-->

Cara Menjadi Agen Kurir Seperti JNE, TIKI Dan Lainnya


Cara Menjadi Agen Kurir - Beberapa kali Admin menerima pertanyaan tentang cara menjadi agen kurir atau jasa pengiriman seperti JNE atau TIKI. Sebenarnya cara dan persyaratan menjadi agen kurir ini sudah banyak ditulis dan mudah ditemukan dengan googling dan di blog Bisnis Kurir juga ada. Meskipun berbeda bendera perusahaannya, pada dasarnya cara dan persyaratannya tidak berbeda signifikan.
Cara menjadi agen kurir seperti JNE, TIKI dan lain-lain.
Jika menyimak persyaratan keagenan suatu perusahaan jasa pengiriman barang, terlihat begitu banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Sepertinya tidak mudah untuk menjadi agen kurir. Mungkin banyak yang menyerah sebelum mewujudkan niatnya.

Sebetulnya wajar saja jika perusahaan jasa pengirimanan menerapkan persyaratan yang ribet bagi calon agennya, mengingat bisnis ini adalah bisnis jasa yang menuntut kita punya komitmen dan tanggungjawab terhadap barang yang dipercayakan oleh konsumen kepada kita selaku agen. Perusahaan tentu tidak mau punya mitra yang tidak bisa dipercaya untuk menjaga barang yang dititipkan konsumen, sampai nanti diambil oleh atau diserahkan pada pihak Cabang/Perwakilan perusahaan di suatu daerah untuk proses pengirimanan selanjutnya.

Istilahnya jangan sampai agen yang menjadi perpanjangan tangan perusahaan justru menjadi 'musuh dalam selimut' dengan berbuat curang atas barang yang dikirim konsumen. Misalnya mengurangi isi paket, mengambil isi paket dan menggantinya dengan barang lain yang berbeda atau aksi-aksi curang lainnya. Selain itu perusahaan jasa pengiriman tentunya juga ingin agen-agennya tampak bonafid di mata calon konsumen dengan cara menerapkan standar yang cukup tinggi. Bagaimana pun ini bisnis jasa, sehingga penampilan kantor yang 'formal' akan membentuk imej yang positif di mata konsumen.

Namun kalau kita lihat berbagai agen jasa pengirimanan yang ada di sekitar kita, banyak yang keberadaannya tampak sederhana. Kantornya, kalau bisa disebut sebuah kantor, hanya sebuah tempat  berukuran 2x3m atau bahkan kurang, tanpa papan nama kecuali sebuah spanduk kecil dengan fasilitas sebuah meja tunggal dan 2 kursi, alat tulis ala kadarnya, timbangan ukuran kecil dan tidak dilengkapi komputer. Petugasnya pun tidak berseragam. Gambaran mayoritas agen jasa pengiriman ya seperti itu, paling tidak di daerah-daerah.

Kenyataannya, jika perusahaan menerapkan syarat terlalu berat dan kaku bagi agen, hanya sedikit calon mitra yang mampu memenuhinya. sedangkan pihak perusahaan juga berkepentingan mempunyai banyak mitra/gerai untuk memperluas jangkauan pelayanan dan meningkatkan omset. Di sisi lain pihak perusahaan juga bersaing dengan usaha sejenis yang juga membutuhkan jaringan agen yang luas. Tidak mungkin perusahaan bisa berkembang besar tanpa dukungan agen yang banyak dan tersebar luas! Pada akhirnya terjadilah kompromi.

Perusahaan jasa pengiriman tidak bisa kaku menerapkan standar kemitraannya. Mereka akan menerapkan standar berdasarkan kondisi setiap daerah dan calon mitranya. Banyak pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima atau menolak permohonan calon mitranya. Perusahaan tentu senang jika agennya memiliki lokasi kantor berupa ruko di jalan raya, namun perusahaan juga tidak menolak mitra yang hanya memiliki sepetak kios kecil yang lokasinya strategis. Mereka juga akan melihat faktor mitranya : kesungguhannya dan latarbelakang pekerjaan sebelumnya/saat ini. Syarat administrasi tentu juga penting.

Dari pengalaman dan pengamatan selama ini, perusahaan jasa pengiriman akan menetapkan syarat minimal bagi calon agen sesuai kondisi daerahnya. Ada syarat yang diwajibkan ada yang sifatnya situasional. Berikut ini saya akan jelaskan persyaratan dasar yang seharusnya dimiliki dan disediakan oleh calon agen kurir perorangan.

