Cara Mudah Membuka Toko Dan Berjualan Di Marketplace Bukalapak Dengan Modal HP


Pernah dong dengar jingle iklan yang ada potongan kata-kata " ...Dinego aje say pasti bisa say. Dinego sampai okay..." Yup, pasti langsung teringat wajah si nenek cincai yang memperagakan iklan tersebut. Itulah salah satu versi iklan dari Bukalapak yang sangat populer.

Cara berjualan di Bukalapak.
Nenek Cincai via Kapanlagi.com
Tak bisa dipungkiri, Bukalapak adalah salah satu perusahaan marketplace yang terkemuka di Indonesia. Buat sebagian besar orang Bukalapak adalah situs yang menyediakan lapak dagangan bagi mereka yang bergabung sebagai seller/penjual. Bukalapak memang dikenal sebagai situs C2C atau Customer to Customer, dimana konsumen dapat melakukan transaksi jual-beli secara langsung dengan konsumen lain.

Cara berjualan di Bukalapak


Situs bisnis online seperti Bukalapak ini konsepnya two in one, kamu bisa mencari (baca: membeli) barang-barang yang kamu inginkan secara mudah, tapi kamu sekaligus juga ditawari menjadi penjual dengan membuka lapak/toko online secara gratis. Hal ini yang membuat Bukalapak dan situs sejenis banyak diminati.

Ibarat sebuah pasar, didalamnya kamu menjumpai banyak lapak yang menyediakan beraneka ragam jenis barang, banyak barang yang sama dijual oleh banyak penjual. Meskipun memiliki toko resmi (official) yang berasal dari brand tertentu, tapi mayoritas penjual (seller) di marketplace, seperti halnya di Bukalapak, adalah penjual perorangan. Bisa dikatakan sebagian pengunjung Bukalapak notabene adalah penjual juga.

Di situs tersebut kamu mencari barang apa saja, pasti mendapatkan banyak barang yang dijual oleh penjual berbeda. Dari situ kamu akan melihat barang yang sama ternyata dijual dengan harga yang berbeda-beda. Kamu bisa membandingkan satu dengan lain sebelum akhirnya membuat pilihan. Sebagai pembeli tentu kamu akan memilih yang terbaik dan sesuai keinginan.

Sebagai salah satu situs marketplace terpopuler Indonesia, banyak keuntungan membuka lapak dagangan di Bukalapak. Salah satunya kamu tidak perlu memikirkan cara mendatangkan pembeli, karena jutaan orang setiap hari mengakses Bukalapak untuk mencari barang tertentu. Dengan menggelar lapak di Bukalapak, pembeli sudah datang dengan sendiri.

Tak heran dari hari ke hari pengunjung Bukalapak terus meningkat dan nilai transaksi yang terjadi juga terus melambung. Bagi pembeli, Bukalapak menawarkan berbagai pilihan barang dan kemudahan melakukan transaksi dengan tersedianya beragam saluran pembayaran.

Selain itu Bukalapak juga mengajak pembelinya sekaligus menjadi penjual dengan membuka lapak dagangan. Bahkan kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan membuka toko online dan menjadi Agen Bukalapak. Dua peluang bisnis dalam genggaman itu bisa kamu manfaatkan salah satunya atau keduanya sekaligus.

Kamu bisa membuka toko dan mengelola produk yang akan dijual di Bukalapak dengan aplikasi maupun melalui websitenya langsung. Perbedaan utamanya adalah jika melalui website, maka fitur-fitur yang tampil lebih lengkap dan pengelolaan produk bisa lebih leluasa. Namun soal kemudahan dan kepraktisan tentu saja menggunakan aplikasi Bukalapak lebih mudah dan nyaman, karena smartphone bisa dibawa kemana saja.

Kali ini Admin akan berbagi tentang cara membuka toko dan berjualan di Bukalapak melalui HP atau smartphone. Untuk berjualan maupun sekedar belanja online di Bukalapak, pertama-tama kamu harus membuat akun Bukalapak DISINI.

