-->

Cara Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Bagi Pemula


memanfaatkan Instagram untuk bisnis online



Cara Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Bagi Pemula - Sepertinya tidak perlu dipertanyakan lagi mengapa bisnis online membutuhkan Instagram. Kami akan membahas bagaimana, strategi membangun bisnis toko online di Instagram. 


Instagram merupakan salah satu media sosial paling populer yanga ada di dunia. Menurut survei, pengguna aktif bulanan Instagram mencapai 700 juta pengguna. Tak heran, jika Instagram memiliki jangkauan dan kekuatan yang besar. 


Tidak hanya populer, IG juga murah. Gratis untuk membuat akun di aplikasi media sosial ini. Jadi, sangat cocok untuk pebisnis pemula yang budgetnya terbatas. Dari mendengar cerita para pebisnis yang pernah menggunakan IG, media sosial ini mudah digunakan, tidak rumit, serta memiliki data dan analitik yang akurat, yang penting bagi pengusaha untuk mengukur hasil kampanye pemasaran digital dan untuk mengambil keputusan bisnis. Berikut info cara menggunakan Instagram untuk berbisnis bagi para pemula.


Cara Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Untuk Pemula


Siapkan Akun Bisnis Instagram


Pertama, Anda perlu membuat akun bisnis Anda sendiri. Jika Anda belum menggunakan Instagram, Anda juga dapat melakukannya dari awal. Atau, jika Anda sudah memiliki akun pribadi yang ingin digunakan, Anda dapat mengalihkannya ke akun bisnis tanpa banyak kesulitan. Namun, sebaiknya pastikan nama dan pegangan Instagram Anda mencerminkan nama perusahaan Anda. 


Oleh karena itu, jika akun pribadi Anda saat ini tidak mencerminkan hal tersebut, maka, Anda mungkin perlu membuat akun yang sama sekali baru untuk merek Anda tersebut. Anda juga harus menyelaraskan nama Instagram Anda dengan akun media sosial Anda yang lain untuk konsistensi dan juga dapat menciptakan identitas merek.

Optimalkan Profil Anda Untuk Bisnis


Setelah Anda menyiapkan akun bisnisnya tersebut, Anda perlu mengoptimalkannya untuk hasil yang lebih maksimal. Tetapi dengan profil Instagram, Anda memiliki sedikit ruang untuk melakukan ini, jadi Anda harus melakukannya dengan benar.


Tentukan Siapa Yang Telah Membeli Dari Anda.


Periksa analitik Anda di platform media sosial lain untuk melihat siapa pengikut Anda yang ada dan demografi mereka. Lakukan riset online tentang merek dan juga perusahaan lain di spesialis pasar milik Anda. 


Memahami target netizen Anda dengan cara ini menempatkan Anda pada posisi yang lebih baik untuk membuat konten. Anda kemudian dapat mulai melihat jenis konten yang diposkan dan dilibatkan oleh pelanggan Anda yang sudah ada dan menggunakan wawasan ini untuk menginformasikan strategi Anda.


Mulai Berbagi Konten Berkualitas Tinggi


Terakhir, dengan strategi dan kalender konten, Anda sekarang dapat mulai membuat dan berbagi konten berkualitas tinggi yang akan disukai audiens target Anda. Ingat, meskipun, sebagian besar, Instagram adalah semua tentang visual yang hebat, Anda juga harus berpikir hati-hati tentang teks dan tagar Anda. 


Ini juga merupakan ide yang baik untuk memilih tema untuk profil Anda, misalnya, selalu menggunakan skema warna atau gaya foto tertentu. Ini dapat menciptakan konsistensi dan membuat profil Anda lebih menarik lagi secara visual.


Cara Mengembangkan Bisnis Toko Online Di Instagram


Memahami Produk Dan Target Pasar


Ini adalah persiapan yang sangat penting di awal sebelum kita meluncur ke Instagram Marketing. Persiapan sebenarnya tidak hanya di IG marketing, tapi dilakukan di semua campaign. Pelajaran dasar dalam pemasaran adalah kita harus tahu betul tentang produk yang akan ditawarkan ke pasar mengenai fitur, keunggulan dan keunggulannya dibandingkan dengan pesaing. Apa yang membuat produk kami unggul dan lebih baik di pasar. 


Kemudian, ketahui siapa target pasar kita. Siapa mereka, di mana mereka berada, apa yang mereka sukai, apa profil mereka dan sebagainya. Dalam pemasaran dikenal istilah STP – Segmenting, Targeting, Positioning. Hal ini terkait dengan bagaimana kita mengelola target pasar. 


Kita harus memahami segmentasi di pasar yang kita bidik, kemudian dari segmentasi itu kita tahu siapa yang ingin kita targetkan dan setelah mengetahui target, kita bisa membuat positioning untuk melayani target pasar. Pemahaman yang baik tentang produk dan target pasar akan sangat membantu dalam membangun strategi digital marketing melalui Instagram.