SYARAT ADMINISTRASI
- Mengajukan surat permohonan menjadi agen kepada perusahaan jasa pengiriman yang bersangkutan, yang dilengkapi berkas :
  1. Foto kopi KTP pemohon
  2. Pas foto pemohon 2 lembar
  3. Foto kopi NPWP (jika ada/opsional)
  4. Foto kopi SIUP & TDP (jika ada/opsional)
  5. Surat keterangan domisili usaha dari RT/RW
  6. Foto kopi sertifikat rumah/perjanjian sewa tempat
  7. Denah lokasi kantor/konter
  8. Foto Indoor dan outdoor kantor/konter
Keterangan :
3. Ada yang menanyakan pada saya, kalau pemohon agen kurir harus memiliki NPWP, bagaimana dengan pemula yang tidak punya usaha sebelumnya? Menurut saya kalau belum punya NPWP jelaskan bahwa Anda tidak punya usaha sebelumnya atau Anda baru akan merintis usaha sendiri setelah sebelumnya bekerja ikut orang. Namun ada kesanggupan membuatnya setelah usaha ini berjalan. Karena bagaimanapun sebagai pelaku usaha yang mendapat penghasilan dari suatu kegiatan, kita wajib membayar pajak penghasilan. Cepat atau lambat akan ada pemeriksaan atas usaha kita tersebut dari pihak terkait.
4. Jika Anda sudah punya usaha resmi dan memiliki SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan) & TDP (Tanda Daftar Perusahaan), maka itu bisa digunakan, meskipun beda jenis usahanya.
5. Surat Keterangan Domisili Usaha dari RT/RW yang dilegalisasi Kecamatan/Desa di wilayah kantor/konter berada, dapat digunakan sebagai ganti bagi agen perorangan yang tidak memiliki SIUP dan TDP. Hal ini juga sebagai jaminan bagi pihak perusahaan bahwa keberadaan lokasi alamat usaha Anda dikenal/diketahui oleh pihak yang berwenang.
6. Jika kantor/konter yang akan digunakan sebagai agen milik Anda sendiri, cukup Anda jelaskan dalam surat permohonan menjadi agen bahwa tempat tersebut adalah milik Anda/orangtua. Kecuali jika pihak perusahaan meminta foto copy seritifikat tempat tersebut.
7. Buat denah lokasi kantor/konter agen secara sederhana yang menunjukkan nama-nama jalan di sekitar kantor dan tempat penting yang ada (bank, pertokoan, mall, perumahan, sekolah dsb) di wilayah Anda. Ini akan menjadi acuan awal bagi perusahaan untuk menilai kelayakan lokasi Anda.
8. Penting sekali menyertakan foto-foto kantor/konter agen yang akan digunakan. Meliputi foto ruang dalam kantor dan foto luar kantor, termasuk foto kantor dari seberang jalan yang menunjukkan suasana lalu lintas sekitar yang sedang ramai. Menurut saya ini poin yang akan membuat pihak perusahaan segera membuat keputusan menerima/menolak permohonan Anda. Jika mereka tertarik dengan foto-foto yang Anda sampaikan, mereka akan segera menindakjanjuti dengan melakukan survei ke tempat Anda.

SYARAT LOKASI AGEN KURIR
- Lokasi strategis : Diantaranya berada di jalan raya tengah kota, sekitar daerah perkantoran, pertokoan, perumahan padat.
- Lokasi dapat diakses mobil.

SYARAT  SDM AGEN KURIR
- Minimal 1 petugas berpendidikan SMA/sederajat. Jika Anda sendiri yang akan menangani, jelaskan pada pihak kantor Cabang/perwakilan perusahaan.

KELENGKAPAN KANTOR AGEN KURIR
- Meja dan kursi untuk penerimaan barang dan pelayanan terhadap konsumen.
- 1 buah timbangan meja kapasitas 30 kg.
- Telepon rumah atau telepon selular, lebih baik jika keduanya ada.
- 1 set komputer dan printer tinta (jika ada/opsional)
- Alat tulis : bolpoin, spidol, stapler, gunting, cutter, isolasi 1/2" dan tempatnya (tape dispenser), lakban, amplop tanggung, amplop coklat besar.

Keterangan :
- Timbangan sesuaikan dengan tipe perusahaan jasa pengiriman. Jika Anda menjadi agen pengiriman seperti Dakota Cargo atau Indah Cargo yang menerapkan tarif regresif  yang menggunakan standar tarif minimal berdasarkan berat tertentu, dimana makin berat paket, makin murah ongkos kirim tarifnya, timbangan yang cocok adalah jenis timbangan duduk yang mempunyai kapasitas 100-300 kg. Hal ini karena kebanyakan paket yang dikirim berukuran besar dan beratnya puluhan kg. Tapi kalau jenis agen nya seperti JNE atau TIKI, maka cukup menggunakan timbangan meja yang mempunyai kapasitas 30 kg. Karena mayoritas pelanggannya mengirim paket kecil.
Untuk timbangan meja ada dua macam, digital dan manual. Sebaiknya menggunakan yang manual karena harga lebih murah dan perawatan relatif mudah.
Timbangan yang cocok untuk agen pengiriman barang/paket.
Timbangan meja (kiri) dan timbangan duduk (kanan)
- Telepon rumah tidak wajib tapi jika Anda mampu mendirikan agen kurir di sebuah bangunan yang representatif, seperti ruko, sangat tidak masuk akal jika Anda tidak menyediakan telepon rumah sebagai sarana komunikasi. Tentu saja lebih baik jika Anda mampu menyediakan telepon rumah dan seluler sebagai sarana komunikasi dengan konsumen.
- Meskipun perusahaan mungkin tidak mengharuskan, tapi jika ingin maju sebaiknya Anda menggunakan komputer untuk mencetak resi daripada menuliskan secara manual. Terutama jika sudah ada aplikasinya.
Ada beberapa keuntungan menerapkan komputerisasi untuk melayani konsumen, yaitu :
  • Dengan menggunakan aplikasi dari perusahaan akan menghindari kesalahan menetapkan ongkos kirim daripada menggunakan tabel harga cetakan yang tebalnya ratusan halaman, mencarinya saja membutuhkan waktu cukup lama dan harus teliti. 
  • Dengan menggunakan komputer, di mata konsumen, Anda akan dipandang lebih bonafid.
  • Dengan menggunakan komputer, Anda dapat memanfaatkan untuk menjual jasa lain, seperti PPOB dan tiketing.
Memang dengan menggunakan komputer, Anda harus mengeluarkan modal lebih banyak. Selain menyediakan komputer, printer, modem juga biaya internet. Namun hal ini akan dikompensasi dengan omset yang lebih baik. Lagipula komputer yang digunakan tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi, sekelas Pentium IV sudah memadai.