Cari tombol Daftar Akun pada aplikasi Android, atau tombol Daftar di pojok kanan atas pada situs Bukalapak jika kamu mengakses melalui laptop atau desktop.

Daftar akun Bukalapak

Isi data yang diperlukan, yaitu :

Nama Lengkap : bisa diisi nama kamu sebenarnya, nama samaran atau nama toko jika kamu memang dari awal berniat membuka toko dan berjualan di Bukalapak. Nama pemilik akun ini nantinya masih bisa diganti jika kamu merasa kurang pas.

Email/Nomer HP : bisa diisi email aktif atau nomer HP aktif, disarankan menggunakan email saja, karena nomer HP bisa diisikan pada saat nanti kamu mengisi data lengkapmu setelah memiliki akun.

Jenis kelamin : tidak perlu dijelaskan.

User Name : user name adalah user ID kamu di Bukalapak yang tidak bisa diganti, karena itu pikirkan baik-baik user name yang akan kamu buat. User name atau nama pengguna ini nantinya akan menjadi URL atau alamat tokomu di Bukalapak, dan tampil di address bar sebagai www.bukalapak.com/nama_pengguna

User name bisa berupa huruf semua atau kombinasi huruf dan angka. Buatlah sesimple mungkin agar mudah diingat orang lain, terutama jika niatmu adalah berjualan. User name yang sudah dibuat atau digunakan pengguna lain tidak bisa kamu gunakan.

Setelah kamu tekan tombol Daftar, maka kamu akan menerima email konfirmasi. Lakukan konfirmasi dengan klik email konfirmasi yang kamu terima. Selanjutnya kamu bisa login ke aplikasi Bukalapak.

Pertama-tama, lakukan verifikasi nomer HP yang akan kamu gunakan bertransaksi. Caranya, masukkan nomer HP dan password, lalu klik Simpan dan Konfirmasi.

Buka toko di Bukalapak.

Berikutnya lakukan Pengaturan Akun (lihat gambar diatas). Ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Edit Profil
- Disini kamu bisa upload cover header profilmu atau biarkan default. Tapi karena tujuannya berjualan, sebaiknya pasang foto header yang keren atau mencerminkan barang yang akan kamu jual.
- Edit Foto. Tampilkan foto profil bisnismu.
- Deskripsi Lapak. Cantumkan deskripsi lapakmu yang memberi gambaran tentang bisnismu. Misalnya : Melayani dengan sepenuh hati.
- Catatan Lapak : buat catatan tentang aturan bagaimana kamu melayani pembeli yang berbelanja. Misalnya tentang waktu pengiriman barang, kebijakan pengembalian barang dan sebagainya.
Jika sudah maka klik Simpan agar semua tersimpan.

Alamat
Tambahkan data alamatmu secara lengkap, termasuk kode pos.

Rekening Bank
Tambahkan nama bank, nama pemilik rekening, dan nomer rekening. Disini kamu perlu memasukkan password untuk memverifikasi hal ini. Rekening bank ini digunakan untuk menarik dana hasil transaksi.

Telepon
Tambahkan nomer telepon/HP. Disini kamu perlu memasukkan password.

Email
Jika perlu tambahkan email baru. Jika tidak, cukup email yang kamu cantumkan saat mendaftar.

Password
Untuk mengganti password baru

Otentikasi 2 Langkah
Menambahkan nomer telepon untuk pengaktifan otentikasi 2 langkah akan memberikan keamanan yang lebih baik pada akunmu.

Setelah tahap ini selesai, sekarang kamu sudah siap berjualan.

BERJUALAN DI BUKALAPAK

Untuk mulai berjualan, kamu tinggal klik tombol Jual Barang. Selanjutnya kamu menambah gambar barang yang akan kamu jual. Kamu bisa menambah sampai 5 buah foto. Foto produk bisa sudah kamu siapkan dulu sebelumnya yang tersimpan di Galeri HP atau bisa kamu ambil gambarnya secara langsung.

