Motobus, Alternatif Pengiriman Sepeda Motor Lewat Bus. Seperti Apa Wujudnya?


Moda pengiriman sepeda motor semakin variatif. Selain lewat kereta api, mobil box, kapal laut atau truk terbuka, kini ada layanan kirim motor lewat bus. Ya, Motobus hadir sebagai inovasi terbaru pengiriman sepeda motor menggunakan transportasi bus.
Motobus, allternatif pengiriman sepeda motor lewat bus.
Motobus bisa mengangkut motor sekaligus pengendaranya.
Motobus memang bukan seperti bus penumpang pada umumnya. Motobus hadir sebagai solusi transportasi darat yang terpadu. Bus bertingkat atau dikenal sebagai double-decker ini bisa sekaligus membawa motor dan pengemudinya. Bagi mereka yang hobi melakukan perjalanan jauh bersepeda motor, mungkin ini kabar yang menggembirakan.

Jika dikaitkan dengan tradisi mudik di Indonesia, maka moda transportasi ini diperkirakan banyak diminati para pemudik yang biasanya menggunakan sepeda motor untuk pulang ke kampung halamannya. Mudik bersepeda motor jadi semakin menarik sekaligus bisa menekan angka kecelakaan lalu lintas selama musim mudik.

Adalah PT Motobus Trans Nusantara, salah satu perusahaan transportasi yang bergerak di bidang pelayanan, yang menghadirkan Motobus.

Dilansir dari Tribunnews.com, menurut Wulandari, Humas PT Motobus Trans Nusantara, ide awal Motobus ini dari banyaknya pengendara sepeda motor di jalan yang menempuh perjalanan jauh.

Dari situ kemudian tercetus pemikiran untuk membuat suatu transportasi yang dapat membantu pengendara motor sampai ke kota tujuannya dengan aman, nyaman dan hemat. Motobus hasilnya.
Bus yang diklaim hasil karya cipta anak bangsa ini sudah memiliki hak paten.

"Kita tidak melihat atau meniru dari negara lain, karenanya bus ini hanya ada satu di dunia, itu sebabnya kami juga punya hak paten yang sudah kami dapatkan per 5 Desember 2016," jelas Wulandari.

Kapasitas Motobus


Sebuah Motobus yang bermesin Mercedes-Benz ini mampu membawa 50 penumpang dan 10 unit motor berkapasitas di bawah 150 cc. Lima puluh kursi premium untuk penumpang di bagian atas ini dilengkapi sabuk pengaman, dengan fasilitas free Wi-Fi dan slot USB charger yang memudahkan pengisian daya gadget penumpangnya.

Sementara pada bagian bawah bus, ada ruang untuk 10 unit sepeda motor. Namun, ada beberapa ketentuan harus motor bebek di bawah kapasitas 150 cc, lebar motor tak lebih dari 60 cm serta memiliki standar tengah. Namun aturan ini bersifat sementara hingga pihak perusahaan dapat memastikan bus tidak mengalami overload.

Di tahap awal pihak perusahaan menyiapkan dua buah Motobus dan baru melayani trayek Jakarta-Bandung.

Harga Tiket Motobus

Motobus mematok harga tiket untuk penumpang dewasa Rp 119.000 dan anak-anak usia sampai 12 tahun Rp 69.000. Sedangkan untuk sepeda motor saja Rp 249.000.

Selain itu ada paket perjalanan yang harganya lebih irit, yaitu membeli tiket penumpang sekaligus motor. Untuk paket tiket ini, maka harga tiket penumpang dewasa turun menjadi Rp 99.000, sedangkan motor Rp 129.000 per unit. Jadi hanya membayar Rp 228.000. Kalau penumpang dewasanya ada dua, maka tetap dikenakan Rp 99.000 per orang, bukan Rp 119.000.

Untuk pemesanan tiket Motobus dilakukan secara online di situs motobustiket.com atau melalui 0822 1000 3070 via whatsapp. Sedangkan pembayaran tiket pemesanan dilakukan dengan transfer atau kartu kredit. 

Lokasi Keberangkatan Dan Kedatangan Motobus

Penumpang Motobus harus naik di tempat yang ditentukan. Untuk lokasi keberangkatan dan kedatangan Motobus adalah sebagai berikut :

- Keberangkatan/ Kedatangan Jakarta : Terminal Pulo Gebang
- Keberangkatan/ Kedatangan Bandung : Terminal Leuwi Panjang

Jadwal keberangkatan Motobus Bandung-Jakarta.

Jadwal keberangkatan Motobus Jakarta-Bandung.

Semula direncanakan Motobus mulai beroperasi pada 27 Oktober 2017. Namun jadwal ini ternyata meleset dan tertunda sampai waktu yang belum bisa dipastikan. Dikutip dari laman resmi Motobus di Facebook, pihak manajemen menjelaskan bahwa penundaan tersebut dikarenakan ijin pengoperasian Motobus masih dalam proses dengan Kementerian Perhubungan.

Semoga saja proses perijinan tersebut segera keluar, sehingga pada Lebaran tahun ini Motobus sudah bisa melayani para pemudik yang ingin membawa motornya.
Loading...

Labels: Jasa Pengiriman, Sepeda Motor

Thanks for reading Motobus, Alternatif Pengiriman Sepeda Motor Lewat Bus. Seperti Apa Wujudnya?. Please share this article.
ads

Share:

0 Komentar untuk "Motobus, Alternatif Pengiriman Sepeda Motor Lewat Bus. Seperti Apa Wujudnya?"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.