Cara Tracking Kiriman Paket Dari Luar Negeri Melalui Bea Cukai


Tracking Paket luar negeri - Selain belanja online melalui situs jual beli dalam negeri, saat ini juga marak pembelian barang melalui marketplace dari luar negeri. Dengan adanya  internet dan tersedia aplikasi ponsel, belanja dari luar negeri semakin mudah dan banyak diminati.

Terlebih dengan banyaknya promo gratis ongkos kirim dari ecommerce luar negeri, membuat masyarakat kian antusias untuk mendapatkan barang-barang yang tak tersedia di dalam negeri.
 
Cara tracking paket dari luar negeri.
Tracking paket dari luar negeri (via www.ecargo.in)

Daya tarik harga produk yang cukup terjangkau dan tawaran free ongkir ini, sangat efektif mendorong nafsu berbelanja. Misalnya pengalaman penulis sendiri pernah membeli 2 buah jaket keren dari Tiongkok, ternyata hanya kena ongkos kirim 27 ribu. Itupun dapat potongan 20 ribu, sehingga hanya membayar ongkos kirim 7 ribu saja. Sementara kalau kita coba kirim barang dari Indonesia ke Tiongkok, bisa dipastikan ongkos kirimnya dari lebih 100 ribu.

Seperti halnya pembelian produk secara online di dalam negeri, umumnya pembeli ingin segera menerima barangnya. Namun jika barang yang dinanti tak kunjung tiba, tentunya ada perasaan cemas. Apalagi untuk pembelian online dari luar negeri yang harus melewati pemeriksaan Bea Cukai, wajar jika pembeli merasa was-was barang yang dibelinya tidak lolos sensor, ditambah lagi jika barang kiriman tersebut tak kunjung datang.

Untuk mengurangi kekuatiran bahwa barang yang dibeli dari luar negeri statusnya valid, cara terbaik adalah melakukan pelacakan atau tracking atas resi kiriman tersebut.

Dilansir situs Tirto.co.id, pada saat ini Bea Cukai telah menyediakan fitur tracking untuk melacak sejauh mana proses pengiriman barang dari penjual di luar negeri.

Dengan transparansi tersebut, masyarakat kini bisa dengan tenang mengirim atau menerima barang dari luar negeri.

Dengan adanya kepastian status barang juga bisa mengantisipasi kasus penipuan yang sering dialami penerima barang dengan modus penahanan barang karena ada kekurangan biaya kirim atau lainnya. Buntutnya si oknum penipu akan meminta penerima barang untuk mengirim sejumlah uang ke rekening pribadi penipu yang mengatasnamakan Bea Cukai.

Nah, agar belanja online dari luar negeri lebih aman dan nyaman, berikut cara untuk melacak barang kiriman dari luar negeri melalui situs web resmi Bea Cukai:

Baca Juga:

1. Buka laman www.beacukai.go.id
2. Pilih menu tracking barang kiriman atau bisa juga dengan langsung dengan mengetik atau mengklik laman www.beacukai.go.id/barangkiriman
3. Masukkan nomor tracking atau consigment note atau resi atau airway bill (AWB) pada kolom yang tersedia.
4. Masukkan keycode sesuai dengan yang tertera pada layar
5. Klik submit dan see details untuk melihat sampai di mana proses pengiriman barang.

Pastikan bahwa barang kiriman sudah disiapkan dan dikirimkan datanya secara elektronik pada Sistem Komputer Pelayanan Bea Cukai oleh pihak perusahaan jasa kiriman agar barang dapat dilacak.

Dalam hal ini jika ada tagihan tidak wajar dari pihak-pihak yang mengatasnamakan Bea Cukai, sebaiknya jangan langsung percaya sebelum melakukan tracking dan diketahui status paket secara pasti.

Lacak Lewat Aplikasi


Selain melalui situs web resminya, sejak 2017 lalu Bea Cukai juga meluncurkan aplikasi Mobile Beacukai untuk mempermudah pelacakan barang kiriman dari luar negeri. Melacak barang kiriman luar negeri melalui aplikasi tak jauh beda dengan melacaknya melalui situs web resmi Bea Cukai.

Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi lalu memilih menu Tracking Barang Kiriman. Setelah itu, pengguna harus memasukkan nomor tracking atau consigment note atau resi atau airway bill (AWB) lalu mengeklik submit.

Aplikasi lantas akan melacak dan mengirimkan status pengiriman barang kepada pengguna. Namun, sampai saat ini aplikasi Mobile Beacukai baru hanya dapat diunduh melalui gadget Android saja.

Hasil dari pelacakan, secara garis besar ada tiga hasil status pengiriman yang mungkin diterima oleh pengguna, yaitu Dokumen Diterima untuk Diproses Bea Cukai, Konfirmasi atau Menunggu Kelengkapan Berkas, dan Barang Selesai atau Keluar dari Gudang.

Dokumen Diterima untuk Diproses Bea Cukai mengindikasikan bahwa barang kiriman telah diinput oleh Perusahaan Jasa Titipan (PJT) ke sistem Bea Cukai. Dengan begitu, calon penerima barang sudah bisa melakukan tracking untuk melacak barang tersebut melalui Bea Cukai.

Konfirmasi atau Menunggu Kelengkapan Berkas mengindikasikan bahwa barang kiriman tertahan di Bea Cukai yang berarti barang-barang kiriman harus menjalani pemeriksaan tambahan. Petugas akan memeriksa apakah barang kiriman termasuk barang yang dilarang, dibatasi, atau bebas diimpor.

Selain itu, petugas juga akan mengecek apakah barang kiriman perlu dipungut bea masuk dan pajak impor. Untuk keperluan pemeriksaan, petugas juga mungkin akan meminta data atau dokumen tambahan kepada calon penerima barang terkait barang kiriman tersebut.

Data atau dokumen tersebut adalah invoice pembelian, bukti bayar, link pembelian, dan NPWP. Kelengkapan berkas tersebut dapat dikirim melalui jasa pos atau juga bisa dikirimkan langsung ke kantor Bea Cukai.

Sementara Barang Selesai atau Keluar dari Gudang, mengindikasikan bahwa barang kiriman telah selesai diproses oleh pihak Bea Cukai untuk selanjutnya akan dikirimkan ke alamat penerima.

Nah, dengan melakukan cek resi atau tracking barang kiriman dari luar negeri melalui Bea Cukai ini, pihak pembeli tentunya lebih tenang menanti kedatangan barang impian karena sudah ada kepastian statusnya.
Loading...

Labels: Cek resi, Kurir

Thanks for reading Cara Tracking Kiriman Paket Dari Luar Negeri Melalui Bea Cukai. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Tracking Kiriman Paket Dari Luar Negeri Melalui Bea Cukai"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.