Krowrier, Jasa Pengiriman Berbasis Angkutan Umum Pertama Di Indonesia


Kamu pengguna transportasi commuter line alias KRL Jabodetabek? Mau dong jika ada yang bayarin tiap hari, bahkan memberi lebih dari itu? Jika iya, tak ada salahnya jika kamu bergabung dengan Krowrier. Selain tidak menanggung ongkos KRL, kamu berkesempatan mendapat penghasilan lebih.

Jasa pengiriman same day berbasis crowdsourcing.
Jasa pengiriman same day berbasis crowdsourcing

Apa itu Krowrier?


Krowrier adalah aplikasi penyedia solusi jasa pengiriman ramah lingkungan berbasis crowdsourcing dengan memanfaatkan para pengguna transportasi publik, khususnya KRL.

Menurut data situs PT Kereta Commuter Indonesia, rata-rata pengguna KRL per hari mencapai 1.001.438 orang pada hari kerja, dengan rekor jumlah terbanyak dalam satu hari adalah 1.154.080 orang.

Tentu saja, ini angka yang sangat tinggi dan jika didayagunakan memiliki potensi yang sangat besar dalam pertumbuhan terutama bidang logistik.

Potensi yang sangat tinggi ini pun lantas dimanfaatkan oleh PT Krowrier Logistik Indonesia selaku penyedia solusi jasa logistik dengan meluncurkan layanan dalam bentuk aplikasi bernama Krowrier.

Dan ini menjadi sebuah terobosan layanan jasa pengiriman pertama di Indonesia yang ramah lingkungan sekaligus memberdayakan peran masyarakat (crowd) yang senantiasa berpindah menggunakan transportasi publik seperti KRL, MRT, TransJakarta dan LRT.

Krowrier menjadi sebuah terobosan layanan jasa pengiriman pertama di Indonesia yang ramah lingkungan sekaligus menambah nilai bagi masyarakat (crowd) yang senantiasa berpindah menggunakan transportasi publik seperti KRL, MRT, TransJakarta dan LRT. 

Metode crowdsourcing memberikan peluang bagi siapa pun untuk memiliki penghasilan tambahan.
Pengguna transportasi publik, khususnya KRL, dapat bergabung menjadi partner dan mendapatkan komisi untuk setiap pengiriman paket. Komisi tersebut berupa saldo yang bisa dicairkan setiap saat.

Dengan mengusung campaign ‘Kalo Bisa Gratis #Kenapaharusbayar’, kampanye ini sekaligus menjadi ajakan untuk mendukung program pemerintah, yaitu meningkatkan kesadaran penggunaan transportasi publik untuk mengurangi kemacetan dan polusi terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Tangerang.

Di sisi lain, kehadiran Krowrier memberikan alternatif bagi masyarakat yang ingin mengirimkan barang secara cepat, aman, dan tentu #Jauhdekatsamamurahnya. 

Krowrier melayani pengiriman pada hari yang sama (same day ) dengan harga flat Rp19.000 untuk pengiriman paket di seluruh wilayah Jabodetabek. Daerah tujuan yang berjarak lebih dari 25 km tetap dapat dijangkau dengan biaya yang sama.

Krowrier mulai beroperasi per Mei 2019. Di tahap awal Krowrier baru beroperasi untuk rute Depok-Manggarai. Target ke depan, area layanan akan diperluas hingga seluruh rute KRL/Commuter Line Jabodetabek, dan bahkan merambah rute kereta antarprovinsi dan bus antarprovinsi. Sedangkan duplikasi di semua kawasan Asia menjadi target perusahaan pada tahun 2021.

Respon positif dan apresiasi dari berbagai pihak membuat Krowrier termotivasi untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta.

Pihak Krowrier juga menargetkan segera memperluas kesempatan menjadi partner bagi pengguna transportasi umum lain, seperti MRT, Transjakarta, Railink, dan LRT.

Aplikasi Krowrier


Saat ini Krowrier sudah bisa diunduh di sistem operasi Android, sedangkan untuk sistem operasi IOS menyusul kemudian.

Untuk dapat menggunakan aplikasi Krowrier, pengguna harus mengunduh aplikasi Krowrier yang sudah tersedia di Play Store. Ada dua aplikasi yang tersedia, yaitu Krowrier untuk masyarakat umum yang akan mengirimkan paket lewat Krowrier, dan Krowrier Point untuk para mitra yang ingin menjadi feeder dan kurir Krowrier. Jangan salah download ya.

