Cara Mudah Kirim Barang Dengan Truk, Gunakan Aplikasi Ritase


Bisa dikatakan, sekarang jaman aplikasi. Semua hal terhubung dalam genggaman tangan. Tak terkecuali jasa transportasi. Semua moda transportasi bisa dimanfaatkan melalui aplikasi.

Misalnya motor, tidak hanya untuk mengantar-jemput orang, tapi juga bisa untuk pesan makanan bahkan mengirim barang di dalam kota. Banyak aplikasi yang menjembataninya.

Kirim barang dengan truk lewat aplikasi Ritase.
Tampilan aplikasi ritase di Google Play Store 

Pesan makanan lewat motor sudah biasa. Begitu juga kirim barang lewat pesawat dengan aplikasi juga sudah lumrah. Kirim barang lewat kapal pun bisa dilakukan dengan aplikasi Pelni Logistics.  

Pun sudah ada aplikasi yang menawarkan jasa pengiriman memanfaatkan mobil box, semacam Deliveree.

Bagaimana kirim barang lewat truk dengan aplikasi? Bisa juga! Setidaknya ada Ritase yang menjadi perintisnya.

Bisnis jasa angkutan truk sebetulnya bukan hal baru di Indonesia. Sejak lama truk digunakan untuk mengirim beragam komoditas ke berbagai wilayah.

Namun seringkali pengusaha dan pengemudi dihadapkan pada rumitnya manajemen armada, berikut penjadwalan pengiriman barang dari klien yang harus dikirim secara cepat dan tepat waktu.

Selama puluhan tahun berkecimpung di bisnis logistik, Iman Kusnadi – pendiri Ritase - mengklaim belum melihat ada perusahaan penyedia sewa truk yang menggunakan transport management system (TMS) agar lebih produktif mendapatkan order.

Di sisi lain, pihak pelanggan jasa pengiriman dengan truk besar ingin armada yang mampu mengirimkan produk dengan tepat waktu.

Karena itu, pada tahun 2017 Iman Kusnadi melalui PT Digital Truk Indonesia, menghadirkan solusi. Mengusung konsep B to B (business to business), Ritase memberikan solusi berupa pengelolaan manajemen armada truk angkutan barang sekaligus menghubungkan pengirim barang dengan penerima barang secara real time.

Ritase membantu mempertemukan industri dan pengusaha pemilik barang dengan pengusaha angkutan pemilik armada truk.

Secara sederhana, Ritase ingin mendigitalkan proses kerja pemilik armada truk ke dalam bentuk aplikasi. Mulai dari proses pengambilan barang, pengiriman, sampai barang diterima ke tempat tujuan.

Di sisi pengusaha angkutan sebagai pemilik armada, aplikasi ini menyediakan dompet digital untuk menerima pembayaran pesanan yang dapat dicairkan pengusaha tersebut kapan saja.

Layanan Ritase dapat menjangkau kebutuhkan jasa kiriman barang dan manajemen logistik ke berbagai wilayah di Indonesia.

Ritase.com memonetisasi bisnis digitalnya ini melalui komisi yang didapatkan dari setiap transaksi pengiriman barang yang dilakukan oleh shipper (pemilik barang) dan pemilik armada (pengusaha truk). Besaran komisi ini ditentukan oleh volume muatan yang diangkut.

Baca Juga:


Awalnya Ritase bernama Trucktobee, sebelum akhirnya rebranding pada akhir 2016.

Untuk menjalankan bisnisnya, pada awal 2017 hingga kini PT Digital Truk Indonesia telah bekerja sama dengan sejumlah pengusaha truk dengan total armada 5.500 unit truk dengan 6.000 pengemudi terlatih serta total volume kargo yang ditangani mencapai 200 juta kologram dengan 65.000 lokasi tujuan.

Perusahaan ini sudah memiliki hub di sejumlah lokasi yang terkonsentrasi di kawasan industri di Jabodetabek, Cikarang, Surabaya dan Medan.

Cara Kerja Ritase


Bagi pengusaha atau pengirim barang yang membutuhkan  yang membutuhkan jasa pengiriman lewat truk, dapat membuka aplikasi Ritase. Setelah memasukkan rincian order, pengusaha truk dan pengemudi truk yang mendapat notifikasi order tersebut lalu melakukan pengiriman barang.

cara kerja aplikasi Ritase
Infografik cara kerja Ritase (via Id.techinasia.com)

Selama proses pengiriman barang, baik pengusaha sewa truk dan pengirim barang bisa memantau perjalanan armada truk tersebut.

Setelah tiba di tujuan, pengemudi truk akan menyampaikan laporan penerimaan barang melalui aplikasi Ritase. Selanjutnya pengusaha sewa truk akan menerima pembayaran yang bisa dicairkan sewaktu-waktu.

Untuk setiap tugas pengiriman barang yang berhasil diselesaikan tepat waktu, Ritase menyediakan point reward. Poin yang terkumpul bisa ditukar dengan berbagai penawaran seperti pulsa, voucher makan dan lain-lain.

Ritase mampu menghadirkan data laporan mengenai ID order, dimensi, berat muatan sampai perkiraan barang tiba di tujuan.

Di dalam aplikasi Ritase terdapat beberapa fitur, antara lain Load Planning, Live Tracking dan Order Status.

Fitur Load Planning membantu pengusaha angkutan mengatur jadwal pengiriman berikut dimensi dan berat barang yang akan dibawa armadanya.

Live Tracking dan Order Status menginformasikan mengenai status terkini barang yang sedang diangkut armada ke tujuan.

Dalam fitur Trip Management, Ritase menghadirkan data laporan detil mengenai ID order, dimensi, berat muatan hingga estimasi waktu barang tiba di tujuan.

Menariknya, aplikasi Ritase juga berusaha memaksimalkan utilisasi armada. Saat truk selesai mengirimkan barang ke tujuan, armada dalam posisi kosong.

Melalui aplikasi ini, memungkinkan pengusaha sebagai pemilik armada dapat menerima backhaul atau muatan baru untuk diangkut kembali menggunakan armadanya.

Jadi kalau kamu membutuhkan pengiriman barang antar wilayah di Indonesia menggunakan armada truk, tidak ada salahnya memanfaatkan aplikasi Ritase dengan biaya yang sudah terstandard.

Download aplikasi Ritase di Google Play Store :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ritase.tmsapp
Loading...

Labels: Bisnis Kurir, Jasa Pengiriman, Kurir Aplikasi, Ritase

Thanks for reading Cara Mudah Kirim Barang Dengan Truk, Gunakan Aplikasi Ritase. Please share this article.

Share:

0 Komentar untuk "Cara Mudah Kirim Barang Dengan Truk, Gunakan Aplikasi Ritase"

- Komentar diluar topik tidak akan ditampilkan.
- Komentar dengan identitas akan lebih dihargai.