-->

Yuk Join Bisnis Kemitraan SPBU Mini Pertashop Milik Pertamina. Cekidot Persyaratan Dan Prosedur Pendiriannya


Cara mendirikan SPBU mini Pertashop Pertamina
Peluang bisnis kemitraan SPBU Mini Pertashop resmi dari Pertamina via https://www.instagram.com/djawanewscom



Mau usaha BBM milik Pertamina? Sekarang ada solusinya. Selama ini bisnis penjualan bahan bakar minyak eceran di pinggir-pinggir jalan dikenal dengan istilah Pertamini, pelesetan dari Pertamina.

Sekarang ada Pertashop, program kemitraan bisnis berupa SPBU mini dari Pertamina. Berbeda dengan Pertamini yang bukan rekanan resmi Pertamina, Pertashop merupakan unit bisnis baru Pertamina yang diawasi langsung oleh BUMN tersebut, sehingga menjamin kualitas dan ketersediaan stok bahan bakarnya.


Pertamina Shop juga memiliki keunggulan lain, yaitu lebih tahan dari ancaman kebakaran maupun ledakan. Keunggulan Pertashop ini berkat hasil inovasi bersama antara PT Pindad Enjiniring Indonesia (PEI) – anak perusahaan PT Pindad (Persero) – dengan PT Pertamina Retail – anak usaha PT Pertamina (Persero).


Apa Itu Pertashop Pertamina ?


Pertashop atau Pertamina Shop adalah lembaga penyalur resmi Pertamina dengan skala kecil untuk melayani kebutuhan BBM Non Subsidi, LPG Non Subsidi dan juga produk ritel Pertamina lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur resmi.


Untuk mendukung pelaku usaha dan UMKM di Indonesia, Pertamina membuka peluang kerja sama bisnis Pertashop hingga ke kawasan pedesaan.


Program kemitraan Pertashop Pertamina ini terbuka untuk koperasi dan UKM yang sudah berbadan hukum CV atau PT di seluruh Indonesia.


SPBU mini atau Pertashop ini dihadirkan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat yang belum terdapat SPBU yang memadai. Pertashop hadir untuk mengakomodir lokasi dengan potensi omzet belum layak untuk dibangun SPBU, dan ketentuan lain yang lebih sederhana dibanding SPBU.


Bukan hanya untuk pemerataan distribusi BBM saja, pengembangan Pertashop di berbagai daerah juga diharapkan bisa mendorong tumbuhnya pusat ekonomi baru di pedesaan.


Sehingga pada akhirnya dapat memaksimalkan potensi desa, meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.


Program Pertashop merupakan tindak lanjut Nota Kesepahaman Kementerian Dalam Negeri dengan Pertamina Persero tanggal 18 Februari 2020 tentang Dukungan Pemerintah dan Masyarakat Desa dalam Peningkatan dan Pengembangan Program Pertashop di Desa.


Hal ini dimaksudkan untuk mendukung pemenuhan BBM didesa terutama di 3.827 kecamatan atau 53% Kecamatan di Indonesia yg belum terjangkau akses SPBU dengan memanfaatan aset desa.


Pada tahap awal sebagai crash program, akan diluncurkan pembangunan pertashop di 418 titik yang pembangunan fasilitas dan manajerial pengelolaan akan dilakukan oleh Pertamina.


Meskipun terbuka untuk umum, Pertamina akan memprioritaskan lembaga desa, termasuk melalui BUMDes, sebagai pengelola Pertashop. Hal ini sejalan dengan Program Pertamina One Village One Outlet sehingga nantinya pemerintahan desa memiliki pusat ekonomi baru.


Berminat menjalin kemitraan bisnis SPBU mini resmi Pertashop dari Pertamina ?


Berikut ini informasi lengkap tentang apa saja dan bagaimana persyaratan dan cara mendirikan SPBU Mini Pertashop Pertamina.


