-->

Cara Aman Kirim Ikan Hias Lewat Jasa Pengiriman Ke Berbagai Tujuan


cara aman kirim ikan hias
Dibalik prospek bisnis ikan hias harus dipahami cara pengirimannya yang aman
(via Lokadata.id) 


Di masa pandemi Covid-19 aktivitas dan ruang gerak masyarakat Indonesia dibatasi. Berbagai kebijakan pemerintah – seperti anjuran bekerja dari rumah dan belajar di rumah bagi pelajar - guna mencegah meluasnya penularan virus, membuat mobilitas warga menurun. Dari situasi tersebut muncullah berbagai trend aktivitas baru di dalam rumah. Salah satunya memelihara ikan hias.

Hobi baru untuk mengisi kegiatan yang bisa dilakukan di rumah sekaligus sebagai hiburan, ternyata menumbuhkan permintaan pasar akan ikan hias, khususnya ikan Cupang. 

Tingginya permintaan terhadap ikan hias tersebut menumbuhkan peluang bisnis yang menjanjikan. Tak heran berbagai jenis ikan hias pun marak diperjual-belikan di media sosial maupun situs belanja online.

Belum lagi transaksi di lapak penjualan offline yang tak kalah maraknya. Di Pasar Ikan Hias Parung, Kabupaten Bogor, yang disebut sebagai yang terbesar se-Asia Tenggara misalnya, para pedagangnya ikut merasakan imbas besarnya permintaan pasar Ikan hias.

Dilansir dari Tribunnews, di tempat ini terdapat 350 lebih lapak pedagang yang menyediakan hampir semua ikan hias mulai dari ikan air tawar hingga ikan air laut, diantaranya adalah ikan mas koki, koi, discuss, guppy termasuk  nemo.

Dalam sehari konon penjualan di pasar ikan hias tersebut mampu mencapai 3 sampai 4 miliar. 

Angka tersebut tentu bisa mewakili betapa besarnya perputaran uang di bisnis ikan hias ini. 

Tren bisnis ikan hias ini pada akhirnya berimbas pada banyaknya permintaan pengiriman ikan ke seluruh Indonesia. Salah satu jasa pengiriman yang mendapat limpahan dari bisnis ikan hias adalah TIKI.

Menurut President Director TIKI, Yulina Hastuti, volume pengiriman ikan dan tanaman hias meningkat signifikan selama masa pandemi. Bahkan di bulan Agustus dan Oktober 2020 terjadi peningkatan lebih dari 100 persen dari total volume pada periode Januari hingga Juli 2020. (Suara.com, 2020/11/27)

Beberapa komoditas ikan hias yang mengalami peningkatan pengiriman antara lain ikan cupang, ikan guppy, louhan, cichlid, discus. Tujuan pengiriman terbesar di wilayah Jawa, diikuti Pontianak, Tarakan, Makassar, Batam, Medan dan beberapa kota lainnya di Sumatera.

Berbeda dengan pengiriman barang pada umumnya, untuk pengiriman ikan hias membutuhkan penanganan khusus dan persyaratan dokumen pendukung. Hal ini yang banyak tidak dipahami para penjual ikan hias.

Karena faktor resiko dan rumitnya proses pengiriman ikan hias ini, maka tidak semua jasa pengiriman yang mampu melayaninya. Selain TIKI, Lion Parcel juga bisa menerima pengiriman ikan hias. 

TIKI bisa disebut pionir dalam layanan kiriman ikan hias, TIKI selalu berupaya untuk menjadi mitra yang mengerti dan memahami kebutuhan para komunitas penggemar ikan hias.

Bagi Anda yang tertarik berbisnis ikan hias, berikut beberapa hal yang perlu diketahui seputar pengiriman ikan hias, terutama untuk tujuan luar kota bahkan luar pulau.

PERSYARATAN PENGIRIMAN IKAN HIAS MELALUI JASA PENGIRIMAN


Cara Packing Ikan Hias


Packing untuk pengiriman ikan hias berbeda dengan barang umum. Diperlukan cara dan media khusus agar ikan yang dikirim bisa bertahan hidup selama proses pengiriman. 

