Yuk Berinvestasi Reksa Dana Di Bukalapak, Bisa Dimulai Dengan 10 Ribu Lo


Mendengar kata investasi, yang terbayang mungkin uang besar, puluhan sampai ratusan juta. Ternyata tidak begitu. Mereka yang bilang investasi, reksa dana khususnya, harus dimulai dengan modal besar, perlu wawasan baru.

Dengan modal awal 10 ribu siapa pun bisa berinvestasi. Dimana? Di Bukalapak. Melalui fitur BukaReksa di Bukalapak, yang bermodal cekak sekalipun sudah bisa menginvestasikan uangnya.

Apa itu BukaReksa?


BukaReksa adalah fitur Bukalapak yang memberikan keleluasaan untuk berinvestasi reksadana melalui sistem BukaDompet. Bukareksa terbuka untuk semua pengguna Bukalapak. Siapapun yang memiliki saldo di BukaDompet bisa menggunakan fitur ini. Tentunya kamu juga bisa memperoleh hasil yang lebih tinggi dibandingkan tabungan konvensional di bank.

Investasi reksadana di Bukareksa Bukalapak.

Dalam menjalankan BukaReksa ini, Bukalapak bekerjasama dengan Bareksa sebagai Agen Penjual Reksa Dana yang resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan CIMB Principal Asset Management (CPAM) sebagai Manajer Investasi yang mengelola dana investasi produk CIMB-Principal BukaReksa Pasar Uang.

Bareksa adalah salah satu penyedia platform di pasar modal yang telah mendapatkan lisensi resmi sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APRD) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjual reksa dana secara langsung kepada nasabah.

Terus, apa itu Reksa Dana?

Sesuai dengan Undang-Undang Pasar Modal No 8 Tahun 1995, reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang selanjutnya diinvestasikan kembali ke dalam portofolio efek (berupa saham dan surat utang/obligasi) oleh Manajer Investasi.

Secara garis besar, produk reksa dana terbagi dua, konvensional dan syariah. Reksa dana konvensional dan syariah ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis, yaitu reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham.

Dari keempat jenis reksa dana tersebut, reksa dana pasar uang memiliki faktor risiko paling rendah. Namun sebaliknya, imbal hasilnya juga lebih rendah dibandingkan lainnya. Reksa dana pasar uang diperuntukkan untuk jangka waktu investasi yang kurang dari satu tahun.

Nah, dana yang kamu tanam melalui Bukareksa ini diinvestasikan ke reksa dana pasar uang, karena pertimbangan resikonya yang relatif kecil dan aman bagi investor pemula.

Kerjasama BukaLapak dan Bareksa ini bertujuan untuk menjangkau masyarakat umum, terutama yang sudah biasa mengunjungi situs Bukalapak, untuk dapat mulai menanamkan modalnya lewat reksadana. Konsep ini menyasar pengguna dengan pemahaman minim terhadap investasi di pasar modal.

Uang yang kamu investasikan melalui Bukareksa akan disimpan di pihak ketiga yang independen yaitu Bank Kustodian. Setiap reksa dana wajib mencantumkan bank kustodian di prospektusnya.

Bank Kustodian adalah bank yang membantu mengurus administrasi, mengawasi dan menjaga aset reksa dana, dalam hal ini Bank Central Asia (BCA) selaku bank kustodian rekanan Bukalapak. 

Bank Kustodian bertugas mencatat semua keputusan investasi yang diambil Manajer Investasi dan menyimpan uang investasi kamu. 

Selanjutnya dana investasi kamu akan ditempatkan langsung pada produk eksklusif CIMB-Principal BukaReksa Pasar Uang, yang secara khusus hanya dijual dan diperuntukkan bagi pengguna BukaReksa. Pada saat kamu memutuskan melakukan pencairan uang, maka akan langsung ditransfer ke rekening pribadi atas nama kamu sendiri.

KEUNTUNGAN BERINVESTASI DI BUKAREKSA


Ide tentang Bukareksa bisa dikatakan sebagai sebuah terobosan dalam memperkenalkan cara berinvestasi kepada masyarakat dengan modal kecil. Tentu saja ini sebuah ide yang sangat menarik. Mengapa? Karena selama ini mungkin banyak yang beranggapan bahwa berinvestasi itu hanya berlaku bagi mereka yang memiliki dana atau modal besar, setidaknya berkisar jutaan sampai puluhan bahkan ratusan juta.

