Bagaimana Agar Paket Yang Dikirim Cepat Sampai?


Siapa pun tentu sepakat, ketika mengirimkan sebuah paket ingin segera sampai ke tempat tujuan dan diterima oleh pihak yang berhak menerima paket. Bagi yang sedang menunggu kiriman paket, seperti pembeli barang secara online, pasti juga ingin paket yang dipesan cepat sampai ke alamatnya. Menunggu kapan paket yang kita kirim sampai memang membutuhkan kesabaran.
Agar paket cepat sampai ke tujuan.
Kurir mengantar paket (sumber : Sharktankblog.com)
Keterlambatan pengiriman paket bisa disebabkan oleh banyak faktor, Jika penyebabnya dari pihak perusahaan jasa pengiriman, kita sebagai konsumen tidak bisa berbuat apa. Tapi sebenarnya ada faktor ketidaktahuan kita sebagai konsumen yang tanpa sadar ikut menambah proses pengiriman paket menjadi lebih lama dari yang seharusnya.

Nah, sebelum kesabaran Anda habis karena menunggu paket yang seringkali lebih lama dari yang dijanjikan pihak agen pengiriman, berikut ini ada beberapa tips bagaimana agar kiriman paket kita segera sampai ke tempat tujuan.

Agar paket yang dikirim segera sampai alias gak pake lama nunggunya, ini caranya :

Kirimkan Paket Sebelum Jam Pick Up
Setiap perusahaan jasa pengiriman punya batas waktu kapan paket/dokumen yang diterima dari konsumen diproses dan diinput datanya. Begitu juga untuk penyerahan atau pengambilan paket dari agen ke kantor Cabang/Perwakilan perusahaan akan mengikuti batas waktu tersebut.

Agar paket yang Anda kirim hari itu bisa dikirim pada hari yang sama, maka paket tersebut harus diserahkan ke agen pengiriman sebelum batas waktu penerimaan paket ditutup. Selewat batas waktu itu, sudah pasti paket kita akan dikirim esok harinya. Berarti paket akan terlambat sehari.

Karena tiap perusahaan punya jadwal sendiri-sendiri, cara yang aman, kirimkan paket sebelum pukul 12.00 siang agar paket tersebut terkirim hari itu juga.

Alamat Tujuan Paket Lengkap Dan Tidak Salah
Jangan enggan menuliskan alamat tujuan paket selengkap mungkin, termasuk mencantumkan nomer telepon/HP dan Kode Pos. Nama penerima paket juga harus jelas dan lengkap. Juga penting, tidak salah menuliskan angka nomer rumah atau gang.

Jangan berpikir bahwa seolah-olah Anda sendiri yang akan mengantar paket itu, sehingga menganggap pencantuman nama dan alamat tujuan paket yang lengkap hanya mubazir. Ingat, yang mengantar paket itu kurir yang setiap harinya bertugas mengantar setumpuk paket/dokumen yang dituntut bekerja secara cepat dengan waktu kerja terbatas. Kelengkapan data alamat penerima paket akan sangat membantu mempermudah dan mempercepat penyampaian paket. Itu pasti.

Infokan Nomer Resi Ke Penerima Paket
Jangan lupa beritahu si penerima paket bahwa Anda mengirimkan paket kepadanya dan beritahukan
nama perusahaan jasa pengiriman yang digunakan untuk mengirim paket dan nomer resinya. Jangan sampai terjadi ketika paket diantarkan ke alamat tujuan, rumah dalam keadaan tertutup dan tidak ada orang yang bisa menerima paket tersebut. Jelas keterlambatan seperti ini bukan kesalahan kurir dan perusahaan jasa pengiriman.

Tanyakan Perkiraan Waktu Pengiriman Paket
Jangan lupa menanyakan perkiraan waktu pengiriman paket. Biasanya orang yang Anda kirimi paket juga menanyakan hal serupa pada Anda. Ini juga sebagai antisipasi pada waktu yang diperkirakan paket tersebut diantar kurir, pihak penerima paket siap di rumah.

Treking Perjalanan Paket
Tidak ada salahnya Anda atau orang yang Anda kirimi paket melakukan treking paket untuk memastikan paket Anda sudah "jalan". Anda bisa curiga setelah dua hari ternyata tidak ada pergerakan paket Anda, apalagi jika hasil trekingnya nihil. Sebelum berlanjut, Anda bisa menanyakan ke Agen tempat Anda mengirim paket hal tersebut. Pastikan bahwa paket Anda sudah dalam perjalanan menuju alamat tujuan.

Bersikap Pro Aktif
Jika hasil treking paket menunjukkan paket telah sampai di kota tujuan, penerima paket bisa proaktif dengan menelepon kantor perusahaan pengiriman setempat, menanyakan kapan paketnya akan diantar oleh kurir. Bahkan jika lokasi kantor perusahaan dekat dengan rumah, tidak ada salahnya si penerima paket mendatangi kantornya dan mengambil sendiri paketnya.

Jika pihak perusahaan/cabang setempat menyatakan paket tersebut belum masuk, jelaskan bahwa menurut hasil treking seharusnya paket sudah berada di kantor cabang setempat. Bila perlu penerima paket minta nomer telepon kurir yang bertugas mengantar paket. Hal ini berguna jika alamat tujuan paket ternyata jaraknya jauh dari kantor perusahaan. Dalam hal ini penerima paket bisa janjian dengan si kurir bagaimana agar paketnya bisa cepat diterima.

Catat Nomer HP Kurir
Jika Anda termasuk orang yang sering menerima kiriman paket dari orang lain, salah satu trik yang penting agar paket segera sampai atau diantar oleh kurir adalah Anda mempunyai nomer telepon/HP kurir langganan Anda. Dengan kontak langsung dengan kurir pengantar paket, Anda bisa memastikan paket yang Anda terima sudah sampai di kantor dan bisa segera diantarkan. Jika Anda kenal baik dengan si kurir otomatis paket Anda akan lebih diperhatikan.

Nah itu tadi tips dan cara-cara yang bisa Anda terapkan agar paket yang Anda kirim segera sampai ke alamat tujuan.
Loading...

Labels: Kurir

Thanks for reading Bagaimana Agar Paket Yang Dikirim Cepat Sampai?. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Bagaimana Agar Paket Yang Dikirim Cepat Sampai?"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.