-->

Mengenal Aneka Instrumen Investasi, Mana Yang Cocok Untuk Pemula?


aneka investasi untuk pemula


Mengenal Aneka Instrumen Investasi, Mana Yang Cocok Untuk Pemula? - Instrumen investasi adalah pilihan aset di mana Anda dapat berinvestasi atau mendanai ke dalamnya. Instrumen investasi ini memiliki banyak jenis, Anda dapat memilih instrumen investasi yang sesuai dengan preferensi Anda agar mendapatkan hasil yang optimal di kemudian hari. 


Sebelum memutuskan Instrumen Investasi mana yang akan dibeli, langkah terbaik adalah memahami terlebih dahulu tujuan dari investasi tersebut. Berikut ulasan tentang Mengenal Berbagai Instrumen Investasi, Mana Yang Cocok Untuk Pemula?


Aneka Instrumen Investasi Mana Yang Cocok Untuk Pemula?


Saham 


Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang harus Anda pilih. Bentuknya berupa surat berharga yang menjadi tanda kepemilikan suatu emiten atau perusahaan. Jadi, ketika Anda memiliki saham suatu perusahaan, Anda juga bisa dikatakan sebagai pemilik perusahaan tersebut. 


Kemudian, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari berinvestasi saham dengan dua cara, yaitu dari capital gain dan dividen. Dividen akan dibagikan secara berkala oleh perusahaan selama ada keuntungan dan kesepakatan. Sementara itu, Anda bisa meraih capital gain ketika aset emiten meningkat secara signifikan.


Deposito 


Instrumen investasi ini sangat sering diandalkan oleh investor. Amalannya sama dengan menabung, namun bedanya Anda akan mendapatkan keuntungan yang lumayan dari deposito. Anda diharuskan menyetor sejumlah uang di bank, kemudian menyimpannya sampai batas waktu yang Anda tentukan sendiri. Bisa berbulan-bulan atau bertahun-tahun. 


Selama Anda menabung, Anda akan mendapatkan return yang Anda impikan sejak lama. Perlu diingat untuk simpanan ini Anda tidak diperbolehkan mengambil tabungan hingga jatuh tempo. Jika Anda mengambilnya, Anda biasanya akan didenda.


Reksa Dana


Reksa dana ialah instrumen investasi yang sangat mudah anda pelajari. Anda dapat membeli sejumlah unit reksa dana melalui Manajer Investasi. Selama unit perusahaan reksa dana menghasilkan keuntungan, Anda juga akan diuntungkan. Jumlah keuntungannya lebih besar dari keuntungan deposito. 


Investasi reksa dana juga kini sangat mudah dilakukan karena tersedia melalui platform online yang dapat diunduh secara gratis di smartphone.


Cryptocurrency


Cryptocurrency juga bisa disebut sebagai mata uang digital. Saat ini, mata uang digital juga dapat diinvestasikan di Indonesia. Jadi, akan mudah bagi Anda untuk berinvestasi dengannya selama Anda memilih platform investasi yang dapat dipercaya. Potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam berinvestasi mata uang digital sangat menggiurkan. 


Selain itu, mata uang digital juga dapat dikonversi menjadi mata uang konvensional. Hal yang perlu diingat untuk berinvestasi dalam mata uang digital adalah memilih jenis mata uang digital yang tepat, dan Anda perlu terus memantau mata uang digital ini agar tidak ketinggalan berita. Perubahan harga mata uang digital ini sangat cepat.


Obligasi 


Instrumen investasi ini juga bisa disebut sebagai surat utang. Jadi, Anda memberikan hutang kepada suatu perusahaan atau negara, nantinya perusahaan atau negara tersebut akan membayar hutang tersebut kepada Anda ditambah bunga yang merupakan keuntungan bagi Anda. 


Obligasi yang paling aman adalah obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah karena pemerintah akan selalu memiliki dana cadangan untuk melunasi utang-utangnya. Anda juga bisa memilih obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan asalkan perusahaan tersebut memiliki fundamental yang baik.


Emas


Instrumen investasi emas merupakan salah satu investasi yang paling mudah dipelajari. Anda bisa membeli emas, lalu menyimpannya hingga harganya tinggi, lalu menjualnya untuk mendapatkan keuntungan. Investasi ini sangat mudah dilakukan karena Anda tidak perlu melakukan analisis yang sangat rumit. Anda hanya perlu tahu dimana membeli emas asli karena hanya emas asli yang bisa dijadikan investasi. Oleh karena itu pilihlah tempat yang kredibel.


