Cara Kirim Sepeda Motor Dengan Bus, Ini Hal-Hal Yang Perlu Diketahui


Saat musim mudik tiba, banyak bikers yang berencana mengirimkan motornya. Tujuannya tak lain, agar saat mudik lebaran masih bisa menggunakan motornya selama di kampung halaman.

Masalahnya, mudik naik motor memang tidak direkomendasikan. Selain membahayakan keselamatan, sekarang makin banyak cara kirim sepeda motor ke kampung halaman yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Ada beberapa jasa kirim motor yang bisa dipilih. Umumnya yang banyak dipilih adalah mengirimkan sepeda motor lewat kereta api. Yang jadi kendala, tidak semua kota tujuan dilewati jalur kereta api.

Selain itu itu masih ada jasa ekspedisi yang siap melayani pengiriman motor.
Cara kirim sepeda motor dengan bus.
PO Rosalia Indah memiliki paket khusus sepeda motor (via Rosalia-express.com)

Kirim Sepeda Motor Dengan Bus



Alternatif lain adalah kirim motor dengan bus. Selain melayani transportasi orang, ada perusahaan Otobus  atau PO yang  juga melayani jasa kirim barang, termasuk sepeda motor dengan armada bus mereka.

Caranya adalah dengan memanfaatkan bagasi bus. Seperti diketahui, sekarang banyak armada bus antar kota antar provinsi yang memiliki lantai tinggi, yang disebut Super High Deck atau SHD.

Dengan bodi bus yang berlantai tinggi dimana atau bagasinya juga tinggi, sehingga memungkinkan motor bisa masuk ke bagasi.

Memang jumlah PO dan bus yang melayani kirim motor masih terbatas. Tapi setidaknya ini bisa jadi alternatif.

Salah satunya pengiriman motor yang disediakan oleh PO Rosalia Indah, yaitu Rosalia Express. Rosalia Express melayani pengiriman logisitik memanfaatkan jalur trayek bus Rosalia Indah.

Perbedaannya dengan bus lain, Rosalia Express menggunakan bus khusus yang memang didesain untuk membawa logistik dan motor. Hal ini membuat motor lebih aman karena bagasinya luas.

Perusahaan otobus lain yang juga melayani pengiriman motor untuk mudik adalah PO Harapan Jaya.

Bahkan PO Harapan Jaya sudah cukup lama telah lama melayani pengiriman motor, setidaknya sejak tahun 2015 lalu.

Meskipun sudah menerima jasa pengiriman motor cukup lama, banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Bisa jadi karena kurangnya informasi atau promosi dari pihak PO.

Dalam melayani pengiriman motor, PO Harapan Jaya memakai armada bus tipe SHD (super high deck) alias bus dengan lantai tinggi. Bus tipe ini memiliki atap bagasi yang tinggi, sehingga memungkinkan motor bisa masuk ke bagasinya.

Diluar itu, masih ada PO yang melayani pengiriman sepeda motor, seperti Agra Mas dan Motobus. Bahkan Motobus merupakan bus yang memang dikonsep khusus mengangkut sepeda motor dan penumpangnya. Namun Motobus hanya melayani rute Jakarta-Bandung.


Kelebihan Kirim Motor Dengan Bus




Dibandingkan kirim motor lewat ekspedisi barang, ada kelebihan tersendiri dengan menggunakan bus.

Dari segi waktu, kirim motor dengan bus bisa dilakukan pada last minute. Jika kirim motor lewat ekspedisi maupun kereta api, pengiriman motor harus dilakukan dalam paling lambat seminggu atau bahkan lebih sebelum hari H Lebaran, dengan bus bisa dilakukan menjelang hari raya.

Bahkan untuk agen tertentu, bukan tak mungkin H-1 Lebaran masih bisa menerima kiriman motor. Hal ini mengingat selama Hari Raya bus tetap beroperasi, tidak libur sebagaimana ekspedisi.

Selain itu, motor bisa dikirim secara on the spot. Langsung datang ke agen bus atau loket bus di terminal, begitu bus datang, motor bisa langsung dinaikkan ke bagasi bus.

Kelebihan lain kirim motor dengan bus, pemilik motor bisa sekaligus ikut naik sebagai penumpang bus. Jadi motor dan pemiliknya berada dalam satu bus yang sama.

Saat sampai di kota tujuan, pemilik motor bisa memutuskan mau turun di mana saja dan langsung mengendarai motornya. Hal ini tidak memungkinkan bahkan jika kirim motor dengan kereta api, karena motor hanya bisa diturunkan di stasiun tujuan dan ada prosedur administratif yang harus dilalui untuk mengeluarkan motor.

Kelebihan lain, kirim motor dengan bus tidak perlu full packing . Sedangkan jika motor dikirim lewat kereta api maupun ekspedisi, keseluruhan bodi motor wajib dipacking.

Kirim motor lewat bus hanya bagian-bagian tertentu saja yang terkena tali pengikat yang akan dilapis dengan karton atau kertas Koran untuk mencegah lecet. Dan ini tentu saja tanpa biaya tambahan, berbeda dengan full packing yang membutuhkan biaya tambahan.

Tak hanya itu. Jika lewat ekspedisi, kondisi tanki harus dikosongkan, sedangkan kirim lewat bus, tanki motor tidak harus kosong. Bensin setengah penuh tidak masalah, yang penting bahan bakar tidak sampai penuh, karena dikuatirkan meluap akibat goncangan bus.