PROSEDUR PENGAJUAN
- Mendatangi langsung ke kantor cabang/perwakilan perusahaan jasa pengiriman yang dimaksud yang berada di kota Anda. Jika di kota Anda ada lebih dari 1 cabang/perwakilan, pilih yang lebih dekat dengan lokasi Anda.
- Siapkan Denah Lokasi kantor/konter dan foto kantor.
- Jelaskan keinginan Anda menjadi mitra/agen dari perusahan jasa pengiriman tersebut. Tunjukkan denah lokasi dan foto kantor agen sebagai pertimbangan awal bagi pihak perusahaan untuk menilai kelayakan Anda menjadi agen.
- Tanyakan persyaratan apa saja yang diperlukan untuk menjadi agen. Jika terdapat syarat yang Anda tidak/belum ada, seperti SIUPP dan TDP, Anda akan berusaha memenuhi setelah usaha Anda berkembang.
- Jangan lupa menanyakan komisi yang diberikan untuk agen dan ketentuan lain yang berkaitan.
- Minta nomer kantor/no seluler kepala cabang/perwakilan untuk komunikasi selanjutnya.

Jika permohonan Anda menjadi agen/mitra disetujui, maka akan diadakan akad perjanjian di atas materai yang mengatur hak dan kewajiban masing-masing pihak. Baca dengan teliti poin-poin yang tercantum didalamnya sebelum menandatanganinya. Jangan malu minta penjelasan jika ada bagian yang Anda tidak paham atau ragu tentang maksudnya.

Demikian informasi tentang cara dan prosedur pengajuan menjadi agen pengiriman paket dan dokumen seperti JNE, Tiki dan sebagainya. Semoga info ini bermanfaat bagi Anda yang sedang merencanakan membuka usaha sebagai agen kurir.

Labels: Peluang Usaha

Thanks for reading Cara Menjadi Agen Kurir Seperti JNE, TIKI Dan Lainnya. Please share this article.

Share:

120 Komentar untuk "Cara Menjadi Agen Kurir Seperti JNE, TIKI Dan Lainnya"

untuk area bogor dan depok apakah msh bisa jadi agen?
kalau bisa mhonon info

Baik JNE dan TIKI masih terus mengembangkan jaringan keagenan. Tentu saja bisa menjadi agen salah satunya, sepanjang memenuhi persyaratan dan di wilayah tersebut belum ada agennya dalam radius tertentu.

Jika tidak ada orang dalam susah buka JNE di depok...yang ada ketika kita mengajukan dengan syarat yang telah terpenuhi tetep ditolak namun selang beberapa bulan lagi dari area lokasi yang kita ajukan ada yang buka JNE selidik punya selidik eh taunya orang dalam JNE atau mitra lama JNE yang buka cabang sendiri...kan ini ga fair

Sebaiknya dilaporin ke JNE pusat pak kalau memang ada praktek tidak fair spt itu.

ada biaya tertentu ga untuk pengajuan kemitraan nya....

Secara umum ada biaya, tapi biasanya dikembalikan dalam bentuk kelengkapan usaha agen, seperti neon sign, banner/spanduk, brosur, timbangan, kaos/kemeja, dll. Namun ada juga yang meminta Uang Jaminan, yang akan dikembalikan jika ybs berhenti menjadi agen.

Selain itu ada juga yang 100% gratis, seperti Lion Parcel. Mitra hanya melakukan deposit keagenan awal sebesar 2,5 juta, yang bisa digunakan untuk transaksi pengiriman barang.

Apakah agen bisa di buka ke luar negri..misalnya yg tetangga seprti Timor Leste..mumpung disini peluangnya bagus..

Kalau di luar negeri mestinya statusnya bukan agen, tapi Perwakilan atau Cabang. Jika anda berminat hubungi langsung ke kantor pusat jasa pengiriman yang bersangkutan, karena persyaratannya tentu saja berbeda dengan agen dalam negeri.

