-->

Seller Perlu Tahu, Cara Menghitung Tarif Volumetrik Pengiriman Darat, Laut, Udara Dan Luar Negeri Itu Berbeda


cara hitung tarif volumetrik yang benar



Tarif Volumetrik Pengiriman Darat/Laut, Udara dan luar negeri Itu Berbeda cara menghitungnya. Seperti diketahui untuk menentukan berat sebuah barang yang akan dikirim lewat jasa pengiriman itu ditentukan berdasar dua hal, yaitu berat faktual dan volume paket.

Untuk paket berukuran kecil atau "normal" biasanya akan dihitung sesuai berat riil atau faktual paket sesuai hasil angka timbangan.

Berbeda dengan paket yang memiliki berukuran besar namun memiliki berat yang ringan, maka untuk paket semacam ini akan dilihat dimensinya, yaitu dengan mengukur panjang, lebar dan tinggi paket. Ini yang disebut ukuran volumetrik.

Berdasarkan hasil pengukuran antara berat faktual paket dan volumetrik paket, pihak jasa pengiriman akan menggunakan hasil yang lebih besar sebagai dasar perhitungan berat paket.


Kalau berat faktual dan volume paket sama, tentu tidak masalah. Tapi kalau hasil timbangan beratnya1 kg, sementara hasil pengukuran volume paket ketemu hasil 2kg, maka untuk menentukan tarifnya akan dihitung berdasarkan berat volumetrik.

Perhitungan tarif volumetrik ini berlaku di semua jasa pengiriman. Mungkin kebanyakan orang tahunya volumetrik barang kiriman itu dihitung dengan rumus Panjang (P) X Lebar (L) x Tinggi (T) dibagi angka 6.000.


Ini tidak salah tapi rumus menghitung volumetrik barang ini tidak berlaku sama untuk semua moda transportasi dan tujuan luar negeri.

Seperti diketahui, transportasi untuk pengiriman paket dibedakan tiga macam, yaitu transportasi darat (bus, truk dan kereta api), transportasi laut (kapal laut) dan transportasi udara (pesawat).

Untuk pengiriman darat dan dan laut rumus hitungnya sama, sedangkan pengiriman udara dan tujuan ke luar negeri rumus volumetriknya berbeda. 

Untuk perhitungan berat volumetrik ketiga hal tersebut ternyata angka pembaginya berbeda. 

Cara Menghitung Tarif Volumetrik Paket


cara hitung tarif volumetrik pengiriman darat, laut, udara dan luar negeri



Berikut ada 3 cara atau rumus menghitung tarif volumetrik barang sesuai jenis moda transportasi dan tujuan pengiriman. 

Katakan ada barang yang mau dikirim, beratnya hanya 7 KG, namun dimensinya setelah diukur ketemu angka berikut : Panjang 60 cm, lebar 40 cm, tinggi 35 cm. 

Secara kasat mata, paket tersebut pasti akan kena perhitungan tarif volumetrik. Mengingat dimensi / ukuran paket terlihat lebih besar daripada berat paket sebenarnya.

Bagaimana perhitungan berat volumetrik paket tersebut jika dikirim lewat darat/laut, udara dan ke luar negeri? 



Menghitung Volumetrik Pengiriman Darat Dan Laut

Angka pembagi untuk menghitung volumetrik pengiriman lewat transportasi darat dan laut adalah 4.000.

Rumus volumetrik Darat dan Laut = (PxLxT) : 4.000

Jika volumetrik paket adalah : P 60cm x L 40 x T 35 lalu hasilnya dibagi 4.000, maka ketemu berat volumetriknya adalah 21 KG.

Menghitung Volumetrik Pengiriman Udara

Angka pembagi untuk menghitung volumetrik pengiriman lewat transportasi udara adalah 6.000.

Rumus volumetrik Udara = (PxLxT) : 6.000

Maka volumetrik paketnya adalah : P 60cm x L 40 x T 35 lalu hasilnya dibagi 6.000, maka ketemu berat volumetriknya adalah 14 KG.


Menghitung Volumetrik Pengiriman Keluar Negeri

Nah, bagaimana jika paket dengan ukuran tadi akan dikirim dengan tujuan ke luar negeri? Berapa berat volumetriknya?

Angka pembagi untuk menghitung volumerik pengiriman paket ke luar negeri dengan pesawat udara adalah 5.000.

Rumus volumetrik paket ke luar negeri : (PxLxT) : 5.000

Maka volumetrik paketnya adalah : P 60cm x L 40 x T 35 lalu hasilnya dibagi 5.000, maka berat  volumetriknya adalah 16.8 KG alias 19 KG setelah dibulatkan ke atas. 

Kesimpulan Tarif Volumetrik


Jadi paket dengan berat faktual 7 KG namun berukuran besar sehingga harus dikenakan tarif volumetrik, ketemu hasil yang berbeda.


Jika paket tersebut dikirim lewat darat/laut, maka ketemu volumetriknya adalah 21 KG. Jika dikirim lewat udara maka volumetriknya 14 KG.

Kok lebih "ringan" jika dikirim lewat udara? Namun ingat, tarif layanan udara tentunya lebih mahal daripada tarif darat/laut.  



Baca Juga:


Sedangkan jika paket itu dikirim ke luar negeri, maka volumetrik paket adalah 19 KG. 

Perbedaan besaran angka pembagi tarif volumetrik sesuai moda transportasi dan tujuan paket luar negeri inilah yang harus diketahui dengan jelas oleh seller.

Jangan sampai salah hitung tarif volumetrik ya. Lebih-lebih untuk pengiriman ke luar negeri yang tentu saja tarifnya jauh lebih mahal dibandingkan tarif dalam negeri.

Sampai disini sudah jelas cara menghitung tarif volumetrik pengiriman darat/darat, udara dan ke luar negeri berbeda rumus angka pembaginya. Jangan keliru ya.

Labels: Ongkos kirim

Thanks for reading Seller Perlu Tahu, Cara Menghitung Tarif Volumetrik Pengiriman Darat, Laut, Udara Dan Luar Negeri Itu Berbeda. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Seller Perlu Tahu, Cara Menghitung Tarif Volumetrik Pengiriman Darat, Laut, Udara Dan Luar Negeri Itu Berbeda"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.