Info Lengkap Cara Menjadi Agenpos PT Pos Indonesia


Info Lengkap Cara dan Syarat Menjadi Agenpos - Awalnya kita lebih mengenal Kantor Pos identik sebagai lembaga yang melayani pengirimanan surat/dokumen, bahkan bisa dikatakan Kantor Pos memonopoli bisnis ini. Nyaris tanpa pesaing dari pihak swasta karena UU nya saat itu hanya memberi wewenang pada Kantor Pos yang bisa melayani jasa pengiriman surat. Tak heran pada saat menjelang Lebaran dan Natal, Kantor Pos sangat kewalahan dengan kiriman surat dan kartu ucapan yang dikirim masyarakat, sehingga harus bekerja lembur dan merekrut  tenaga ekstra sekedar untuk mensortir surat/kartu.
Cara dan syarat menjadi Agenpos PT Pos Indonesia.
Agenpos mitra PT Pos Indonesia
Dalam perkembangannya kemudian pihak swasta diberi ruang untuk ikut menjalankan bisnis pengiriman surat  tapi dengan istilah  “Dokumen”. Dari sini kemudian lahirlah TIKI, JNE dan sebagainya sebagai perusahaan jasa pengiriman dokumen dan barang/paket. Berikutnya dengan perkembangan teknologi komunikasi yang melahirkan produk telepon seluler alias HP, terjadi pergeseran pola komunikasi dalam masyarakat , dari budaya kirim surat menjadi budaya berkomunikasi langsung  secara lisan maupun SMS lewat HP. Sejak itu terjadi penurunan drastis kebiasaan berkomunikasi lewat surat di masyarakat, yang belakangan diperparah dengan makin murahnya tarif telepon, sehingga pendapatan Kantor Pos dari surat dan kartu ucapan pun turun drastis.  Bisa dikatakan pengiriman surat lewat Kantor Pos sekarang ini didominasi surat dinas perusahaan atau lembaga pemerintah, sedangkan surat pribadi surat sudah sangat kecil volumenya.

Agar tetap bisa eksis Pos Indonesia akhirnya berubah bentuk menjadi PT Persero pada tahun 2005, dari sebelumnya Perusahaan Umum (Perum) dan mengembangkan layanan jasa lain yang bisa memberi pendapatan signifikan. PT Pos pun lebih membuka diri untuk melakukan kemitraan dengan masyarakat . Maka sejak 2010 lalu,  PT Pos Indonesia (Posindo) telah menawarkan kemitraan  untuk masyarakat , baik perorangan maupun perusahaan, yang berminat berkecimpung dalam bisnis jasa pengantaran barang/paket tersebut sebagai pengelola Agenpos.

Selain ingin berbagi kue bisnis dengan masyarakat sebagai bentuk pemberdayaan sektor ekonomi mikro melalui pengembangan pola kemitraan dalam bisnis, Agenpos sebagai perpanjangan tangan PT Pos, juga merupakan strategi Posindo untuk memperluas jaringan dan pelayanan tanpa membuka kantor cabang yang tentu saja membutuhkan biaya dan sumber daya manusia yang tidak sedikit. Dalam hal ini pihak PT Pos tentu tidak ingin bisnis intinya kian digerogoti oleh pemain swasta yang bertambah banyak dan memiliki jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Agenpos adalah unit pelayanan pos yang dikelola pihak lain (mitra) yang bertindak untuk dan atas nama PT Pos Indonesia (Persero) untuk menyelenggarakan layanan pos sesuai kesepakatan yang berlaku. Pengoperasian Agenpos dapat dipadukan dengan fasilitas layanan milik mitra atau usaha retailer lainnya.

Agenpos adalah konsep pengembangan jaringan melalui kerjasama kemitraan antara PT Pos Indonesia dengan perorangan atau badan usaha dalam rangka memberikan pelayanan pos secara lebih luas kepada masyarakat.

Layanan yang ada di Agenpos sama dengan layanan yang diberikan kantor pos, yaitu Agenpos bisa melayani pengiriman surat, paket dan pembayaran berbagai tagihan yang selama ini sudah bekerja sama dengan kantor pos yang meliputi :
- Jasa pengiriman suratpos dan dokumen melalui POSKILAT KHUSUS, POS EXPRESS, dan EMS (Express Mail Service, untuk kiriman ke luar negeri) serta Ordinary Mail (Suratpos Standar).
- Jasa pengiriman barang melalui PAKETPOS (BIASA dan KILAT KHUSUS) serta kiriman barang ke luar negeri.
- Penjualan Benda Pos (Prangko, Meterai, dan Benda Pos lainnya).
- Penerimaan pembayaran berbagai tagihan (billing), antara lain : Listrik (PLN), telepon, seluler, air minum (PDAM), asuransi, kartu kredit, cicilan motor (FIF, WOM, Adira, dll ...)

Meskipun penawaran kemitraan Agenpos ini sudah berlangsung lama dan banyak diminati oleh masyarakat, namun kenyataannya jumlah Agenpos yang menjadi mitra PT Pos masih relatif sedikit bila dibandingkan jumlah agen paket/kurir dari perusahaan swasta. Hal ini memang cukup membingungkan, apalagi jika dilihat persyaratan untuk menjadi Agenpos relatif sama dengan persyaratan yang dituntut untuk menjadi Agen paket swasta. Bahkan lebih sederhana dan modalnya relatif kecil.

Keuntungan atau kelebihan menjadi Agenpos diantaranya adalah mitra tidak membayar royalty, karena sistemnya bukan waralaba, tapi hanya perlu membayar uang deposit yang nominalnya tergantung dari perputaran bisnisnya. Diperkirakan dengan modal  Rp 5 juta sudah bisa menjadi Agenpos, dan ini dalam bentuk deposit untuk produk jasa keuangan. Padahal untuk menjadi Agen kurir swasta umumnya dikenakan  fee admin/joining fee sekitar Rp 5 juta- Rp 10 juta yang wajib dibayarkan dan sejumlah deposit sebagai jaminan.

