Manfaat Google Bisnisku Untuk Pebisnis Online


Manfaat Google Bisnisku - Semua pelaku usaha, termasuk pebisnis online pasti selalu memiliki keinginan bahwa usaha yang sedang ditekuninya bisa maju dan berkembang dengan pesat. Sehubungan dengan hal ini, Google telah menyediakan sebuah fasilitas khusus bernama Google Bisnisku.


Manfaat Google Bisnisku Untuk Pebisnis Online
Aplikasi Google Bisnisku versi Android.

Penjelasan Singkat Tentang Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan sebuah fasilitas yang disediakan oleh Google untuk para pebisnis atau pengelola suatu organisasi agar profilnya dapat muncul secara online di situs tersebut.
Lokasi dan tempat usaha dan kantor organisasi bisa muncul melalui jalur penelusuran atau Google Search danpetaatau Google Maps.
Misalnya ada sebuah kegiatan bisnis bernama Batik  Pusaka Sakti dan pemilik bisnis tersebut telah memakai fasilitas Google Bisnisku sekaligus sudah mendapat vertifikasi dari Google. 

Maka ketika ada konsumen sedang mencari produk batik, nama usaha Batik Pusaka Sakti akan muncul di fitur pencarian data maupun Google Maps.
Bagaimanakah cara agar pelaku usaha bisa memunculkan kegiatan bisnisnya di Google Bisnisku? Hal ini sangat mudah dilakukan. 


Baca Juga:


Sebagai langkah awal, daftarkan kegiatan usaha dan nama bisnis tersebut pada link regristasi dan isi semua data di kolom yang sudah disediakan. Setelah itu Google akan mengirim PIN dan vertifikasi alamat usaha melalui email.

Selanjutnya tinggal melengkapi data lain yang berkaitan dengan kegiatan bisnis yang dijalankan di Google Bisnisku. Diantaranya adalah deskripsi usaha, tagline, foto, jadwal operasional, email, web bisnis, review konsumen, foto produk dan sebagainya.

Manfaat Penggunaan Google Bisnisku

Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh pebisnis online setelah menggunakan fasilitas Google Bisnisku dan mendapatkan vertifikasi dari Google, diantaranya sebagai berikut. 
1. Bantuan Promosi
Setelah terdaftar di Google Bisnisku, maka secara otomatis akan mendapat bantuan promosi dari  Google. Bantuan promosi ini tidak hanya tersebar di wilayah Indonesia saja namun seluruh dunia. Siapa saja yang ingin menemukan tempat usaha tersebut, dapat langsung terhubung dan mendapat pengarahan dari Google Maps.
2. Pengaturan Jam Kerja 
Selain bantunan promosi, pebisnis online juga bisa menjadi lebih mudah mengatur jadwal dan jam kerja. Sebagaimana diketahui, bisnis online itu tidak mengenal batasan waktu dan tempat. 

Namun dengan adanya fitur pengaturan waktu di Google Bisnisku, setiap konsumen dan pelanggan dapat mengetahui waktu terbaik untuk melakukan komunikasi atau datang langsung ke lokasi tempat usaha.
3. Mendapat Review
Manfaat berikutnya dari Google bisnisku untuk pebisnis online adalah bisa mendapat review dari pelanggan. Review ini, apalagi jika bernada positif dapat membantu menaikan kepopuleran bisnis yang dijalankan. Apalagi jika review positifnya selalu bertambah banyak.




Jika terdapat review negatif dari pelanggan, maka Anda sebagai pemilik atau pengelola bisnis dapat memanfaatkannya sebagai masukan atau umpan balik atas produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Sekaligus Anda bisa melakukan klarifikasi jika ternyata review tersebut sifatnya "menjatuhkan" image bisnis Anda.
4. Meningkatkan Rating Website Bisnis
Jika bisnis online yang dijalankan sudah mempunyai website sendiri, keberadaan Google Bisnisku juga bisa membantu meningkatkan rating website tersebut. Khususnya pada situs pencarian data di Google. 

Penyebabnya karena situs bisnis online yang dimaksudakan mendapat backlink secara langsung melalui aplikasi Google Bisnisku.
5. Makin Mudah Mengelola Informasi
Pada umumnya, setiap konsumen akan selalu memiliki anggapan bahwa suatu bisnis online yang sudah memperoleh vertifikasi dari Google Bisnisku dijamin mempunyai reputasi yang lebih bagus. Karena itu jangan sia-siakan kesempatan ini.
Kelola sebaik mungkin setiap informasi yang bisa terlihat oleh konsumen ketika ingin mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan bisnis online yang dijalankan tersebut. Pastikan bahwa mereka menjadi lebih mudah mencari informasi penting lain seperti jam kerja, nomor telpun, alamat kantor usaha, email, website bisnis dan seterusnya.
Setelah mengetahui berbagai manfaat dari Google Bisnisku terutama untuk pebisnis online, maka segera gunakan fasilitas tersebut. Apalagi fasilitas ini bersifat tidak berbayar alias gratis. Apabila pemanfaatannya dilakukan secara tepat, niscaya bisnis online Anda akan semakin mudah menggapai kesuksesan.
Loading...

Labels: Bisnis Online

Thanks for reading Manfaat Google Bisnisku Untuk Pebisnis Online . Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Manfaat Google Bisnisku Untuk Pebisnis Online "

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.