Kerapian dan ketepatan penggunaan media untuk pengemasan ikan hias perlu mendapat perhatian untuk mempertahankan kondisi produk tetap aman sampai tujuan.

Dikutip dari blog Anteraja, berikut tips mengemas ikan hias yang akan dikirim melalui jasa ekspedisi :

1. Batasi pemberian pakan ikan sebelum dikirim. Tujuannya agar ikan tidak banyak membuang kotoran ketika dikirim. Kotoran ikan akan membuat kemasan terkontaminasi dengan amoniak yang terdapat di kotoran ikan. Amoniak akan menyebabkan ikan keracunan dan berpotensi mati ketika pengiriman.

2. Packing jenis dan ukuran ikan yang sama. Jika ikan yang dikirim memiliki jenis atau ukuran yang berbeda, jangan dimasukkan ke dalam tempat yang sama. Menyatukan jenis ikan atau ukuran yang berbeda bisa membuat ikan berkelahi di dalam sehingga mengakibatkan ikan mati.

3. Sesuaikan jumlah ikan hias dengan daya tampung tempat yang digunakan. Jangan terlalu penuh supaya ikan memiliki ruang gerak yang cukup. 

4. Gunakan plastik bening berukuran cukup besar untuk ikannya supaya ikan bisa leluasa bergerak di dalamnya. 

Selain itu untuk menjaga kemungkinan bungkus plastik bocor atau sobek, gunakan plastik dua lapis atau pilih bahan plastik yang cukup tebal agar tidak mudah sobek.

4. Gunakan box berbahan styrofoam untuk packing luar. Setelah ikan dimasukkan ke dalam plastik, selanjutnya dimasukkan lagi ke dalam box styrofoam. 

Styrofoam wajib digunakan karena bahan ini mampu menjaga agar suhu udara tetap terjaga serta cukup kuat dan tidak mudah rusak bila tertindih barang lain.

Pastikan plastik yang berisi ikan tadi tidak berguncang dan bergelinding di dalam box styrofoam. Hal ini bisa membuat plastik pecah.

Tutup celah yang memungkinkan plastik ikan bergerak, dengan kertas Koran atau bubble wrap.

5. Segel box Styrofoam dengan lakban. Setelah semua plastik berisi ikan dimasukkan ke dalam box styrofoam, segel semua permukaan box dengan lakban. 

Pastikan juga tutup box sudah disegel dengan rapat untuk menghindari tutup box terbuka. 

Penyegelan box dengan lakban juga untuk meminimalisir ketidakstabilan suhu udara saat pengiriman yang akan membuat ikan tidak nyaman dan berpotensi mati.

6. Jangan lupa untuk menulis alamat penerima dengan jelas dan lengkap, supaya paket ikan dikirim tidak tersasar ke tujuan yang salah. 

Alamat yang jelas membantu kurir yang mengantar tidak bingung mencari alamat penerima dan menghindari keterlambatan yang dapat menyebabkan ikan terlalu lama di dalam plastik.

7. Terakhir, gunakan jasa pengiriman ikan hias yang terpercaya. Mengingat komoditi yang dikirim adalah benda hidup, maka diperlukan penanganan dan waktu pengiriman yang cepat.

Dalam hal ini jangan sembarang pilih jasa pengiriman, tapi pastikan bahwa pengiriman tersebut memang mampu menghandlenya. 

Jika tujuannya adalah dalam kota yang sama, gunakan layanan Same Day, yaitu layanan pengiriman yang menjamin paket ikan hias sampai di tangan pelanggan pada hari yang sama.

Selain tips tadi, kita juga harus menjaga agar kebutuhan nutrisi ikan hias tetap terpenuhi selama dalam pengiriman.

Periksa PH air yang akan diisikan dalam plastik. Saat memasukkan ikan hias dalam plastik berisi air, isi air sebanyak 1/3 dari volume kantong plastik, dan jangan lupa tambahkan oksigen ke dalam plastik supaya ikan tidak kehabisan nafas dan mengurangi kemungkinan ikan mati di jalan.

Bila perlu tambahkan obat anti stress dalam pengiriman ikan untuk meminimalisir tingkat stress pada ikan.