Persyaratan dan prosedur pendirian Pertashop Pertamina
Pertashop, SPBU mini resmi dari Pertamina via https://www.instagram.com/ptpertaminapatraniaga


Siapa Yang Bisa Mendirikan Pertashop Pertamina



Kriteria Mitra PERTASHOP

- Memiliki legalitas usaha berbentuk Badan Usaha dan atau Badan Hukum (CV, Koperasi, PT)
- Memiliki kelengkapan dokumen legalitas berupa KTP, NPWP, Akta Perusahaan.
- Memiliki atau menguasai lahan untuk pengoperasian Pertashop.
- Mendapatkan rekomendasi dari Kepala Desa.

sumber : Kemitraan.Pertamina.com

Kriteria Lokasi PERTASHOP

- Aksesibilitas desa (akses mobil tangki, akses pengiriman modular) 
- Ketersediaan jaringan listrik
- Lokasi yang akan dibangun Pertashop memiliki potensi omzet yang baik secara keekonomian
- Evaluasi kelayakan Pertashop akan dilakukan oleh PT Pertamina.

sumber : Kemitraan.Pertamina.com


Modal Pendirian Pertashop Pertamina


Untuk bergabung dengan program kemitraan Pertashop memang dibutuhkan modal yang tidak bisa dibilang kecil. Setidaknya dibutuhkan modal investasi sekitar 300 juta an.

Pertashop sendiri memiliki tiga tingkatan modal, syarat dan keuntungan yang berbeda.


Ketiga tingkatan tersebut adalah pertashop Gold, Platinum dan Diamond.


Kategori Pertashop Pertamina


Pertashop kategori gold dengan investasi sebesar Rp 300 juta, bisa menyalurkan 400 liter per hari dengan tangki penyimpanan 3 kilo liter (KL) (portable). Luasan lahan yang dibutuhkan 144 meter persegi dan sesuai untuk desa atau kecamatan yang berjarak lebih dari 5 km dari SPBU atau sesuai hasil survei. Produknya yang dijual yaitu Pertamax, LPG 12 kg, bright gas, dan pelumas.

Potensi keuntungan bersih yang didapat dari Pertashop kategori gold sekitar Rp 3,5 juta hingga Rp 7,5 juta per bulan.


Baca Juga:


Pertashop kategori platinum dengan investasi Rp 500 juta, bisa menyalurkan 1.000 liter per hari dengan tangki penyimpanan 10 KL (pendam). Luasan lahan yang dibutuhkan 200 meter persegi (lebar muka minimal 20 meter) dan sesuai untuk kecamatan yang belum terdapat SPBU atau sesuai hasil survei. Produk yang dijual sama dengan kategori gold ditambah produk UMKM dan outlet pulsa.


Keuntungan bersih yang didapat dari Pertashop kategori platinum sekitar Rp 4,75 juta hingga Rp 12,5 juta.


Pertashop kategori diamond dengan investasi Rp 700 juta, hampir sama dengan gold, tetapi dengan luasan lahan yang lebih besar, yaitu 500 meter persegi. Lalu produk yang dijual sama dengan kategori gold ditambah consumer goods dan warkop.


Keuntungan bersih yang didapat dari Pertashop kategori diamond Rp 14 juta hingga Rp 28 juta.


Modal pendirian Pertashop tersebut hanya sebatas untuk pengadaan peralatan, diluar lahan, dan belum termasuk biaya operasional yang diperkirakan mencapai Rp 100 juta.


Dengan Keuntungan kotor yang akan diperoleh Mitra rata-rata Rp 500 ribu,-/hari atau Rp180 juta/tahun, diperkirakan dalam kurun waktu 3 tahun telah tercapai BEP (break event point).


Angka tersebut terbilang menarik dan sangat potensial bila dibandingkan dengan pendirian SPBU yang nilai investasinya mencapai 10 M, rata-rata membutuhkan waktu 10 tahun baru balik modal.


Pertashop Lampung mampu habiskan BBM 500 liter per hari.
Potensi bisnis Pertashop via https://www.instagram.com/cnr14_14/


Prosedur Pendirian Pertashop Pertamina


Ada dua cara untuk mendirikan bisnis kemitraan Pertashop bagi pemerintah desa, koperasi, UMKM, atau pelaku usaha di desa.


Yaitu BUMDes/pelaku usaha beberapa desa bersatu membikin Pertashop, atau masing-masing desa mendirikan Pertashop sendiri.


Syaratnya, sepanjang jalan desa bisa dilalui mobil penyalur untuk menyalurkan. Nantinya tim BUMDes akan dilatih oleh tim Pertamian Retail untuk mengoperasikan Pertashop.


Untuk pendirian Pertashop, pertama-tama tentunya mitra harus menyiapkan lahan atau lokasi yang sesuai dan dilengkapi dokumen badan usaha atau badan hukum.


