Jenis-jenis Bisnis Pengiriman yang Bisa Dijalankan


Bisnis pengiriman bisa beragam, tergantung dari jenis barang yang dikirimkan dan cakupannya. Bagi yang ingin mengembangkan sebuah bisnis kurir atau pengiriman, maka ada baiknya mempelajari dulu jenis-jenisnya. 


Jenis-jenis bisnis pengiriman
Ilustrasi pengiriman barang (via www.apsfulfillment.com)

Berikut ini jenis-jenis bisnis pengiriman atau kurir yang umum dikenal.

a. Ojek/Antar-Jemput Penumpang

Bisnis ojek bisa dikategorikan sebagai bisnis pengiriman karena mengantarkan penumpang dari suatu tempat ke tempat lainnya. Antar jemput orang memang sedikit berbeda dengan barang. Penumpang biasanya diantarkan dengan sepeda motor satu per satu, berbeda dengan barang yang bisa sekaligus. 

Selain ojek sepeda motor, antar-jemput penumpang bisa dilakukan dengan mobil. Jika menggunakan mobil maka penumpang yang diangkut bisa lebih banyak dengan jarak tempuh yang lebih jauh.

b. Barang Dalam Kota

Pengiriman barang dalam kota (city courier) bisa menjadi peluang bisnis yang bagus karena pesaingnya belum begitu banyak. Barang yang dikirimkan bisa beragam mulai dari makanan, belanjaan, hadiah, dan lain-lain. 


Baca Juga:



Pengiriman barang dalam kota ini bisa lebih berkembang dengan bekerja sama dengan pemilik usaha lainnya, misalnya dengan supermarket dan restoran. Alat pengiriman bisa menggunakan sepeda motor ataupun mobil tergantung dari besaran barang.

c. Barang Antar Kota/Provinsi

Ekspedisi barang antar kota/provinsi perlu memiliki armada angkutan yang memadai. Saat ini sudah terdapat perusahaan-perusahaan seperti JNE, Tiki, Wahana, dan lain-lain yang melakukan bisnis pengiriman barang antar kota/provinsi. Pengiriman barang antar kota ini memang banyak dibutuhkan seperti untuk pengiriman produk online shop, dokumen, dan lain-lain.

d. Barang Antar Negara

Pengiriman barang antar negara bisa dilakukan jika memiliki cabang di luar negeri atau bekerja sama dengan jasa pengiriman barang yang ada di luar negeri. Angkutannya tentu yang bisa menjangkau sampai ke negara lain seperti pesawat terbang dan kapal laut. Biaya untuk mengirim memang jauh lebih mahal karena jarak yang jauh dengan angkutan yang besar.


Bisnis pengiriman barang saat ini memang menjadi salah satu bisnis yang berkembang dengan pesat. Salah satunya karena banyaknya orang yang berjualan secara online dan mengirimkan barang antar kota, atau bahkan sampai ke luar negeri. Jenis bisnis pengiriman yang beragam bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan. 


Loading...

Labels: Bisnis Kurir, Kurir

Thanks for reading Jenis-jenis Bisnis Pengiriman yang Bisa Dijalankan. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Jenis-jenis Bisnis Pengiriman yang Bisa Dijalankan"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.