Setelah ikan dipacking rapi dan aman, maka selanjutnya siap dikirim ke alamat penerima. Untuk proses packing yang aman bagi pengiriman ikan hias air tawar, bisa dicari di berbagai chanel You Tube dengan menuliskan kata kunci : "cara kirim ikan hias" atau "packing ikan hias". 

Silakan dipilih video yang sesuai dengan kebutuhan, apakah kirim satuan atau kirim dalam jumlah besar (cargo). Begitu juga tehnik packing ikan hias yang relevan dengan jenis ikannya, banyak tersedia di You Tube. Salah satunya berikut ini yang cukup lengkap.



Baca Juga:

Memilih Jasa Pengiriman Ikan Hias Sesuai Tujuan


Prinsip utama dalam mengirim paket berisi ikan hias adalah kecepatan. Karena itu jasa pengiriman yang dipilih bisa disesuaikan dengan tujuan paket.

Pengiriman Ikan Hias Dalam Kota


Untuk tujuan pengiriman di dalam wilayah kota yang sama, sebaiknya menggunakan jasa pengiriman on demand yang berbasis transportasi online, seperti ojek online. Sehingga ikan segera diantar dan sampai di hari yang sama dan kesegaran ikan pun terjaga.  

Beberapa layanan transportasi online yang bisa digunakan untuk mengirim ikan hias tujuan dalam kota adalah :

GOJEK

Untuk pengiriman ikan hias dalam kota, pengguna bisa memilih layanan GO-SEND dari Gojek.

Go-Send adalah layanan pengiriman paket barang yang memberikan perlindungan asuransi, dengan dua pilihan layanan yaitu GO-SEND Instant Delivery dan GO-SEND Same Day Delivery.

GO-SEND “Instant Delivery” hanya berlaku untuk pengiriman wilayah Jabodetabek. Ukuran maksimum produk yang dapat dikirimkan adalah 70X5-X50 cm dengan berat maksimum 20 kg.

Sedangkan layanan GO-SEND “Same Day Delivery” ukuran maksimum produk yang dapat dikirimkan adalah 40X40X17 cm, dengan berat maksimum 5 kg.

 
GRAB

Grab memiliki layanan yang cocok untuk pengiriman ikan hias dalam kota, yaitu Grabexpress yang memiliki perlindungan asuransi.

Pengguna bisa menggunakan layanan Grabexpress Instant maupun Grabexpress Same Day. 

Grabexpress Instant tersedia lebih di 130 kota Indonesia, dan bisa dipesan dalam 24 jam. Maksimal berat paket yang bisa ditangani adalah 15 kg, dengan ukuran maksimal paket 50x50x50 cm.

Grabexpress Sameday hanya beroperasi antara pukul 09.00 sampai 16.00, dan jarak maksimum 40 km. Berat paket yang bisa dibawa maksimal 7 kg dengan ukuran paket 40 x 40 x 20 cm. Namun sayangnya layanan ini masih berlaku sebatas di Jabodetabek.

Anteraja

Alternatif lain, pengiriman ikan hias juga bisa menggunakan layanan Same Day dari Anteraja. Layanan ini memiliki waktu maksimal 8 jam saja, paket ikan yang dikirim bisa sampai ke tangan pelanggan.

Pengiriman Ikan Hias Ke Luar Kota



Jika ikan hias yang mau dikirim berada di luar kota lain, namun masih berada di provinsi yang sama, maka bisa menggunakan pengiriman melalui :

1. Shuttle Travel

Shuttle travel atau jasa travel antar kota bisa jadi pilihan jika kota tujuan pengiriman dijangkau oleh layanan travel yang ada di tempat kita. 

Dalam hal kecepatan, shuttle travel bisa diandalkan karena bisa sampai pada hari yang sama atau hari berikutnya. Bahkan untuk rute antar kota yang ramai, dalam sehari bisa terjadi keberangkatan setiap 1-2 jam sekali.

Namun perlu dipertimbangkan faktor kesehatan ikan yang dikirim. Hal ini mengingat shuttle travel pada dasarnya untuk angkutan orang, bukan barang dan tidak memiliki ruang khusus untuk bagasi, selain itu menggunakan armada seperti van yang berukuran kecil. 