Bagaimana cara daptar via online

Langsung ke web pusatnya, seperti JNE di https://www.jne.co.id, atau TIKI di https://tiki.id
cari fitur info kemitraan/peluang usaha. Tapi tidak semua jasa pengiriman menginfokan peluang keagenan secara terbuka di webnya. Mengingat jasa pengiriman ini pada dasarnya bisnis kepercayaan, pihak perusahaan tentunya ingin tahu dengan pasti abcd mitranya, maka sebaiknya pengajuan sebagai agen melalui kantor cabang/perwakilan kota setempat.

Bagaimana mekanisme menjalankan bisnis kurir tersebut ? terimakasih

Minta masukan buat daftar agen dagota, soalnya saya punya bisnis sabun

Silakan hubungi kantor pusat Dakota Cargo di Jl. Wibawa Mukti II No.8, Jatiasih, Kota Bekasi
Telepon : (021) 8224548

kalau untuk daerah kecamatan misalnya kecamatan banda. kabupaten maluku tengah propinsi maluku. kebetulan di situ hanya ada pos sj jne nya blm ada

@Salma Lainta. Coba Anda cari jasa pengiriman yang sudah eksis di Kabupaten Maluku Tengah. Dari situ Anda bisa pilih jasa pengiriman yang Anda minat dan menanyakan peluang untuk menjadi agen di Kecamatan Banda.

Untuk JNE sudah ada Sub Agen di Jl. Imam Bonjol No.234, Kanikeh, Seram Utara, Kab. Maluku Tengah

Untuk agen dakota di pamulang bisa saya buka ga

Silakan menghubungi kantor cabang Dakota Cargo Tangerang di Jl Gatot Subroto KM.5.4 Sastra Plaza Ruko D-107 Jati Uwung, Tangerang - Banten
Telepon : (021) 55656324

brp dana depositi keagenannya yg harus disiapkan

kecil@smart. Tidak semua jasa pengiriman menerapkan sistem deposit bagi agennya. Biasanya deposit itu lebih seperti uang jaminan, yang akan dikembalikan jika agen ybs mengundurkan diri. Umumnya deposit sebesar 5 juta.

Namun ada juga jasa pengiriman yang menerapkan deposit murni, dalam arti deposit tsb digunakan transaksi seperti pada PPOB, salah satunya Lion Parcel. Deposit awal Lion Parcel sebesar 2,5 juta. Selanjutnya bisa menyesuaikan dg kemampuan agen.

Kalo daftar jadi agen ganda diperbolehkan gak sih?? Soalny diwilayah saya lumayan jauh kalo ngambil paket harus ke cabang dulu yg jarakny bisa puluhan kilo

@Admin Neter. Pasti tidak boleh kalau dalam satu lokasi menjadi agen lebih dari satu jasa pengiriman. Tapi jika lokasi agennya berbeda tidak masalah.

Siang min, bisa minta masukan utk daftar menjadi agen indah cargo di daerah sy. Mksh

apa kerugian menjadi mitra agen JNE, dan apa solusi meminimalisirnya?

Kerugian menjadi agen JNE? Saya kira banyak untungnya dibandingkan dg jadi agen jasa pengiriman lain, mengingat saat ini JNE adalah nomor satu di Indonesia. Secara brand, JNE sangat sangat populer, tepercaya dan agennya tersebar di mana-mana. Secara manajemen, JNE termasuk salah satu perusahaan yg sudah berdiri lama dan berpengalaman.
Namun itu tentu tidak menjamin semua agen JNE bakal sukses. Karena bagaimana pun banyak faktor lain yg berperan dalam menentukan keberhasilan suatu usaha. Selain pelayanan yg baik, faktor lokasi agen juga sangat penting.

selamat siang, apakah boleh menjadi agent bbrp perusahaan pengiriman sekaligus ? contoh Wahana dan POS gitu ?

@Mardiana. Secara resmi tidak boleh, bahkan biasanya salah satu poin yang tercantum dalam perjanjian kerjasama keagenan adalah larangan agen terikat dengan usaha sejenis. Tapi jika Anda punya lebih dari 1 lokasi, bisa saja Anda mengajukan lokasi yg berbeda itu untuk keagenan pada perusahaan lain. Selain itu, biasanya jika usaha Anda lancar/laris, ada saja pihak lain di kota Anda yg tertarik menawarkan kerjasama secara informal untuk layanan jasa yg belum terkover di agen yg Anda ikuti. Misalnya ada pihak yg menawarkan layanan paket via kereta api, atau paket luar negeri misalnya.

Gimana cara nya jd agen anteràja atau ninja express dan minta alamat atau yang bisa dihubungin untuk agen tersebut karena saya minat jadi agen salah satunya lokasi saya di pasar kemis tangerang .....mksh admin

Ijin admin.asn bisa nda jdi agen pengiriman barang?sy di kepulauan sangihe sulut..

Saya tidak tahu aturan apakah ASN boleh berbisnis, kalaupun ada larangan, hal ini khan bisa diakali dengan menggunakan nama istri/suami atau anak.

Klo sertifikat rumah blm ada msh letter c apakah memungkinkan utk membuka usaha agen ini

Saya berminat jd agen jasa pengiriman..mohon info dan petunjuk nya min.terimakasih

Rumah belum bersertifikat bisa saja digunakan untuk kantor agen pengiriman. Jika dibutuhkan, bisa saja surat yg anda miliki (letter C) difotocopy sebagai kelengkapan persyaratan.

