-->

Kirim Paket Lewat J&T Express, Begini Cara Cek Resinya Untuk Mengetahui Status Pengiriman



6 cara cek resi J&T Express



6 Cara Cek Resi JNT - Menunggu adalah pekerjaan yang membosankan, Lebih-lebih menunggu kepastian kapan paket yang dikirim JNT tiba, bisa bikin jengkel. Apalagi kalau paketnya tidak kunjung datang meski telah melewati perkiraan waktunya.

Nah, supaya tidak bikin tambah emosi, yuk pantau perkembangan status pengiriman JNT sejak hari pertama paket dikirim.

Yang pertama-tama kamu harus memastikan resi JNT dari paket yang dikirim sudah tercantum dalam sistem JNT. Kalau resi pengiriman JNT valid, maka selanjutnya bisa dilakukan tracking atau penelusuran atas perjalanan paket tersebut.

Tapi jika saat dilakukan cek resi tidak ada data pengirimannya, biasanya muncul keterangan "invalid airway bill". Istilah tersebut menjelaskan bahwa nomor resi JNT yang dimasukkan salah. Atau bisa juga karena server tracking J&T Express sedang mengalami gangguan. 

Jadi nomor resi JNT tidak valid bukan berarti nomor resinya salah input, tapi juga bisa karena ada faktor sistem internal. Sebaiknya ditunggu beberapa jam lagi, baru lakukan input nomor resi. Jika hasilnya masih sama, berarti ada sesuatu yang salah.

Dalam hal ini baik posisimu sebagai pengirim paket maupun sebagai penerima paket dari orang lain, sebaiknya segera mendatangi ke gerai atau drop point J&T Express terdekat untuk mendapatkan penjelasan terkait resi yang invalid.

Petugas gerai JNT akan bisa memastikan permasalahan yang terjadi. Apakah resi yang tak terdeteksi itu akibat sistem yang sedang error atau memang murni akibat nomornya invalid atau salah, sehingga tidak dikenali atau terdata dalam data base JNT. 

Dalam kasus terakhir ini tentu kesalahan bukan di pihak JNT, namun orang yang menginformasikan nomor resi tersebut. Selanjutnya kamu bisa meminta klarifikasi ke yang bersangkutan perihal nomor resi invalid. Barangkali terjadi mis informasi atau kamu sedang kena prank penjual online nakal! 

Cara Cek Resi JNT Express


Setelah nomor resi pengiriman J&T terbukti valid, kamu bisa memantau perkembangan perjalanan paketmu baik secara offline maupun online. Setidaknya ada 6 cara yang bisa dilakukan untuk menelusuri keberadaan paket yang dikirim melalui JNT, seperti dijelaskan berikut ini.

1. Cara Cek Resi JNT Lewat Agen/drop point Terdekat

drop point jnt express
Salah satu drop point J&T Express (via twitter)


Cara mengetahui keberadaan agen di sekitar tempat tinggal kita cukup membuka browser di HP, lalu mengetikkan kata kunci "agen JNT Express terdekat", maka akan muncul daftar agen J&T yang lokasinya berada di lingkup sekitar lokasi kamu. 

Cara lain mencari agen J&T yang paling dekat dengan lokasi kita adalah menggunakan aplikasi Google Maps. Cukup dengan mengetikkan "agen JNT terdekat", maka lokasi kantor agen JNT yang berada di sekitar tempat tinggal kita akan tampil di layar HP.

Kamu tinggal pilih saja yang lokasinya paling dekat untuk kamu datangi. Atau jika ada nomer telepon atau Whatsapp, kamu bisa langsung menanyakan keberadaan paketmu dengan menyebutkan nomor resinya.

2. Cara Cek Resi JNT Via Website J&T


Tampilan website J&T Express


Cara cek resi J&T Express ini paling mudah dilakukan karena hanya membutuhkan browser di smartphone maupun perangkat lain. 

- Buka situs resmi J&T Express di https://jet.co.id lalu cari menu "Trace & Track" atau jika sulit, langsung buka saja https://jet.co.id/track

- Masukkan nomor resi yang ingin diketahui statusnya pada kolom yang tersedia. Kamu bisa memasukkan maksimal 10 nomor resi.

