Kapan Paket Yang Saya Kirim Sampai?


Kalau barang saya di kirim hari kamis dari tangerang dengan paket reguler sampai di makassar kapan yah? Demikian pertanyaan yang saya terima dari seorang pembaca. Karena pesan tersebut ditulis anonymous, saya tidak menampilkannya. Sebelumnya saya juga pernah menerima beberapa pesan/pertanyaan serupa via form Kontak.
Cara mengetahui kapan paket sampai di tujuan?
(sumber :Deliveryquotecompare.com)
Intinya si penanya ingin mengetahui kepastian kapan paket yang dikirim atau yang akan diterimanya, sampai di tempat tujuan?

Seperti pernah ditulis sebelumnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi waktu pengiriman paket. Silakan dilihat lagi, saya tidak akan mengulangi. Saya hanya ingin memperjelas saja.

Jenis Layanan Paket

Jika Anda mengirim sebuah paket, Anda harus mengetahui jenis layanan apa paket Anda dikirim? Dan memastikan bahwa jenis layanan tersebut sesuai dengan ISI PAKET dan TUJUAN paket tersebut.

Kenapa?

Karena jenis layanan berkaitan erat dengan lamanya waktu pengiriman paket. Lihat Beda Layanan, Beda Ongkirnya.

Pada umumnya jika Anda bertanya tentang ongkos kirim, agen akan menjawab dengan ongkos kirim Regular.

Mayoritas konsumen biasanya tidak terlalu peduli (tidak mau tahu?) tentang hal ini, yang penting murah! Dan pihak agen kurir juga biasanya tidak menyebutkan semua jenis layanan paket ditempatnya karena tahu faktor psikologis konsumen yang cenderung ingin harga yang murah.

Jika Anda tidak menanyakan lebih jauh, bisa dipastikan paket Anda dikirim dengan Layanan Reguler. Padahal belum tentu isi paket yang Anda kirim SESUAI dengan jenis layanan tersebut!

Jika Anda mengirim paket berisi buah atau kue yang tidak tahan lama, jangan pernah mengirimkan dengan layanan regular. Mungkin Anda berdalih tujuan paket masih kota sebelah atau alamat tujuan didalam kota, sehingga diperkirakan saat paket sampai tujuan dalam 2-3 hari lagi, kondisi buah/makanan masih baik. Anda lupa bahwa paket regular pengantarannya dalam rentang waktu antara sekian hari sampai sekian hari dan tidak bisa dipastikan dalam berapa hari paket pasti sampai ketangan penerima. Selama masih dalam rentang waktu tersebut tidak bisa dikatakan paketnya terlambat.

Jadi kalau Anda mengirim paket berisi buah atau kue basah yang ingin disegerakan sampai, gunakan layanan kilat. Kalau jasa pengirimannya JNE berarti pilih YES atau SS. Kalau TIKI pilihannya antara TDS, ONS, SDS atau HDS tergantung tingkat kepentingannya.

Begitu juga jika Anda mengirim paket urgen (seperti obat) atau dokumen yang harus tiba tepat waktu, Anda harus memastikan memilih layanan yang bergaransi, agar tidak terjadi penyesalan di belakang hari.

Tapi perlu diingat layanan paket kilat atau super kilat tersebut hanya bisa diterapkan pada kota tujuan tertentu saja, yaitu kota besar yang ada bandaranya. Pastikan pada petugasnya bahwa layanan paket yang Anda ambil tersebut berlaku pada lokasi dimana Anda mengirim paket tersebut. Jangan sampai Anda sudah membayar mahal ternyata layanan tersebut tidak berlaku.

Penerima/pengirim paket cenderung tidak sabar menunggu paketnya sampai. Yang sering terjadi orang mengeluh paketnya dianggap terlalu lama sampai tapi tidak menyadari paketnya dikirim menggunakan tarif regular.

Paket regular dikatakan terlambat jika waktu pengantarannya melebihi perkiraan waktu yang telah ditetapkan. Untuk tujuan antar kota/kabupaten di Pulau Jawa umumnya pihak jasa pengiriman mematok waktu pengiriman antara 3-5 hari. Artinya selama tidak lebih dari 5 hari dianggap normal atau tidak terlambat. Tapi kalau kurang dari 3 hari sudah sampai, anggaplah ini sebuah bonus.
Sedangkan untuk pengiriman ke luar pulau, waktu pengiriman paket reguler biasanya antara 4-7 hari.

Namun prakteknya tidak jarang perkiraan waktu pengiriman paket ini lebih lama dari yang dijanjikan. Selama melesetnya hanya 1-2 hari biasanya konsumen harus berbesar hati menerimanya.

Selain berdasarkan perkiraan waktu pengiriman, sebetulnya ada cara terbaik untuk memantau perjalanan paket yang Anda kirimkan, yaitu dengan melakukan treking paket melalui Cek Resi.

Hasil cek resi akan menunjukkan perkembangan sampai dimana posisi paket Anda. Jika hasilnya menyebutkan bahwa paket sudah berada di kota tujuan, maka si penerima paket dapat menghubungi pihak jasa pengiriman untuk menanyakan kapan paketnya akan diantar oleh kurir.
Loading...

Labels: Cek resi, Kurir

Thanks for reading Kapan Paket Yang Saya Kirim Sampai?. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Kapan Paket Yang Saya Kirim Sampai?"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.