-->

Arti Status Pengiriman SiCepat Ekpres


Status Paket SiCepat Ekpres - Salah satu jasa pengiriman yang banyak digunakan di marketplace adalah SiCepat Ekpres. Berdiri sejak 1 Februari 2004, SiCepat Ekpres sudah bekerja sama dengan sekitar 4.600 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang menjalankan bisnisnya secara online.

Arti status pengiriman SiCepat.


Selain itu, SiCepat Ekpres juga tersedia di sejumlah marketplace popular dan e-commerce besar, diantaranya Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli, Zilingo, Mataharimall, JakMall hingga PlanetSurf Online.    

Berkat dukungan beberapa program dan penawaran menarik, SiCepat Ekpres mampu menarik banyak seller untuk memilih SiCepat sebagai pilihan jasa pengiriman. Sampai tahun 2019, jumlah seller yang menjadi partner SiCepat mencapai 1,3 juta.

Dengan dukungan sebanyak 737 gerai di seluruh Indonesia, 10.900 karyawan, dan 900 armada, SiCepat Express menargetkan penambahan jumlah gerai hingga 1000 gerai di seluruh Indonesia dan sejuta pengiriman sehari di tahun 2020.

Nah, bagi kamu yang sering menggunakan jasa pengiriman Sicepat Ekpres, tentunya perlu mengetahui artis status pengiriman paketmu agar tidak salah dalam mengartikan maknanya.

Berikut istilah-istilah dalam layanan pengiriman SiCepat Ekpres yang perlu untuk dipahami saat memantau pengiriman paket.



Daftar Kode Status Pengiriman Paket SiCepat Ekpres 


Pick Reg 
SiCepat meneerima permintaan pick up dari [pengirim].
 
Pick
Paket telah dipickup (diambil) oleh [nama kurir] Sicepat

Unpick
Barang not ready; paket gagal di pick up oleh kurir SiCepat. Biasanya karena paket belum selesai dipacking oleh pengirim.

On Process/Dalam Proses-Kota Pengirim
Paket sedang dalam proses pengiriman. 

Paket sudah dipickup kurir SiCepat dalam masih diproses di kantor SiCepat di kota Pengirim.

Manifested
Paket yang akan dikirim sudah diterima di kantor SiCepat dan menunggu proses pengiriman.

Line Haul Darat  
Paket akan dikirimkan melalui mode transportasi darat.


Line Haul Udara
Paket akan dikirimkan menggunakan mode transportasi udara/Kargo pesawat.


Out
Paket keluar dari [kota pengirim], menuju kota penerima.

On Transit
Paket yang dikirim sedang transit di kota lain, dan akan segera dijadwalkan untuk dikirim ke kota tujuan.

Proses pengiriman antar kota biasanya tidak dilakukan secara langsung, tapi melalui kota penghubung, sebelum dilanjutkan ke kota tujuan.  

Contoh : paket dari Jakarta ke Kediri. Dari Jakarta paket akan dikirim ke Surabaya, transit dulu, masuk gudang (hub), dipilah sesuai kota-kota tujuan. Baru dilanjutkan menuju Kediri.

Sampai di Kediri, paket akan transit lagi di kantor cabang (gudang), dipilah lagi sesuai kecamatan/rute kurir yang akan mengantar ke alamat penerima.

ROD (Received on Destination) /Dalam Proses-Kota Penerima
Paket sudah diterima kantor perwakilan SiCepat di kota tujuan, tapi masih dalam proses pengantaran  ke alamat tujuan/penerima.

Paket dibawa [nama kurir SiCepat]      
Paket sudah dibawa kurir untuk diantarkan ke alamat penerima.

Delivered / YBS
Paket sudah diantar dan diterima di alamat tujuan. Paket berhasil diantar dan diterima oleh [nama penerima] yang tertera di paket.

Penerima paket biasanya orang yang namanya tertera di paket sebagai penerima, atau orang lain yang berada di alamat tujuan. Jika penerima paket orang lain, biasanya pihak kurir akan menanyakan namanya. 