Bahkan dibandingkan agen kurir swasta, Agenpos memiliki keunggulan tersendiri, diantaranya : Agenpos memiliki jaringan hingga ke tingkat Kecamatan, dan memiliki produk yang lebih lengkap. Tidak hanya melayani paket/dokumen dengan tujuan domestik, Agenpos juga melayani pengiriman ke luar negeri serta terintegrasi dengan layanan payment (listrik, Telkom dsb), termasuk pengiriman uang. Selain itu dari sisi tarif, ongkos kirim Agenpos juga relatif lebih murah.

Menurut pengamatan penulis, ada beberapa faktor yang menyebabkan keberadaan  Agenpos ini kurang berkembang di masyarakat. Pertama, kurangnya publikasi dan sosialisasi. Kalau Anda membuka situs resmi PT Pos Indonesia, yaitu www.posindonesia.co.id tidak ada informasi apapun tentang Agenpos. Begitu juga kalau Anda sempat ke Kantor Pos, tidak ada brosur atau poster tentang Agenpos. Kedua, ada kesan PT Pos masih setengah hati mengajak masyarakat bermitra menjadi Agenpos. Barangkali masih ada pemikiran di benak pimpinan PT Pos, terutama di daerah bahwa keberadaan Agenpos nantinya bisa menjadi ancaman bagi eksistensi Kantor Pos karena pelayanannya yang lebih baik. Atau justru kuatir jika Agenpos buruk pelayanannya, akan merugikan citra PT Pos sebagai induknya. Wallahualam.

Namun bagi Anda yang memang bersungguh-sungguh ingin menjadi mitra PT Pos, jangan ragu-ragu datang langsung ke Kantor Pos yang terdapat di daerah Anda. Minta waktu untuk menghadap pimpinannya langsung, jangan hanya pada petugas front desk. Sebagai awalan, jelaskan keinginan Anda untuk bermitra sebagai Agenpos dan tanyakan apa saja persyaratan yang dibutuhkan. Jika di Kantor Pos tersebut tersedia formulir pendaftaran Agenpos, Anda akan diberi kelengkapan formulir untuk diisi. Setelah Anda lengkapi formulir pendaftaran Agenpos beserta kelengkapan administratif seperti pas foto Anda selaku pengelola, foto copy KTP, KK, NPWP dan surat keterangan domisili dari Kelurahan. Selanjutnya berkas formulir tersebut anda serahkan kembali ke Kantor Pos dalam sebuah amplop atau map.

Setelah itu pihak PT Pos akan melakukan survei kelayakan ke tempat yang akan Anda gunakan sebagai Agenpos. Jika permohonan Anda disetujui, PT Pos akan menerbitkan persetujuan secara tertulis dan dilakukan perikatan penyelenggaraan Agenpos dalam bentuk Perjanjian Kerjasama Pengelolaan Agenpos. Sebelum Agenpos Anda beroperasi, Anda akan mendapat pelatihan product knowledge dan instalasi pada jaringan komputer yang akan digunakan.

Berikut ini persyaratan menjadi pengelola Agen Pos sesuai yang dikutip dari situs www.agenpos.co.id :
1. Mengajukan permohonan kepada PT.Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Pemeriksa (Kprk) dengan form yang disediakan.
2. Membuat denah lokasi usaha, baik dengan tulis tangan atau di buat dengan google map.
3. Menyertakan surat keterangan usaha dari Desa atau Kelurahan, jika yang sudah mempunyai SIUP, SITU dan Ijin Usaha dilampirkan fotocopynya.
4. Foto 3×4 terbaru
5. Tempat usaha minimal berukuran 3 x 2 m persegi,
6. Menyiapkan peralatan kerja seperti Seperangkan Komputer lengkap, printer Epson LX-300,
7. Modem gsm
8. Akses jaringan dan aplikasi sistem disiapkan PT Pos Indonesia
9. Mendapat persetujuan dari PT Pos Indonesia, dan menandatangani perjanjian.

PERSYARATAN LOKASI AGENPOS
Menurut informasi yang pernah penulis dapatkan, untuk lokasi tempat Agenpos yang diajukan setidaknya berjarak kurang lebih 1 km dari lokasi Kantor Pos setempat. Jika di suatu daerah terdapat lebih dari 1 Agenpos, maka jarak antar Agenpos disyaratkan berjarak radius 250 M. Tetapi hal ini bersifat fleksibel sesuai dengan pertimbangan kondisi di lapangan. Pemilihan lokasi Agenpos yang strategis tentu menjadi poin tersendiri, seperti berada di lokasi dekat sekolah, kawasan bisnis, kawasan sekolah dan kampus, atau perkantoran.

MODAL AGEN POS
Untuk menjadi Agenpos tidak dibutuhkan modal besar. Yang penting sudah memiliki tempat sebagai lokasi Agenpos. Apalagi jika sudah mempunyai sarana seperti meja, komputer, dan printer, maka modal yang dibutuhkan dapat lebih ditekan. PT Pos menawarkan tiga paket AgenPos, yakni agen untuk produk jasa keuangan; agen untuk produk surat dan paket; dan agen gabungan keduanya (jasa keuangan dan surat/paket). Untuk produk jasa keuangan (seperti pembayaran listrik, Telkom), diberlakukan sistem deposit untuk menghindari agen nakal. Besaranya deposit disesuaikan dengan nilai transaksi yang dilakukan Agenpos. Secara normatif modal untuk membuka Agenpos sekitar Rp 5 juta – Rp 10 juta.

PROVISI ATAU BAGI HASIL
Bagi hasil atau komisi yang diterima Agenpos tergantung jenis produk yang terjual dan bersifat progresif, artinya makin banyak/tinggi nilai transaksi yang terjadi pada Agenpos, maka komisi atau fee yang diterima prosentasenya juga meningkat. Gambaran komisi dari tiap produk PT Pos untuk Agenpos bisa lihat dari table di bawah ini, yang penulis peroleh dari salah satu Kantor Pos daerah.  Bisa saja besaran komisi ini berbeda tiap daerah atau sudah mengalami perubahan pada saat ini.