Pihak Pertamina akan melakukan survei lapangan untuk melihat kelayakan dari omzet dan jarak dengan SPBU atau lembaga penyalur Pertamina yang telah dibangun sebelumnya.


Setelah itu, pengurusan administrasi perizinan ke pemda, mengajukan desain, pembangunan, dan tahap akhir adalah kontrak kerja sama dengan Pertamina antara 10 sampai dengan 20 tahun.


Prosedur mendirikan Pertashop Pertamina
Cara pengajuan Pertashop via https://www.instagram.com/koransindo


Cara Daftar Jadi Mitra Pertashop Pertamina

Bagi masyarakat yang berminat untuk membuka bisnis agen Pertashop bisa melakukan pendaftaran melalui dua cara :

- Langsung menghubungi kantor Pertamina terdekat.

- Melakukan pendaftaran online melalui laman web https://ptm.id/MitraPertashop.


Pendaftaran Pertashop Secara Online


Untuk pendaftaran secara online dengan mengunjungi laman web tersebut, calon mitra kemudian dapat memilih menu Informasi Pendaftaran dan klik pada tombol "Daftar Sekarang".


Sebelum dapat masuk ke halaman registrasi, pengunjung akan diminta untuk memberi centang pada pernyataan bahwa calon mitra mengisi data dengan benar dan dapat dipertanggungjawabkan.


Kemudian calon mitra dapat melanjutkan untuk melengkapi form registrasi dengan langkah-langkah sebagai berikut:


1. Pemilihan Lokasi

Dalam proses ini, calon mitra memilih lokasi dari pilihan yang tersedia dengan melengkapi informasi yaitu: Provinsi, Kota/Kabupaten, kecamatan, kelurahan, dan alamat detil rencana lokasi Pertashop.

Apabila lokasi yang diinginkan tidak tersedia dari pilihan menu, calon mitra dapat melakukan pengajuan lokasi baru dengan meng-klik tautan yang tersedia.


2. Input Data Diri

Pada tahap selanjutnya, calon mitra akan diminta untuk mendaftarkan nama perusahaan, nama pengusaha, alamat e-mail, dan nomor handphone serta melengkapi password yang akan digunakan seterusnya untuk memasuki akun pendaftaran kemitraan Pertashop.


3. Submit

Setelah memberi centang pada pernyataan "Saya telah membaca dan memahami persyaratan dan prosedur pengajuan kemitraan Pertamina", calon mitra dapat meng-klik tombol "submit" dan calon mitra akan mendapat email verifikasi yang berisi informasi pendaftaran serta kode aktivasi melalui SMS ke nomor handphone yang telah didaftarkan.


Dari proses registrasi online ini, calon mitra akan diberi nomor registrasi untuk melakukan pengecekan status aplikasi dan sebagai pengisian data di website.


Proses ini akan memudahkan tim kelayakan Pertamina untuk mengidentifikasi pemohon dan memungkinkan calon mitra untuk menyimpan dan melengkapi data terkait kelengkapan perizinan Pertashop.


Untuk informasi lebih lanjut dari kemitraan Pertashop ini kunjungi laman https://ptm.id/MitraPertashop atau dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.


Kehadiran Pertashop di kawasan pedesaan diharapkan bisa menjamin pemerataan distribusi BBM di daerah yang selama ini belum terlayani oleh jalur distribusi SPBU regular. 


Dengan pengelolaan dan investasi oleh pelaku usaha di pedesaan, termasuk BUMDes, keberadaan Pertashop merupakan wujud dukungan Pertamina terhadap program pemberdayaan ekonomi masyarakat desa sekaligus mendorong tumbuhnya pusat ekonomi baru.


Semoga informasi tadi bisa menjawab pertanyaan masyarakat tentang persyaratan dan prosedur pendirian Pertashop yang merupakan SPBU mini resmi dari Pertamina.



Loading...

Labels: Ide Bisnis

Thanks for reading Yuk Join Bisnis Kemitraan SPBU Mini Pertashop Milik Pertamina. Cekidot Persyaratan Dan Prosedur Pendiriannya. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Yuk Join Bisnis Kemitraan SPBU Mini Pertashop Milik Pertamina. Cekidot Persyaratan Dan Prosedur Pendiriannya"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.