-->

Trukita, Marketplace Logistik Truk Yang Fokus Garap Segmen B2B


Trukita, marketplace logistik trucking (via @truckitacom)


Menurut data Aptrindo, yaitu Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia, terdapat sekitar 6,5 juta truk di seluruh Indonesia yang terdaftar didalam asosiasi tersebut sampai 2019 lalu.

Secara kuantitas jumlah truk tersebut cukup banyak, namun masalahnya masih banyak perusahaan penyedia jasa truk yang belum bisa mengoptimalkan utilisasi dari truk yang mereka miliki lantaran masih terbatasnya akses informasi perusahaan yang membutuhkan jasa logistik mereka.


Disisi lain, permasalahan yang dihadapi banyak perusahaan di Indonesia adalah kesulitan dalam mendapatkan jasa logistik dengan harga yang transparan, waktu pengiriman yang relatif singkat, dan kualitas layanan truk yang memadai.


Padahal, proses logistik merupakan bagian fundamental dari keberlangsungan bisnis suatu perusahaan.


Berangkat dari masalah tersebut, Ady Bangun (Founder dan CEO, Trukita) bersama dengan ketiga rekannya sepakat untuk membangun startup di bidang logistik bernama Trukita dan resmi beroperasi sejak Juni 2018.


Pada dasarnya, Trukita merupakan marketplace trucking Indonesia yang melayani pengiriman muatan/barang dengan layanan menggunakan truk.



Trukita beri solusi keterbatasan layanan di bidang logistik angkutan darat. Menurut penuturan Ady, Trukita merupakan sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang logistik angkutan darat, terutama kargo dan truk. 


Trukita memiliki dua konsep model bisnis, yaitu marketplace dan teknologi. 


Untuk konsep martketplace, Trukita mempertemukan UKM maupun perusahaan-perusahaan besar dengan perusahaan trucking.


Memiliki fokus di Business to Business (B2B), startup Trukita memiliki konsep yang berbeda dengan marketplace trucking pada umumnya.


“Kami konsepnya manage marketplace. Jadi, kami tidak selesai di level me-matching pengirim barang dan penyedia truk saja. Semua proses mulai dari me-manage pengiriman, memonitor pengiriman, sampai proses pembayaran ada di platform kami. Boleh dikatakan platform kami hadir sebagai end-to-end solution,”ucap Ady seperti dilansir situs Infokomputer.


Sedangkan untuk teknologi, Trukita menyediakan dashboard untuk tiga pihak. Pertama adalah customer agar dapat mengetahui semua status pengiriman. Kedua, trucking company agar mengetahui jumlah armada, supir, dan pengiriman. Terakhir, aplikasi untuk supir menerima order, sebagai GPS, dan track status setiap pengiriman melalui Trukita.


Shipper dan Transporter


Di dalam platform Trukita, terdapat dua istilah yaitu Shipper (pihak pengirim) dan Transporter (penyedia angkutan).



Baca Juga:


Platform Trukita memastikan kedua pihak tersebut dapat bertemu. Dari sisi Transporter dapat menyediakan kualitas layanan terbaik, dan dari sisi Shipper bisa mendapatkan kualitas layanan terbaik.


Mengenai sistem kerjanya sendiri, Trukita menyediakan aplikasi untuk Transporter yang dapat diunduh melalui Play Store.


Aktivitas utama yang bisa dilakukan Transporter melalui aplikasi ini yaitu dapat melihat dan menerima order.


Kemudian, dalam aplikasi juga terdapat transport management system di mana setiap Transporter dapat memasukkan semua informasi tentang armada truk yang mereka miliki.


Dengan sistem ini, nantinya akan memudahkan pihak Trukita untuk memberikan order kepada Transporter yang tepat, yang memiliki kapabilitas truk yang sesuai dengan orderan tersebut.


Selain tu, ada keuntungan lain bagi Transporter yang ditawarkan platform ini, di mana pembayaran dari setiap orderan akan dilakukan dalam waktu yang relatif singkat setelah pengiriman selesai dilakukan. 


Saat ini, terdapat sekitar 260 transporter yang sudah bergabung ke platform Trukita dengan total truk yang mencapai lebih dari 2.000 truk.


Trukita sendiri memfokuskan layanan mereka dengan menyediakan truk dengan jenis Heavy Medium Truck dan Medium Duty Truck. Diantaranya Trailer 20”, Trailer 40”, Pick up, Blindvan, CDE, CDD, Fuso, Tronton, Wingbox, Built Up (Truck Box).



Sedangkan untuk para Shipper atau pengirim yang membutuhkan trucking untuk kebutuhan aktifitas transportasi dan distribusi, bisa menghubungi Trukita lewat website dan email. Ada tim yang akan menindaklanjuti untuk menggali lebih dalam tentang kebutuhan trucking shipper tersebut.


Untuk melakukan pemesanan trucking, Trukita menyediakan dashbor khusus untuk shipper.


Di dasbor, Shipper dapat melakukan pemesanan dengan cara memasukkan informasi lengkap mengenai Delivery Order (DO).


Setiap kali ada Shipper yang memasukkan order, algoritme Trukita akan memastikan bahwa order tersebut ditujukan pada transporter-transporter yang memiliki kapabilitas truk yang tepat. Selanjutnya,  Shipper dapat memilih diantara angkutan yang tersedia.


Ada sekitar 15 perusahaan/klien pengguna jasa Trukita, di mana enam di antaranya dikategorikan sebagai perusahaan besar yaitu APL Logistics, Samudera Indonesia, Grandtex, Auto Logistik, SB Logistik, dan PT Autoaccindo Jaya.


Selain itu, Shipper juga dapat mengetahui secara detail kondisi dari setiap unit truk yang melakukan pengiriman, sekaligus mengecek posisi unit yang ada melalui bantuan GPS yang telah disediakan di masing-masing unit truk.


Dengan begitu, Shipper bisa mengetahui informasi truk yang mengirimkan barang mereka secara real-time. 


Sejak awal beroperasi hingga kini, jumlah transaksi yang sudah diselesaikan Trukita berjumlah lebih dari 1.200 transaksi, dengsan pertumbuhan bisnis hingga 50-60% month on month.


Sedangkan, mengenai jangkauan wilayah Trukita sudah melayani pengiriman barang di beberapa wilayah di Indonesia saja seperti pulau Jawa, Sumatera, dan Bali. Kedepan, tentu saja wilayah cakupan layanan Trukita akan terus berkembang.


Trukita - Indonesia's Trucking Marketplace


Website : https://trukita.com
Customer Support : support@trukita.com
Telepon : 0812-9090-8484

Just Co - AIA Central (lt. 31)
Jl. Jend. Sudirman No. Kav 48A, RT.5/RW.4, Karet Semanggi, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12930

Loading...

Labels: Jasa Pengiriman, Trukita

Thanks for reading Trukita, Marketplace Logistik Truk Yang Fokus Garap Segmen B2B. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Trukita, Marketplace Logistik Truk Yang Fokus Garap Segmen B2B"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.