QRIM Express Hadir Meramaikan Persaingan Pasar Retail Logistik Nasional Dengan Layanan Inovatif Berbasis Solusi


Lippo Group ikut meramaikan bisnis jasa pengiriman melalui QRIM Express. QRIM Express sebelumnya dikenal dengan nama Red Carpet Logistic (RCL). Disitu ada investor lain dari Jepang, Sumitomo Corporation, sebagai mitra strategis dengan menginvestasikan 40% saham RLC.

QRIM Express Hadir Meramaikan Persaingan Pasar Retail Logistik Nasional
QRIM Express jasa pengiriman dari Lippo Group (via Qrim.id)

Mengenal QRIM Express

Semula RCL lebih berfokus pada pasar business to costumer (B2C), melihat pertumbuhan e-commerce yang terus berkembang pesat, pihak perusahaan melalui anak usahanya PT Reka Cakrabuana Logistik banting stir masuk ke pasar customer to customer (C2C).

Transformasi bisnis ini merupakan salah satu langkah strategis yang diambil perusahaan dalam rangka mengoptimalisasi bisnis di tengah hawa segar pertumbuhan ekonomi dan bisinis logistik nasional.

Menurut Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos, dan Logistik Indonesia (Asperindo), jasa ekspedisi di Indonesia pada tahun 2019 ini diperkirakan akan naik 14,7–15%.

Hal ini didukung tren pengiriman logistik e-commerce Indonesia yang bertumbuh positif sebesar 7,9% selama periode 2016-2021 per tahunnya.

Dengan besarnya pasar logistik sebanyak 80 % didominasi konsumen ritel, QRIM Express masuk ke sektor C2C untuk memperluas pangsa pasar.

Dengan identitas baru ini, QRIM Express ingin memberikan pengalaman layanan pengiriman cepat yang inovatif dan berbasis solusi.

Pihak QRIM Express berkomitmen untuk menyediakan solusi untuk berbagai kebutuhan logistik, didukung oleh jangkauan jaringan nasional dan sistem tracking online selama 24 jam.

Para punggawa Qrim Express.
Trio punggawa QRIM Express : Tetsushi Kuroda (Chief Strategy Officer), 
Abdul Rahim Tahir (Chief Executive Officer), dan 
Widiatmoko (Chief Operations Officer) (via Suara.com).


Tetsushi Kuroda, selaku Chief Strategy Officer QRIM Express mengatakan, visi perusahaan adalah menyediakan solusi jasa delivery dan platform pembayaran untuk berkontribusi bagi pembangunan masyarakat lokal, yang menyediakan layanan pengiriman ekspres inovatif berbasis solusi.

Dengan dukungan tim yang terdiri dari para pakar di bidang logistik, Qrim Express optimis pada komitmennya memenuhi segala yang dibutuhkan pengguna jasa.

Memberi layanan yang Accesible (mudah dijangkau di manapun), Reliable (dapat dipercaya), dan Convenience (mudah digunakan) adalah prinsip utama Qrim Express dalam bisnisnya.

Qrim Express juga akan memanfaatkan jejaring kekuatan dua koorporasi besar, Lippo Group dan Sumitomo, sebagai jejaring layanan. Dalam menjalankan bisnisnya, QRIM akan berkolaborasi dengan Grab Indonesia, OVO, BTPN, dan TrueMoney.

Ekpansi juga dilakukan dengan memperluas gudang yang ada di Pancoran dari 1.500 meter persegi menjadi 4.500 meter persegi. Gudang tersebut nantinya akan dipasang mesin sortir otomatis yang dapat menghandle 6.000 paket per jam.

Kerjasama QRIM Express Dengan BTPN



Untuk pengembangan C2C, Qrim Express mencanangkan target 700 outlet atau service center yang akan selesai tahun 2019 dan 1.500 outlet hingga tahun depan. Sedangkan saat ini sudah terdapat 200 outlet pengiriman QRIM Express.

Baca Juga:

Selain itu, guna mempercepat jaringan agen secara nasional, QRIM Express menggandeng Bank Tabungan Pensiunan Negara (BTPN) agar bisa menjadikan  agen BTPN Wow sebagai agen QRIM Express.

Perlu diketahui pada awal 2019, Bank Sumitomo Mitsui sudah melakukan merger dengan BTPN. Dengan modal jejaring BTPN yang memiliki agen laku pandai BTPN Wow yang mencapai 400 ribu outlet di seluruh Indonesia, nantinya akan dimanfaatkan sebagai ritel outlet untuk pengiriman QRIM Express.

Ini sebuah cara yang dipandang efisien untuk membuka network seluas-luasnya.

Kerjasama QRIM Express Dengan GrabExpress


Kolaborasi QRIM Express dan GrabExpress.
Kolaborasi QRIM dan Grab (via https://www.instagram.com/p/BxuQ9MQBgvf)

Untuk mempercepat pengiriman barang di lokasi terpencil, QRIM Express pun menggandeng GrabExpress Indonesia.

