-->

Perbedaan Kurir, Cargo, Logistik Dan Ekspedisi


Semakin berkembangnya dunia jual beli baik secara online maupun offline, membuat masyarakat membutuhkan jasa untuk mengirim barang yang lebih baik. Hal ini membuat berbagai jasa pelayanan pengiriman barang bermunculan. 

Perbedaan Kurir, Cargo, Logistik Dan Ekspedisi
Jasa ekspedisi umumnya menggunakan armada truk box.
Walaupun demikian, tujuan pelayanan yang dihadirkan tidaklah berbeda jauh yakni mengirimkan barang baik bentuk dokumen maupun barang agar sampai ke tujuan dengan cepat dan aman.

Di Indonesia sendiri muncul 4 jasa pelayanan pengiriman barang yang dapat dikategorikan dalam jenis kurir, cargo, logistik dan ekspedisi. Keempat jasa tersebut memang sekilas mirip bagi sebagian masyarakat. Namun, ternyata keempat jasa tersebut memiliki perbedaan yang wajib dipahami dalam mengirim barang.

Berikut ini perbedaan kurir, cargo, logistik, ekspedisi yang perlu diketahui.

  1. Kurir
Jasa Kurir mulai dikenal di tanah air seiring bermunculan jasa jual beli online. Padahal kurir sudah sejak lama digunakan sebuah perusahaan untuk mengirim barang secara langsung ke pihak lain. Dipilihnya kurir dalam pengiriman barang karena dianggap lebih mudah, lebih cepat dan lebih aman dibanding menggunakan jasa pengiriman barang lainnya.

Dengan kian maraknya jual beli online, kurir dianggap lebih baik untuk pengiriman barang ke konsumen. Apalagi beberapa jasa jual beli online juga menghadirkan sistem pelacakan sehingga konsumen bisa memantau posisi barang. Barang pun tidak akan banyak berpindah tangan. 

Jasa kurir juga memungkinkan konsumen membayar barang langsung di tempat. Keunggulan lainnya, jasa ini juga lebih hemat biaya dibanding jasa pengiriman lainnya.

Baca Juga:


  1. Cargo
Jasa pengiriman barang lain yang sering dijumpai di Indonesia ialah Cargo. Sebagian masyarakat Indonesia memang lebih mengenal jasa pengiriman ini untuk mengirim barang dalam jumlah banyak dan skala yang lebih besar dibanding pengiriman barang pada umumnya. 

Tidak heran, jasa cargo sering digunakan oleh berbagai perusahaan untuk langsung mengirim banyak barang karena harganya yang lebih murah. Apalagi, cargo bisa digunakan menggunakan jalur darat, udara dan laut, baik antar kota hingga antar negara.

Tarif cargo sendiri dipengaruhi dari rute, berat barang dan dimensi barang. Ada juga biaya tambahan seperti asuransi, packing, dan bongkar muat jika diperlukan. 

Dikarenakan pengiriman dalam jumlah besar, waktu pengiriman barang juga tidak bisa secepat pengiriman barang kecil. Jasa cargo sendiri biasanya terdapat di kota-kota besar atau dibeberapa tempat transportasi seperti pelabuhan, bandara hingga stasiun kereta api.

  1. Logistik
Jasa pengiriman logistik hadir untuk memenuhi kebutuhan pengiriman bisnis untuk skala menengah ke bawah. Tidak heran, jasa logistik lebih banyak dipilih perusahaan untuk mengirimkan produk ke reseller atau ke konsumen. 

Maka jasa pengiriman logistik sudah tersebar ke berbagai daerah bahkan merata ke seluruh pelosok negeri. Hal ini dimaksukan agar pengiriman tidak mengalami keterlambatan dan agar konsumen dapat lebih mudah menerima kiriman produk dengan cepat.

  1. Ekspedisi
Jasa pengiriman ekspedisi hadir untuk mengirim barang dengan jumlah yang sedikit atau kecil. Jasa ini terbagi dalam dua layanan yakni ekspedisi regular dan ekspedisi khusus. 

Ekspedisi regular biasanya mengirim barang pada umumnya. Sedangkan ekspedisi khusus bisasanya mengirim ke wilayah tertentu dan lebih akurat. Biasanya ekspedisi ini biasanya menggunakan armada atau tim khusus sehingga barang dapat diantar lebih cepat dan tepat.

Jasa ekspedisi biasanya memasang tarif berdasarkan berat barang dan jarak kota yang ditempuh. Untuk ekspedisi khusus ada tarif tambahan untuk asuransi hingga cepatnya pengiriman barang sampai ke konsumen.

Demikian perbedaan kurir, cargo, logistik, dan ekspedisi yang mungkin banyak yang masih belum memahaminya.
Loading...

Labels: Bisnis Kurir, Jasa Pengiriman

Thanks for reading Perbedaan Kurir, Cargo, Logistik Dan Ekspedisi. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Perbedaan Kurir, Cargo, Logistik Dan Ekspedisi"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.