Antar Ulang (AU)
Paket sudah dibawa oleh pengantar paket tapi karena belum sempat dikirimkan pada hari sebelumnya maka akan dikirim ulang pada hari berikutnya.

Bad address (BA)
Alamat yang dituju tidak jelas atau ada kesalahan penulisan alamat, nomor jalan/rumah/RT/RW, kode pos dan sebagainya. Nomor telepon penerima sudah dihubungi tapi tidak diangkat, selanjutnya barang tersebut dibawa kembali oleh kurir.


Baca Juga:


Misroute
Pengiriman paket salah jalur atau salah tujuan. SiCepat akan langsung membetulkan jalur pengiriman paket yang benar.

CODA (Closed Once Delivery Attempt)
Paket telah diantar sampai ke alamat tujuan, tetapi alamat tersebut salah atau kosong. 

Arti status pengiriman Coda pada SiCepat
contoh status pengiriman Coda di Tokopedia

Status Coda berbeda dengan NTH (Not Home), dimana alamatnya sesuai/benar tapi tidak ada orang di rumah tersebut. Pada status Coda, pihak kurir sebagai orang yang mengantar paket sudah berusaha berbagai cara dan gagal menemukan alamat. Mungkin alamatnya memang salah atau alamat benar tapi rumahnya kosong karena penghuninya sudah pindah. 

Dengan status Coda, berarti kurir sudah tidak akan mengantar ulang paket tersebut, sehingga paket dikembalikan ke kantor atau gudang SiCepat. Dalam hal ini si penerima paket yang harus aktif menghubungi kantor perwakilan SiCepat untuk mengambil paketnya. 

Biasanya paket akan dipending dalam beberapa waktu, dan setelah batas waktu tersebut lewat, maka paket akan dikembalikan ke kota asal pengirim paket.


Cnee Unknown
Nama penerima paket tidak dikenali di alamat tujuan atau penerima ternyata tidak tinggal di alamat tujuan. Kemungkinan disebabkan oleh kesalahan penulisan nama atau alamat saat mengirim paket.

(RTS) Return To Shipper      
Paket dikembalikan ke pengirim.

NTH (Not Home)

Paket sudah diantar ke alamat tujuan tapi tidak ada orang yang menerima. 

Jadi alamatnya benar, namun di rumah/kantor tersebut tidak ada orang yang bisa menerima atau penghuninya tidak sedang berada di tempat. Biasanya kurir akan mengantar ulang paket pada kesempatan berikutnya, bisa besuk atau lusa.

Semoga informasi tadi bermanfaat bagi kamu yang sedang membutuhkan penjelasan tentang arti status pengiriman SiCepat Ekspres.

Jika ada masalah urgen yang membutuhkan penanganan segera dari pihak SiCepat, kamu juga bisa menghubungi kontak SiCepat berikut ini :  

Kantor Pusat SiCepat Ekpres
Jl. Ir. H. Juanda 3 No. 17-19, RT.008/RW.002, Kel. Kebon Kelapa Kec. Gambir, Jakarta Pusat 10120
Telepon : 021-5020-0050
Line : @sicepat
Facebook : https://web.facebook.com/sicepatekspresofficial

#update2022

Labels: Cek resi, SiCepat

Thanks for reading Arti Status Pengiriman SiCepat Ekpres. Please share this article.

Share:

26 Komentar untuk "Arti Status Pengiriman SiCepat Ekpres"

Apakah sicepat bukan peluang kerjasama?

Sejauh ini belum pernah SiCepat Express mengumumkan kemitraan secara terbuka. Secara umum pengembangan jaringan keagenannya mirip J&T Express, yaitu membuka cabang secara internal, bukan berdasarkan kemitraan dengan pihak luar.