Dengan keberadaaan GrabExpress yang telah tersedia di 160 kota di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, QRIM akan memanfaatkan armada layanan tersebut untuk membantu proses pengiriman dan penjemputan paket dari pelanggan.

Nantinya GrabExpress akan melakukan pengantaran paket ke lokasi yang lebih terpencil di 7 kota utama, yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Makasar, Semarang.

Selain itu, kerja sama ini juga akan memperluas jangkauan pengantaran GrabExpress di luar jasa layanan pengantaran menggunakan kurir on-demand dan same-day yang saat ini ditawarkan. Misalnya, nanti ada pilihan pengiriman terjadwal ke seluruh penjuru daerah secara nasional.

Berbekal sistem navigasi berbasis satelit GPS serta sistem informasi geografis GIS (Geographic Information System), nantinya operator QRIM akan dengan mudah menemukan mitra pengemudi Grab terdekat untuk mengambil kiriman dari pelanggan.

Dalam mekanisme kerja QRIM, setiap paket akan disortir dan dikirim dari stasiun lokal (spoke) bila lokasi pengiriman dan tujuan berada di daerah yang sama.

Sementara untuk daerah yang berbeda, paket akan dikirim ke pusat pemrosesan paket (hub) untuk disortir bersama paket lainnya ke area tujuan yang sama.

Setelah itu, paket akan dikirim kembali ke stasiun lokal (spoke), baru diantar ke tujuan masing-masing oleh kurir.

Sementara untuk daerah yang berbeda, paket akan dikirim ke pusat pemrosesan paket (hub) untuk disortir bersama paket lainnya ke area tujuan yang sama. Setelah itu, paket akan dikirim kembali ke stasiun lokal (spoke), baru diantar ke tujuan oleh kurir.

Agar paket dapat dikumpulkan dan didistribusikan secara efektif dalam jaringan hub dan spoke, area metropolitan akan dibagi menjadi beberapa zona layanan.

Hal ini bertujuan agar beban kerja setiap rider dalam menggunakan data tentang jumlah dan lokasi dari pemintaan secara historis terbagi rata.

Di setiap zona layanan ada rider yang bertanggung jawab untuk mengambil dan mendistribusikan paket di zonanya.

Sebagian besar layanan kurir hub-and-spoke bahkan mengharuskan rider kembali ke hub setiap periode waktu tertentu.

Layanan Qrim dimulai dari hulu saat paket dikirimkan. Bertujuan untuk mengatur proses back-end untuk mendukung bisnis, dari pengambilan hingga inventaris hingga pengiriman, Qrim menjamin barang akan sampai tepat waktu di tempat tujuan.

Kerjasama QRIM Express Dan OVO




Kolaborasi dan kerja sama dengan pembayaran OVO dimungkinkan mengingat OVO merupakan anak usaha Lippo Group dan sudah terintegrasi dengan Grab.

Dengan begitu nantinya pelanggan QRIM Express yang sudah memiliki akun OVO dapat dengan mudah melakukan pembayaran ongkir kirim paket secara non-tunai dengan aplikasi OVO.

Melalui berbagai kerja sama ini, Qrim Express mengaku optimistis dapat mendukung integrasi layanan Grab, pembayaran OVO dan pengiriman layanan ini secara efisien, efektif dan lebih baik.

Tercatat, sejumlah klien yang sudah bekerja sama dengan QRIM di antaranya Sorabel, Lemonilo.com, Sociolla, Matahari, Zilingo, Hijup, Hypermart, Hartono, Pomelo, dan lainnya.

Kedepannya, QRIM berambisi untuk meningkatkan bisnis dan menjalin kerja sama dengan e-commerce dan perusahaan lain yang ada di Indonesia.

Saat ini, Qrim Express telah hadir di 156 kota di seluruh Indonesia yang diperkuat oleh 423 kurir dengan jumlah armada sebanyak 515 unit kendaraan. Pada September 2019, QRIM Express akan melakukan grand launching dan mengeluarkan aplikasi untuk konsumen.

Loading...

Labels: Jasa Pengiriman, QRIM Express

Thanks for reading QRIM Express Hadir Meramaikan Persaingan Pasar Retail Logistik Nasional Dengan Layanan Inovatif Berbasis Solusi. Please share this article.

Share:

2 Komentar untuk "QRIM Express Hadir Meramaikan Persaingan Pasar Retail Logistik Nasional Dengan Layanan Inovatif Berbasis Solusi"

Selamat sore Qrim Express.
Saya tertarik ulasan Anda berkeinganan untuk membuka agen penjualan di Bekasi. Saya mempunyai lokasi ruko di raya Jl.RawaMulya 93 mustika jaya Bekasi. No Hp / WA 08811073199 Bp. Perla. Thanks

Untuk menjadi mitra agen QRIM Express silakan kirim email permohonan ke partnership@qrim.id
dengan subject: Mitra Qrim -

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.