No.
Produk Pos
Dasar Perhitungan Per Hari
Komisi
1
Surat Kilat Khusus dan atau Pos Express (kumulatif)
Sampai dengan 25 pucuk
15%
25 sampai 100 pucuk
17,5%
2
Paketpos Biasa dan Paketpos Kilat Khusus Dalam Negeri (kumulatif)
Sampai dengan 10 koli
15%
Lebih dari 10 koli-50 koli
17,5%
Lebih dari 50 koli
20%
3
Express Mail Service (EMS)
Sampai dengan USD 150
10%
USS 150 sampai USD 300
12,5%
Lebih dari USD 300%
15%
4
Paketpos Biasa dan Paketpos Cepat Luar Negeri (kumulatif)
Sampai dengan USD 150
10%
USS 150 sampai USD 300
12,5%
Lebih dari USD 300%
15%
5
Ordinary Mail (perangko)
Satu lembar atau setiap 50 keping
10%
6
Materai Tempel
Satu lembar atau setiap 100 keping
Rp50,-/
keping

Sedangkan komisi untuk produk jasa keuangan seperti transaksi PLN, PDAM, Telkom, cicilan leasing dan sebagainya berkisar RP 700 –Rp800 /transaksi.

PROSEDUR PENGAJUAN IZIN MENJADI AGEN POS
1. Pemohon (badan usaha/perorangan) mengajukan permohonan tertulis kepada Kantor Pos menggunakan formulir yang telah disediakan di Kantor Pos.
2. Kantor Pos melakukan kajian kelayakan pendirian Agenpos maksimal setelah diterimanya pengajuan permohonan.
3. Berdasarkan hasil kajian kelayakan tersebut, Kantor Pos meneruskan permohonan pendirian Agenpos kepada Kadivre.
4. Berdasarkan permohonan pendirian Agenpos, Kadivre menerbitkan persetujuan atau penolakan secara tertulis.
5. Jika diterima, pihak Kantor Pos setempat segera memproses nopend Agenpos pada kesempatan pertama kepada Bagian Jaringan fisik Kantor Pusat Bandung via email, diteguhkan dengan surat.
6. Pemberian nopend untuk Agenpos oleh Bagian Jaringan fisik kepada bagian Dalsisop (Pengendalian sistem Operasi) dilakukan secara tertulis dan ditembuskan Kprk (Kantor Pos Pemeriksa) dan Divre terkait.
7. Perikatan penyelenggaraan Agenpos dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerjasama Pengelolaan Agenpos.
8. Pelatihan dan persiapan pengoperasian Agenpos.

KELENGKAPAN OPERASIONAL AGENPOS
1. Sarana yang dibutuhkan antara lain : meja-kursi, komputer, printer, mesin timbangan.
2. Aplikasi Agenpos disediakan oleh Kantor Pos. Proses instalasi dapat dilakukan oleh Agenpos atau pihak Kantor Pos.
3. Simcard untuk kepentingan jaringan disediakan oleh pengelola Agenpos.
4. Petugas pelaksana Agenpos mempunyai User ID yang diambil dari nopend.
5. Pelatihan Agenpos dilakukan di tempat lokasi usaha Agenpos.

KEWAJIBAN AGENPOS
1. Mematuhi segala ketentuan dan peraturan yang berlaku dalam penyelenggaraan pelayanan pos.
2. Memasang identitas Pos Indonesia dengan mencantumkan logo Perusahaan sesuai dengan standard yang telah ditetapkan.
3. Membuka rekening Giropos Online (GOL) atau rekening bank yang bekerjasama dengan perusahaan untuk kepentingan rekonsiliasi/settlement dan atau deposit.
4. Memelihara barang inventaris perusahaan.
5. Melayani pelanggan sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk teknik (Juknis) yang berlaku di perusahaan.
6. Melakukan proses inisialisasi pada waktu pertama kali instalasi sistem dan jaringan atau pada saat ada perubahan data base pusat misalnya perubahan tariff, update versi.
7. Membayar biaya paket daya (biaya jaringan dan biaya abonemen) setiap bulan.
8. Melakukan sinkronisasi atas kurs setiap hari yang diterima dari perusahaan cq web Pos Internasional atau dapat diambil dari kurs tengah Bank Indonesia apabila pada hari berjalan tidak diterima informasi kurs dari perusahaan.
9. Penerimaan kiriman dari masyarakat harus sesuai dengan jadwal tutupan pos Kprk penghubung.

HAK AGENPOS
1. Menerima pelatihan dan pembinaan dari perusahaan/Kantor Pos.
2. Menerima dukungan pemasaran termasuk promosi tentang eksistensi Agenpos.
3.Menerima pembayaran potongan harga atas penjualan surat pos, kiriman terbukukan dan penjualan meterai temple.
4. Menerima jadwal tutupan pos, untuk penyesuaian pengiriman kiriman pos dari Agenpos ke Kantor Pos penghubung.
5. Boleh mengadakan perikatan dengan pihak lain untuk kepentingan kiriman pos dengan mengatasnamakan pengelola, bukan atas nama PT Pos Indonesia.
6. Menerima daftar tarif dalam bentuk buku.
7. Up date aplikasi setiap ada perubahan sistem atas aplikasi Agenpos.
8. Menerima jemputan kiriman sesuai dengan jadwal tutupan pos Kprk penghubung.

LARANGAN BAGI PENGELOLA AGENPOS
1. Menjual jasa yang sejenis dengan produk Pos, kecuali produk hasil kerjasama perusahaan (co branding).
2. Menjual perangko dan meterai tempel palsu.
3. Mengembalikan perangko dan meterai tempel yang sudah dibeli.
4. Menerima dan membeli perangko dan meterai tempel dari masyarakat atau pihak lain untuk dijual di Agenpos.
5. Mengalihkan pengelolaan Agenpos kepada pihak lain.
6. Memperjualbelikan izin kepada pihak lain.
7. Memindahkan lokasi Agenpos ke tempat lain kecuali atas persetujuan perusahaan/Kantor Pos.
8. Menggunakan aplikasi lain selain aplikasi I-Pos milik perusahaan/Kantor Pos.
9. Menggunakan Resi lain selain resi yang dikeluarkan perusahaan.
10. Menggunakan dokumen dan nama perusahaan dalam melakukan perikatan/tender dengan pihak lain untuk kepentingan kiriman pos.

