tersebut kamu berikan ke pembeli. 

Pembeli tinggal klik link tersebut dan diarahkan pembayarannya ke Bukalapak tanpa harus memiliki atau download aplikasinya. Setelah pembeli membayar pesanannya, kamu akan dapat notifikasi dari Bukalapak dan mengirimkan barang ke pembeli. 

Manfaat Fitur Link Jual Beli Bukalapak


Berdasarkan penggunaannya, ada beberapa manfaat  fitur Link Jual Beli Bukalapak, yaitu :

- Memudahkan proses transaksi jual beli lewat media sosial dan toko offline.

- Penjual tidak perlu punya produk di lapak atau update stok barang jualan di Bukalapak.

- Pembeli tidak perlu download aplikasi tambahan.

- Banyak opsi pembayaran. Pembeli bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan (Virtual Account, Gerai toko retail, Kartu Kredit/Debit).


Cara Transaksi Dengan Link Jual Beli Bukalapak


Untuk menggunakan Link Jual Beli (LJB), kamu sebagai penjual harus memiliki akun Bukalapak. 

Kalau sudah punya lapak tinggal Login ke Bukalapak dan cari fitur LJB. Tapi kalau belum punya akun ya tinggal bikin saja lewat aplikasi Bukalapak atau website www.bukalapak.com.

Setelah login, cari fitur Link Jual Beli. 

Di aplikasi Bukalapak, LJB terdapat di Akun.

Setelah menemukan link LJB, lalu klik, maka hasilnya sebagai berikut.

Untuk membuat link, klik "Mulai Buat Link"

Mulai buat link untuk jualanmu di medsos dengan mengisi detail pesanan. Isi nama barang pesanan, harga, dan info pengiriman. Setelah lengkap klik "Buat Link".


Link Jual Beli Bukalapak
Buat link jual beli, isi semua informasi yang dipelukan.

Setelah link berhasil dibuat, tinggal dibagikan ke pembeli lewat whatsApp, SMS atau apikasi lain.

Bagikan link yang telah dibuat ke pembeli.

Setelah pembeli menerima link, ia bisa melakukan pembayaran lewat link tersebut. Link bisa dibuka langsung tanpa mendownload aplikasi Bukalapak.

Setelah menerima link, pembeli akan melakukan pembayaran.

Setelah pembeli melakukan pembayaran, maka penjual/seller mengirimkan barang yang dipesan pembeli. Setelah paket terkirim, lalu memasukkan resi untuk konfirmasi pengiriman.

Setelah paket diterima pembeli, maka penjual akan menerima hasil penjualan. Uang akan diteruskan ke saldo Buka Dompet Pelapak setelah pembeli melakukan konfirmasi terima barang. 

Jika pembeli tidak konfirmasi, maka hasil penjualan bisa dicairkan maksimal 3 hari sejak barang terkirim.

Selanjutnya penjual bisa mencairkan  atau menarik saldo Buka Dompet ke rekening penjual.

Hasil penjualan akan masuk di Buka Dompet, tinggal dicairkan.

Untuk memanfaatkan fitur Link Jual Beli Bukalapak ini, pihak Pembeli tidak dikenakan biaya, kecuali pembeli menggunakan kartu kredit/ debit untuk pembayaran. 

Namun bagi penjual dikenakan biaya layanan sebesar 1.5%. Namun selama masa promo masih digratiskan.

Kamu bisa buat link baru tiap ada transaksi di akun sosmed, karena 1 link hanya berlaku untuk 1 transaksi dengan masa berlaku 24 jam sejak link kamu buat dan tambahan waktu untuk pembayaran sesuai metode bayar yang dipilih.

Meskipun Link Jual Beli ini merupakan fitur dari Bukalapak, namun tidak terkait dengan transaksi di lapak Bukalapak. Semua pengaturan yang kamu buat di lapakmu, seperti pengaturan kurir, pembatalan pesanan, dll terpisah dan tidak terhubung dengan LJB.

Link Jual Beli ini hanya terkait proses pembayaran saja. Karena transaksi melalui LJB itu pada dasarnya diluar Bukalapak, namun kamu bisa membuat dan memanfaatkan fitur Link Jual Beli untuk memudahkan proses transaksi di media sosial maupun olshop milikmu.

Untuk memantau transaksi via LJB ini bisa kamu lakukan melalui menu Link Jual Beli.
 
Nah, itulah manfaat dan cara menggunakan Link Jual Beli Bukalapak untuk berjualan di media sosial baik bagi penjual maupun pembeli. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyimak video singkat berikut.



Loading...

Labels: Bisnis Online

Thanks for reading Cara Berjualan Di Media Sosial Dengan Link Jual Beli Bukalapak. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Berjualan Di Media Sosial Dengan Link Jual Beli Bukalapak"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.