Beberapa keterangan yang harus dicantumkan dalam produk yang kamu jual.
Beberapa hal yang harus kamu masukkan pada produk yang akan kamu jual di lapakmu, yaitu :

Nama Barang
Sebutkan nama barang jualan kamu secara jelas dan spesifik, contoh : Samsung Galaxy J Pro 5.

Kategori Barang
Pilih kategori barang yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Bukalapak memiliki sejumlah kategori barang yang bisa kamu pilih paling tepat untuk mewakili barang yang kamu jual. 

Deskripsi Barang
Uraian yang lebih lengkap dan detail dari produk yang kamu jual. Kamu juga bisa melampirkan link video untuk memperjelas barang yang kamu tawarkan. Ini salah satu kelebihan fitur Bukalapak bagi seller, karena di situs marketplace lain, penambahan video ini hanya berlaku untuk akun premium.

Detail Barang
Meliputi berat barang, stok barangmu, harga barang satuan. Jika kamu menjual dengan harga yang berbeda untuk pembelian lebih dari satu, maka bisa membuat pengaturan Harga Grosir. Jangan lupa centang Barang Baru jika itu barang baru, jika lupa maka barangmu akan masuk kategori barang bekas. 

Selanjutnya ada juga pengaturan Label Barang. Ini berbeda dengan Kategori Barang yang sebelumnya disebut. Label Barang ini kamu sendiri yang membuatnya.

Pengiriman Barang (Opsional)
Disini mengatur pengiriman barang yang kamu jual, ada dua hal, yaitu apakah Wajib Asuransi atau tidak, dan pengaturan gratis ongkos kirim (untuk seluruh Indonesia atau wilayah tertentu saja).

Setelah semua terisi, maka barangmu siap diluncurkan, klik tombol Jual. Jika ada yang perlu direvisi, kamu juga bisa sewaktu-waktu melakukan penambahan atau pengurangan info pada barang yang kamu jual.

PROSES TRANSAKSI JUAL-BELI

Biasanya sebelum melakukan pembelian, calon pembeli akan menanyakan lebih dahulu kepada penjual seputar produk yang akan dibeli. Pertanyaannya berkisar tentang apakah barangnya ready? Apakah tersedia warna atau ukuran tertentu.

Sebagai penjual yang baik, kamu wajib sesegera mungkin membalas pertanyaan calon pembeli agar mereka yakin bahwa barang yang dicari sesuai dengan yang diinginkan. Kecepatan merespon pertanyaan pembeli ini juga menjadi ukuran reputasi toko kamu.

Ketika ada pembeli yang sudah melakukan transaksi dalam arti melakukan pembayaran ke rekening Bukalapak atas produk yang dipesannya, maka kamu akan mendapat pemberitahuan via email dan SMS.
Kalau dapat SMS seperti ini berarti ada pembeli yang telah deal melakukan pembayaran. 
Ada lima status transaksi Bukalapak : Menunggu, Dibayar, Dikirim, Diterima dan Selesai.

Menungggu berarti pembeli telah melakukan pesanan tapi belum melakukan pembayaran. Setelah pembeli menyelesaikan pembayaran melalui metode yang dipilih, maka status transaksi menjadi Dibayar. Di tahap ini, pelapak yang barangnya dibeli tadi akan mendapat pemberitahuan lewat SMS dan email.

Kamu harus segera meresponnya di fitur Transaksi> Penjualan. Disitu ada tiga tombol : Status, Detail dan Alamat.

Segera proses pesanan yang sudah masuk.

Pada tombol Status akan ada keterangan nomor tagihan, nomor transaksi dan status Sudah Dibayar, disertai penjelasan batas waktu pengiriman barang yang dipesan pembeli dan keterangan nama jasa pengirimannya.

Jika pesanan tersebut kamu terima dalam arti barangnya tersedia, maka tekan tombol Proses Pesanan dan selanjutnya tekan lagi tombol Konfirmasi Proses Pesanan. Setelah melakukan konfirmasi pengiriman barang, maka status transaksi akan berubah dari DIBAYAR menjadi DIPROSES PELAPAK.

