-->

Apa Itu Agen Shopee Xpress : Keuntungan, Syarat Dan Cara Pendaftarannya


Apa Itu Agen Shopee Xpress : Keuntungan, Syarat Dan Cara Pendaftarannya



Apa itu Agen Shopee Xpress? - Agen Shopee atau Agen Shopee Xpress merupakan tipe layanan pengiriman Ambil Sendiri yang dikembangkan oleh marketplace Shopee, di mana Pembeli dapat mengambil paket secara langsung di Agen Shopee. 

Namun lokasi atau tempat Agen Shopee juga bisa menerima pengiriman paket (drop off point) oleh pelanggan. 

Jadi selain tempat pengambilan paket oleh Pembeli di Shopee, Agen Shopee Xpress juga bisa melayani pengiriman paket.

Pada saat ini Agen Shopee hanya berlaku untuk Penjual/Pembeli terpilih.

Menjadi Agen Shopee sangat menguntungkan karena tanpa modal. Hanya dengan menjadi tempat penerimaan dan pengambilan paket, pemilik Agen Shopee akan mendapat keuntungan berupa komisi per paket yang diambil oleh Pembeli.

Sebagai tempat drop off point paket, Agen Xpress hanya dapat menerima paket Shopee Xpress Standard dan Shopee Xpress Hemat dari Penjual Shopee.

Namun tidak semua orang bisa menjadi Agen Shopee Xpress. Ada sejumlah persyaratan dengan memenuhi kriteria tertentu yang bisa mengajukan.

Layanan Agen Shopee Xpress


Agen SPX Express adalah rekanan atau mitra yang dikelola oleh individu untuk mengurusi pesanan dengan menggunakan layanan pengiriman SPX Express. Layanan ini menyediakan dua pilihan, yaitu Layanan Drop Off (untuk Penjual) dan Layanan Ambil Sendiri (untuk Pembeli). Berikut penjelasannya.

1. Layanan Drop Off


Penjual/seller Shopee memiliki opsi untuk memilih Layanan Drop Off, yang memungkinkan mereka untuk mengirim paket ke loket Agen SPX Express. Layanan ini hanya tersedia untuk pesanan dengan jenis layanan SPX Standard dan SPX Hemat.

Penting untuk diingat bahwa hanya beberapa lokasi terpilih yang dapat digunakan sebagai titik pengantaran paket (drop off point) bagi mereka yang ingin menjadi Agen SPX Express.

Untuk layanan Drop Off, Penjual dapat mengatur pengiriman dengan memilih Antar ke Counter pada Seller Centre. Lalu, Penjual dapat mengantar paket ke lokasi Agen SPX Express yang memiliki layanan Drop Off.

2. Layanan Ambil Sendiri


Pembeli di marketplace Shopee dapat memilih Layanan Ambil Sendiri, yang memungkinkan mereka untuk mengambil paket secara langsung di lokasi Agen SPX Express (terdekat) yang telah mereka pilih saat melakukan proses checkout. 

Sebagai pemilik Agen SPX Express, Anda bisa mendapatkan keuntungan berupa komisi per paket yang diambil oleh Pembeli tanpa perlu bermodal, hanya dengan menyediakan fasilitas penerimaan dan pengambilan paket.

Jadi disini perlu dipahami, fungsi layanan drop itu untuk seller, sedangkan layanan Ambil Sendiri untuk pembeli.

Penting juga diketahui, meskipun menyediakan 2 layanan, yaitu Ambil Sendiri dan Drop Off, namun tidak semua Agen Shopee Express memiliki dua layanan tersebut. Hanya Agen Shopee Xpress terpilih yang dapat memiliki dua layanan tersebut.

Proses Pengiriman Pesanan dengan Agen Shopee X

Fungsi Agen SPX Express sebagai tempat (PENGIRIMAN barang oleh Seller) dan pengambilan barang oleh pembeli di Shopee yang menggunakan layanan Shopee Xpress dapat digambarkan sebagai berikut.