Saya mau daftar jadi franchise Indah Cargo Gimana Cara nya & siapa Yang dapat saya hubungi ?

Untuk informasi kemitraan Indah Cargo bisa hubungi WA 0811 8944 4456

di daerah cijantung jakarta timur..kalau mau daftar jadi agen JNE di mana ya..

saya dari padalarang bandung barat , minta info , kalau mau melamara kerja/kurir di daerah saya , kasih cv nya kemana ya ??

mohon infonya untuk menjadi agen resmi JNE wilayah cinangka, sawangan, kota depok bagaimana, note: di depan gang dengan jarak 1 kilo sdh ada JNE.

@Aan. Untuk wilayah Depok silakan menghubungi kantor cabang utama Depok di Jl. Margonda Raya No.265, Kemiri Muka, Kecamatan Beji, Kota Depok
Telepon: (021) 77203388

Mohon info u menjadi agen resmi si cepat wilayah sekip medan sy mesti menghubungin kantor mana atau no telp yg bisa memberi kejelasan lebih detail
Trimakasih

Kemitraan SiCepatsifatnya tertutup dan terbatas, sama seperti J&T Express. Tapi tidak ada salahnya jika anda mencoba menghubungi kantor SiCepat di Blk. B-C Jl. Brigjend Katamso No.238, Kp. Baru, Kec. Medan Maimun, Kota Medan
Telepon : +6281263197423

Saya dr daerah prov. Jambi brmimat jadi mitra ekspedisi kak. Tp bingung mau ekspedisi yg mana..
Ditempat saya yg masih jauh jarak nya ninja express. Tp pendaftaran sampai 15.500.000..
Tolong pencerahanya kak

Jika biaya pendaftaran/jaminan menjadi masalah, kamu bisa pilih menjadi agen pengiriman yang gratis. Dalam hal ini kamu bisa mengajukan menjadi AgenPos atau Lion Parcel.

Mau tanya kalau Agen Resmi untuk wilayah Aceh ( Bireun )
saya boleh minta no telpon atau alamat lengkapnya di manaya ?
mohon infonya ya admin.

@Lia09. Jasa pengiriman apa yang dimaksudkan?

Bisakah menjadi agen untuk wilayah pedesaan..kecamatan.
Ket..ada 15 desa..

Menjadi agen pengiriman di wilayah pedesaan tentu saja bisa, bahkan bisa jadi potensinya cukup besar, karena saat ini jaringan internet sudah masuk ke sebagian besar pedesaan Indonesia. Yang jadi masalah adalah wilayah tsb tercover atau tidak oleh perusahaan jasa pengiriman tertentu yg beroperasi di kota/kabupaten tersebut. Dalam hal ini Anda bisa mencari info dan bermitra dg jasa pengiriman yg sudah memiliki kantor cabang/perwakilan di kota Anda. Pastikan Apakah mereka bisa melakukan pick up paket di tempat Anda atau agen yg harus mengantarkan sendiri paket yg diterimanya ke kantor jasa pengiriman.

Saya ingin daftar jadi agen ekspedisi adakah nomor yang bisa dihubungin

maaf ekspedisi apa yang Anda maksudkan?

Bolehkah saya menjadi agen JNE yang lokasinya dipedesaan(ibukota kecamatan) dan biaya admin nya berapa?mksh

Bisa sj menjadi agen JNE di wilayah kecamatan sepanjang memenuhi persyaratan, a.l : lokasi terjangkau oleh pick up kantor perwakilan/cabang JNE di Kabupaten setempat, belum ada agen JNE di kelurahan tsb, lokasi strategis.
Untuk biaya administrasi agen JNE mungkin berbeda di setiap daerah/kabupaten, tergantung kebijakan cabang setempat. Dari info yang beredar, antara 10-15 juta. Biaya tsb terbagi atas beberapa komponen, spt uang jaminan dan sebagian berupa material untuk menunjang keagenan (neon box, spanduk, poster, dll).

Apakah bisa menjadi agen ekspedisi Anteraja? Bagaimana cara dan syarat- syaratnya? Terima kasih.

Konsep Anteraja berbeda dengan jasa pengiriman konvensional. Anteraja tidak mengandalkan gerai untuk menerima paket, melainkan berbasis aplikasi. Kurir Anteraja akan mengambil paket yg dikirimkan konsumen lewat aplikasi, kurir melakukan penjemputan dan meneruskan ke alamat/kota tujuan. Jadi lowongan yang tersedia di Anteraja adalah mitra kurir. Anda dapat mengunjungi websitenya di https://anteraja.id.

Mlm pak.. Gmna caranya pgn jd agen shopee expres

Kontak untuk pengiriman dari lazada apa ada boss

@Tyas Zebua. Mungkin maksudnya Lazada Express? Silakan kunjungi websitenya di https://lex.co.id

Sy mau daftar jd agen JNE gmn caranya ya

Bagaimana caranya biar bisa gabung utk buka usaha pengiriman barang ya

Hubungi kantor jasa pengiriman yang ada di kota kamu atau daftar secara online lewat websitenya.