Tapi jika barang yang dipesan habis/kosong, maka pilih tombol Tolak. Disini kamu akan diminta menyebutkan alasan penolakan. Usahakan jangan sering menolak pesanan, karena ini akan membuat kamu mendapat nilai negatif.

Pada tombol Detail kamu bisa melihat secara terinci tentang barang yang dipesan, termasuk harganya.

Sedangkan pada tombol Alamat, terdapat keterangan alamat pengiriman secara lengkap yang akan kamu gunakan untuk menulis alamat si pembeli pada paketnya.

Tips : Sebaiknya segera lakukan pemrosesan barang yang telah dibayar oleh pembeli karena kamu hanya memiliki waktu selambatnya dua hari untuk mengirimkan barang. Jika waktu tersebut lewat, maka sistem secara otomatis akan membatalkan transaksi dan kamu mendapat reputasi negatif dari Bukalapak.

Proses transaksi di Bukalapak
Contoh proses transaksi Bukalapak melalui aplikasi android.

1. Setelah paket sudah dipacking rapi dan dikirim ke agen jasa pengiriman sesuai permintaan pembeli, maka kamu harus tekan tombol KIRIM BARANG di fitur transaksi. Dan selanjutnya input nomer resi paket.

Tips : Ketika menulis alamat pengiriman sebaiknya sertakan no. transaksi, isi paket dan nama jasa pengirimannya. Ini untuk kontrol kamu bahwa paket yang kamu kirim tidak salah alamat, salah barang dan salah kirim, salah satu atau ketiganya. Hal ini harus dibiasakan dari awal, sehingga ketika nanti kamu sudah menerima banyak pesanan dalam hari yang sama, tidak sampai terjadi kekeliruan karena sudah disiplin sejak awal.

2. Kamu bisa memilih metode input resi secara manual atau otomatis. Sebagai pemula disarankan menggunakan metode manual untuk input resi.

3. Setelah resi diinput, maka status transaksi menjadi DIKIRIM dan kamu maupun pembeli bisa mengikuti perjalanan paket tersebut dengan mengklik histori pengiriman. Jika ada hal yang perlu disampaikan pembeli, kamu juga bisa KIRIM PESAN ke pembeli. Misalnya memberitahukan bahwa barang pesanannya sudah kamu kirim dan mengingatkan agar dia tidak lupa konfirmasi ketika paket sudah diterima.


Setelah paket diterima pembeli dan ia memberikan konfirmasi, maka status transaksi menjadi DITERIMA. Jika pembeli lupa atau merasa tidak perlu melakukan konfirmasi atas paket yang sudah diterima, maka sistem secara otomatis akan melakukannya jika status pengiriman dari pihak agen jasa pengiriman menyatakan paket sudah sampai. 

Selanjutnya pihak Bukalapak memberi kesempatan selama dua hari pada pembeli untuk melakukan komplain jika barang yang diterima tidak sesuai atau kamu melakukan kecurangan. Setelah lewat dua hari sejak barang diterima tidak ada komplain dari pembeli, maka uang hasil transaksi akan masuk ke akun BUKA DOMPET dan status transaksi menjadi SELESAI

Jika pembeli memberikan feedback positif, kamu juga sebaiknya membalas dengan memberikan feedback pada pembeli, misalnya : Terima kasih gan telah berbelanja.

Agar pembeli merasa puas, maka kamu wajib memberikan layanan sebaik mungkin. Barang yang dikirim harus sesuai seperti yang tampak pada gambar dan deskripsinya, bungkus barang sebaik mungkin agar keamanannya terjamin selama proses pengiriman, dan kirim barang sebelum batas waktu habis.

Ternyata mudah bukan membuka toko online di Bukalapak dengan modal HP. Yuk segera Daftar Bukalapak dan mulai berjualan.
loading...

Labels: Bisnis Online, Bukalapak, Marketplace

Thanks for reading Cara Mudah Membuka Toko Dan Berjualan Di Marketplace Bukalapak Dengan Modal HP. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Mudah Membuka Toko Dan Berjualan Di Marketplace Bukalapak Dengan Modal HP"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.