Bagi pengguna yang akan memanfaatkan jasa Krowrier untuk mengirimkan paket, download aplikasi Krowrier di Play Store. Setelah aplikasi terinstal, pertama-tama pengguna harus membuat akun Krowrier dengan cara membuka aplikasi, masukkan nomer seluler yang aktif dan lakukan verifikasi.

Baca Juga:

Aplikasi pengiriman Krowrier.
Tampilan aplikasi Krowrier bagi pengguna layanan

Selanjutnya pengguna diminta melakukan registrasi. Dalam proses ini diperlukan data email, nama pengguna dan jenis kelamin pengguna.

Langkah selanjutnya, untuk melakukan pengiriman barang pengguna harus memiliki saldo. Dalam hal ini pengguna bisa melakukan top up melalui beberapa bank yang menjadi mitra. Yaitu BCA, Mandiri, BNI, BRI dan Permata.

Setelah itu pengguna dapat mulai melakukan pengiriman barang melalui Krowrier.

Untuk melakukan pengiriman, pengguna tinggal klik tombol "Create Shipment". Dalam hal ini ada dua pilihan, berupa Single Order atau Multi Order (kirim ke beberapa alamat).

Pengguna diminta mengisi beberapa data pengiriman, yaitu :
- Nama penerima paket
- Nomer telepon penerima
- Nama paket
- Catatan (bila perlu)
- Jumlah paket dan berat paket (maksimal 5 kg).
- Isi paket (automobile, buku, mainan, makanan beku dsb)
- Menentukan waktu penjemputan (Set time pick up)
- Menentukan lokasi penjemputan
- Lokasi tujuan paket.

Cara Kerja Krowrier


Dalam proses pengiriman paket, Krowrier melibatkan masyarakat untuk terlibat sebagai feeder, drop point, dan courier . Masing-masing memiliki kontribusi dan mendapat rewards tersendiri.

Feeder yaitu orang yang mengambil paket dari pengirim ke drop point dan dari drop point ke penerima. 

Drop Point adalah ruang transit penyimpanan paket yang letaknya di sekitar stasiun/halte. 

Courier /Kurir adalah pengguna transportasi umum yang membawakan paket dari drop point awal menuju drop point tujuan. 

Cara kerja Krowrier.

Ketika ada pengguna yang mengirim paket dan membuat pesanan di aplikasi, nantinya akan ada feeder yang mengambil paket tersebut lalu meneruskan ke drop point Krowrier di stasiun atau halte terdekat. Komisi yang diterima feeder rata-rata sebesar Rp 5.000/paket. 

Setelah itu kurir akan mengambil lalu membawanya dengan menggunakan transportasi publik hingga stasiun atau halte tujuan pengiriman. 

Misalnya ada pengiriman dari Bogor ke Manggarai, nanti kurir akan membawa dari drop point di stasiun Bogor, setelah sampai di stasiun tujuan kurir kemudian akan menaruh paket di drop point di stasiun Manggarai. Setelah kurir menyerahkan paket yang dibawanya, ia sudah menyelesaikan pekerjaannya. 

Komisi yang diterima kurir rata-rata seharga tiket kereta, sehingga ibaratnya penumpang KRL yang menjadi kurir tidak membayar tiket keretanya karena mendapat reward dari Krowrier. Tentu saja jika paket yang dibawa lebih dari satu, kurir akan mendapat komisi lebih.

Selanjutnya, dari drop point tujuan pengiriman, paket itu akan dibawa lagi oleh feeder untuk diantarkan ke alamat penerima paket.

Singkatnya, proses end-to-end Krowrier dilakukan dengan memberdayakan massa dan memanfaatkan transportasi publik.

Download aplikasi Krowrier untuk pengirim DISINI
Download aplikasi Krowrier untuk mitra DISINI.
Loading...

Labels: Bisnis Kurir, Kurir Aplikasi, Peluang Usaha

Thanks for reading Krowrier, Jasa Pengiriman Berbasis Angkutan Umum Pertama Di Indonesia. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk " Krowrier, Jasa Pengiriman Berbasis Angkutan Umum Pertama Di Indonesia"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.