Padahal tidak demikian. Melalui Bukareksa kita sudah bisa berinvestasi reksa dana dengan modal mulai dari Rp 10 ribu, yang tentu saja sangat terjangkau oleh siapapun. Dengan demikian tidak ada alasan tidak mungkin berinvestasi bagi seorang pemula sekalipun. Hal ini kemungkinan masih banyak yang belum mengetahuinya, karena itu sosialisasi tentang Bukareksa sangat diperlukan.

Bayangkan dengan Rp 10 ribu kamu bisa investasi reksa dana. Padahal uang senilai itu kalau ditabungkan ke bank sudah tidak berlaku saat ini, jangankan berpikir untuk mendapat bunga, kena biaya pembukaan rekening dan biaya administrasi per bulannya saja sudah tidak mencukupi.

Bahkan dibandingkan dengan deposito, hasil yang diperoleh reksa dana lebih besar. Hal ini karena produk reksa dana tidak dikenakan pajak sebagaimana deposito.

Juga tidak ada biaya administrasi untuk pembukaan akun di Bukalapak. Kamu bisa melakukan pembelian dan penjualan kembali produk reksa dana pasar uang kapan saja tanpa dikenakan biaya transaksi. Sangat menarik kan? 

Selain itu masih ada kelebihan lain dari reksa dana, yaitu dana dapat dicairkan kapan dan dimana saja melalui sistem online, dan kita tidak perlu repot pergi ke bank terlebih dahulu. Hal ini jelas berbeda dengan deposito, dimana pencairan dana sebelum jatuh tempo dikenakan penalti berupa denda.

Dari segi resiko, reksa dana pasar uang relatif memiliki minim resiko jika dibandingkan dengan produk investasi langsung seperti obligasi dan saham. Pihak pengelola reksa dana akan melakukan investasi ke berbagai instrumen yang berkembang agar imbal hasil (return) yang kamu dapatkan menjadi lebih maksimal.

Satu lagi, tersedia produk Reksa Dana Syariah di Bukareksa, yaitu Reksadana Syariah Mandiri Bukareksa Pasar Uang, yang pengelolaannya tidak bertentangan dengan prinsip syariah di Pasar Modal.

Pengalaman Investasi Reksa Dana Di Bukareksa


Ketika berkenalan pertama, NAB/Unit Reksa Dana Syariah Mandiri Bukareksa Pasar Uang nilainya Rp 1.022. Saat itu saya masih merasa belum siap melakukan pembelian, karena masih ingin memikirkan reksadana mana yang akan dipilih.

Dua hari kemudian saat saya buka link Bukareksa di Bukalapak, saya cukup terkejut karena nilai NAB/Unit  reksa dana Syariah Mandiri sudah menjadi Rp1.027,39. Naik lima rupiah nol koma sekian.

Nilai lima rupiah ini mungkin kamu anggap kecil dan tak bernilai. Betul, jika kamu hanya investasi sebesar Rp 10 ribu, maka kamu hanya mendapat kenaikan/keuntungan sekitar Rp 50.

Tapi coba bayangkan jika nilai investasi reksa dana kamu sebesar Rp 10 juta. Maka dari kenaikan nilai NAB/unit sebesar 5 rupiah itu kamu mendapatkan keuntungan sekitar Rp 49 ribu, dalam dua hari. (catatan: kenaikan NAB sebesar itu tidak bisa menjadi acuan yang berlaku selamanya, bisa kurang bisa lebih tergantung hasil pengelolaan dana yang dilakukan manajer investasi). Tergantung kondisi pasar, reksa dana yang ditawarkan melalui Bukalapak memberikan imbal hasil 7-8 persen per tahun. Jelas hasilnya lebih tinggi dari produk tabungan maupun deposito.

Bandingkan jika Rp 10 juta itu kamu depositokan di bank dengan bunga deposito yang berlaku pada September 2017, yaitu ratenya 4,5% per tahun. Maka dalam dua hari, bunga yang kamu terima hanya sekitar dua ribu rupiah.

Hitungannya begini. Bunga deposito 4,5%/tahun dari Rp 10 juta, dipotong pajak deposito 20% tinggal Rp 360 ribu/tahun. Atau sebulan Rp 30 ribu. Berarti sehari hanya mendapat bunga sekitar seribu rupiah.

