-->

Cara Memulai Bisnis Jasa Titip Alias Jastip


Memulai bisnis jastip alias Jasa titip


Jasa titip yang lebih sering disebut dengan singkatannya jastip merupakan sebuah peluang usaha yang saat ini sedang marak di tengah masyarakat. Bisnis ini tidak membutuhkan modal tinggi dan sangat cocok dijalankan oleh mereka yang suka berbelanja dan melakukan perjalanan di berbagai wilayah terutama luar negeri.


Jenis produk yang ditawarkan sangat beragam seperti kosmetik.aksesori, busana, perabot rumahtangga, mainan anak dan sebagainya. Meski terlihat sepele, namun apabila ditekuni secara serius, bisnis jasa titip atau jastip mempunyai prospek yang sangat bagus. Penghasilan dan nilai laba yang didapat cukup menggiurkan, apalagi jika sudah mengetahui cara memulai dan mengawalinya.


1. Persiapan Modal


Seperti yang sudah dijelaskan di bagian awal, bisnis jasa titip atau jastip tidak memerlukan modal besar. Meski demikian tetap dibutuhkan dana khusus sebagai ongkos perjalanan. Agar bisa lebih hemat, sangat disarankan minta kepada konsumen agar melakukan transfer  belanja terlebih dahulu. Selain untuk menghindari kasus penipuan, hal ini juga bertujuan untuk menutup biaya transpotasi dan kebutuhan akomodasi lainnya.


2. Menentukan Produk


Karena masih tahap pemula, sebaiknya hanya fokus menjalankan bisnis jasa titip untuk satu jenis produk saja. Misalnya jika sering bepergian ke Eropa, produk yang paling tepat ditawarkan kepada konsumen adalah parfum, tas branded, busana atau fashion, perabot rumahtangga dan sebagainya.


Sedangkan bagi pebisnis yang lebih sering melakukan perjalanan dalam negeri, jenis produk khas daerah setempat. Misalnya kain batik, tenun, ikat, souvenir dan sebagainya. Tujuan dari penentuan produk ini adalah agar lebih mudah mencari pangsa dan target pemasaran.


3. Memanfaatkan Setiap Momen Dan Even


Jika ingin lebih menghemat lagi modal yang dikeluarkan sekaligus meraih keuntungan yang lebih besar, manfaatkan setiap momen dan even. Contohnya ketika ada pameran produk tertentu di suatu negara atau daerah, biasanya sangat mudah mendapat harga diskon, apalagi saat akhir tahun.


Momen dan even semacam ini tidak boleh disia-siakan karena merupakan suatu kesempatan besar untuk mendapatkan laba setinggi mungkin. Demikian pula saat ada even potongan harga dari pihak maskapai penerbangan, juga layak dimanfaatkan agar biaya transportasi bisa semakin dihemat.


4. Rajin Melakukan Promosi


Apapun bidang usaha yang dijalankan, pasti tidak akan dapat berkembang dengan baik jika tidak dipromosikan. Aturan ini juga berlaku untuk pebisnis yang bergerak di bidang jasatitip atau jastip. Kegiatan promosi harus gencar dilakukan, terutama melalui media sosial seperti instagram, twitter, facebook dan jika perlu dilengkapi dengan website bisnis.


Jika ingin menuai keberhasilan yang lebih maksimal, manfaatkan fasilitas grup di Whatsapp (WA). Saat ini, system pemasaran dengan menggunakan grup Whatsapp makin popular karena dianggap lebih efektif, murah biaya dan hemat waktu.


Baca Juga:


5. Selalu Jujur Dalam Urusan Harga


Selain modal dan promosi, kejujuran juga sangat diperlukan di bisnis jasa titip atau jastip. Maksud dari jujur disini adalah, harus berani mengatakan hal yang sebenarnya terkait dengan produk yang ditawarkan pada konsumen. Misalnya tentang mutu, tempat belanja produk dan seterusnya.


Apalagi jika produk tersebut merupakan produk diskonan. Meski harganya lebih murah, tapi pada umumnya produk yang sudah didiskon adalah stok lama dan bukan produk baru.  


Selain itu, terdapat kemugkinan ada cacat meski cacatnya hanya kecil saja. Agar tidak disebut sebagai penipu, maka harus selalu berterusterang tentang hal ini sebelum transaksi dilakukan.


Itulah beberapa cara dan tips terpenting untuk memulai berbisnis jasa titip atau jastip. Jika semua dipelajari da ndipraktekan dengan baik, pasti tidak akan ada keraguan lagi untuk menjalankannya. Terlebih lagi bisnis ini memiliki prospek yang sangat bagus dimasa-masa mendatang.


Labels: Bisnis Online, Jastip

Thanks for reading Cara Memulai Bisnis Jasa Titip Alias Jastip. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Memulai Bisnis Jasa Titip Alias Jastip"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.