Menentukan Ongkos Kirim Berdasarkan Berat Paket Atau Volume Paket


Menghitung Tarif atau ongkos kirim paket pada umumnya ditentukan berdasarkan berat riil paket dan/atau ukuran (volume) paket, selain alamat tujuan paket tentunya. Mana yang lebih besar, itu yang digunakan sebagai dasar menentukan ongkos kirimnya.

Ongkir ditentukan berdasarkan berat dan volume paket.
Ongkir paket ditentukan oleh berat dan volume paket, mana yang
lebih besar, itu yang digunakan sebagai dasar menentukan ongkir.

Dalam menghitung ongkos kirim paket, secara umum seorang agen pengiriman akan menimbang berat paket sebenarnya lalu melihat alamat tujuan paket tersebut. Hal ini berlaku untuk paket yang berukuran kecil dan "normal".

Normal disini artinya ukuran atau dimensi paket tersebut terlihat sesuai dengan beratnya. Namun jika ukuran paket terlihat lebih besar dari berat sebenarnya, maka si agen akan mengukur dimensi paket tersebut. Yang meliputi panjang, lebar dan tinggi paket lalu dibagi dengan angka tertentu, biasanya 6000. Hasilnya menunjukkan berat volume paket.

Contoh menghitung volume paket. Panjang paket 30 cm, lebar 20 cm, tinggi 25 cm. Maka volume paket tersebut adalah ( 30 x 20 x 25 : 6000 ) 2,5 kg.

Lalu, antara berat riil paket dan berat volume paket dibandingkan. Misalnya berat paket 1,2 kg (atau dihitung 1 kg), sedangkan volume paket 2,5 kg, maka untuk paket tersebut akan dikenakan ongkos kirim berdasarkan berat volume, yaitu 2,5 kg atau dibulatkan ke atas jadi 3 kg. Waduh, berat ya.



Bentuk Paket Yang Tidak Persegi Panjang


Bagaimana menghitung volume paket yang tidak berbentuk persegi panjang, melainkan setiap sisi panjang, lebar dan tinggi paket tidak sama? Misalnya seperti paket yang bentuknya berupa bola yang besar. Atau paket yang bentuknya tidak beraturan pada sisi-sisinya, seperti paket berikut ini.

paket berbentuk tak beraturan.
Hitung volume paket yang bentuknya tidak beraturan, panjang-lebar-tinggi
paket diukur dari ujung ke ujung terpanjang.























Untuk bentuk paket yang dimensinya tidak simetris, cara menghitung volume paketnya diukur berdasarkan ukuran terpanjang, baik untuk panjang, lebar dan tinggi paket.

Contoh : panjang salah satu sisi paket 40 cm, panjang pada sisi lain 50 cm. Lebar salah satu sisi paket 30 cm, sisi lainnya 35 cm, sedangkan tinggi paket pada salah satu sisinya 30 cm, tinggi pada sisi lainnya 40 cm. Maka untuk paket tersebut ukuran volumenya adalah (P x L x T) 50 cm x 35 cm x 40 cm.

Cara Menyiasati Agar Ongkir Volume Jadi Berat Riil Paket


Dikenakan tarif paket berdasarkan volume tentunya membuat kita membayar lebih mahal. Mungkin ada yang merasa ini tidak fair, masak sih beratnya cuma 1 kg, kok disuruh bayar 3 kg hanya gara-gara ukuran paket.

Baca Juga:



Lalu bagaimana solusinya agar paket yang kita kirim tidak kena tarif volume? Ada beberapa cara menyiasati agar terhindari dari ongkos kirim berdasarkan volume :

- Jangan membungkus barang yang akan dikirim secara berlebihan, sebaliknya gunakan dus yang berukuran sesuai ukuran barang. Dalam banyak kasus, pengirim menggunakan dus yang ditemui di rumahnya, bukan mencari yang seukuran dengan barang.
- Bila mungkin gunakan dus bawaan dari barang. Beberapa jenis barang elektronik biasanya memiliki dus bawaan, ini bisa dimanfaatkan. Jika ada ruang yang kosong dalam dus, bisa diisi dengan bahan lunak, seperti bubble wrap, styro foam, kertas diremas-remas, sebagai pengaman.
- Bila mungkin, bagi isi paket menjadi dua bagian paket. Misalnya dalam contoh diatas, paket seberat 1 kg terkena ongkir volume jadi 3 kg. Dengan membaginya dalam 2 paket yang lebih kecil, ada kemungkinan paket hanya kena ongkir masing-masing 1 kg saja, sehingga masih bisa ngirit ongkir 1 kg.

Memang tidak semua barang bisa disiasati dengan cara-cara tadi. Untuk barang yang merupakan 1 unit kesatuan memang tidak mungkin dipisah dalam dua bagian.

Begitu juga untuk barang yang sifatnya fragile, seperti boneka, barang keramik, piring-gelas, memang membutuhkan ekstra penanganan dalam mengemasnya untuk memastikan keamanannya.

Barang-barang fragile, termasuk makanan seperti kerupuk, snack krispi, roti bolu hampir tidak memungkinkan untuk dipacking secara minimalis hanya demi mengirit ongkos kirim.



Bagaimana Jika Berat Dan Volume Paket Sama?


Lalu bagaimana jika barang yang dikirim lebih dari satu paket, katakanlah terdiri 2 paket, dan ternyata setelah ditimbang dan diukur ternyata kedua paket tersebut berbeda cara penghitungan ongkirnya.

Kebetulan ini adalah kasus nyata, dimana ada orang yang mengirim paket lewat Lion Parcel untuk orang dan alamat yang sama sebanyak 2 buah paket besar. Sebut saja paket 1 dan paket 2.

Paket 1 berat riil atau berat aktualnya adalah 9 kg, dimensinya (PxLxT) 46 cm x 26 cm x 33 cm atau berat volumenya 6,58 kg, sehingga yang digunakan adalah berat aktualnya, yaitu 9 kg.

Tapi untuk paket 2 berat aktualnya hanya 2,2 kg, sedangkan volumenya 4,43 kg (41 cm x 27 cm x 24 cm), sehingga dikenakan ongkir berdasarkan volume 4 kg, karena di Lion Parcel kelebihan berat kurang dari 500 gr dibulatkan ke bawah.

Berdasarkan perhitungan tersebut seharusnya total ongkir kedua paket tersebut adalah 13 kg (9 kg + 4 kg). Tapi ternyata setelah diinput dalam sistem Lion Parcel, hasil akhir menunjukkan total berat paket yang dibebankan atas paket tersebut adalah 11 kg. Atau sesuai berat aktual kedua paket. Bagaimana bisa?

Resi paket Lion Parcel



















Hitungannya begini. Berat aktual kedua paket adalah 11 kg (9 kg + 2,2 kg), sedangkan berat volume kedua paket adalah 11 kg (6,58 kg + 4,43 kg).

Jadi kedua paket tersebut setelah dijumlahkan, baik berat aktual maupun berat volumenya sama-sama 11 kg, sehingga ongkir yang dibayar si pengirim atas paketnya adalah 11 kg. Bukan 13 kg.

Semoga artikel tentang cara menghitung ongkos kirim apakah berdasarkan berat aktual paket atau volume ini bermanfaat bagi kamu yang sering berurusan dengan jasa pengiriman.
Loading...

Labels: Jasa Pengiriman, Ongkos kirim

Thanks for reading Menentukan Ongkos Kirim Berdasarkan Berat Paket Atau Volume Paket. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Menentukan Ongkos Kirim Berdasarkan Berat Paket Atau Volume Paket"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.