1. Layanan Drop Off

Bagi penjual Shopee, keberadaan Agen Shopee di sekitarnya tentu sangat menguntungkan, karena memudahkan untuk mengirimkan paket.

Untuk layanan Drop Off, penjual dapat mengatur pengiriman dengan memilih Antar ke Counter pada Seller Centre. 

Lalu, Penjual dapat mengantar paket ke lokasi Agen SPX Express yang memiliki layanan Drop Off.

2. Layanan Ambil Sendiri

Layanan Ambil Sendiri berarti pesanan akan disampaikan oleh kurir SPX Express ke lokasi terdekat Agen SPX Express, di mana Pembeli dapat mengambil paket tersebut.

Pembeli akan menerima sebuah PIN melalui notifikasi di akun Shopee saat paket sudah diterima oleh Agen SPX Express. Selain itu, Pembeli juga akan menerima pemberitahuan untuk mengambil paket pada hari kedua dan keempat setelah paket diterima oleh Agen SPX Express.

Jika dalam waktu lima hari kalender sejak paket sampai di Agen SPX Express, Pembeli belum mengambil paket tersebut, maka paket akan dikembalikan kepada Penjual. Shopee akan secara otomatis memproses pengembalian dana penuh kepada Pembeli dalam hal ini.


Keuntungan menjadi Agen Shopee

Apakah menjadi agen Shopee Express itu menguntungkan? 

Dengan bergabung menjadi Pemilik Agen Shopee, ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan, diantaranya :

- Brand Shopee sebagai marketplace yang sudah sangat dikenal luas, menjadi jaminan hadirnya Agen Shopee di suatu tempat mudah diterima masyarakat.

- Bagi seller maupun pembeli Shopee, adanya Agen Shopee memudahkan mereka mengantar dan mengambil paket di tempat yang dekat dengan tempat tinggalnya. 

- Proses pendaftaran yang mudah dan cepat diterima bagi calon yang memenuhi syarat. 

- Tidak diperlukan modal untuk bergabung menjadi Agen Shopee.

- Mendapatkan komisi sebesar Rp 500 untuk setiap paket yang dikirim atau diambil oleh Pembeli.

- Bisa merangkap menjadi agen ekspedisi lain karena pihak Shopee tidak membatasi.

Persyaratan Dan Cara Menjadi Agen Shopee Xpress


Syarat Menjadi Agen Shopee Xpress


Untuk bergabung menjadi Agen Shopee ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi peminat. Program Agen Shopee dapat diikuti oleh Penjual/Pembeli aktif yang terpilih dan telah memenuhi kriteria sebagai berikut:

1. Pemilik/pengelola Agen Shopee direkomendasikan memiliki jaringan internet, komputer/laptop dan printer untuk kebutuhan operasional.

2. Pemilik Agen Shopee dapat menyediakan lokasi penyimpanan paket di dalam ruangan, setidaknya berukuran 3x4m/luas 12m² dan lokasinya dapat diakses sepeda motor.

3. Pemilik Agen Shopee memperbolehkan Tim Shopee untuk memasang spanduk atau banner Agen Shopee. Spanduk atau banner akan diberikan gratis oleh Shopee dan Agen Shopee dapat memasang secara mandiri.

Selain itu, pemilik Agen Shopee tentunya juga harus menyiapkan kelengkapan ATK, dan timbangan digital untuk menghitung berat sebuah paket.

Nantinya Tim Shopee akan menilai kelayakan calon mitra. Jika tidak memenuhi kriteria yang telah ditetapkan, maka Shopee berhak tidak melanjutkan proses pendaftaran Agen Shopee yang bersangkutan.

Dari tiga kriteria jadi mitra Agen Shopee sebetulnya tidak ada yang terlalu berat. Bahkan sebetulnya relatif mudah dipenuhi.  


Cara Mendaftar Agen Shopee

Saat ini, hanya penjual Shopee yang terpilih yang dapat menjadi Agen Shopee Xpress. Pihak Shopee belum menawarkan program ini kepada pembeli. 

