-->

Andalkan Kerjasama Drop Point, SiCepat Targetkan Kiriman Paket Naik 3 Kali Lipat di Tahun 2021


SiCepat targetkan kiriman paket naik 3 kali lipat gandeng LDN buka gerai dropship
Penanganan paket di kantor SiCepat (via Bisnis.com)

Jasa pengiriman SiCepat Ekspres mencatatkan kinerja yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2018 SiCepat membukukan pertumbuhan pengiriman paket sebesar 400%, sedangkan tahun 2019 mencatat kenaikan di atas 300%.


Di tahun 2020, meski dalam situasi pandemi Covid-19, kinerja SiCepat terus tumbuh dan mencatatkan transaksi lebih dari Rp3,5 triliun atau naik 191 persen dari tahun sebelumnya. Puncaknya, pada Harbolnas 12.12 tahun 2020 lalu SiCepat mengalami lonjakan pengiriman paket hingga mencapai lebih dari 5 juta paket.


Pada sektor pertumbuhan seller, yang bergabung menjadi member SiCepat pada 2020 meningkat mencapai lebih dari 3,2 juta seller. Jumlah ini di luar partner seller yang non-ecommerce.


Pencapaian yang melampaui target ini tidak membuat SiCepat berpuas diri, sebaliknya terus memacu pertumbuhan yang lebih tinggi. Seiring tingginya order pengiriman, SiCepat ekspansif melakukan penambahan gerai baru hingga diharapkan mencapai total 1000 gerai di seluruh Indonesia pada akhir tahun 2020 (Republika).


Untuk tahun 2021, PT Sicepat Ekspres, pemilik jasa kurir SiCepat, kembali mengembangkan jaringan drop point atau titik pengumpulan barang bekerja sama dengan perusahaan ritel. Strategi ini guna mengakselerasi jaringan lebih cepat, sehingga jumlah paket yang dikirimkan dapat terdongkrak.


Menurut Chief Marketing Officer SiCepat, Wiwin Dewi Herawati, SiCepat tengah mengejar target penambahan pick up drop point outlet (PUDO) dengan bekerja sama perusahaan ritel yang sudah ada pada 2021.



Baca Juga:

"Untuk target pengembangan sekarang penambahan ritel melalui kerja sama dengan LDN, jadi drop point SiCepat akan ada di ritel seperti Alfamart, SRC, ritel Telco. Selain ada target penambahan PUDO yang dimiliki oleh SiCepat," ujarnya kepada Bisnis.com.

 

Pada 2021, perusahaannya menargetkan kenaikan pengiriman paket sebanyak tiga kali lipat daripada 2020. Ini berarti target SiCepat adalah 3 juta paket per hari karena pada 2020, SiCepat telah menembus pengiriman 1 juta paket per hari.


Menurutnya, pengembangan jaringan melalui kerja sama dengan jaringan ritel yang sudah ada akan mempermudah penjual online menemukan titik pengiriman jasa kurir ini, sehingga membuat aktivitas first mile lebih efisien.


Adapun, penambahan PUDO (Pick Up Drop Off) yang dimiliki oleh SiCepat sendiri targetnya mencapai 100 gerai.

Ekspansi SiCepat pada sektor B2B Retail juga menjadi salah satu alasan SiCepat Ekspres dapat mencapai pertumbuhan pesat.


Selain itu Sicepat Ekspres Indonesia kembali memperluas jaringan Sicepat Point bersama PT Logitek Digital Nusantara (LDN), anak perusahaan PT Telefast Indonesia Tbk dan anggota Grup PT M Cash Integrasi Tbk.


Dalam kerja sama ini, Sicepat akan membuka drop point di outlet-outlet mitra bisnis dalam jaringan ritel LDN, melalui layanan SiCepat Point.


SiCepat Point
SiCepat Point gerai SiCepat hasil kerjasama dengan LDN (https://www.instagram.com/logitekdigitalnusantara)

Selain itu, LDN juga menjadi penyedia teknologi untuk jasa drop point SiCepat dan menyediakan berbagai solusi yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada pengguna dalam menggunakan layanan SiCepat Point.


Pada tahap awal, perluasan SiCepat Point ini dimulai dari jaringan mitra bisnis yang berada di kota Bekasi, dan selanjutnya secara bertahap akan berjalan di kota lainnya.


Kerja sama ini adalah kelanjutan dari perluasan jaringan distribusi SiCepat yang sudah berjalan sejak awal tahun 2020, yang hingga saat ini sudah bermitra dengan Fastpay, Sentral Cargo, dan Alfamart.


Saat ini kerja sama dengan Alfamart untuk first mile telah tumbuh mencapai lebih dari 900 titik tersebar di Jabodetabek.


The Kim Hai, Chief Executive Officer PT Sicepat Ekspres Indonesia menyampaikan, “Perluasan jaringan yang dilakukan saat ini sejalan dengan visi misi memberikan kemudahan, terutama menambah jaringan titik drop point. Dengan dijalinnya kerja sama Sicepat bersama LDN, kami optimistis di tahun 2021 perluasan jaringan tersebut dapat tercapai."


Nah, bagi yang selama ini kesulitan menjalin kemitraan dengan SiCepat, sekarang terbuka kesempatan menjadi agen SiCepat Point melalui jaringan dengan PT Logitek Digital Nusantara (LDN).



Loading...

Labels: Peluang Usaha, SiCepat

Thanks for reading Andalkan Kerjasama Drop Point, SiCepat Targetkan Kiriman Paket Naik 3 Kali Lipat di Tahun 2021. Please share this article.

Share:

2 Komentar untuk "Andalkan Kerjasama Drop Point, SiCepat Targetkan Kiriman Paket Naik 3 Kali Lipat di Tahun 2021"

Bagaimana cara menjadi agen sicepat..sy sudah hubungi kantor/ seles sicepatpoin..tapi susah ya..katanya lagi ga buka gerai baru dulu..mohon informasi n ya?🙏

SiCepat memang tidak membuka kemitraan secara terbuka, namun sifatnya terbatas baik kuota maupun waktunya, dan disesuaikan dengan kebutuhan setiap daerah. Untuk mengetahui kapan kemitraan di suatu daerah dibuka, sebaiknya Anda sering menanyakan ke kantor SiCepat di kota Anda.

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.