Rumah saya di wilayah kecamatan Leles kabupaten Cianjur ingin menjadi agen JNE bisa tidak caranya gimana

Silakan hubungi kantor cabang JNE Cianjur di Jl. KH Abdullah Bin Nuh (samping PO Marita), Rancagoong, Cilaku, Cianjur Regency, West Java 43285
Telepon : 0263 2910329

Mau gabung ke shopee expres wilayah bandung kabupaten info kontak nya dong

GABUNG JADI AGEN WAHANA EXPRESS
Raih Pengalaman Berbisnis Untung Bombastis!
INFO DAN PENDAFTARAN :
Website
www.wahana.com/agen-wahana
Email
jadiagen@wahana.com

Malam admin. Mohon infonya kemans sy harus mendaftar jika ingin buka bisnis kurir

Daftar ke kantor cabang/perwakilan jasa pengiriman tersebut yang ada di kota Anda atau daftar secara online di websitenya.

Saya tinggal di ruko orang tua/bandung barat,apa ada biaya yg hrs dikeluarkan utk menjafi Agen Ekspedisi

Biaya kemitraan agen ekspedisi bervariasi, mulai dari gratis, jutaan hingga belasan juta,tergantung perusahaannya. Untuk yang gratis diantaranya adalah Agenpos dan Lion Parcel.

Saya mau daftar jadi agen bsa di bantu proses...?

@Jane vala sara. Langsung saja menghubungi kantor cabang/perwakilan jasa pengiriman yang dimaksudkan di kota Anda.

Kalau agen di jl raya gemekan no 110 sooko, agen paket apa ya yang masih kisong

Tentunya Anda yang lebih paham agen pengiriman apa saja yang sudah ada di sekitar wilayah Anda.

Mohon Admin pencerahan ya. Saya sekarang sudah jadi kurir JNE Tapi saya tidak di gajih. Cuman dapat ongkiran saja dari barang yg sudah saya antar. Supaya bisa dapat gajih sendiri bagai mana

Mungkin tiap daerah ada kebijakan tersendiri ya, tp setahu sy sih untuk kurir selain dapat gaji pokok bulanan, juga fee dari setiap paket yg diantar maupun pick up paket pelanggan (yg terakhir ini mungkin hnya diterapkan pada jasa pengiriman tertentu saja). Atau bisa jadi anda termasuk bukan kurir tetap/part time/kontrak shg tidak berhak mendapatkan gaji tetap.

Jika anda ingin bisa mendapat gaji bulanan, sebaiknya ya pindah ke pengiriman lain yg memiliki standar gaji bulanan. Tapi sebelumnya dipertimbangan dulu, komposisi gajinya bgmn. Jangan2 cuma dapat gaji pokok bulanan tapi tidak dapat fee pengantaran, bisa2 malah lebih kecil dapatnya. Karena yg saya tahu kurir itu income terbesarnya justru dari fee pengantaran dan pick up.

mohon info alamat daftar keagenan J&T atau JNE area bekasi utara, medan satria, alamat kantornya dimana ya admin ? teima kasih banyak..

Saya akuntan dan berpikir untuk menjalankan usaha logistik& cargo, lokasi strategis di bekasi utara, apakah bs dibantu? apakah bs jd multi agen dalam 1 kantor? Rudy

mohon penjelasannya admin, saya mau jadi agen untuk daerah palembnag terkhusus kabupaten muara enim , apa bisa min ada lebih dari satu agen di satu kecamtan atau kabupaten, terima kasih

@Putra Winata. Resminya sih tidak boleh, karena salah satu point perjanjian kerjasama antara agen dg pihak perusahaan, calon agen tidak sedang menjalankan usaha sejenis. Tapi kalau tahu cara menyiasatinya sih bisa saja & sering terjadi.

Halo, untuk pendaftaran keagenan Wahana Express bisa menghubungi kontak WA Sales berikut :

0895366038497 Nurmala
087880003588 Wati
087880005088 Subekti
089668429524 Vita
089692585994 Awaludin

Terimakasih
Wahana Express - Sales Team

Minta saran saya daerah Jelambar Jakarta barat. Mau buka usaha jasa pengiriman

Tinggal sesuaikan dg potensi setempat, cocok untuk jenis pengiriman cargo (misal daerah perdagangan grosir) atau ritel/express (perkampungan, kantor). Jangan mengajukan ke pengiriman yg sudah ada di sekitar, tapi yg belum ada di situ.

