Kenali Sistem Pembayaran COD agar Belanja Aman Yuk!


Sistem pembayaran COD atau Cash on Delivery merupakan sistem pembayaran yang dilakukan saat sudah menerima barang. Pembayaran akan dilakukan bersamaan saat barang sudah dikirimkan kepada pembeli. Ini tampak lebih aman karena tidak perlu mentransfer uang terlebih dahulu dan menunggu barang datang dengan perasaan khawatir. Namun penipuan dengan COD ternyata juga bisa dilakukan.

Sistem pembayaran COD
Ilustrasi COD

Beberapa kelebihan dari COD itu antara lain:
  • Pembeli tidak perlu memiliki rekening bank atau kartu kredit untuk pembayaran karena dilakukan secara tunai atau langsung.
  • Biaya tambahan saat mentransfer uang menjadi tidak ada karena tunai.
  •  Kredibilitas penjual akan meningkat karena adanya pilihan COD, yaitu membayar saat barang sudah diterima.
Jika kita seorang penjual maka memberikan layanan COD bisa jadi sebuah fitur tambahan yang membutuhkan perhatian. Di Indonesia, masih jarang ada kurir yang mau menerima uang COD. Seringnya COD dilakukan sendiri yaitu penjual mengirim barang langsung ke pembeli, atau mereka bertemu di suatu tempat untuk bertransaksi.

Beberapa marketplace atau usaha online menyediakan kurir tersendiri yang akan melayani COD. Hal ini bisa jadi nilai lebih walaupun biasanya terbatas hanya di kota-kota besar saja. Bagi pembeli fitur pembayaran dengan COD cukup menguntungkan. Mereka memeriksa barang yang dibeli terlebih dahulu, jika ternyata tidak sesuai dengan yang dipesan maka bisa tidak jadi membelinya.

Jika kita memiliki sebuah usaha yang berniat untuk memberikan fasilitas COD, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
  • Kurir yang digunakan, apakah akan menggunakan kurir pribadi atau menggunakan jasa kurir lainnya. Jika usaha kecil biasanya akan menggunakan jasa pribadi dengan diantar sendiri ke pengirim.
  •  Jangkauan pengiriman, untuk COD biasanya hanya menjangkau daerah yang dekat saja dari pengirim barang, kecuali untuk perusahaan-perusahaan yang cukup besar.
  •  Pembeli yang tidak mau membayar, bagi pembeli sebaiknya sudah diberi kesepakatan tertentu atas barang yang dibeli. Jika barang sudah benar namun pembeli tetap tidak mau membayar maka barang bisa dikembalikan dan pembeli dapat dikenai sanksi berupa tidak boleh memesan lagi.
Pembeli yang menggunakan sistem pembayaran COD sebaiknya melakukan pembayaran di tempat yang aman, misalnya rumah, atau tempat terbuka. Pastikan ada orang yang bersama kita sehingga tidak menjadi korban penipuan atau pencurian. 
Loading...

Labels: Bisnis Online, COD

Thanks for reading Kenali Sistem Pembayaran COD agar Belanja Aman Yuk!. Please share this article.
ads

Share:

0 Komentar untuk "Kenali Sistem Pembayaran COD agar Belanja Aman Yuk!"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.