- Klik tombol "Search", isi kode Captcha sesuai gambar dan klik Verification.

- Selanjutnya akan muncul status paketmu.

3. Cara Cek Resi JNT Via Aplikasi Mobile J&N Express

Aplikasi J&T Express di Google Play
Aplikasi J&T Express di Google Play store

Jika kamu lebih suka melakukan cek resi melalui ponsel, Anda bisa mengunduh aplikasi J&T Express dari Google Play Store atau App Store. Atau jika sudah memilikinya, bisa juga dimanfaatkan untuk melakukan penelusuran paket.

Pilih opsi Sign Up atau langsung masuk tanpa log in. 

Klik bagian cek resi J&T Express. Isi nomor resi J&T Express. 

Terakhir posisi keberadaan paket J&T Express muncul dan kamu akan mengetahui status pengiriman terakhir paket tersebut.

4. Cek Resi JNT Via Layanan Pelanggan J&T Express


cek resi J&T lewat  call center JNT
Tampilan call center JNT


Jika kamu kesulitan melakukan cek resi melalui situs atau aplikasi, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan J&T Express melalui Call Centernya, baik melalui nomor telepon, WhatsaApp, email maupun media sosial yang tercantum di situs resmi mereka.

-  Nomor Call Center J&T Express : 021-8066-1888

- Kontak WhatsApp Customer Service J&T Express di nomor +62 811-8466-188. 

- Email J&T Express :  jntcare@jet.co.id

- Akun media sosial resmi J&T Express : Twitter @JNTExpressID, dan Facebook J&T Express Indonesia.

5. Cara Cek Resi JNT Express Lewat Aplikasi Cek Resi Pihak Ketiga


cek resi lewat aplikasi pihak ketiga
Salah satu aplikasi cek resi terintegrasi berbagai jasa pengiriman

Cara lain melakukan cek resi untuk melacak keberadaan paket JNT bisa menggunakan aplikasi cek resi pihak ketiga. Cara ini cocok bagi pebisnis online yang banyak mengirimkan paket melalui berbagai jasa pengiriman. 

Ada beberapa aplikasi atau situs yang memberikan layanan cek resi yang terintegrasi dengan berbagai jasa pengiriman, kamu bisa memilih salah satu diantaranya, yaitu  :






6. Cara Cek Resi JNT Lewat Browser Smartphone

Cara terakhir yang paling mudah untuk melacak posisi paket JNT adalah menggunakan browser pada HP. Tentunya kamu harus dalam mode internet online ya. 

Buka browser yang terdapat pada HPmu, biasanya berupa ikon bola dunia, lalu ketik kata kunci :

"Cek Resi J&T Express"
"Cek Resi JNT Express" atau cukup
"Cek Resi J&T"

Maka akan muncul tampilan yang kurang lebih sebagai berikut. 


Selanjutnya kamu tinggal ketikkan nomor resi paket JNT yang ingin kamu lacak, dan tunggu hasilnya. Fix, dijamin kamu akan mengetahui posisi terakhir paket yang dikirim lewat JNT.

Itulah tadi informasi mengenai 6 cara melakukan cek resi pengiriman J&T Express untuk mengetahui status paket terbaru.

Nah, dari semua cara-cara cek resi JNT Express tadi untuk melacak keberadaan paketmu, jika hasilnya menunjukkan hal positif, dalam arti posisi paketmu on progress, maka kamu tinggal menunggu saat-saat paketmu diantar oleh kurir.

Namun jika hasil pelacakan resi paket JNT ternyata bermasalah atau tidak jelas, maka kamu harus segera menindaklanjuti. Caranya bisa meminta bantuan melalui call center J&T Express seperti telah disebutkan tadi.

Labels: Cek resi, J&T Express

Thanks for reading Kirim Paket Lewat J&T Express, Begini Cara Cek Resinya Untuk Mengetahui Status Pengiriman. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Kirim Paket Lewat J&T Express, Begini Cara Cek Resinya Untuk Mengetahui Status Pengiriman"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.