Dari segi biaya juga cukup mahal, karena jika ukuran paket cukup besar dan rawan (seperti ikan hias) akan ditempatkan di kursi penumpang dan dihitung sebesar ongkos satu penumpang.

2. Kereta Api

(Instagram @kalogkosambi)


Kereta api bisa menjadi pilihan tepat untuk pengiriman ikan hias antar kota di Pulau Jawa khususnya. 

Ada beberapa kelebihan menggunakan kereta api untuk mengirimkan ikan hias dibandingkan moda transportasi lain, diantaranya :

- Kecepatan waktu pengiriman

Kecepatan dan ketepatan waktu pengiriman dengan KA tidak diragukan lagi, karena kereta api memiliki jalur sendiri yang tanpa hambatan dan terikat dengan jadwal yang pasti. Dibandingkan dengan moda transportasi darat lain, KA termasuk paling cepat dan tepat waktu. 

- Biaya pengiriman murah

Kereta api menggunakan bahan bakar yang jauh lebih sedikit, namun mampu mengangkut banyak gerbong sekaligus hingga belasan, termasuk kereta barang. Hal ini membuat biaya produksi angkutan KA menjadi lebih murah dibandingkan transportasi lain.

Biaya pengiriman dengan kereta api dihitung per KG dengan perhitungan berat minimal (10 kg), jenis barang dan kota tujuan. 

Sebagai contoh, mengirim hewan (termasuk ikan hias) dengan berat hingga 10 kg dari Jember dengan tujuan Jakarta melalui KALOG, tarifnya flat Rp 100 ribu. Berarti per kg hanya Rp 10 ribu.

Namun jika berat ikan hias mencapai 15 kg, maka tarifnya menjadi Rp 122 ribu. Ini sesuai hasil cek tarif pada website www.kalogistics.co.id bulan Mei 2021.

- Lebih aman

Dibandingkan transportasi darat lain, tingkat kecelakaan kereta api sangat jarang terjadi. Kereta api juga memiliki gerbong khusus barang yang berbeda untuk penumpang, sehingga keamanannya lebih terjamin. Bisa dikatakan, kereta api menjadi salah satu transportasi darat paling aman di dunia.

Namun, dibalik itu ada juga kekurangan mengirim ikan hias dengan kereta api. Ekspedisi kereta api hanya bisa menjangkau wilayah Pulau Jawa, itu pun tidak semua kota. Namun terbatas pada kota-kota yang dilalui jalur KA. 

Selain itu, layanan pengiriman lewat KA sifatnya station to stasion, yaitu antar stasiun saja. Pengirim harus datang sendiri ke kantor ekspedisi yang umumnya berada di sekitar stasiun kereta api atau menyatu dengan bangunan stasiun KA. 

Begitu juga penerima paket, dalam hal ini ikan hias, harus mengambilnya sendiri di stasiun terdekat di kotanya. Bahkan sebelum kereta api yang membawa ikan hias yang dipesan tiba, penerima sudah harus siap di lokasi.  

Bila Anda memilih kereta api untuk mengirimkan ikan hias pesanan pelanggan, ada beberapa pilihan jasa pengiriman yang bisa digunakan. Diantaranya adalah KALOG (kereta api logistik), Herona Express atau Karunia Indah 8 (KI8 Expres). 

Untuk mengirimkan ikan hias lewat ekspedisi kereta api Anda tinggal mendatangi stasiun KA terdekat. Ada baiknya Anda datang di pagi hari, sehingga memungkinkan ikan hias pesanan pelanggan bisa sampai di hari yang sama.

PT Pos Indonesia

Kantor Pos tak mau ketinggalan dalam bisnis pengiriman ikan hias, namun sepertinya belum berlaku untuk semua kantor pos. Dalam hal ini Anda perlu memastikan apakah kantor pos di kota Anda bisa melayani kiriman ikan hias.