TANGGUNGJAWAB PENGELOLA AGENPOS
1. Bertanggungjawab atas Rahasia surat.
2. Keselamatan dan keamanan terhadap uang, kiriman pos, sarana/prasarana yang masih berada pada Agenpos.
3. Kekurangan Porto dan Bea yang tidak terpungut dan tidak tertagih kepada pengirim maupun penerima.
4. Pembayaran ganti rugi akibat kehilangan atau kerusakan kiriman pos baik seluruhnya ataupun sebagian selama masih berada di Agenpos atau kiriman pos yang belum diserahterimakan ke kantor Pos.
5. Penyalahgunaan yang dilakukan oleh petugas pelaksana Agenpos, baik langsung maupun tidak menimbulkan kerugian di Agenpos maupun Kantor Pos.

PROSPEK AGENPOS
Prospek Agenpos cukup bagus karena mengusung brand PT Pos Indonesia yang sudah dikenal di seluruh Indonesia. Tentu saja untuk mendapatkan hasil optimal tidak cukup hanya mengandalkan nama PT Pos Indonesia semata. Tetapi juga harus disertai dengan strategi pemasaran yang inovatif, karena bagaimana pun juga Agenpos harus bersaing dengan bisnis jasa pengiriman swasta yang memiliki agen tersebar di mana-mana.

Agenpos yang sukses bisa mencapai omset puluhan juta rupiah hingga ratusan juta rupiah per bulan. Bahkan salah satu Agenpos berprestasi, Ika Puspita Sari, pengelola Agenpos Cabe Raya, Ciputat, setiap bulannya bisa menjaring omzet sekitar Rp 200 juta. Pada tahun 2012 Agenpos nya mencapai pendapatan Rp 2,5 miliar.
Info bisnis rumahan modal kecil: prospek bisnis agenpos.
Agenpos Cabe Raya, Agenpos terbaik 
Tidak hanya memberi keuntungan bagi dirinya, usaha ini juga membuat Ika bisa memberi penghasilan bagi lima orang karyawan tetapnya, tiga orang petugas loket dan dua orang tenaga administrasi. Ia juga bisa menafkahi 35 orang pegawai lepas yang bertugas mengemas setiap barang yang hendak dikirim. Empat unit mobil boks pun menjadi asetnya sebagai penunjang operasional usaha. Atas kinerja bisnis yang dicapai Ika, agen posnya berhasil menjadi juara pertama dalam pemilihan Agen Pos Terbaik Nasional tahun 2011. 

Demikian info lengkap tentang cara dan persyaratan menjadi Agenpos PT Pos Indonesia, semoga bermanfaat bagi Anda yang berminat untuk menjadi Agenpos.


Updated
Alternatif Pendaftaran Agenpos
Selain pendaftaran agenpos langsung melalui Kantor Pos setempat, Anda juga dapat melakukan pendaftaran melalui Pospay.
Caranya :
- Mengisi formulir pendaftaran agenpos secara lengkap yang dapat Anda download DISINI.
- Lengkapi syarat/lampiran yang dibutuhkan, lalu serahkan berkasnya ke kantor pos Besar di kota Anda tinggal.
- Setelah disetujui/ditandatangani Kepala kantor pos, formulir discan dan dikirim via email ke budy@pospay.web.id
- Pihak Pospay akan membantu sampai layanan Agenpos dapat beroperasi di lokasi Anda.


loading...

Labels: Agenpos, Peluang Usaha, PT Pos

Thanks for reading Info Lengkap Cara Menjadi Agenpos PT Pos Indonesia. Please share this article.

Share:

115 Komentar untuk "Info Lengkap Cara Menjadi Agenpos PT Pos Indonesia"

Pengen sih,tapi modal awal 5jt boooo

modal 5 juta itu buat modal apa untuk registrasi bos tq

Pendaftaran gratis, 5 juta untuk modal sebagai agen, termasuk perlengkapan yang diperlukan.

Ini skrg masih 5jutaan mas?

Silakan dicek langsung ke kantor pos setempat.

ke kantor pos setempat, suruh ketemu bagian survey. saya mau serahkan dokumen2 syarat, mau isi formulir. katanya itu nanti setelah di survei dulu. kaya nya doi minta fulus survey nie :( buktinya sampai skr ndak di survei2. ada yg punya formulir nya, tolong di share please?

Pengen daftar tapi dilokasi yg rame

memang biasanya gitu mas..ngajuin kta aja saya sogok dikit langsung disetujui..he..he..

wah tertarik aku...

apa harus punya NPWP untuk menjadi agen POS?

Untuk kendaraan operasionalnya gmn?itu jadi tanggungjawab kantor pos atau agen

Setahu Admin wajib memiliki NPWP. Jika belum dapat membuatnya terlebih dahulu.

Peran Agenpos hanya menerima paket/dokumen dari masyarakat. Penjemputan dan pengiriman paket/dokumen menjadi tanggungjawab kantor pos.

Tertarik nih. Harus cari lokasi yang strayegis dulu. Trims infinya, lengkap sekali

Unk computer dan peralatan lainnya di sediakan sama kantor pos apa modal sendiri

Komputer & printer pihak agen yg menyediakan. Kantor pos hanya menginstall software.

Apakah Agen Pos bisa melayani Pajak & PNBP ?

Agenpos terintegrasi dg payment point Pospay bisa melayani pembayaran PBB. Kalau pajak yg lain mungkin belum bisa saat ini.

Kapan dimulai pembayaran sebesar 5 jt nya ? Apakah ada biaya2 lain diluar itu ?

Pada saat terjadi akad perjanjian kerjasama. Resminya tidak ada biaya lain. Perlu diketahui biaya tersebut bukan untuk fee joining atau semacam biaya kemitraan tapi untuk kepentingan agen dalam bentuk deposit dan pembelian peralatan yang dibutuhkan (seragam, spanduk, papan nama, dsb). 5 juta itu besaran normatif, bisa kurang atau lebih. Misal agen belum memiliki komputer dan printer, tentu biayanya lebih besar untuk membelinya.