Properti


Investasi properti juga sangat bisa diandalkan untuk Anda, bahkan bisa mendatangkan penghasilan per bulan bahkan per hari. Asalkan Anda bisa memilih properti yang prospeknya bagus, misalnya lokasinya berada di tempat yang sangat strategis. Namun, Anda membutuhkan dana yang cukup untuk memiliki properti ini. Kemudian, Anda harus bersabar sampai menunggu properti ini terjual. Yang penting Anda merawatnya dengan baik suatu saat properti yang Anda investasikan bisa menguntungkan.


Valuta Asing 


Anda juga dapat berinvestasi dalam valuta asing dengan trading forex. Intinya bertransaksi menggunakan mata uang asing seperti USD, GBP, EUR, dan mata uang asing lainnya. Anda dapat membeli mata uang asing saat harganya rendah, dan menjualnya saat nilainya tinggi. 


Jika dikonversi ke rupiah, itu akan menjadi angka yang cukup bagus. Namun, yang perlu Anda ingat adalah bahwa investasi ini cukup berisiko karena nilai mata uang selalu berubah-ubah. Anda juga harus sering memantaunya dengan benar.


Tabungan


Investasi ini merupakan investasi yang paling mudah dan mungkin paling banyak dipraktikkan orang. Anda dapat mengatur keuangan Anda lebih baik dengan menabung. Bahkan ahli keuangan menyarankan untuk menabung secara teratur. Menabung akan banyak membantu Anda di masa depan. Anda juga dapat menggunakannya untuk hal-hal yang menjadi tujuan Anda. Yang penting dilakukan secara konsisten.


Tujuan Investasi


Konservatif


Seseorang yang cenderung menghindari risiko dapat termasuk dalam kelompok investor konservatif. Ciri khas dari tipe investor ini adalah mereka lebih suka bermain di area yang aman dengan memilih instrumen investasi yang berisiko rendah. Investor konservatif takut modal awal atau investasi pokoknya akan berkurang. Di sisi lain, investor tidak masalah jika mendapatkan imbal hasil yang tidak terlalu besar, asalkan bergerak dengan mantap. 


Oleh karena itu, untuk memaksimalkan return, investor umumnya berinvestasi dalam jangka panjang. Lalu, instrumen investasi apa yang cocok untuk investor dengan kepribadian ini? Ada beberapa pilihan, antara lain tabungan, deposito, dan reksa dana pasar uang. Ketiganya memiliki risiko investasi yang cenderung rendah dibandingkan jenis investasi lainnya. 


Selain itu, Anda juga bisa mencoba alternatif investasi lain seperti reksa dana pendapatan tetap dan obligasi pemerintah. Menariknya, meski kedua instrumen investasi ini memiliki risiko yang relatif rendah, namun tingkat pengembaliannya lebih tinggi.


Moderat


Kelompok kedua adalah investor yang siap menerima fluktuasi jangka pendek dan berharap memperoleh pengembalian yang lebih tinggi daripada tingkat inflasi atau deposito. Jenis investor ini termasuk dalam kelompok investor tipe moderat. Investor biasanya sudah memahami bahwa investasi reksa dana bersifat fluktuatif atau bisa bergerak naik atau turun. 


Baca Juga:

Uniknya, mereka tetap tidak mau kehilangan uang saat berinvestasi. Jika Anda merasa memiliki sikap yang sama dengan karakteristik investor moderat, jenis instrumen investasi yang cocok adalah reksa dana campuran. Jenis instrumen investasi reksa dana ini memiliki risiko yang lebih rendah dibandingkan reksa dana saham. Namun, potensi keuntungannya tidak kalah dengan reksa dana jenis lain.


Agresif


Apakah Anda siap menjadi kaya atau miskin dengan berinvestasi? Investor yang memiliki prinsip ini adalah pengambil risiko dan termasuk dalam kelompok agresif. Pada umumnya, investor agresif siap kehilangan sebagian atau seluruh dana investasinya selama memiliki peluang untuk mendapatkan imbal hasil yang lebih tinggi. 


Investor agresif sebenarnya bebas menentukan instrumen investasi mana yang akan dipilih, apakah itu reksa dana saham, perdagangan saham, valas, atau komoditas. Namun, Anda perlu bijak dalam memilih platform terpercaya sebagai mitra saat berinvestasi.


Demikian ulasan tentang, Mengenal Aneka Instrumen Investasi, Mana Yang Cocok Untuk Pemula?. Semoga bermanfaat.


Labels: Bisnis Keuangan, Investasi

Thanks for reading Mengenal Aneka Instrumen Investasi, Mana Yang Cocok Untuk Pemula?. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Mengenal Aneka Instrumen Investasi, Mana Yang Cocok Untuk Pemula?"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.