Mempersiapkan Merek


Dalam kampanye di Instagram kita sangat mengandalkan visualisasi. Orang akan melihat foto, video, cerita atau gambar, yang ditampilkan di media sosial. Untuk itu, kita harus memiliki branding. Branding meliputi, antara lain:

Brand

Logo

Warna

Dengan memiliki branding, kami memiliki pesan dan gaya yang konsisten dalam mempromosikan, memperbarui, dan berkampanye di Instagram. Konsumen akan lebih mudah untuk berhubungan dan memahami makna pesan dari produk yang kita tawarkan. Karena pesan menjadi jelas dengan branding. Sebagai contoh, saya pernah melihat toko desain rotan di IG. 


Toko tersebut memiliki branding yang kuat, tercermin dari logo, warna dan angle pada foto, video dan gambar di IG yang sesuai dengan karakter produk yang mereka jual. Kesan saya setelah melihat IG mereka adalah toko ini memiliki pesan yang konsisten dan serasi, sehingga terbentuk persepsi yang diinginkan terhadap merek mereka.


Membuat Akun Bisnis


Cara pertama untuk mengembangkan bisnis Toko Online di Instagram adalah dengan membuat akun menjadi Akun Bisnis. Pelajari cara mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis di Instagram. Dengan menjadi Akun Bisnis, kita dapat menampilkan informasi tentang kategori bisnis. Adanya kategori-kategori tersebut tentunya akan menunjukkan sikap profesional pelaku usaha. 


Banyak fitur lainnya hanya dapat diakses melalui akun bisnis. Jadi, memiliki akun bisnis yang legal adalah wajib bagi mereka yang ingin berbisnis online di Instagram. Misalnya, informasi kontak dan alamat di bawah bio profil. Ini tidak dapat ditambahkan jika akun masih akun pribadi. Dengan menggunakan akun bisnis, kita dapat mengubah pengaturan sesuai dengan kebutuhan kita.


Buat Deskripsi Akun Instagram


Kesan pertama itu penting. Hal yang sama ketika konsumen membuka akun Instagram kita. Ketika pengunjung membuka akun IG, mereka harus segera dapat memahami tentang produk yang ditawarkan, alamat dan kontak, serta tautan ke situs dan lainnya. Sejumlah informasi penting yang perlu ditampilkan di akun IG tersebut, yaitu:


Profil Bio, Menunjukkan Deskripsi Bisnis

informasi kontak dan alamat di bawah bio profil. Tidak dapat ditambahkan jika akun masih merupakan akun pribadi. Dengan menggunakan akun bisnis, kita dapat mengubah pengaturan sesuai dengan kebutuhan kita.


Alamat Email, Bisnis, Nomor Telepon, Bahkan Tombol Tindakan.

Dengan informasi lengkap tentang akun, kepercayaan terhadap bisnis akan meningkat. Plus, calon pembeli juga akan dapat menemukan informasi tentang bisnis dengan mudah. Satu lagi, di IG sekarang ada highlight story. 

Bagian ini dapat menjadi wadah bagi kita untuk mengupdate berbagai informasi terkait produk secara detail dan terstruktur dengan baik. Misalnya di highlight story kita bisa menjelaskan cara pemesanan, ongkos kirim dan FAQ - Frequently Asked Questions. Perlakukan cerita sorotan seperti halaman arahan jika ada di situs web. Fungsinya untuk menyampaikan hal-hal penting kepada konsumen.


Membangun Konten Sesuai Target Pasar


Baca Juga:

Media sosial adalah tentang konten. Begitu juga dengan Instagram, konten merupakan hal yang krusial. Cara mengembangkan toko online di Instagram adalah dengan menyesuaikan target pasar. Target pasarnya adalah orang-orang yang berpotensi menerima informasi dan promosi terkait produk kita. Tujuannya tak lain untuk mengubah calon pembeli menjadi konsumen. Salah satu cara untuk menyesuaikan target pasar adalah dengan membangun interaksi dengan pelanggan. 


Hal itulah yang bisa membuat bisnis toko online di Instagram berkembang. Komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli menciptakan ikatan timbal balik. Dengan membangun interaksi dengan pelanggan, kita dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh calon pelanggan. Misalnya, mayoritas calon pelanggan berada di Jawa. Kami dapat membuat program diskon ongkos kirim untuk pelanggan di pulau jawa.


Demikian ulasan tentang, Cara Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Bagi Pemula. Semoga bermanfaat.



Labels: Bisnis Online, Instagram

Thanks for reading Cara Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Bagi Pemula. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Menggunakan Instagram Untuk Bisnis Bagi Pemula"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.