-->

5 Faktor Penentu Ongkos Kirim pada Jasa Pengiriman Barang yang Harus Diketahui oleh Seller


5 faktor penentu ongkos kirim barang


Para penjual yang aktif berjualan online harus mengetahui faktor-faktor penting yang menentukan biaya ongkos kirim jasa pengiriman barang. Ketika mengirimkan paket, biaya ongkos kirim akan dikenakan oleh jasa pengiriman. 

Hal ini menjadi pertimbangan penting bagi pelanggan e-commerce, karena beberapa orang tidak ingin biaya ongkir lebih mahal daripada barang yang dibeli.

Faktor Penentu Ongkos Kirim Pada Jasa Pengiriman Barang


Ada lima faktor utama yang mempengaruhi biaya ongkos kirim jasa pengiriman barang ketika mengirimkan sebuah paket, yaitu : 

Pertama, lokasi penerima paket. 


Jarak yang ditempuh mempengaruhi biaya operasional dan ongkos kirimnya. Semakin dekat jaraknya, semakin murah ongkos kirimnya.

Kedua, berdasarkan bobot paket


Bobot paket dijadikan patokan tarif dalam mengirimkannya. Setiap jasa pengiriman biasanya menetapkan hitungan per kilogram sebagai tarif atau ongkos kirim. Semakin ringan bobotnya, semakin murah ongkos kirimnya. Namun, untuk pengiriman kargo, biaya kirim semakin murah apabila bobot paket semakin berat.

Ketiga, berdasarkan jenis paket yang dikirimkan


Keamanan menjadi faktor utama dalam bisnis jasa pengiriman barang, sehingga jenis barang yang akan dikirimkan dibagi menjadi beberapa kelompok. Barang dengan nilai tinggi seperti elektronik, perhiasan, dan surat berharga akan diberikan pilihan untuk dilindungi menggunakan asuransi, yang akan menambah biaya pengiriman.

Keempat, jenis moda transportasi yang digunakan dalam proses pengantaran


Jenis transportasi yang digunakan dalam proses pengantaran juga mempengaruhi ongkos kirimnya. Pesawat, mobil truk atau kapal laut dipilih tergantung pada efisiensi, jarak, bobot, dan kuantitas barang yang dikirimkan.

Kelima, jasa ekspedisi 


Jasa ekspedisi yang digunakan untuk mengirimkan paket juga mempengaruhi biaya ongkos kirimnya. 

Setiap jasa ekspedisi memiliki standar ongkos kirim masing-masing, seperti layanan reguler dan ekspress. Layanan ekspress biasanya lebih mahal karena paket akan tiba lebih cepat dibandingkan dengan layanan reguler.

Itulah 5 faktor utama yang menentukan biaya pengiriman barang. Jadi, para penjual yang aktif berjualan online harus mempertimbangkan faktor-faktor di atas untuk menentukan biaya ongkos kirim yang sesuai dengan barang yang akan dikirimkan.  

Labels: Ongkos kirim

Thanks for reading 5 Faktor Penentu Ongkos Kirim pada Jasa Pengiriman Barang yang Harus Diketahui oleh Seller. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "5 Faktor Penentu Ongkos Kirim pada Jasa Pengiriman Barang yang Harus Diketahui oleh Seller"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.