Aplikasi Jasa Kurir di Android yang Populer dan Terbaik


Layanan online memberikan banyak pilihan jasa, salah satunya jasa kurir. Aplikasi jasa kurir online yang ada di android menjadi pilihan sebagian orang yang ingin lebih praktis dalam mengirimkan barangnya. Memang jika kita mencari di Play Store ada banyak pilihan aplikasi, tapi kita harus memilih yang sudah terpercaya sehingga tidak kecewa. Berikut ini aplikasi kurir di Android yang populer.
1. J&T Express
Aplikasi kurir J&T

J&T Express merupakan salah satu jasa kurir yang sudah cukup luas jangkauannya. Tak hanya di kota besar, jasa kurir ini juga ada di banyak kota kecil di Indonesia. Ada berbagai media yang dapat digunakan untuk memesan jasa pengiriman barang mulai dari website, hotline, dan aplikasi smartphone. Kurir akan datang untuk mengambil barang yang akan dikirim. Pengguna jasa bisa melakukan pelacakan atas barang yang dikirim, serta terdapat asuransi yang dapat menjamin keselamatan barang.
2. Kurir Plus
Aplikasi Kurir Plus
Aplikasi Kurir Plus di Android.

Kurir Plus merupakan layanan pengiriman barang yang tersedia di Jabodetabek. Aplikasi Kurir Plus memberikan kemudahan bagi yang ingin mengirimkan barang di tengah kemacetan ibu kota dan sekitarnya. Tidak perlu repot-repot untuk pergi ke tempat jasa pengiriman, Kurir Plus akan menghampiri barang yang akan dikirim. Layanan Kurir Plus siap sedia selama 24 jam sehingga cocok bagi pengiriman dengan waktu yang tak terduga.
3. Grab (Grab Express)
Aplikasi kurir GrabExpress
Aplikasi kurir GrabExpress

Grab merupakan salah satu perusahaan jasa pengiriman baik orang maupun barang. Melalui layanan Grab Express, kita bisa mengirimkan barang melalui aplikasi Grab. Kurir akan datang untuk mengambil barang dan mengirimkan barang ke alamat yang dituju. Selain barang kita bisa menggunakan aplikasi Grab untuk jenis jasa pengiriman lainnya.
Meski sama-sama menggunakan moda transportasi motor, Gab membedakan antara pengantaran orang dengan barang/paket. GrabBike khusus untuk ojek orang, sedang GrabExpress untuk layanan kurir. 
Layanan kurir Grab menerapkan tarif pengiriman Rp 2.500 per kilometer dengan minimum tarif Rp 12.000. Jadi meskipun jarak pengiriman paket/dokumen hanya 3 km, pengguna Grab akan dikenakan tarif Rp 12.500. Tarif ini berlaku sepanjang hari tanpa membedakan jam sibuk atau jam 

Ukuran paket yang dapat dilayani dengan jasa Grab Express adalah maksimal 5kg atau paket dengan kemasan ukuran 25x32x12 cm.

Selain barang-barang ilegal, GrabExpress tidak menerima pengiriman barang pecah-belah yang tidak dikemas dengan baik.
Setiap paket yang dikirim melalui GrabExpress diasuransikan dengan nilai hingga Rp Rp 2 juta, dengan pengecualian untuk paket tertentu, seperti : kertas, dokumen, ternak, makanan beku, buah-buahan, sayuran (termasuk cengkeh tembakau), aneka kacang, semua jenis minyak kimia, cairan, bahan peledak, barang berbahaya, elektronik (HP, tablet), kupon, barang pecah belah, barang seni / antik.

4. Go-Jek
Layanan Go-Send dalam aplikasi Go-Jek.
Berbagai menu dalam aplikasi Go-Jek, salah satunya Go-Send yang melayani pengiriman paket.

Awalnya Go-Jek memang hanya melayani ojek motor, namun kemudian mengembangkan berbagai jenis layanan lain dengan menggunakan nama yang berbeda. Selain layanan ojek motor yang melayani pengantaran orang yang disebut Go-Ride, Go-Jek juga melayani pengantaran paket.
Paket yang dikirimkan bisa bervariasi dari kecil sampai yang besar. Jika kecil bisa menggunakan Go-Send dengan kendaraan motor, jika besar maka bisa menggunakan Go-Box dengan armada mobil.
Pengguna dapat melakukan pemesanan layanan kurir Go-Send melalui aplikasi Go-Jek di Android maupun iOS. Selain itu layanan Go-Send juga tersedia di beberapa marketplace yang bekerjasama, seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Layanan Go-Send tersedia di 15 kota besar, yaitu: Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Balikpapan, Makassar, Malang, Samarinda, Solo, Manado, dan Batam. Mengklaim sebagai layanan kurir instan, Go-Send kini tidak membatasi jarak tempuh untuk pengiriman paketnya. Semula Go-Send maksimal hanya melayani pengiriman paket dalam jarak 30 km.

Tarif yang dipatok Go-Send untuk pengiriman paket dibedakan antara area Jabodetabek dengan kota lain. Untuk wilayah Jabodetabek, tarif Go-Send flat Rp 8.000 sampai 3,2 km, untuk km selanjutnya Rp 2.500 per km dari km pertama. Sedangkan tarif untuk kota selain Jabodetabek adalah flat Rp 8.000 sampai 4 km, selanjutnya akan dikenakan tarif Rp 2.000 per km dari km pertama.

Paket yang dapat dikirim oleh Go-Send maksimal berukuran 40X40cmX17cm atau berat maksimal paket 7 kg. Lebih dari itu tidak bisa. Ukuran dan berat paket tersebut jelas lebih besar daripada ketentuan pengiriman paket GrabExpress.
Seperti Grab, Go-Send memberikan biaya ganti rugi untuk kehilangan atau kerusakan produk sampai dengan Rp 10 juta. Nominal penggantian berdasarkan struk pembelian dan/atau mengacu kepada nilai wajar harga produk.

Berbeda dengan Grab, layanan kurir oleh Go-Send dilakukan oleh tim pengemudi motor yang sama dengan yang melayani ojek penumpang. Jadi pengemudi Go-Jek  yang sama bisa menerima permintaan ojek maupun kurir barang. 
Selain empat itu, masih ada banyak pilihan jasa kurir lainnya. Aplikasi yang tersebut di atas merupakan aplikasi populer yang cukup terpercaya. Kita tidak perlu repot-repot datang ke tempat pengiriman barang namun kurirnya akan datang ke rumah kita hanya dengan memesan melalui aplikasi jasa kurir yang tersedia di Android.
loading...

Labels: Aplikasi, Kurir

Thanks for reading Aplikasi Jasa Kurir di Android yang Populer dan Terbaik. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Aplikasi Jasa Kurir di Android yang Populer dan Terbaik"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.