Bgmana klu tempat yg akan di gunakan status nya kontrak

Tidak masalah. Kalau diminta bukti kepemilikan khan bisa ditunjukkan surat kontraknya.

saya sudah mengajukan agenpos sebulan lalu tapi hanya bisa trx ppob saja, katanya pos cabang disuruh menunggu tapi sampai kapan tdk jelas, sementara komisi ppob pos sangat minim dibanding ppob dari pihak lain, trims infonya

Apakah sudah mempunyai Nopend sebagai bukti sudah terdaftar sebagai agenpos resmi? Kalau sudah punya Nopend tapi belum bisa operasional sbg agenpos scr penuh, sebaiknya dicek ke kantorpos Surabaya.

Tertarik nih.. makasih min infonya, dan doakan semoga bisa segera ter realisasi

Bikin tempat dulu dengan segala peralatannnya atau disurvey dulu ( tempat aja) ,baru diiisi perlatannya?

Sebaiknya dipastikan dulu permohonan kita di ACC pihak Pos baru setelah itu menyiapkan perlengkapannya. Kalau peralatan sudah punya spt komputer, printer, meja-kursi, alat tulis dsb kan bisa dimanfaatkan, tinggal melengkapi yang belum ada.

admin kalo saya domisili di lembang untuk pengajuan agen pos nya ke mana??

Hubungi kantor pos setempat.

apakah pendaftaran agen pos ada/harus melalui pihak ke-3 pak ? karena sy menemukan beberapa situs yg berlainan menawarkan kemitraan pos hingga jadi ?
mohon penjelasannya pak

@Syaiful dev. Memang ada pihak ketiga yang diberi hak sebagai perantara. Misalnya Pospay, tapi sebaiknya daftar langsung ke Kantor Pos yang berada di lokasi tempat tinggal Anda. Kalau cara ini mentok baru dicoba lewat perantara. Masalahnya kalau lewat perantara khan ada biayanya.

pendaftaran di jogja 500rb. meliputi biaya materai, instalasi, dll.
krna baru tadi saya mencoba membuka keagenan. baru nanya2 tadi.

10 juta itu estimasinya mungkin, meliputi bikin papan nama, meja dll komputer, print.
karena komputer tdk boleh dikasih aplikasi lain selain aplikasi pos.

belum termasuk sewa lokasi kalau sewa.
tadi saya hitung2 -+ habis 15-20 jutaan termasuk sewa lokasi

ass.....mohon penjelasannya apa bedanya agen pos atas nama perseorangan dengan badan usaha,

Beda dari sisi penanggungjawabnya. Kalau perorangan ya mewakili diri sendiri, sedangkan badan usaha berarti mewakili sebuah perusahaan.

Min,, kalau ada bisa minta tabel fee untuk pospay, dan menurut admin apakah layanan pospaynya cepet? Mohon infonya, trimakasih

Pospay terintegrasi dg Agenpos untuk fitur pembayaran online (PPOB). Sebagai Agenpos otomatis jg menjalankan Pospay. Tapi agen Pospay tidak otomatis menjadi Agenpos. Tabel feenya bisa dilihat di http://www.pospay.web.id/fitur_dan_fee.html

Pendaftarannya apakah bisa di kantor pos kecamatan ?

Heru Setiawan. Daftar di kantor pos terdekat di wilayah Anda.

gimana cara ngomongnya mas admin kalo mau daftar jadi agen pos di perumahan, kalo udh temu sama orang di tempat kantor pos terdekat

Boy Erik. Anda sampaikan saja keinginan untuk menjadi Agenpos dan Anda ingin mengetahui persyaratan apa saja yang dibutuhkan. Basa-basinya kan begitu, meskipun Anda sudah mengetahui gambaran persyaratan menjadi Agenpos.

numpang tanya mas/mbak admin. kalau lokasi/tempat di tengah kampung apa bisa?soal jalan itu akses nganter+jemput anak2 ke sekolah, jalan tembus ke pasar, stasiun dan terminal, mohon balasannya

Supri Nuryadi. Sesuai dengan persyaratan dari pihak PT Pos Indonesia, tidak ada ketentuan tentang larangan membuka agenpos di lokasi tertentu, jadi jika Anda yakin daerah Anda punya potensi yang baik untuk usaha jasa Agenpos dan belum terdapat Agenpos lain dalam radius 1km dari tempat Anda, silakan ajukan permohonan ke kantor pos terdekat di daerah Anda dengan memperhatikan persyaratan yang diminta.

kalau saya buka tidk ada target transaksi perbulan ya pak admin
dan ini juga bisa terima paket barang kan
dn proses pengiriman dijemput pihak pt pos atau qt yg langsung membawa ke pt pos pusat stempat

mohon penjelasan nya terima kasih

Tidak ada target transaksi per bulan untuk agenpos. Selain surat/dokumen, agenpos juga bisa melayani paket barang. Setiap agenpos akan menerima Jadwal Tutupan Pos (N22). Dari paket/dokumen yg diterima agenpos setiap hari, nantinya pihak agenpos akan menyetorkan kiriman ke kantorpos terdekat.

apakah agen pos bisa melayani wesel kirim dan terima?

Agenpos bisa menerima kiriman uang tapi tidak bisa untuk ambil uang. Ambil uang harus di kantor pos.

kalo mau jadi agenpos ...... apakah harus punya mobil?