Bagaimana dengan status [BROKEN] dikembalikan ke hub

@Omkun. Status BROKEN pada pengiriman SiCepat Ekspres bisa diartikan paket mengalami kerusakan pada saat proses pengiriman oleh kurir. Kerusakan tsb bisa disebabkan faktor packing yang tidak baik atau kesalahan penanganan.

arti line haul apa yaa, saya pesan barang ke jambi malah ke palembang

Line Haul berarti peralihan transportasi dalam proses pengiriman barang, dari Darat ke Udara atau sebaliknya.

Seperti diketahui, proses pengiriman barang antar kota apalagi antar pulau, umumnya tidak menggunakan moda transportasi yg sama, tapi disesuaikan kebutuhan.

Misalnya paket dikirim dari Bogor ke Surabaya. Maka paket tsb akan dikirim dulu ke Jakarta (via darat) sebelum dilanjutkan dengan pesawat (udara) ke Surabaya.

Misalnya statusnya gini :


“Paket telah di terima di Jakarta [Line Haul Udara Surabaya]”

Artinya :

Paket tsb sudah masuk ke Gudang SiCepat di Jakarta dan sedang dalam perjalanan Udara dari daerah asal pengirim paket ke kota tujuan (Surabaya).

Kalo status nya out,itu maksudnya apaan ya?

Paket keluar dari surabaya.OUT.Line haul surabaya..
yg jd pertanyaan dari tgl 12 sampai 16 koq status blm berubah ya?? itu pesawat muter2 sampai habis bahan bakar baru mampir ke kalimantan ya ???

@Aloo. Biasa pasca Harbolnas, semua jasa pengiriman mengalami keterlambatan sampai beberapa hari akibat lonjakan kiriman paket.

Min mau nanya, Klo misal status nya BROKEN, itu artinya paketnya rusak.. Nah itu bakalan tetap dikirim ga sih ke si penerima paketnya ??

Broken artinya paket diterima di kota tujuan dalam keadaan rusak barangnya atau terbuka packingnya. Seharusnya kurir tetap akan mengantar ke alamat tujuan.

"paket keluar dari bandung (line haul bandung)" itu maksudnya apa ya?
kalau emg udh kekirim melalui transportasi udara... tpi gaada kabar dari jam 12 malem

Kalo paket statusnya BROKEN dan kita sebagai penjual apakah harus ke sicepat untuk ambil penggantian barangnya?

Biasanya pihak SiCepat akan menghubungi Seller unt memberikan info terkait kondisi paket dan paket akan dikembalikan ke alamat seller oleh kurirnya.

kalau ANT dan HOLD/PENDING gmna?

@chaken. ANT = sedang dalam proses pengantaran ke alamat penerima.
HOLD/Pending = paket ditahan sementara karena alasan tertentu.

Paket sudah berada di surabaya, tapi sttus paket keluar dari surabaya, mksdnya gmn ya ?

Kalo criss cross (cc), maksudnya bagaimana ?

Artinya paket tsb tertukar dengan paket lain.

Mau tanya paket saya atas nama Dede rahman belum sampai ya

yang lucu itu, tapi barang tidak di kirim, padahal saya ada di rumah seharian, telepon dari kurir jga tidak ada, tapi aplikasi di ''lacak'' malah ada tulisan Not at home, ngakak,,, saya,,,

Paket di return ke punjual kenapa min?

Secara umum ada beberapa sebab sebuah paket dikembalikan /diretur ke pengirim :
- Alamat tujuan tidak diketahui, nomor HP penerima tidak aktif.
- Penerima paket sudah pindah alamat.
- Beberapa kali pengantaran tidak ada orang yang bisa menerima paket di alamat tujuan.
- Penerima paket menolak menerima paket (untuk paket COD).

Paket saya di antar namun saya tidak ada dirumah yah karna memang tidak tahu dan belum pernah ada antaran paket di malam hari
Apakah paket saya akan di antar ulang atau dikembalikan ke seller

Saya sudah menerima paket dan sudah dibayar. Pas mau konfirmasi ke penjual, kok statusnya CODA (Closed Once Delivery Attempt). Aneh banget.

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.