-->

Pertama Di Indonesia, TIKI Punya Fasilitas Instalasi Karantina Ikan


TIKI resmikan Instalasi karantina Ikan


Kabar baik bagi pecinta maupun seller ikan hias di wilayah Tangerang dan sekitarnya. Sekarang sudah ada fasilitas Instalasi Karantina Ikan di dekat Bandara Soekarno Internasional Soekarno Hatta, Tangerang. Hal ini tentunya makin mempermudah pengurusan dokumen karantina bagi pengiriman ikan hias ke seluruh Indonesia.

Adalah PT. Citra Van Titipan Kilat atau yang lebih dikenal sebagai TIKI, memperoleh ijin dari Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) untuk mendirikan fasilitas Instalasi Karantina Ikan di Gudang Transit M1, yang berlokasi di lingkar luar Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang.

Maka Tiki menjadi perusahaan jasa kurir pertama dan satu-satunya saat ini yang memperoleh ijin mendirikan fasilitas Instalasi Karantina Ikan yang akan semakin memudahkan dan mempercepat pengurusan dokumen karantina bagi komunitas penghobi ikan hias. 

Menurut Direktur Utama Tiki Yulina Hastuti, sudah sejak lama Tiki bermitra dengan BKIPM dan hingga saat ini menjadi satu-satunya perusahaan jasa kurir yang menangani pengiriman ikan sesuai standard dan kompetensi yang ditentukan oleh BKIPM di bawah Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Selama masa pandemi, volume pengiriman ikan hias dan tanaman hias meningkat signifikan. 

Potensi ini yang dimaksimalkan oleh TIKI dengan menyediakan layanan pengemasan khusus, layanan pengurusan surat karantina, serta pilihan pengiriman via udara, laut dan darat untuk pebisnis ikan dan tanaman hias.

TIKI mengedukasi pebisnis ikan dan tanaman hias terkait aspek-aspek penting yang harus diperhatikan dalam pengiriman komoditi tersebut serta kebijakan yang berlaku untuk pengiriman jalur udara antara lain terkait biaya surcharge, batas minimum berat kiriman dan surat karantina.

Terlebih setelah TIKI mendapatkan ijin membangun fasilitas tersendiri untuk Instalasi Karantina Ikan oleh BKIPM, maka proses pengiriman ikan hias bagi para komunitas penghobi ikan makin mudah.

Baca Juga:


Fasilitas Instalasi Karantina Ikan (IKI) ini mencakup fasilitas akuarium dan sarana lainnya seperti oksigen, filter air yang menunjang pelaksanaan tindakan karantina dengan standar pengelolaan penerapan Cara Karantina Ikan yang Baik (CKIB).

Dengan adanya fasilitas IKI ini, pemeriksaan fisik atau uji lab kiriman ikan melalui TIKI Jakarta dapat dilakukan secara online tanpa perlu dilakukan pemeriksaan di kantor BKIPM setempat.

Setelah dokumen karantina disetujui oleh BKIPM, TIKI dapat langsung mencetak dokumen tersebut di kantor TIKI. Proses ini tentunya akan mempersingkat waktu dan mempermudah proses pengurusan dokumen karantina.

Ongkos Kirim Ikan Hias Makin Murah


Selain itu, adanya pembaharuan aturan dari otoritas terkait yang semakin menguntungkan para komunitas penghobi ikan.

Selama ini ada ketentuan dari maskapai bahwa minimum berat kiriman sebesar 10 kg, namun sejak April lalu telah dihapuskan. 

Dengan begitu, pengirim hanya akan ditagihkan ongkos kirim sebesar berat riil kirimannya atau minimum 1 Kg saja. 

Selain penghapusan minimum berat kiriman 10 Kg, biaya pengurusan surat karantina ikan yang pada aturan lama memiliki beberapa kelompok biaya bergantung pada 3 kelompok minimum berat, sekarang menjadi harga rata (flat rate) sebesar Rp 45.000. 

Tentunya hal ini akan semakin meringankan komponen biaya kiriman yang harus ditanggung pihak pengirim maupun pembeli.

Sebagai pionir dalam layanan kiriman ikan hias, Tiki memiliki layanan terpadu dengan berbagai pilihan layanan pengiriman yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, layanan pengurusan dokumen karantina ikan dan layanan pengemasan.

Dan TIKI menjadi pionir jasa pengiriman yang menghadirkan fasilitas instalasi karantina ikan di Indonesia.

Labels: Jasa Pengiriman, Tiki

Thanks for reading Pertama Di Indonesia, TIKI Punya Fasilitas Instalasi Karantina Ikan. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Pertama Di Indonesia, TIKI Punya Fasilitas Instalasi Karantina Ikan"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.