Proses pendaftaran dimulai dengan penerimaan pesan penawaran dari Shopee kepada mitra penjual, yang dilengkapi dengan tautan formulir pendaftaran. 

Setelah mengklik tautan pendaftaran agen Shopee Express, calon agen akan diminta untuk mengisi data pribadi dan informasi lainnya. 

Setelah penjual berhasil lolos verifikasi, langkah berikutnya akan dijelaskan sesuai panduan dari tim Shopee Xpress.

Untuk keseluruhan proses pendaftaran Agen Shopee akan melalui tahapan berikut :

- Pemilik/pengelola Agen Shopee yang terpilih dapat melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir. Didalamnya terdapat sejumlah informasi dan file yang harus disertakan, yaitu :

Nama Lengkap
Nomor Kartu Tanda Penduduk
Nomor Ponsel yang terhubung dengan aplikasi WhatsApp
Alamat e-mail yang masih aktif
Alamat lengkap lokasi outlet dan titik lokasi di Google Maps
Jam dan hari operasional outlet
Ukuran ruangan penyimpanan
Informasi pembayaran
Informasi kelengkapan operasional
Foto outlet dari depan dan dalam
Foto jalan dan tempat parkir lokasi.

- Tim Shopee akan melakukan proses verifikasi atas informasi dan dokumen yang telah diserahkan oleh Pemilik Agen Shopee.

- Tim Shopee akan menghubungi Pemilik Agen Shopee dan mengonfirmasi status dalam waktu 3 hari kerja (3x24 jam).

- Pemilik Agen Shopee akan melakukan proses tanda tangan surat perjanjian kerja sama dengan Shopee. 

- Pemilik Agen Shopee akan melakukan proses pelatihan online dan menerima perlengkapan Agen Shopee, seperti materi promosi berupa banner/spanduk.

- Tim Shopee akan mengonfirmasi tanggal Agen Shopee mulai beroperasi. 

- Pemilik Agen Shopee mulai menerima paket.


Prospek Agen Shopee Xpress


Apakah menjadi Agen Shopee benar-benar menguntungkan? 

Prospek sebagai Agen Shopee sangat tergantung pada lokasi yang strategis, apakah banyak atau tidak Seller yang berjualan di Shopee tinggal di sekitar Anda. Makin banyak seller di sekitar Anda, semakin banyak kemungkinan paket yang didrop di Agen Shopee Anda. Dan sebaliknya.

Sebagai ilustrasi akan potensi penghasilan yang mungkin diperoleh sebagai agen Shopee adalah sebagai berikut. 

Agen Shopee akan mendapatkan komisi flat sebesar Rp500 per paket yang diterima, baik untuk pengiriman atau pengambilan paket oleh pelanggan.

Komisi tersebut akan langsung terhitung di sistem dan dikirim ke nomor rekening yang Anda daftarkan di awal.

Jika sebagai Agen Shopee Xpress Anda menerima 20 paket per hari selama sebulan/30 hari
operasional, maka Anda akan mendapatkan komisi sebesar : 20 x 30 x 500 = Rp300.000.

Namun jika Anda bisa menerima paket sebanyak 100 paket per harinya selama 30 hari. Maka komisi yang akan Anda terima 1,5juta dalam satu bulan.

Intinya, pendapatan Anda sebagai Agen Shopee sangat tergantung jumlah paket karena tidak ada komisi tetap dari Shopee. Dan karenanya sangat penting untuk memilih lokasi yang dekat atau banyak seller Shopee-nya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Agen Shopee Xpress, keuntungan, persyaratan dan cara pendaftaran sebagai Agen Shopee bagi masyarakat yang berminat. Anda berniat menjadi agen Shopee Xpress?

Labels: Jasa Pengiriman, Shopee Express

Thanks for reading Apa Itu Agen Shopee Xpress : Keuntungan, Syarat Dan Cara Pendaftarannya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Apa Itu Agen Shopee Xpress : Keuntungan, Syarat Dan Cara Pendaftarannya"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.