Tidak harus punya mobil Pak Warno Irfansyah. Jika agenpos berkembang bagus dan menerima banyak kiriman yg tidak memungkinkan bagi agen untuk mengantar kiriman tsb ke Kantorpos, saya kira bisa dinegosiasikan agar pihak Kantorpos yang mengambil kiriman tsb di tempat Agenpos. Mungkin tiap daerah ada kebijakan berbeda soal kiriman ini. Karena sewaktu saya menanyakan soal ini di kantorpos di daerah saya, dijawab bahwa kiriman dari agenpos akan diambil oleh pihak Kantorpos.

terima kasih pak Admin, anda telah sungguh2 menjawab n menejelaskan satu-demi satu pertanyaan kami,,,,jadi kami tidak penasaran dan puas dg jawabannya pak.....saya do'akan selalu sukses pak, tidak seperti yang lainnya yang pernah saya ikuti.... yang bertanya banyak tetapi tidak di jawab2......
sekali lagi terima kasih banyak pak ...

terimakasih banyak bpk/ibu admin atas kesungguhannya menjawab berbagai pertanyaan diatas.... bagi sy yg mengikuti komentar" dan jawaban admin menjadi paham tanpa perlu ikut bertanya... sekali lagi terimakasih banyak atas kesungguhannya ... smoga selalu sukses untuk bpk/ibu admin dan kita semua... amiinn

Maaf saya ingin bertanya, untuk yang menjadi pegawai diberikan dri pihak poss atau dri kita sndiri sebagai pengelola agen pos
Terima kasih

Untuk petugas Agenpos menjadi tanggungjawab pihak pengelola Agenpos.

Sore pak..
bgmn langkah awal saya jk akan bermitra dgn kantor pos?
apakah harus sewa tempat dulu lalu dilanjutkan aplikasi kemitraan atau sy harus mengajukan aplikasi dulu baru sewa ruang usaha??
trims

Mas Arief Isfian. Paling tidak Anda sudah punya gambaran tempat yg akan digunakan sbg calon kantor Agenpos (artinya tempat yg akan disewa ada dan sudah ada nego awal dg pemiliknya). Karena jika Anda mengajukan permohonan Agenpos dan ditanya lokasinya dimana, Anda menjawab masih akan mencari, kemungkinan akan ditolak.

Admin, mau tanya utk jadi agen pos karyawan min brp orang? Apakah harus punya motor? Thanks

Tentu saja minimal 1 orang, tetapi sebaiknya Anda sebagai pengelola terjun sendiri sekaligus belajar seluk beluk bisnis Agenpos ini. Jangan langsung diserahkan orang lain yg melayani konsumen. Setelah makin berkembang dan memiliki pelanggan cukup banyak, Anda bisa mulai merekrut karyawan 1-2 orang, tergantung kebutuhan. Kenapa Saya menyarankan Anda terjun sendiri? Karena sebagai pengelola/pemilik agenpos, Anda harus mengerti dan menguasai tehnis operasional agenpos sekaligus punya pengalaman tentang bisnis ini. Sehingga ketika nantinya pegawai Anda resign, Anda tidak kesulitan mentraining pegawai baru.

Tentang motor, saya tidak tahu maksudnya untuk apa.

Min,
ijin share pendaftaran y
Untuk pendafataran Agenpos gratis, silahkan hubungi 021-3865122 atau www.pospayindonesia.com.
Terima kasih

pak, kalau untuk meja apakah harus standar seperti di pos? karena saya sedang proses disampaikan bahwa untuk meja harus sesuai standar loket di kantor pos besar. Terimakasih atas sharingnya

Ya, harus mengikuti standar yang ditetapkan KantorPos, termasuk warna mejanya harus seragam. Bagaimanapun Agenpos adalah perpanjangan dari PT Pos Indonesia. Dengan bentuk interior yang seragam justru menguatkan posisi Agenpos di mata masyarakat.

Pak Admin jika saya mendaftar menjadi agen Pos apakah saya ( Agen) dibawah naungan Main Agen atau POS terdekat.

Tentu saja dibawah kantor Pos di kota Anda.

Maaf mau tanya,insya allah saya tertarik.kalau dijalankan 2 orang apa bisa ya.soalnya status saya masih karyawan di perbankan.terima kasih,

Maksudnya Anda join dengan seorang teman mengajukan jd Agenpos? Kalau atas nama lebih dari satu orang berarti bukan perorangan tapi berbadan hukum, seperti PT atau Koperasi. Lepas bisa atau tidaknya, suatu usaha yang dikelola bersama tanpa dasar hukum menurut saya kira sangat beresiko menimbulkan pertikaian ketika nantinya usaha sudah berkembang.

Kenapa dibawah tulisan "Formulir Pendaftaran AgenPos"
Tertulis ;
MAIN Agen : Handaru Pratama Mandiri

Ituuu maksudnya apa dan kenapa ya Min??

Itu berarti Anda mendaftar Agenpos melalui main agen yang ditunjuk oleh PT Posindo. Selain langsung daftar ke Kantor Pos, masyarakat juga bisa mendaftar menjadi Agenpos melalui main agen, salah satunya adalah Handarau Pratama Mandiri.

Malam min,mau tanya nih,kan di syaratnya di tulis melengkapi surat keterangan usaha,nah yg ingin saya tanyakan cara buatnya gmna?kan saya belum ada usaha,baru mau membuka usaha agen pos.itu bagaimana min mengurusnya?thanks

Surat keterangan usaha atau biasanya juga disebut Surat keterangan domisili usaha dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kelurahan setempat yg isinya menyatakan bahwa Anda (akan) mempunyai usaha Anu yg lokasinya berada di jalan Anu.

Oke pak thanks,saya kan ktp depok nah rencana mau buka usaha di bojonggede kab.bogor,nah itu gmna pak,surat keterangan usahanya yg keluarin kelurahan dari alamat saya atau kelurahan dari bojonggede bogor(lokasi rencana usaha)

Tentu saja surat keterangan usaha dari kelurahan di lokasi usaha Anda.

Kira2 pendaftaran agen pos ini berlaku untk semua cabang kantor pos dikab kota nggak..krna kan tdk dipublikasikan, saya aja baru tau sekarang pdhl lw saya simak dr atas sdh dr tahun 2011 adax penddaftaran agen pos...sementara ditempat saya ga ada kedengaran informasinya

Pendaftaran agenpos berlaku untuk seluruh Indonesia. Memang pada awalnya pihak kantorpos daerah terkesan masih setengah hati mempublikasikan tentang kemitraan Agenpos ini. Mungkin juga hal ini terkait dg kesiapan SDM setiap daerah. Namun saat ini mereka sudah lebih terbuka, buktinya mereka menunjukkan Main agen untuk menerima pendaftaran Agenpos.