Info agen mitra jne lokasi tanggera g pst kemis .bisa hub dimana ya kk .thanks

saya ingin membuka jne di tempat saya posisi saya di surabaya ,saya harus menghubungi siapa ya

@Laylay. JNE Surabaya memiliki banyak kantor cabang/perwakilan. Salah satunya Anda bisa menghubungi kantor perwakilan JNE Diponegoro di Jl. Diponegoro No.116 E, DR. Soetomo, Kec. Tegalsari, Surabaya
Telepon : 031 5686905

Admin bertanya apabila dalam satu kecamatan sudah ada agen katakanlah JNT dapatkah satu kecamatan ada 2 agen

Satu kecamatan lebih dari 1 agen pengiriman dari perusahaan yang sama bisa saja, tapi tidak berlaku untuk semua jasa pengiriman. Karena ada faktor lain yg jadi pertimbangan, seperti wilayah/kotanya, kepadatan penduduknya, potensi wilayah ybs. Bahkan ada jasa pengiriman yg hanya mensyaratkan jarak minimal 1-2 KM tanpa melihat berada di kecamatan/kelurahan yang sama/beda. Perbandingan kecamatan di Bekasi dengan kota kabupaten di Tasikmalaya misalnya, tentu saja akan dilihat secara berbeda.

Saya mau inpo untuk Bandung barat hubungi kemana ya

Sya mau buka agen tiki atau jne masih bisa di wilayah depok wa saya 087834626244

Mohon ijin untuk wilayah bogor barat...kontak atau alamat kantornya

Admin mau tanya, bagaimana kalo saya mau menjadi mitra ekspedisi lokasi di pedesaan blm ada kantor ekspedisi di dekat sini. Kalo mau kirim barang jauh, tapi kalo pengiriman barang sudah sampai masuk ke desa. Kec. Sumbermanjing wetan adalah nomor atau kontak yang bisa di hubungi? Untuk mendapat info lebih lanjut

untuk menjadi agen kurir jne atau shopee. atau pos untuk daerah kabupaten serang di pedesaan itu adakah linkny pa admin. mohon di jelaskan pula syarat dan dana yg harus dikeluarkan untuk menjadi agen. saya bertempat di kec.binuang desa lamaran kab.serang banten. terima kasih pa admin.

@Penita. Untuk menjadi agen ekspedisi di kec. Sumbermanjing Wetan (ini Kab. Malang ya?), silakan hubungi jasa pengirimanan yang memiliki kantor cabang di Malang. Pertimbangkan unt memilih jasa pengiriman yg memberikan layanan pick up pada agennya.

Beberapa jasa pengiriman yg bisa dipertimbangkan :

JNE Malang
Jl. Hamid Rusdi No.95, Bunulrejo, Kec. Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65121
Telepon: (0341) 344678

TIKI Malang
Jl. Arif Rahman Hakim No.8, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119
Telepon: (0341) 326988

Lion Parcel Malang
JL.Merbabu No. 11, Kec. Klojen, Malang 65112
Telp : 081359990094 / 085755423262

Indah Cargo Malang
Jl. Komud ABD. Saleh No.15, Upek Upek, Asrikaton, Kec. Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65154
Telepon : 0341 796624

Untuk JNE bisa menghubungi kantor perwakilannya di
Ruko Highland Park, Jl. Jend. Sudirman No.26-28, Kotabumi, Kec. Purwakarta, Kota Serang, Banten 42434
Telepon : 0254 209478

Kalau Shopee express biasanya kerjasama dengan pihak ketiga sebagai drop of point.

Apakah bisa menjadi multy agent. Untuk bukalapak,shopee. Tokopedia dan sejenisnya?

Pengertian multi agen/kurir itu berarti bisa melayani beberapa pengiriman sekaligus seperti Bukasend. Coba kamu cari artikel tentang Bukasend di postingan sebelum2nya.
Tapi jika yg dimaksud multi agen adalah menerima paket dari marketplace spt Shopee, Tokopedia, Bukalapak dll hal ini tergantung agen pengirimannya bekerja sama dengan marketplace tsb atau tidak. Untuk JNE, Sicepat, dan JNT sudah bekerjasama dg marketplace yg disebut tadi, shg otomatis bisa melayani pengiriman paket dari ketiga marketplace tsb.

Halo temen-temen..
Aku mau info nih, skrg untuk buka logistik bisa bgt tanpa uang franchise fee loh.
Dengan bonus sampai dengan 25% Penghasilan bisa 500-3juta perbulan cuma cuma dengan jadi agen logistik SDS Express
Instagram: sdsexpress.id
Atau langsung aja tanya ke team sales kami
WA +62 81211399699
WA +62 81311661014

mau tanya Admin,usaha seperti JNT Ekspress jika ingin berpindah kepemilikan bagaimana prosesnya ya? terima kasih sebelumnya

Cara daftr nya gimana kak?? Area BATANG JATENG

@chairul.rizl. Pindah kepemilikan agen jasa pengiriman umumnya tidak diatur dalam perjanjian kerjasama. Yang lazim diatur adalah klausul pengakhiran kerjasama, yaitu jika karena suatu kondisi tertentu pihak agen atau perusahaan harus memutuskan kerjasama.

Nah, apakah hak keagenan bisa dipindahkan, hal ini tergantung pihak perusahaan, dimungkinkan untuk mengalihkan hak keagenan ke pihak lain atau tidak. Dalam hal ini sebaiknya ditanyakan langsung ke pihak J&T nya.

Untuk cara daftar agen pengiriman yang dikehendaki, bisa cek artikel lain di web ini pada kotak pencarian di bagian atas dengan menuliskan misalnya : peluang usaha JNE, J&T, Lion Parcel dsb. Lalu pilih artikel yang sesuai.

