Bedanya MLM Dan Money Game Yang Perlu Diketahui


MLM vs Money Game. Semakin berkembangnya perekonomian Indonesia, ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh sebagian masyarakat dengan membuat berbagai bisnis baru yang menjanjikan keuntungan. Sayangnya, ada pula sebagian masyarakat Indonesia yang memanfaatkan kondisi ekonomi saat ini untuk mendapatkan keuntungan dengan berbagai cara, termasuk bisnis dan cara yang salah.

Perbedaan MLM dan Money Game


Salah satu bisnis yang kini berkembang ialah MLM atau Multi Level Marketing. Sayangnya, masih ada masyarakat yang terjebak dalam bisnis model money game yang berkedok bisnis MLM. Hal ini membuat pemerintah melalui OJK atau Otoritas Jasa Keuangan telah mengumumkan beberapa ciri bisnis yang dilarang agar masyarakat lebih waspada dalam berbisnis.

Nah, agar tidak tertipu berikut ini beda MLM dan money game yang perlu dicermati.

MLM


Bisnis MLM saat ini memang tengah berkembang di pasar Indonesia.  MLM merupakan strategi pemasaran yang berjenjang atau berantai. Dimana setiap penjual akan mendapatkan pendapatan atas penjualan produk dan pendapatan lain dari hasil penjualan penjual lain yang direkrut.

Dalam bisnis ini terbentukan sistem piramida atau pemasaran jaringan. Nantinya, orang yang di atas harus mencari anggota atau penjual baru sebanyak mungkin agar mendapatkan bonus atau penghasilan tambahan.

Agar tidak mudah tertipu dengan bisnis MLM yang abal-abal, sebaiknya memilih perusahaan MLM yang sudah terdaftar di APLI (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia). Pastikan pula bisnis MLM ini memiliki badan hukum yang jelas.

Selain itu, pastikan juga bisnis ini menjual produk yang jelas dan beragam. Hal inilah yang menjadi pembeda MLM dan money game. Dengan adanya produk yang dijual, penjual memang fokus dalam menjual produk bukan mencari peringkat semata. 

MLM yang sehat juga mampu mengaktifkan semua anggotanya baik dari atas ke bawah. Bahkan, penjual yang sudah berada dibagian atas mau membantu penjual dibagian bawah atau yang baru direkrut agar berkembang dan sama-sama sukses.

Money Game


Bisnis money game menjadi salah satu bisnis keuangan yang salah, kini mulai berkembang dan cukup meresahkan banyak pihak. Pasalnya sebagian money game yang ada dipasaran masih berkedok bisnis MLM. Alhasil banyak masyarakat yang hendak mencari untung justru menjadi buntung karena salah presepsi antara MLM dan money game.

Secara garis besar money game ialah sebuah kegiatan pengumpulan uang atau kegiatan melipat gandakan uang dengan pemberian bonus atau komisi yang diberikan dari hasil perekrutan anggota baru dan bukan dari hasil penjualan produk.

Memang sebagian bisnis money game saat ini mulai menjual produk. Namun, penjualan produk tersebut hanya kamuflase semata karena produk yang dipasarkan tidak jelas dan tidak berkualitas.

Bedanya MLM dan money game yang cukup mudah diketahui ialah adanya janji untuk memperoleh keuntungan atau gaji besar dalam waktu singkat tanpa harus repot menjual produk. Hal inilah yang mendorong banyak orang tertipu dan berinvestasi di bisnis keuangan yang tidak jelas ini.

Selain itu, bisnis money game ini juga menuntut biaya keanggotan yang cukup tinggi. Padahal, sistem kerja dan sistem keanggotaan yang dihadirkan tidak jelas. Bahkan pengelolaan dana investasi oleh perusahaan money game biasanya tidak transparan dan tidak jelas.

Selain itu, perusahaan money game biasanya tidak jelas alamat dan bentuknya. Bahkan, beberapa perusahaan tidak memiliki badan hukum.


Maka dari itu, perlu diwaspadai berbagai money game yang berkedok MLM agar meraih keuntungan yang benar. Terakhir, bedanya MLM dan money game yang utama ialah MLM fokus pada penjualan produk, sedangkan money game menjual keanggotaan

Selain penjelasan tadi, perbedaan antara MLM dan Money Game lainnya dapat dilihat dari beberapa aspek sebagai berikut. Semoga bermanfaat bagi kita semua agar tidak terjebak dalam kerancuan dalam memaknai antara pengertian Multi Level Marketing dengan Money Game.

               sumber
Loading...

Labels: Bisnis Keuangan

Thanks for reading Bedanya MLM Dan Money Game Yang Perlu Diketahui. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Bedanya MLM Dan Money Game Yang Perlu Diketahui"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.