Kekurangan Kirim Motor Lewat Bus


Baca Juga:



Di samping kelebihannya, mengirim sepeda motor dengan bus juga ada kekurangannya.

Pertama, untuk mengirimkan motor lewat bus, tidak ada fasilitas pengambilan (pick up) di rumah, pemilik motor harus mengantar sendiri motornya ke agen PO atau terminal bus.

Biasanya layanan pengiriman motor dengan bus hanya sebatas dari poll ke pool, bukan door to door. Jika pemilik motor tidak ikut bus, maka motor harus diambil di pool PO tersebut di kota tujuan.

Karena menurunkan motor di agen juga beresiko karena tidak semua agen buka 24 jam. Padahal kedatangan bus waktunya tidak selalu bisa dipastikan.

Kedua, rute kota tujuan pengiriman motor terbatas, karena menyesuaikan dengan rute bus. Artinya tidak semua kota bisa dilayani. Hanya bisa melayani kota-kota yang dilewati oleh trayek PO tersebut.

Selain itu, jumlah perusahaan otobus yang bisa melayani kiriman paket motor masih terbatas jumlahnya.

Selain Rosalia Express dan Harapan Jaya, sebetulnya masih ada beberapa PO bus yang punya jasa pengiriman logistik. Namun seiring dengan meningkatnya minat masyarakat memanfaatkan bus untuk kirim motor ke kampung halaman, bukan tak mungkin ke depan makin banyak PO yang melayani pengiriman motor.


Cara Kirim Sepeda Motor Dengan Bus


kirim paket sepeda motor
Sebuah motor dikirim dengan bus (via Modifikasi.me)



Lalu bagaimana caranya jika kamu ingin mengirim motor kesayangan agar bisa digunakan untuk wira-wiri di saat lebaran di kampung halaman?

Ternyata persyaratannya hampir sama saja dengan kirim motor lewat kereta api maupun jasa ekspedisi.

Untuk PO Harapan Jaya, persyaratan kirim motor di bagasi bus hanya berbekal berkas motor yang lengkap dan masih berlaku. Yaitu foto copy STNK dan kunci kontak sepeda motor.

Sedangkan Rosalia Express mensyarakatkan STNK asli atau BPKB. Atau kalau motor masih dalam cicilan bisa meminta surat jalan ke polisi.

Untuk mengambil motor di lokasi pool PO di kota tujuan, cukup menunjukkan STNK aslinya.

Untuk mengirim motor buat mudik, kamu tinggal datang ke agen PO terdekat, pool PO atau lokal PO di terminal.

Untuk wilayah Jakarta, jika kamu kirim lewat PO Harapan Jaya, kamu bisa datang ke poolnya di Pasar Rebo, Grogol, dan Ciputat.

Biaya Kirim Sepeda Motor Lewat Bus




Berapa uang yang harus dikeluarkan untuk mengirimkan sepeda motor?

Ongkir kirim motor dengan bus ternyata berbeda penghitungannya antar PO.
Untuk PO Harapan Jaya, tarif dihitung dari kapasitas mesin motor dan bersifat flat, alias sama kemana pun tujuannya.

Dilansir dari situs Gridoto.com, dengan start dari wilayah Jakarta, PO Harapan Jaya mematok ongkir kirim motor sebagai berikut :

Untuk motor dengan kapasitas mesin 150cc ke atas dikenakan biaya Rp 495 ribu.

Sedangkan untuk motor berkapasitas mesin 150cc ke bawah dikenakan biaya Rp 395 ribu.

Berbeda jika motornya berjenis motor sport, batangan, atau berdimensi besar, maka akan dikenakan tarif atas meskipun motor tersebut berkapasitas kurang dari 150cc.

Berbeda dengan perhitungan tarif dari Rosalia Express yang mematok biaya kirim motor berdasarkan zonase dan kapasitas mesin.

Zonase artinya biaya pengiriman berdasarkan wilayah yang sudah ditentukan.

Tarif paket motor dari Jakarta untuk PO Rosalia Express dipatok sebagai berikut :

Untuk tujuan Yogyakarta (seperti Gunung Kidul), untuk pengiriman motor sport yang punya dimensi besar dibanderol Rp 591 ribu.

Sedangkan untuk wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur Rosalia Express mematok harga estimasi. Yaitu sekitar Rp 690 ribuan, sedangkan untuk Wilayah Jawa Tengah Rp 630 ribuan.

Biaya kirim motor untuk bebek dan matik sedikit lebih murah, yaitu untuk semua wilayah cuma selisih Rp 10 ribu.

Ongkir motor di Rosalia Express tidak hanya untuk pengiriman saja, tapi sudah termasuk asuransi dan packing.

Banyak cara kirim motor ke kampung halaman. Terlepas dari moda transportasi yang dipilih, agar motor yang dikirim selamat sampai tempat tujuan, perlu diperhatikan cara kirim sepeda motor yang aman.

Di luar jasa ekspedisi dan kereta api, kamu juga bisa mempertimbangkan menggunakan jasa bus untuk pengiriman motor yang ternyata memiliki fleksibilitas dan kelebihan tertentu.

Loading...

Labels: Jasa Pengiriman, Ongkos kirim, Sepeda Motor

Thanks for reading Cara Kirim Sepeda Motor Dengan Bus, Ini Hal-Hal Yang Perlu Diketahui. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Kirim Sepeda Motor Dengan Bus, Ini Hal-Hal Yang Perlu Diketahui"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.