Beda jauh kan! Sama-sama investasi Rp 10 juta antara di reksa dana dan di bank, perolehan hasilnya berbeda sangat signifikan. Pilih mana?

Tapi, uang Rp 10 juta itu kan juga cukup besar buat kebanyakan orang, termasuk pelajar? Darimana dapat modal segitu untuk membeli reksa dana?

MODAL DARI MANA UNTUK INVESTASI REKSA DANA?

Pakai saja prinsip peribahasa : sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit. Mulailah dari yang kecil, yaitu Rp 10 ribu. Adalah sebuah kesalahan jika berpikir, berinvestasi harus memiliki uang banyak. Ubah paradigma tersebut dengan mulailah berinvestasi dari uang yang kecil. Jangan menunggu punya uang banyak, karena kamu tidak akan pernah melakukannya. Sebelum banyak, uang kecil itu umumnya sudah habis duluan untuk hal-hal yang tidak memberikan impack besar di masa depan, kecuali kesenangan sesaat.

Biasanya masyarakat kita menganggap uang 5 ribu, 10 ribu sekarang tidak cukup berarti. Paling cukup untuk membeli jajanan, cemilan atau semangkuk bakso atau mie ayam.

Mau menabung dengan uang 5 ribu juga serba tanggung. Kalaupun dikumpulkan dulu sampai Rp 100 ribu misalnya, juga percuma. Biaya admin buka tabungan di bank bahkan lebih besar dari itu. Perbulan antara 10 ribu sampai 15 ribu, bukannya uang berkembang yang terjadi lama-lama habis uang yang ditabung itu dipotong admin tiap bulan.

Memang semakin lama nilai uang semakin menurun karena faktor inflasi, namun ini tidak berarti sebagai alasan untuk tidak menabung atau berinvestasi. Justru ini harus menjadi alasan mendasar bahwa kita harus sejak dini mulai menyiapkan masa depan melalui program investasi yang cerdas.

Mulailah dari uang kecil yang menurutmu tidak bisa buat apa-apa. Bisa dimulai dari sisa uang jajan harian. Kamu pasti memiliki uang recehan Rp 500 atau Rp 1000 di saku atau dompet. Kumpulkan uang receh tersebut dalam kaleng bekas yang pasti mudah kamu dapatkan di rumah. Anggap itu uang hilang! Sehingga kamu tidak berpikir untuk menggunakan beli ini-itu. Setelah sebulan, buka celengan dan mungkin kamu akan terkejut bahwa setelah dihitung jumlahnya mungkin mencapai Rp 50 ribu atau malah lebih. Nah, inilah modal awal untuk investasi reksa dana di Bukalapak.

CARA BERINVESTASI REKSA DANA DI BUKALAPAK

Agar bisa mulai berinvestasi reksa dana melalui fitur Bukareksa, pertama-tama kamu harus memiliki akun di Bukalapak. Buka atau klik situs Bukalapak.com dan buatlah sebuah akun. Caranya dapat lihat DISINI. Tapi jika kamu sudah punya akun, tinggal login saja ke situs Bukalapak dengan memasukkan User ID (email, user name atau no. HP yang terdaftar) dan password.

Setelah berhasil login, cari fitur Bukareksa. Perlu diketahui, layanan BukaReksa untuk sementara ini baru bisa diakses melalui perangkat laptop ataupun desktop. Jadi buat kamu yang menggunakan aplikasi tidak bisa melihat fitur Bukareksa ini.

Pertama-tama lakukan pendaftaran. Klik Daftar Sekarang dan isi form registrasi sesuai dengan data-data yang diminta. Oya sebelumnya siapkan KTP kamu yang sudah discan. Bisa dengan cara yang mudah, yaitu KTP difoto lalu dicrop. Foto KTP ini yang diupload dalam proses registrasi Bukareksa. Selanjutnya kamu juga diminta menyertakan tanda tangan secara digital. Ikuti saja prosedurnya.

Isi form registrasi Bukareksa dan dilanjutkan dengan memberikan tandatangan digital.

Setelah dilakukan proses verifikasi data dan data kamu dinyatakan lengkap, maka kamu akan mendapatkan e-mail pemberitahuan bahwa pembukaan rekening Reksa Dana kamu telah disetujui.