Dikutip dari akun Instagram @kantorpospekalongan, ketentuan kirim ikan hias lewat Pos diantaranya :
1. Hanya berlaku dalam JAWA
2. GRATIS Biaya Karantina
3. Kemasan dan Isi Resiko Pengirim
4. Kiriman Mohon ditulis dengan spidol permanen “KIRIMAN IKAN HIDUP”

Bus Antar Kota

Pengiriman melalui angkutan bus antar kota dalam provinsi atau antar provinsi juga menjadi alternatif lain bagi penjual ikan hias. Namun cara ini sangat beresiko, jika sifatnya hanya “menitipkan” pada supir atau kondektur berdasarkan faktor pertemanan/tetanggaan.

Kecuali jika pengiriman ikan hias itu dilakukan pada perusahaan bus yang memang memiliki layanan resmi semacam itu. 

Pengiriman Ikan Hias Ke Luar Pulau



Kirim ikan hias lewat TIKI (via Tribunnews.com)


Untuk mengirim ikan hias ke tujuan di luar pulau satu-satunya cara adalah menggunakan jasa pengiriman via udara menggunakan pesawat. 

Pengiriman ikan hias lewat udara memiliki peraturan khusus berupa standar pengemasan, dokumen pendukung dan biaya tambahan.

Prosedurnya memang lebih banyak dibandingkan mengirimkan lewat moda transportasi lain. Karena itu tidak banyak perusahaan jasa pengiriman yang bersedia melayani pengiriman hewan, khususnya ikan hias. 

Salah satu perusahaan ekspedisi yang melayani pengiriman ikan hias seperti Koi, Mas, Koki, Komet dan lainnya melalui udara adalah Lionel Express (https://lionelexpress.com).

Sesuai dengan penjelasan dalam website resminya, Lionel Express yang berkantor pusat di Tangerang ini menerima jasa pengiriman Ikan koi dan ikan hias hidup berbagai ukuran antar pulau ke seluruh Indonesia, termasuk pengurusan surat karantina.

Hanya sayangnya, layanan yang diberikan Lionel Express sebatas Port to Port. Artinya layanan kirim ikan hias via Lionel Express hanya sampai ke airport kota tujuan, dan selanjutnya penerima mengambil sendiri di airport.

Perusahaan jasa pengiriman lain yang konsen dengan pengiriman ikan hias adalah TIKI.

TIKI memiliki layanan menyeluruh, mulai dari layanan pengemasan khusus, pengurusan surat karantina, serta pilihan pengiriman via udara, laut dan darat yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

Selain TIKI, juga ada Lion Parcel, yang melayani pengiriman ikan hias. Namun tetap saja layanan pengiriman hewan seperti ikan hias ini tidak tersedia di semua kota, meskipun terdapat cabang dan agennya. 

Hal ini mengingat tidak semua kota/kabupaten terdapat balai karantina yang memiliki wewenang menerbitkan surat kelayakan.

Yang penting ketika hendak mengirim paket berisi ikan hias melalui udara, mintalah informasi yang jelas pada pihak agen mengenai prosedur dan ongkos kirimnya, seperti :
- Apakah bisa mengirimkan ikan dalam jumlah kecil atau ada berat minimal yang disyaratkan?
- Berapa lama estimasi waktu pengiriman?
- Terkait surat karantina, siapa yang mengurus : pengirim atau pihak perusahaan ? 
- Berapa biaya karantina yang dikenakan?
- Apakah dikenakan biaya tambahan, selain ongkos kirim normal?

Meskipun permintaan pasar ikan hias cukup tinggi dan nilai penjualannya cukup baik, namun bagi pemula yang ingin terjun dalam bisnis penjualan ikan hias secara online, sebaiknya mempelajari terlebih dahulu dengan baik proses budidayanya, cara pengemasannya dan cara pengiriman ikan yang aman melalui jasa pengiriman ke berbagai kota tujuan sesuai permintaan konsumen.
Loading...

Labels: Ikan, Jasa Pengiriman

Thanks for reading Cara Aman Kirim Ikan Hias Lewat Jasa Pengiriman Ke Berbagai Tujuan. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Aman Kirim Ikan Hias Lewat Jasa Pengiriman Ke Berbagai Tujuan"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.