-->

Apa Itu Last Mile Delivery Dalam Bisnis Pengiriman?


Last mile delivery? Apa itu? Mungkin hal ini masih menjadi pertanyaan yang ada di kepala anda. Memang istilah last mile delivery kurang banyak dikenal oleh masyarakat. Namun dengan kemajuan teknologi yang canggih, tentunya kita pun juga harus mengikuti perkembangan jaman yang ada, salah satunya, yaitu mengenal lebih dekat apa itu last mile delivery tentunya dalam bisnis pengiriman.

Apa Itu Last Mile Delivery
Last mile delivery (via https://www.fixlastmile.com)

Last Mile Delivery


Last mile delivery adalah salah satu desain jaringan distribusi yang dimana pihak distributor atau retailer tidak memilih untuk menggunakan jasa pengiriman pihak ketiga, namun mereka akan langsung mengirim dari rumah ke rumah. 

Sudah banyak online shop yang memakai cara ini. Syarat jika anda ingin menggunakan jasa pengiriman model ini adalah persediaan barang yang ada harus benar-benar dekat dengan pengguna. Berikut penjelasannya.

Biaya
Bagaimana untuk biaya pengiriman model last mile delivery ini? Tentunya biaya yang dibutuhkan pun juga tergantung dari beberapa hal, di antaranya:

1.      Persediaan Barang
Model pengiriman ini memang harus menyediakan persediana barang yang lebih banyak dibandingkan model pengiriman barang yang lainnya. 

Sebaiknya produk yang menggunakan model pengiriman last mile delivery adalah produk yang bergerak cepat serta sangat dibutuhkan oleh pelanggan sesegera mungkin. 

Misalnya saja produk accu mobil yang dimama distributor akan memberikan fasilitas untuk mengirim barang ke rumah pelangggan serta sekaligus dengan pemasangannya.

2.      Transportasi
Dengan jenis pegiriman last mile delivery ini tentunya untuk biaya transportasi memang membutuhkan biaya yang tinggi dibandingkan dengan jenis pengiriman yang lainnya. Hal ini dikarenakan dimana distributor harus segera mengirim barang hanya ke satu tujuan. 

Memang lebih murah jika menggunakan jasa pihak ketiga. Karena pada umumnya pihak ketiga akan mengumpulkan dahulu beberapa pengiriman yang satu arah maka mereka akan mengirimkannya secara bersama-sama.

3.      Fasilitas
Biaya fasilitas pun lebih mahal jika dibandingkan menggunakan pihak ketiga. Namun biaya fasilitas ini masih lebih murah jika dibandingkan dengan model jaringan yang retail.

4.      Informasi
Infrastuktur model ini hampir sama dengan model distributor storage. Dalam model pengiriman hanya membutuhkan fitur tambahan sedikit yaitu fitur jadwal pengiriman barang.

Layanan

Dari segi pelayan untuk model last mile delivery ini maka yang perlu diperhatikan adalah:

1.      Waktu Respon
Dalam hal waktu respon tentunya pengiriman model ini membutuhkan waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan distributor storage. Bahkan jasa pengirisman last mile delivery ini bisa menjanjikan barang bisa dikirim pada hari yang sama.

2.      Ragam Produk
Untuk ragam produk tentunya lebih sedikit jika dibandingkan dengan model pengiriman distributor storage.

3.      Ketersediaan Produk
Biaya ketersediaan produk untuk model ini merupakan yang paling tinggi dibandingkan dengan model lain, kecuali model jaringan retail.

4.      Pengalaman Pengguna
Untuk pengalaman pengguna, tentunya akan meningkat lebih drastics jika online shop menggunakan model ini. Karena pengguna akan cepat mendapatkan barang atau jasa apa yang ia inginkan.

5.      Order Visibility
Untuk masalah order visibility biasanya tidak terlalu komplek karena barang akan dikirim pada hari yang sama.

Dengan ulasan mengenai last mile delivery dalam proses pengiriman di atas tentunya dapat memberikan tambahan wawasan kepada anda mengenai model pengiriman yang satu ini. Sebagai pelanggan atau konsumen tentunya anda menghendaki pengiriman yang cepat. 

Untuk itu tidak ada salahnya anda memilih model pengiriman last mile delivery ini, tentunya dengan konsekuensi biaya yang harus anda tanggung lebih mahal jika dibandingkan model pengiriman yang lainnya. 
Loading...

Labels: Jasa Pengiriman, Kurir

Thanks for reading Apa Itu Last Mile Delivery Dalam Bisnis Pengiriman?. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Apa Itu Last Mile Delivery Dalam Bisnis Pengiriman?"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.