@aguspertama. Pendaftaran agen bisa langsung ke web resmi perusahaan pengiriman ybs. Atau Anda bisa cari infonya di web ini dg menuliskan kata kunci yg sesuai, seperti : daftar JNE, JNT, Lion Parcel, SiCepat dsb.

Ijin bertanya admin untuk gabung dengan J&T atau JNE wilayah Banyuwangi saya bisa berhadapan dengan siapa ya admin

@sokolimo. Untuk gabung JNE wilayah Banyuwangi bisa menghubungi kantor perwakilannya di Jl. Kepiting No.7B, Sobo, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68418
Telepon : (021) 29278888, 0859-3375-2144

Untuk kemitraan JNT wilayah Jatim langsung menghubungi Instagram @jntexpressjatim, karena penentuan pembukaan agen baru area Jatim dilakukan secara terpusat berdasarkan perkembangan/kebutuhan tiap wilayah.

Selamat siang, saya ingin membuka pendistribusian barang2 baik itu JNE atau TIKI dan yg lainnya saya mempunya posisi kantor atau gudang ditengah kota Medan, mohon info contac person jasa pengiriman barang, terimakasih

Izin bertanya, agen ekspedisi untuk daerah tegal, jawa tengah yang belum ada apa ya??

@Zan. Hampir semua ekspedisi nasional punya kantor cabang/perwakilan di Tegal.

Bagai mana cara nya untuk bisa membuka agen expedisi

Hubungi kantor cabang/perwakilan ekspedisi ybs di kota anda, jelaskan keinginan Anda menjadi agennya. Nanti pihak ekspedisi akan menjelaskan persyaratan yg dibutuhkan.

Selamat siang saya ingin menjadi agen JNE maupun tiki, di wilayah Kabupaten ngada kecamatan Bajawa. Bagaimana caranya??

Saya punya ruko jl lawu kel kauman. Kec kep.kidul kota blitar.
Saya mau mengajukan bermitra dgn jasa pengiriman. Bisa di bantu ya?

Kmrin saya datangi JNT/jne ternyata tidak bisa. Mereka malah mau lgsg mitra dgn sistem owner utama di kota blitar.

Mungkin ada jasa yg lain yaa

Untuk JNE di Pulau Jawa hampir semua wilayah sudah ada agennya. Untuk kabupaten, mereka sistemnya 1 kelurahan 1 agen. Kecuali untuk kota/area tertentu yang potensi bisnisnya besar, mungkin ada pengecualian.

Untuk JNT sejauh ini memang konsep kemitraannya secara terbatas, baik kuota maupun waktu pembukaannya.

Sebetulnya selain JNE & JNT, masih ada ekspedisi lainnya yg tak kalah menariknya. Misalnya Sicepat yang pola kemitraannya memungkinkan masyarakat bergabung menjadi drop pointnya.
Atau pun Lion Parcel yg masih terbuka bagi masyarakat untuk bermitra. Coba aja cek artikel lain di sini tentang kemitraan SiCepat maupun Lion Parcel.

Selain itu tak kalah menariknya adalah menjadi agen Indah Cargo maupun ILI express yang keduanya masih satu group perusahaan.

Info min untuk wilayah Bandung timur agen expedisi si cepat dan ninja

@Ipuy. Untuk kemitraan Ninja Xpress wilayah Bandung bisa menghubungi kantornya di Jl. Soekarno Hatta No.395, Karasak, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung.
Telepon : 0899-6418-681

Sedangkan untuk kemitraan agen drop off SiCepat Point harus melalui pihak ketiga. cek infonya : https://www.bisniskurir.com/2022/07/4-cara-daftar-mitra-sicepat-point.html

Bisa agent lion parsel buka d tempatku? Propinsi Maluku Utara, Kab.Halmahera Barat, Kec. Sahu Timur

Selama ada kantor cabang/konsolidator Lion Parcel bisa mengajukan permohonan menjadi agen/Pos Lion Parcel. Untuk Kab. Halmahera Barat kantornya di Jl. Stadion, depan Hotel Surya Pagi/Samping Bilga Travel.
Telepon : 082291244706 / 081242262161

Banyak peluang usaha ekspedisi seperti raja ekspedisi master ekspedisi multi ekspefidi dll dgn sistem franchise dan bermitra dgn ekdpedisi jne,jnt,sicepat,ninja ekspres,tiki dll benarkah demikian admin mohon pencerahannya

itu konsep multi kurir, dimana mitra hanya sebagai pengguna platform, bukan agen langsung dari ekspedisi2 yang tergabung dalam platform multi kurir tsb.

bisa kah saya daftar multi fungsi agen untuk bidang jasa kirimin /ekspefisi tolong infonya saya dri lampung

@terrnakjangkrik. Mungkin maksudnya agen Multi Kurir ya. Anda bisa join sebagai mitra BukaSend dari Bukalapak. Cek saja infonya di web ini. Selain bisa melayani 10 jasa pengiriman, daftarnya gratis, juga bisa COD.

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.