Mau tanya, jam kerja dan jam buka operasional layanan bgaiman ya? Buat estimasi sdm.. thengkyu

Jam operasional Agenpos tergantung masing-masing, tidak harus mengikuti Kantorpos, bahkan bisa buka lebih awal dan tutup lebih lama. Yang harus mengikuti jadwal Kantorpos setempat adalah Jadwal Tutupan Pos, yaitu agar paket/dokumen yg diterima agenpos bisa diproses pd hari yg sama.

Tadi sy sudah ke kantor pos dan menemui pihak cust servicenya,disitu disebutkan bahwa utk biaya pendaftarannya 500rb,dan katanya untuk meja ga perlu sama warnanya dgn kantor pos.
Trus sy dikirimin formulir pendaftarannya via email,tp formulirnya sama persis dgn yg ada di web pospay cuma nama main agennya masih kosong..apakah itu berarti nantinya sy jadi agen pospay yg dibawah naungan main agen dan bukan agen pos yg langsung dibawah naungan kantor pos?

Permisi, apakah untuk mnjadi Agenpos tempat yg dgunakan hanya fokus di Agenpos saja? Apakah bisa digabungkan dengan usaha lain spt toko pakaian join dg agenpos atau toko serba ada join dg agen pos dalam 1 tempat yg sama?

Apa printer yg bisa digunakan hanya dotmatrix ?

Setahu saya untuk agenpos tidak boleh digabung dg usaha lain. Tapi untuk kepastiannya sebaiknya Anda tanyakan langsung pada pihak kantorpos.

Standar dr pihak pos menggunakan printer dot matrix. Lagipula lebih efisien dan awet.

Biasanya formulir pendaftaran agenpos disediakan pihak pos, bkn dikirim via email.
Pospay beda dg Agenpos. Pospay hanya melayani transaksi keuangan (PPOB), tidak termasuk paket/dokumen. Jadi jgn salah.

Saya sudah mendaftar jadi agen pos di kota Kediri, jawa Timur, nunggu survey laaaammaaa sekali, Sudah berusaha menghubungi manajer pemasarannya di ktr pos besar Kediri tp selalu ada pegawai ibu2 yg mencegat bhw sedang sibuk dsb... niat hati ingin memajukan pos indonesia sekaligus mensejahterakan klg tp apadaya oknum PT Pos masih belum mengerti pelayanan prima. terimakasih PT Pos...

Sangat disayangkan kalau ada oknum pegawai semacam itu. Sebaiknya Anda langsung bicara dengan kepala kantor posnya, kalau lewat manajernya dipersulit.

berapa lama survey dari kantor pos cabang dan surat ijin resmi dari kantor pos pusat keluar. pak?kemaren udah di survey dan di suruh renofasi veneu / lokasi. tapi kok agak lama ya? accnya.terimakasih

Soal waktu relatif ya. Kalau sudah disurvei dan diminta renovasi mestinya itu sudah lampu kuning. Setelah renovasi selesai Anda laporkan lagi hasilnya agar segera ditindaklanjuti. Jangan menunggu dengan pasif.

apakah penambahan biaya administrasi oleh Agen pada tingkat kewajaran sebesar Rp 1.000,- s.d Rp 2.000,- masih dapat diijinkan sepanjang konsumen agen pos tidak merasa keberatan ?

Sebaiknya Anda konsultasikan hal tsb pada pihak Kantor Pos setempat. Setahu saya hal tersebut tidak diperbolehkan. Menurut saya, cara terbaik meningkatkan omset (yg pada gilirannya meningkatkan fee yg diterima) adalah dg cara memberikan pelayanan terbaik pada konsumen. Bukan menambah beban biaya dg alasan ini-itu.

Kalo domisili saya di Surabaya trus saya ingin buka di luar kota yg masih di jatim apa boleh

Saya tidak tahu apakah pengelola Agenpos harus berdomisili di wilayah yang sama dg lokasi kantor, tapi lepas dari itu kalau Anda ingin membuka diluar kota harus diperhitungkan kelayakannya secara bisnis. Kenapa tidak membuka agenpos di wilayah Anda sendiri lalu memaksimalkan potensinya?

Berapa lama menunggu surat balasan dari bandung?

Di tempat saya dikelilingi 11 Sentral Pemukiman/Desa bekas transmigrasi perkebunan kelapa sawit & tempat saya pas berada di persimpangan jalur trans propinsi dan pemukiman dan perusahaan pengolahan pabrik kelapa sawit dibelakan lokasi perumahan pasar di depan rumah halte bis antar propinsi menurut penilaian Bapak kira2 mungkinkah bisa di tanggapi oleh pihak kantor pos karna sebelumnya saya agen BRILink & Usaha Fotocopy, yang saya ragukan agen kantor pos dengan agen BRIlink syitem kerjanya hampir sama, namun tuk aplikasi pembayaran leasing masih banyak blum ada di BRILink dan ada di agen pos/pospay, dan perlu saya sampaikan jarak antara kantor pos ketempat saya berjarak sekitar 60km dan belum ada agen kantor pos, terimah kasih mudahan ada konfirmasi baliknya tuk jadi acuan pengajuan agen

Setahu saya perijinan Agenpos cukup diputuskan oleh kantor pos besar di Kabupaten.

Tentu harus diajukan dulu unt memastikan bisa tidaknya. Tapi sebagai pertimbangan Anda, dg jarak lokasi Anda dg kantor pos 60km, rasanya tidak mungkin bagi kantor pos setiap hari mengambil paket ke tempat Anda. Kecuali Anda yg sanggup mengantarkan paket kiriman ke kantorpos! Kedua, soal BRILink. Selain ada unsur kesamaan pd bbrp fitur layanan dg Agenpos, jg masalah 1 lokasi digunakan unt 2 jenis usaha, sepertinya tidak diijinkan oleh pihak Kantorpos. Jd ada 2 masalah. Sebagai alternatif, mungkin Anda bisa memaksimalkan BRILink dg Pospay yg jg produk PT Pos Indonesia. Ini jauh lbh mudah krn jasa keuangan tdk memerlukan sarana pengangkutan, tp cukup dg internet.

