-->

Begini Cara Jitu Melamar Kerja Secara Online


Melamar kerja secara online.
Ilustrasi melamar kerja secara online.

Cara Melamar Kerja Secara Online - Di tengah berkembangnya ekonomi Indonesia, banyak investor masuk ke Indonesia dan membuka berbagai lapangan kerja. Hal ini membuat banyak orang mungkin termasuk Anda berminat untuk mencari pekerjaan yang lebih baik. 

Apalagi, saat ini mencari lowongan pekerjaan bisa dibilang mudah semenjak hadirnya internet dan media sosial. Anda pun dengan dengan mudah melamar kerja secara online.


Untuk mendapatkan informasi lowongan kerja yang tersedia secara online, kamu bisa memanfaatkan berbagai portal penyedia layanan info lowongan kerja, salah satunya Karirpad

Dengan melamar pekerjaan secara online, Anda tidak perlu lagi direpotkan dengan mencetak dan mengirim berkas ke berbagai alamat. Kini cukup menggunakan alamat email perusahaan, Anda bisa mengirim berbagai berkas dengan mudah dan cepat.

Namun, ternyata masih banyak orang yang belum paham cara melamar pekerjaan yang baik via online. Nah, agar lamaran Anda diterima, begini cara jitu melamar pekerjaan secara online yang bisa Anda coba.

Pahami Dulu Syarat Yang Ada Di Lowongan
Dalam melamar secara online, Anda perlu memahami persyaratan lowongan yang ada. Jangan sampai ketika Anda sudah mengirim lamaran, ada poin persyaratan yang terlewat atau tidak sesuai. Pasalnya, persyaratan lowongan kerja online antar perusahaan itu berbeda – beda. Maka jika Anda tidak melengkapi semua syarat yang dibutuhkan, tentu lamaran kerja Anda akan ditolak.  Jadi pastikan baca terlebih dahulu lowongan kerja yang Anda cari agar lamaran kerja bisa diterima.

Tulis Lamaran Secara Baik Dan Benar
Meski lamaran dikirim secara online, Anda sebagai pelamar kerja tetap harus menulis surat lamaran secara formal melalui email. Jangan sampai menulis acak-acakan atau menggunakan bahasa yang tidak formal. Anda juga perlu memahami detail lamaran ini ditujukan ke bagian apa dan alamat email yang jelas. Hal ini penting agar perusahaan bisa segera mengetahui email tersebut memang untuk lowongan yang dimaksud.


Baca Juga:


Untuk mendukung surat lamaran, Anda juga perlu melampirkan daftar riwayat hidup dan dokumen lainnya sesuai dengan syarat yang ada di lowongan. Ingat jika dalam lowongan tidak ada dokumen yang dimaksud, jangan menambahkan lampiran – lampiran yang tidak diminta perusahaan. Kalaupun tidak ada syarat atau lampiran yang diminta, Anda cukup melampirkan daftar riwayat hidup dan ijazah saja.

Semua file dan lampiran yang ada, sebaiknya disatukan dalam satu file. Hal ini dimaksudkan agar lamaran online Anda bisa lebih ringan dna mudah diperiksa oleh pihak perusahaan.

Gunakan Foto Terbaru Yang Formal
Beberapa lowongan kerja mungkin akan meminta Anda untuk mengirimkan foto terbaru dalam ukuran tertentu. Gunakan pakaian yang bersifat formal dalam foto. Tidak hanya itu, sesuaikan background foto dengan standar yang ada misal warna merah atau biru. Karena dikirim secara online, Anda bisa menyesuaikan ukuran foto sesuai dengan ketentuan lowongan.

Gunakan Email Dan Nomor Kontak Yang Jelas
Agar perusahaan tertarik dan mudah mengirim email balasan, Anda wajib mengirim email menggunakan alamat email yang jelas. Gunakan alamat email yang tidak terkesan alay atau berlebihan. Alamat email yang jelas dan mudah akan membuka peluang perusahaan melihat lamaran Anda karena menganggap Anda.

Setelah alamat email yang benar, Anda juga perlu memperhatikan nomor kontak yang benar dan jelas dalam lamaran kerja online ini. Pasalnya, perusahaan akan langsung menghubungi Anda melalui nomer tersebut jika lamaran Anda sesuai kriteria.

Cantumkan Judul Subyek Email
Jangan lupa mencantumkan judul atau subyek email secara jelas dan singkat. Jangan sampai Anda mengirimkan email lamaran kerja tanpa memberikan judul yang jelas, hal ini akan membuat pihak HRD mengabaikan atau kesulitan menemukan emailmu. 

Judul atau subyek email bisa dituliskan dengan format : (Posisi/jabatan yang dilamar) - (Nama Lengkap). Misalnya : Supervisor Produksi - Sugeng Dermawan 

Kirim Lamaran Pada Jam Kerja
Agar lamaran Anda terbaca sebaiknya mengirim lamaran via email pada saat jam kerja yakni antara jam 7.00 hingga 10 pagi. Jangan mengirim lamaran pada malam hari, karena mungkin email Anda akan tenggelam oleh puluhan email kandidat lain.

Anda juga bisa mengirim email selepas jam makan siang hingga jam 2 siang. Hal ini karena banyak orang yang menggunakan waktu seusai makan siang untuk memeriksa email. 

Demikian cara jitu melamar kerja secara online, semoga bermanfaat bagi yang sedang merencanakan melamar pekerjaan. 
Loading...

Labels: Karir

Thanks for reading Begini Cara Jitu Melamar Kerja Secara Online. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Begini Cara Jitu Melamar Kerja Secara Online"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.