Di tahap ini kamu sudah siap melakukan pembelian reksa dana melalui Bukareksa.
Kamu wajib melakukan tandatangan digital.(via Bareksa.com)

Selanjutnya login ke Bukalapak dengan akunmu dan cari menu BukaReksa, disitu terdapat pilihan produk reksa dana yang dapat kamu pilih atau beli dengan saldo BukaDompet kamu minimal terisi Rp 10 ribu.

Jika kamu belum memiliki saldo BukaDompet, kamu bisa mengisinya terlebih dahulu. Atau jika kamu juga merupakan pelapak/penjualan di Bukalapak, tentunya dari hasil transaksi yang terjadi di lapakmu, akan terdapat saldo pada BukaDompet.

Saat ini (2017) terdapat dua produk reksa dana yang bisa kamu pilih, yaitu :
CIMB-PRINCIPAL Bukareksa Pasar Uang dan Reksa Dana Syariah Mandiri Bukareksa Pasar Uang.
 
Pilih produk yang kamu inginkan dan sesuaikan dengan saldo BukaDompetmu.


Silakan pilih salah satu atau keduanya, tapi sebagai permulaan sebaiknya kamu pilih salah satunya dulu. Pilih produk reksa dana yang akan kamu beli, lalu klik Beli.

Agar tidak seperti membeli "kucing dalam karung", sebaiknya kamu pelajari produk reksa dana yang dibeli dengan men-download dan membaca prospektus dan keterangan ringkas reksa dana.

Masukkan nominal uang yang ingin kamu investasikan ke dalam rekening reksa dana kamu, minimal Rp 10 ribu. Pembelian reksa dana ini akan langsung memotong saldo BukaDompet kamu. Tidak ada biaya administrasi untuk proses pembelian reksa dana di Bukareksa.

Jangan lupa mencentang kolom kecil yang tertera "Saya telah membaca dan menyetujui seluruh isi prospektus dan keterangan ringkas serta memahami risiko atas keputusan investasi yang saya buat." 

Nominal yang kamu ajukan akan diproses oleh sistem, kemudian akan masuk rekening Reksa Dana kamu sesuai dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB) pembelian yang berlaku.

Pelajaran dulu produk reksa dana yang akan dibeli melalui prospektusnya. (via Bareksa.com)

Setelah itu kamu akan mendapat pemberitahuan e-mail bahwa pembelian reksa dana kamu sedang diproses oleh Bank Kustodian.



Pembelian reksa dana kamu akan diproses selama 1 hari kerja setelah order pembelian (T+1).  Jika transaksi reksa dana dilakukan setelah batas waktu (cut off time) yakni pukul 13.00 WIB, maka akan diproses pada hari kerja berikutnya.

Setelah proses pembelian reksa dana telah selesai, kamu akan menerima Total Unit penyertaan (UP) sebagai bukti kepemilikan reksa dana yang disesuaikan dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB) yang berlaku. Untuk mengetahui perkembangan investasi reksa dana, kamu dapat melihatnya pada menu Portofolio yang tersedia pada akun BukaReksa. 

 
Contoh portofolio reksa dana di akun Bukareksa.

Di menu tersebut kamu bisa melihat perkembangan NAB reksa dana yang kamu beli dengan membandingkan nilai pada awal pembelian dan nilai terakhir.

Di menu portofolio ini kamu juga bisa melakukan penjualan atas reksa dana yang kamu miliki. Cukup dengan menekan tombol Jual dan mengikuti prosedur selanjutnya.

Mudah dan murah nominal yang dibutuhkan untuk berinvestasi reksa dana di Bukareksa Bukalapak. Jadi mengapa kamu tidak mempertimbangkan mulai dari sekarang untuk berinvestasi, 

Jangan ragu memulai dari nominal yang kecil, lakukan secara rutin sampai kamu tidak menyadarinya, uang kecil itu tahu-tahu sudah menjadi bukit. Mumpung uang kecilmu belum habis buat jajan atau membeli sesuatu yang tidak memberi manfaat jangka panjang, jauh lebih menguntungkan digunakan untuk berinvestasi.

Lakukan dari sekarang, jangan sia-siakan uang kecilmu, karena orang berjalan pun tidak akan pernah mencapai ratusan kilometer tanpa memulainya dari langkah pertama, bukan?.

Jadi paradigmanya adalah manfaatkan uang kecilmu untuk berinvestasi reksa dana. Bukalapak melalui Bukareksa menyediakan fitur itu. Mudah dan murah.
loading...

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.

Back To Top