Saya sudah jadi agen pos melalui PT. Prima Teknis Nusantara, namun masih sebatas melayani pembayaran saja (PLN, TELKOM, MULTI FINANCE, dll.). Bagaimana caranya agar bisa melakukan jasa pengiriman dan jasa yang lain dapat saya lakukan?

Sebaiknya Anda menghubungi pihak kantor pos setempat untuk konsultasi masalah ini. Jika pun tidak bisa karena faktor tertentu, Anda masih bisa menjadi agen jasa pengiriman swasta yang pilihannya sangat banyak.

Apa bisa di jadikan bisnis sampingan???

admin nanyak. klo kita sudah jadi agen pos. bukti legal apa yg kita pegang sebagai agen pos. apa berupa surat ke agenan atau yg lain. terimakasih.

sy,sdh 1bln ini mengajukan jd agen pos wil menanggal sby ke ktr pos kebonrojo sby,smpek skr blom ada konfirmasi dr pihak ktr pos kebonrojo,2kali sy ke ktr pos utk konfirmasi,pihak ktr pos blom bs putusi katanya nunggu acc ktr pos pusat bandung,mhn penjelasannya tks

Surat penunjukan sbg agenpos.

Bisnis sampingan dalam arti digabung dengan usaha lain dalam satu lokasi atau dalam arti bisnis lain dari yg sudah ada (misal karyawan yg buka agenpos sebagai bisnis sampingan)? Kalau yg pertama, setahu saya agenpos tidak boleh dicampur dg usaha lain, tapi jika hanya melayani pembayaran spt ppob (Pospay), saya kira tidak masalah.

Sebaiknya terus ditanyakan ke kantorposnya, setidaknya seminggu sekali, bagaimana perkembangannya pengajuan Anda. Ini akan jadi pertimbangan tentang keseriusan Anda. Setahu saya persetujuan menjadi agenpos menjadi wewenang pihak kantorpos setempat.

Admin
Mau tanya
Untuk main agen pospay mana yg langsung dibawah naungan kantor pos?

Setahu saya ada beberapa main agen PT Pos Indonesia dalam pengelolaan agen Pospay, diantaranya PT Prima Teknis Nusantara, PT Handaru Pratama Mandiri, dan PT Ara Infra Indo.

bang admin kalau hanya join untuk jadi agen pulsa bisa gak y

Tentu bisa, tapi kalau Anda hanya fokus jual pulsa saya kira lebih baik join dengan distributor khusus pulsa. Dari segi harga tentu lebih murah.

ass bang admin, maap sy dah jadi agen pos jl 4 bln, tapi selama ini belum pernah ada pelatihan atw kunjungan ke tempat sy, jadi klo ada masalah paling telp, sy hanya baru bisa melyani pembayaran2 aja, sedangkan kiriman paket atau skiriman surat belum, gimana supaya bisa melayani kiriman paket dan yg lainnya seperti layaknya kantor pos? lokasi sy di ds. wanakerta Subang dekat kawasan industri jl. Purwadadi, klo sy telp ke Orang pos kadang ga diangkat, mungkin sibuk, mksh sebelumnya

Saran saya sebaiknya Anda sempatkan waktu datang langsung ke Kantor Pos Subang dan menanyakan persoalan Anda. Jika Anda sudah menerima surat penunjukkan sebagai agenpos seharusnya Anda berhak menjalankan semua jenis layanan yg dimiliki agenpos.

Sebenernya nggak perlu susah cek tagihan listrik sekarang banyak kok loket online

min, mau tanya selain kantor post kan ada katanya pt prim ateknis nusantara sebagai main agent pos. apa bedanya dengan jadi agent post langsung ? apa bener ada yng namannya main agent ?

Setahu saya yg dimaksud main agenpos adalah perusahaan yg ditunjuk PT Posindo untuk mengembangkan keagenan Pos, bukan perorangan.

admin mo tanya knp kiriman kilat khusus dgn paket biasa selisih tarifnya sangat jauh, sehingga sehingga selidih yg signifikan ini dimanfaatkan oleh pihak perusahaan kurir swasta dlm menentukan tarif di bawah tarif pos. di wilayah kami banyak bisnis online mereka kirim paket kilat slalu melalui JNE atau TIKI dan sisanya paket biasa dikirim melalui kantor POS,pernah sy bertanya knp tdk kirim melalui kantor POS jawaban kiriman kilat JNE, TIKI lebih murah. Saya pikir ini perlu menjadi perhatian bapak-bapak Pimpinan PT POS INDONESIA agar dapat bersaing. satu lagi fee untuk paket biasa knp beda? Terimakasih.

Soal ongkir itu kan sudah ditetapkan masing-masing perusahaan, begitu juga fee yang diterima oleh agen. Khususnya untuk yang sistemnya sudah menerapkan resi yang dicetak secara online, tidak mungkin bisa mengubah ongkir yang sudah fix. Yang bisa dilakukan agen adalah memberikan diskon tertentu pada pelanggan setianya. Karena saat ini persaingan antar perusahaan jasa pengiriman sangat ketat, beberapa agen yang tidak ingin kehilangan pelanggannya, memberikan diskon untuk pelanggan yg jualan online.

Ongkir jasa pengiriman swasta lebih murah dari Pos, menurut saya tidak juga. Untuk berat paket sampai 1kg mungkin iya, karena paket Pos hanya menyediakan opsi Kilat Khusus. Namun untuk berat paket 2kg an, ongkir pos biasa lebih murah dari jasa pengiriman swasta secara umum.

jujur...saya tidak bangga lagi pakai pospay...karena saya juga tidak bisa bersaing membawa branding pos indonesia...gimana saya mau saya mau bersaing dengan ppob selain pospay...kalau dalam satu gang saja ada 3 loket pospay...aturan jarak..sudah tidak di taati lagi...bisa diliat...transaksi agen pos mengalami penurunan.

kembangkan aplikasi pospay android min

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.