Cara Kirim Sepeda Motor Gratis Lewat Kereta Api Saat Mudik Lebaran


Banyak cara digunakan untuk mudik pulang kampung. Selain menggunakan transportasi pribadi, sebagian besar masyarakat mengandalkan transportasi umum. Di luar itu, tak sedikit pula yang mudik menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

Jumlah pemudik bermotor ini ditengarai terus meningkat dari tahun ke tahun. Padahal disadari bahwa mudik naik motor ini sangat beresiko. Dengan kondisi fisik yang letih karena menempuh perjalanan jauh, faktor jalanan yang ramai, membawa barang bawaan yang bertumpuk, membuat konsentrasi pengendara motor mudah terganggu. Keadaan semacam ini membuat resiko kecelakaan sangat tinggi.
 
Pemerintah sendiri selalu mengimbau masyarakat sebaiknya tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik. Tentu dengan pertimbangan faktor keamanan dan keselamatan. Padahal ada cara lain yang lebih nyaman dan ... gratis. Tentu saja kesempatan tidak boleh disia-siakan mengingat jika dilakukan atas biaya sendiri ongkir kirim sepeda motor terbilang lumayan mahal.

Kirim motor gratis untuk mudik lebaran.
Angkutan motor gratis banyak diminati masyarakat yang akan mudik (via Liputan6.com)

Sebagai solusi bagi yang ingin tetap berlebaran di kampung halaman dengan sepeda motor, sejak 2014 lalu setiap tahun Kementerian Perhubungan (Kemenhub)  menggelar program Mudik Gratis buat sepeda motor.


Program ini bisa dimanfaatkan pemudik untuk mengirim motor ke kampung halaman. Sepeda motor akan dikirim secara terpisah menjelang mudik Lebaran tanpa dikenakan biaya alias gratis dengan menggunakan kereta api.

PENDAFTARAN ANGKUTAN MOTOR GRATIS

Dilansir dari Liputan6.com, untuk tahun ini Kementerian Perhubungan, melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian kembali membuka Pendaftaran Angkutan Motor Gratis (Motis) Tahun 2018 dengan kereta api.

Pendaftaran angkutan motor gratis ini dilakukan secara online maupun pendaftaran langsung pada stasiun-stasiun yang telah ditunjuk. Pendaftaran dilakukan dalam dua tahap, yaitu untuk arus mudik dan arus balik.

Pendaftaran motor (bukan penumpang) untuk arus mudik mulai 9 Februari  sampai dengan 24 Juni 2018.

Masa Angkutan Motor Gratis Tahun 2018 untuk arus mudik akan dilaksanakan selama 6 hari dimulai dari tanggal 8 sampai 13 Juni 2018.

Sedangkan untuk pendaftaran perjalanan arus balik dilakukan pada 9 Mei-24 Juni 2018 di stasiun persinggahan KA Motis di daerah.

Masa Angkutan Motor Gratis Tahun 2018 untuk arus balik dilaksanakan selama 7 hari dimulai dari tanggal 19 Juni sampai 25 Juni 2018.

Meskipun pendaftaran ini ada jangka waktunya, tapi bisa ditutup sebelum waktunya  jika kuota telah terpenuhi. Karena jangan menunggu saat terakhir untuk mendaftar, segera saja lakukan agar kesempatannya lebih besar.

Pendaftaran secara online melalui situs mudikgratis.dephub.go.id atau http://posko.djka.dephub.go.id/motis dan dilanjutkan dengan proses verifikasi langsung peserta yang dilaksanakan pada 9 Februari 2018 s/d 24 Juni 2018.

Bagi peserta Angkutan Motor Gratis 2018 akan difasilitasi untuk dapat memesan tiket KA Penumpang maksimal untuk 3 orang, baik KA Ekonomi PSO, KA Ekonomi Non-PSO serta KA Tambahan sampai hari ke-30 penjualan KA Tambahan.

Untuk pendaftarn, Anda cukup mengisi data di yang tersedia, seperti jumlah penumpang, asal keberangkatan, tanggal keberangkatan, tanggal keberangkatan kembali, nomor pelat nomor, serta memasukan kode verifikasi.

 
formulir pendaftaran yang harus diisi.

LOKASI PENDAFTARAN ANGKUTAN MOTOR GRATIS

Lokasi pendaftaran Angkutan Motor Gratis 2018 dilaksanakan di 13 stasiun, yaitu Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Tangerang, Stasiun Depok Baru, Stasiun Bogor, Stasiun Serpong, Stasiun Tanjung Priok, Stasiun Cikarang, Stasiun Cimahi, Stasiun Bandung, dan Stasiun Kiaracondong.

Pendaftaran langsung motor untuk arus balik, dilaksanakan di Stasiun persinggahan KA Motis di daerah-daerah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Mei sampai 24 Juni 2018.

PERSYARATAN PENDAFTARAN MUDIK SEPEDA MOTOR GRATIS

Untuk mengikuti Angkutan Motor Gratis 2018, masyarakat wajib mendaftar serta melengkapi persyaratan dan ketentuan melalui pendaftaran online maupun pendaftaran langsung pada stasiun-stasiun yang telah ditunjuk.

Adapun persyaratan pendaftaran mudik sepeda motor gratis pada masa lebaran tahun 2018 (1439 H) adalah sebagai berikut :


- Memiliki SIM dan STNK yang masih berlaku;
- Wajib membawa STNK, SIM, KTP, KK asli beserta masing-masing 3 (tiga) lembar fotocopiannya;
- Tidak boleh ada modifikasi atau aksesoris tambahan pada sepeda motor;
- Kaca spion wajib dilepas dan dibawa pemilik atau pemudik;
- Harus ada penyangga atau standar tengah (standar dua);
- Harus dilengkapi dengan pegangan belakang;
- Untuk keamanan pengangkutan, tangki bensin harus kosong saat akan diangkut, pihak ekspeditur akan melakukan pengecekan ulang dan pengosongan tangki bbm;
- Kunci sepeda motor diberikan kepada petugas ekspedisi atau panitia pelaksana;
Jumlah helm sesuai dengan kebutuhan, dibawa oleh pemilih saat mudik;
- Mengisi formulir pendaftaran.

Moda Kereta Api:
Bagi peserta yang berkeinginan untuk dapat difasilitasi pembelian tiket (selama masih tersedia) harus tunduk dan taat pada persyaratan :
a. 1 unit motor untuk untuk pembelian tiket maksimal 3 (tiga) orang dalam 1 keluarga (2 orang dewasa 1 orang anak usia maksimal
    11 tahun);
b. Mengisi formulir isian pembelian tiket;
c. Melakukan pembayaran pembelian tiket pada kasir yang telah ditunjuk pada hari yang sama;
d. Peserta mudik motor berhak mendapatkan bukti / tanda terima pembelian tiket yang nantinya dapat ditukarkan dengan tiket
    asli pada saat dropping/penyerahan motor (H-2) keberangkatan di stasiun yang ditunjuk;
e. Bukti/tanda terima pembelian tiket TIDAK BISA DIBATALKAN atau DIPINDAHKAN tanggal keberangkatannya untuk itu
   
Nah, buat anda yang berminat untuk mengirimkan sepeda motor dengan kereta api ke kampung halaman secara gratis, bisa daftar DISINI.
loading...

Labels: Sepeda Motor

Thanks for reading Cara Kirim Sepeda Motor Gratis Lewat Kereta Api Saat Mudik Lebaran. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Kirim Sepeda Motor Gratis Lewat Kereta Api Saat Mudik Lebaran"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online