4 Langkah Merencanakan Usaha Bisnis Kurir Pemula


Melihat kesuksesan bisnis kurir di kota-kota besar, saat ini bermunculan juga di kota-kota kecil. Jika penasaran ingin mencoba bergelut di dunia bisnis kurir maka perlu melihat apa saja langkah awal yang harus dilakukan. Ini dia 5 langkah merencanakan usaha bisnis kurir untuk pemula:

4 Langkah Merencanakan Usaha Bisnis Kurir Pemula
Bisnis kurir memang menjanjikan meskipun persaingan kian ketat.

1. Merencakana Besaran Usaha dan Modal

Modal menjadi dasar dalam membangun sebuah usaha. Di dalam bisnis kurir maka modal yang diperlukan adalah alat transportasi yang digunakan. Bagi pemula, alat transportasi seperti sepeda motor menjadi pilihan yang paling murah. 

Meskipun nantinya mungkin memakai sepeda motor milik kurir namun pemilik usaha perlu memiliki kendaraan sendiri yang khusus digunakan untuk mengantar barang sebagai cadangan. 

Cakupan usaha yang akan dirintis perlu direncanakan, berapa jumlah kurir yang akan dipakai serta sampai berapa jauh pengiriman barang. Melalui besaran usaha ini maka bisa direncanakan berapa modal yang harus dikeluarkan.

2. Merencakanan Prosedur Pengiriman Barang



Baca Juga:


Prosedur pengiriman barang perlu direncanakan sejak awal. Prosedur ini berupa alur kegiatan utama usaha mulai dari menerima barang dari pengirim sampai mengantarkan barang ke penerima barang. Menetapkan prosedur standar diperlukan agar kegiatan usaha dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang direncanakan.

3. Merencakanan Perekrutan Karyawan/Kurir

Proses perekrutan karyawan perlu direncanakan khususnya mengenai standar karyawan yang akan digunakan. Standar tersebut berupa persyaratan penerimaan pegawai bisa berupa usia, kepemilikan kendaraan, kepemilikan SIM, pendidikan, pengalaman kerja, dan lain-lain. 

Selain kurir, perlu juga karyawan kantor untuk mengelola keuangan, administrasi, dan pemasaran.

4. Merencanakan Tempat Usaha dan Izin Usaha

Sebuah usaha perlu tempat usaha yang strategis untuk dapat menjangkau pelanggan dengan lebih mudah. Pendirian tempat usaha juga membutuhkan izin usaha dari pemerintah setempat. Jangan ragu untuk bertanya mengenai masalah izin usaha terlebih dahulu karena mendirikan usaha secara legal akan dapat menjamin kelangsungan usaha. 

Proses birokrasi yang kadang berbelit memang menjadi alasan banyak pemilik usaha tidak mau mendaftarkan usahanya. Namun izin usaha tetap hal yang wajib dimiliki oleh seorang pengusaha.

Langkah-langkah usaha bisnis kurir pemula di atas hanya berupa gambaran besarnya saja. Detailnya dapat dirinci lagi saat benar-benar merencanakan usaha tersebut. Tulislah sebuah rencana usaha secara profesional agar dapat dijalankan dengan baik.
Loading...

Labels: Bisnis Kurir

Thanks for reading 4 Langkah Merencanakan Usaha Bisnis Kurir Pemula. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "4 Langkah Merencanakan Usaha Bisnis Kurir Pemula"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.